alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Android /
Android General Information and Troubleshooting
4.91 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/583f0e7ad89b09c51e8b456b/android-general-information-and-troubleshooting

Android General Information and Troubleshooting

Android General Information and Troubleshooting


Prologue

Kaskus android lounge yang awalnya dibuat untuk ngobrol2 chit-chat ringan menjadi rumah yang begitu menegangkan dan menyeramkan bagi pendatang dari subforum lain; di mana lounge biasanya adalah tempat ngobrol2 dengan santai. Setelah berdiskusi dengan mod, enthu dan agan; maka sepakat untuk dibuat trit baru. Karena itulah trit ini dibuat untuk pemisahan pembahasan informasi, masalah dan solusi seputar android. Dengan begitu, di kaskus android lounge part 2 nantinya, murni akan digunakan sebagai tempat ngobrol2 santai. Sementara di trit ini, barulah boleh bahas lebih teknis, detil dan segala macam yang tegang2.

Cek Salah Kamar

Sebelum mulai post, cek dulu apakah agan ada salah kamar :
Agan ingin membahas android secara generik, troubleshooting, mencari solusi generik? >>> dimari lah tempatnya, silahkan baca pejwan dan post detail masalah agan ataupun tanyakan informasi yang ingin agan dapatkan

Agan ingin beli HH android baru, komparasi antara 1 HH dengan HH lain? >>> Cari trit komparasi di Subforum android bagian sticky
Agan perlu rekomendasi app/game ataupun request? >>> Trit Games dan Aplikasi di Subforum android bagian sticky
Ada postingan yang nyangkut atau bermasalah? >>> Trit Rules dan laporan hidden post
Perlu informasi Stock ROM, custom ROM, root, modif spesifik? >>> Tanyakan di official/waiting lounge dari HH yang bersangkutan. (pake fitur search)
Ingin curhat, ditinggal pacar, ingin melupakan mantan? >>> Salah kamaremoticon-Salah Kamar , harusnya di subforum Heart to Heart.


Daftar Isi Pejwan
01. Android_____1
___ a. Prologue_____1
___ b. Cek Salah kamar_____1
___ c. Daftar Isi (ini)_____1
02. Reserved for hansip_____2
03. Kumpulan Dokumentasi_____3
04. Android Troubleshooting Process_____6
profile-picture
mustofan memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Android Troubleshooting Process

(belum selesai)


Berikut adalah daftar yang harus diperhatiin sebelum post masalah di trit.
1. Info general
General info
Info kepemilikan :
Kapan belinya
Beli di mana, kota apa
Versi ROM pada saat beli
Fisik HH, warna, pake flipcase/antigores apa
Kartu yang dipake (SF, GSM nya)
MicroSD merk apa, ukuran berapa
Kalau beli second, kondisi HH pada saat beli

Jika pake Custom ROM, sebutkan Custom ROM dari mana, download dari mana, diflash/install lewat cara mana dan apa yang dilakukan setelah memakai custom ROM nya.

Jika ada update OTA, sebutkan versi dari Update OTA.



Checklist tahap2 di ATP:

1. Melakukan Persiapan
Sudahkah baca pejwan dan FAQ?
Sudahkah membaca metode UTP dan ATP?
Persiapkan diri dengan mental positif "Saya pasti bisa menyelesaikan masalah ini"
Ingat mantra ini : "Bagaimana cara saya bisa mempersempit ruang lingkup masalah ini, satu level lagi?"
Ingat bahwa semua masalah adalah sama seperti hukum alam lainnya.
1+1 pasti hasilnya 2. Masalah bisa muncul, berarti pasti ada penyebabnya.
Yang perlu kita lakukan adalah menemukan penyebabnya, bisa diperbaiki atau tidak, itu urusan nomor 123. Yang penting ketemu penyebab utama dulu.


2. Membuat rencana pengendalian kerusakan
Backup apa saja yang sudah pernah dilakukan
Backup MDT, pake versi berapa, ada centang backup userdata?
Backup CWM/TWRP, pake versi berapa, full atau partial backup
Backup semua apps lewat Titanium backup, pake versi berapa (atau lewat app backup lainnya)
Backup IMEI dkk, sudahkah diamankan nvram.bin nya, sudahkah discreenshot
Backup contact dan sms
Catat/inget2 semua modif yang pernah dilakukan
Backup data di sdcard bila diperlukan
Backup dari file/folder yang akan diotak/i
Asuransikan HH agan , kalau agan mo tes coba lempar ke dinding
Asuransikan nyawa agan , kalau ngetes sesuatu yang berbahaya (misalnya ngetes stop kontak langsung lewat jari)
Jangan tujuan utamanya untuk mengisolasi penyebab masalah, malah akhirnya memperparah masalah.


3. Mendapatkan rincian gejala secara lengkap dan akurat
Masalah yang terjadi, jelaskan detailnya minimal
3 gejala sebelum masalah muncul (tidak bisa install app, memory full, atau internet putus)
3 hal terakhir yang dilakukan sebelum masalah muncul (install 3 games, flash font custom, atau patch lucky patcher)
3 gejala setelah masalah muncul (ada error message, layar kedip atau sinyal hilang)
3 hal yang dilakukan setelah masalah muncul (cabut batere, uninstall app, atau factory reset)
3 detail kondisi HH setelah masalah muncul (tidak ada sinyal, sdcard tidak terdetek, bootloop)
3 solusi yang telah dicoba dan hasilnya (clear data/cache, restart, ganti kartu)

Pakai pertanyaan 5W1H (Who, What, When, Where, Why, How)
1. Siapa yang kena masalah ini, siapa yang tidak kena?
2. Apa yang terjadi, dan apa yang tidak terjadi?
3. Apa yang seharusnya terjadi, dan apa yang seharusnya tidak terjadi?
4. Apa yang kena masalah, dan apa yang tidak kena?
5. Settingan apa yang berubah dan apa yang tidak berubah?
6. Kapan masalah muncul, dan kapan tidak muncul?
7. Seberapa sering masalah muncul?
8. Di mana masalah muncul, dan di mana tidak muncul?
9. Kira2 kenapa masalah muncul, dan kenapa tidak muncul?
10. Kenapa masalah muncul pada saat ini, tapi tidak muncul sebelumnya?
11. Bagaimana cara supaya masalah muncul, dan bagaimana cara supaya tidak muncul?
12. Seberapa parah masalah yang terjadi?


4. Membuat gejala timbul kembali
Langkah2 untuk memunculkan kembali masalahnya (reproducible)
Apakah langkah2 di atas konsisten memunculkan masalah?
Adakah yang aneh dari langkah2 di atas (perlu dibalik urutannya)
Adakah cara untuk menghilangkan gejala tersebut?

Catat waktu tertentu di mana masalah muncul (intermitten)
Apakah ada "magic hour" tertentu di mana masalah selalu muncul?
Seberapa sering masalah muncul?
Adakah cara untuk membuat lebih sering/jarang muncul?
Adakah cara untuk menghilangkan masalah untuk sementara waktu?
Segera screenshot begitu masalah muncul dan catat error code atau error lognya

Dengan mengetahui langkah2 memunculkan masalah kembali, agan sebenarnya telah mempersempit ruang lingkup masalah. Dan solusinya sebenarnya sudah sangat jelas di tahap ini, yaitu hindari langkah2 yang bisa memunculkan masalah tadi. Tetapi kemungkinan solusi ini hanya solusi sementara, karena jika penyebab utama tidak ditemukan, maka kejadian akan berulang lagi di kemudian hari.


5. Melakukan perawatan perbaikan yang tepat
Banyak masalah (khususnya intermitten) yang bisa disolve hanya dengan solusi sederhana
toggle switchnya on off, seperti wifi, gps, evdo, dll
ganti settingnya ke value lain
toggle airplane mode
clear recent apps (swipe kiri kanan)
force stop di app info
Restart HH (menyembuhkan hampir 99% masalah)
Cas batere, pastikan tidak lowbat
Turn off, baru cabut batere, biarin 5-30 menit, pasang & hidupin kembali
Cabut juga simcard dan microsd, pasang kembali (dalam keadaan mati tentunya)
Pindah ruangan/lokasi (biasa untuk masalah sinyal, di mana Posisi Menentukan Prestasi)
Restart router wifinya (atau sekalian BTS SF kalau agan sanggup )
Masuk recovery, wipe cache
Masuk recovery, wipe dalvik-cache

6-10 belum selesai


Contoh Checklist step by step untuk masalah
1. Jaringan internet bermasalah
Jaringan opsel nya yang memang bermasalah, crosscheck di forum
Coba di HH lain dengan operator/simcard yang sama
Coba di HH beda jenis, tapi masih android
Coba di HH tipe lain, ipin, nokiyem, HH lawas
Cek di modem kalau ada
Coba juga di lokasi lain
Coba juga SIM card lain
Cek APN dan username
Cek Proxy dan VPN
Cek DNS dan redirection
Cek antivirus/firewall
Cek permission app nya di Xposed module - app setting
Cek background restriction data
Cek quota agan, quota FUP dan sisa pulsa
Cek masa aktif paket internetnya
Cek masa aktif SIM card nya
Cek pengaturan Network mode, pastikan hybrid
Cek MEID/IMEI masih valid gak
Restart HH
Toggle airplane
cek sinyal di Settings > Dual Card management > Set main card (Only roaming) > Slot 2 > Current Network Info
Toggle network mode hybrid > 1X > EVDO only > hybrid
Coba ganti kartu baru di galeri
Mungkin chipset IC PA rusak


2. Masalah App/games
Nama app lengkap dengan versinya
Dapat dari mana (playstore atau website lain) bila perlu linknya
Sudah diikuti petunjuk install dengan benar?
apakah ada data di /sdcard/android/data/ atau /sdcard/android/obb/
sudah dites force stop, clear cache, clear data
Remove odex kalau ada patch di luckypatcher
Ada freeze/greenify app tertentu
Ada remove permission atau modif via app setting di xposed
Koneksi internet apakah lancar (khusus app yang menggunakan internet)
Ada restore data dari app versi sebelumnya
Ada ganti ROM / modif di framework
Ada ganti android ID/build.prop
wipe cache, wipe dalvik-cache
Masuk safe mode
list semua app untuk debugging


3. MicroSD
Merk microSD nya, ukurannya berapa Gb
Beli di mana, harganya berapa
Format file systemnya apa
Sudah dites lulus di H2TestW.
Ada repartisi untuk pake link2sd
vold.fstab uda cocok dengan ROM
Uda di checkdisk di PC
Uda terpasang erat di HH
Sudah diformat di SD Formatter
profile-picture
mustofan memberi reputasi
profile picture
mustofan
Mantap pak eko
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di