Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

morinozAvatar border
TS
morinoz
■■ CHEVROLET SPIN ■■ - 7 Seater Mini MPV - Part 2
(Model 2015)

■■ CHEVROLET SPIN ■■ - 7 Seater Mini MPV - Part 2

■■ CHEVROLET SPIN ■■ - 7 Seater Mini MPV - Part 2

■■ CHEVROLET SPIN ■■ - 7 Seater Mini MPV - Part 2
by: autobild

Spin Activ
■■ CHEVROLET SPIN ■■ - 7 Seater Mini MPV - Part 2
■■ CHEVROLET SPIN ■■ - 7 Seater Mini MPV - Part 2
by: autobild

Thread sebelumnya
■■ CHEVROLET SPIN ■■ - 7 Seater Mini MPV
■■ CHEVROLET SPIN ■■ - 7 Seater Mini MPV - Part 1

Mohon jangan memposting hal yg mengarah promosi produk tertentu sesuai tata tertib di http://kask.us/gWKcB krn utk beriklan sudah ada tempat khusus di Forum Jual Beli (FJB).

■ Cara menjadi anggota komunitas CSI - Chevy Spin Indonesia & milisnya (baca di bagian Description) ■
■■ Facebook CSI ■■

Brosur Spesifikasi Spin (CKD Indonesia):
Model 2014
Model 2014 Activ 1.5 AT dan versi full
Model 2013 dan versi full

Owner Manual klik di sini, dan Service Manual klik di sini

Spek oli mesin Spin:
Menurut buku owner manual (ganti oli mesin maksimal tiap 1 tahun sekali atau 8000km mana yg lebih dulu):
Jenis oli yang ditetapkan adalah Dexos1 atau lebih tinggi dan viskositas SAE 5W20 untuk mesin Bensin 1,5 L.
Jenis oli yang ditetapkan adalah Dexos2 atau lebih tinggi dan viskositas SAE 5W30 untuk mesin Bensin 1,2 L dan Diesel 1,3 L.

Masukan lain: Spin 1.5 bensin bisa pakai Dexos1 5w-30 krn tidak terlalu beda karakteristik dg 5w-20 dan Spin 1.2 bensin bisa pakai Dexos1 5w-30 krn Dexos1 memang ditujukan utk semua mesin bensin milik GM sedangkan Dexos2 wajib dipakai di mesin turbo diesel GM walaupun bisa dipakai di mesin bensin juga.

merk oli Dexos1: http://www.centerforqa.com/dexos-brand1/
merk oli Dexos2: http://www.centerforqa.com/dexos-brand2/

Spek oli transmisi Spin:
Utk Spin 1.5 matik pakai oli Dexron VI utk amannya diganti/dikuras tiap 36 bulan / 30rb km
Utk Spin 1.5 bensin manual pakai oli BOT 402, SAE 75W-85, API GL-4. cek di sini utk amannya diganti/dikuras tiap 24 bulan / 30rb km
Utk Spin 1.2 bensin manual dan Spin 1.3 diesel manual pakai oli BOT 303, SAE 70W, API GL-4 atau alternatifnya SAE 75W API GL-4. cek di sini dan di sini utk amannya diganti/dikuras tiap 24 bulan / 30rb km

Spoiler for Tabel Perbandingan spek/fitur Spin vs kompetitor (model 2015)::


Ground clearance Spin vs kompetitor
Spin vs Terios, Spin vs Innova, Spin vs ErtigaAvanza, Ertiga, Mobilio, Spin

Perbandingan biaya pemeliharaan LMPV perbulan (2014)
Chevrolet Tawarkan Biaya Kepemilikan Ekonomis

Daftar Cek List Pada Saat Serah Terima Mobil Baru

Cek status recall Chevy anda di sini

Jika ada keluhan dg mobilnya bisa lapor ke
admin https://www.facebook.com/chevyindonesia atau
Customer Assistance Center
Telepon – 021 8895 5105
Toll Free – 0 800 10 24389
EMAIL chevrolet.indonesia@gm.com

Sebelum melakukan modifikasi baca dulu ketentuan garansinya di http://www.chevrolet.co.id/complete-.../warranty.html

Jadwal perawatan berkala cek di sini

Daftar bengkel resmi, non resmi dan toko parts spesialis GM Chevrolet / Opel klik di sini

Spesifikasi mesin (model 2014):

- 1200cc bensin dual VVT-i DOHC (LDC) (discontinued Dec 2014) 5-speed manual LS/LT bertenaga 86 PS @5600 rpm / torsi 115Nm @4000 rpm Ecotec engine, (sama dg yg digunakan oleh Chevy Aveo, Opel Corsa di Eropa)
Compression ratio 10.5 : 1, Dual Overhead Cam, double continuously variable cam phaser intake and exhaust (DCVCP), RON 91-98 fuel type, Low-mass hollow-frame cast iron block, Chain-driven cams, Roller-finger camshaft followers, Variable-flow oil pump, Electronically controlled thermostat, Coil on plug ignition, Hollow cast crankshaft, Fully integrated blow-by system, Torsional vibration damper for better Noise, Vibration, Harshness (NVH)

- 1500cc bensin dual VVT-i DOHC (L2B) (discontinued Juni 2015) 5-speed manual LS/LT/LTZ/Activ dan 6-speed matic tiptronic LTZ/Activ bertenaga 106 PS @5800 rpm / torsi 141Nm @4000 rpm S-TEC III engine,
Compression ratio 10.2 : 1, 16-valve SFI order multi-point fuel injection ECU control moduleBlock VGIS variable intake manifoldTube, life-long maintenance-free timing chain drive technology, E-Gas electronicAccelerator, RON 92 fuel type

- 1300cc common rail direct injection turbo diesel (LDV) (discontinued Juni 2015) 5-speed manual LS/LT/LTZ/Activ bertenaga 75 PS @4000 rpm / torsi 190 Nm @1750-2500 rpm, (sama dg yg digunakan oleh Chevy Aveo, Opel Corsa di Eropa), 2005 International Engine of the Year winner kategori 1.0 litre to 1.4 litre http://www.ukipme.com/engineoftheyear/archive.php
Compression ratio 16.8 : 1 , Common Rail direct injection, Fixed Geometry Turbocharger (FGT) with intercooler, Dual Overhead Camshafts (DVCVP), Double Continuous Variable Cam Phasing ( DCVCP ), Chain Driven Drivetrain, Hydraulic "mini-lash" adjusters with roller fingers, Integrated exhaust manifold / turbocharger, Electronic Throttle Control, Electronic Controlled Cooling System. Hydraulic Tappets, Cylinder Selective, Adaptive Knock Control, Engine Oil Cooler with Individual Piston Cooling Jets, Individual Coil on Plug High Energy Ignition, Extended Life Coolant, 3 Layer Sheet Metal Cylinder Head Gasket, Chain Driven Drivetrain, Long life (100,000-mile) spark plugs

Car platform: GM Gamma II
R&D by GM Brasil (basisnya dari Chevy Cobalt gen-2)
Teknologi mesin: mesin bensin 1.2L oleh GM Opel, mesin bensin 1.5L oleh GM Korea dan mesin turbo diesel 1.3L oleh Fiat multijet / GM small diesel engine (SDE)

Transmisi automatic: GM 6T30 Hydra-Matic 6-speed tiptronic (Spin 1.5 matic): tipe oli yg dipakai: Dexron VI

Six speed front-wheel-drive, electronically controlled, automatic overdrive transaxle with an electronically controlled torque converter clutch.
On-Axis Design
Clutch-to-Clutch Shift Operation
Adaptive Shift Controls
Space-Saving Hyper-Elliptical Torque Converter
IX Gear Pump
Ground and Honed Gears
Unique Input Shaft Bushings

Transmisi manual: GM F17 series 5-speed manual (Spin 1.2 dan Spin 1.3 diesel): tipe oli yg dipakai: BOT 303, SAE 70W, API GL-4 atau alternatifnya SAE 75W API GL-4

General Motors' F17 5-speed is a robust yet compact five-speed manual transmission for front-wheel drive vehicles with a transversely mounted engine. Its design incorporates the axle differential for easier packaging in smaller vehicles. Premium features include triple-cone synchronizers for first and second gears and a new synchronizer system for a high-quality shift feel. All forward gears are synchronized. All of the forward gears and final drive in the differential are hard-machined for durability.

The F17 uses conventional gear oil and no maintenance is required under normal operating conditions. Fluid changes are recommended for severe duty. A hydraulic clutch eliminates adjustments throughout the lifespan of the transmission.

The F17 manual transmission has a one-piece, aluminum housing with a separate composite bearing plate and integrates the differential within the compact and lightweight housing.

The two-shaft design of the transmission places all of the gears behind one another, with a housing extension that covers the fifth gear set.

The synchromesh system for the gears uses triple-cone synchronizers for first and second gears, for enhanced low-gear engagement that manifests as smoothers and easier launch and shifting characteristics for the driver. All of the F17's forward gears and final drive are hard-machined for greater durability.

Kurva torsi mesin 1.2 bensin
■■ CHEVROLET SPIN ■■ - 7 Seater Mini MPV - Part 2

Kurva torsi mesin 1.3 turbo diesel FGT common rail
■■ CHEVROLET SPIN ■■ - 7 Seater Mini MPV - Part 2

6 pilihan warna: Mond Gray Metallic, Black Sapphire, Very Berry Red Metallic, Mecaw Blue Metallic, Switchblade Silver Metalic, Summit White.

Spesifikasi ban dan velg:
Ban Standard: GT Radial Champiro Eco 195/65 R15 91H
Spesifikasi velg:
PCD: 4x100
Offset: 39
Center bore: 56.5
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...2c000013/6370/
http://www.kaskus.co.id/show_post/51...2000005/6370/-
Alternatif ukuran velg & ban lainnya tanpa merubah GC atau rasio speedometer:
https://www.kaskus.co.id/show_post/5...01000003/6194/

Akselerasi dan Konsumsi BBM:
- 1.2L bensin MT: 0-100 km/h in 15 seconds
- 1.5L bensin AT: 0-100 km/h in 13.9 seconds
- 1.3L turbo diesel MT: 0-100 km/h in 15.7 seconds & top speed of 155 km/h.

- Konsumsi BBM 1.2L bensin transmisi MT: dalam kota 10,1km/l, tol 13km/l
sumber: AUTO BILD
- Konsumsi BBM 1.5L bensin transmisi 6-speed AT: dalam kota 9,4km/l (average speed 22,3 km/jam), jalan tol 15,7km/l (average speed 84,6 km/jam)
sumber: http://www.autobild.co.id/read/2013/...us-157-kmliter
- Konsumsi BBM 1.3L turbo diesel transmisi MT: dalam kota 13,86km/l, luar kota 20,96km/l
sumber: AUTO BILD test liga irit 2013

Tips cara mengemudi yang bikin irit BBM
Tips agar Mobil Lebih Irit BBM dr vivanews
Drag coefficient claimed: 0.33

Jenis BBM agar mesin lebih awet, bertenaga, tidak ngelitik, irit BBM:
Utk mesin bensin kompresi 10 ke atas secara teknis harusnya pakai BBM non subsidi Ron 92 (Shell Super/Pertamax/Total Performance 92/ Akra 92)
Utk mesin turbo diesel common rail Spin 1.3 FGT dirancang utk memenuhi standar emisi euro4 yg BBM solarnya harus berkadar sulfur maksimal 50 ppm dg cetane number minimal 52 shg secara teknis harus memakai BBM solar Pertadex yg spesifikasinya paling mendekati standar euro4. Tapi harus cari SPBU yg cukup banyak pembeli Pertadex-nya yg perputaran stok Pertadexnya cepat agar terhindar dr kualitas Pertadex yg sudah basi krn terlalu lama tersimpan di tangki timbun SPBU krn jarang dibeli orang.

Berikut daftar spesifikasi injection pressure bar dr beberapa mesin turbo diesel GM termasuk Spin 1.3 dan spesifikasi cetane number dan kadar sulfur dari bio solar, dexlite, pertadex (per 2016) yg bisa baca di sini

Awas! Pemakaian aditif dalam jangka waktu yang panjang ternyata tidak aman untuk mesin mobil Anda. Karena pada kenyataannya menggunakan aditif akan menimbulkan kerak yang menumpuk pada sistem pelumas mesin.
sumber: detik

Kiat Memilih Bahan Bakar yang Tepat
Mengenal Hubungan Kompresi dan Nilai Oktan
Perbandingan Kompresi Vs Oktan Bensin

Hasil Uji Lab BBM Solar non subsidi dan bio solar 2012:
http://autobild.co.id/read/2012/07/2...-lewat-tes-lab

Kekurangan dan kelebihan Spin dibandingkan dg kompetitor (model 2014):
Kelebihan:
- Transmisi 6-speed automatic tiptronic utk tipe 1500cc bensin LTZ/Activ (lebih irit BBM drpd 4-speed AT dan 5-speed AT) . Tiptronic adalah transmisi otomatis yg dapat dikendalikan seperti transmisi manual (M mode) dg menekan tombol + dan - utk pergantian giginya.
- Ketebalan pelat bodi 0,6 - 0,8 mm, kompetitornya hanya 0,4 - 0,6 mm
- AC double blower tersedia di atap dengan saluran hingga baris ketiga di semua tipe LS/LT/LTZ/Activ
- Tersedia mesin 1300cc turbo diesel common rail with intercooler transmisi 5-speed-manual

Kekurangan:
- Power steering hydraulic lebih berat dan boros BBM tapi kelebihannya feedback steer lebih akurat dan biaya perbaikan jauh lebih murah
- Kursi baris kedua tidak bisa sliding atau tidak bisa digeser maju mundur shg ruang kaki baris ke tiga tidak bisa disesuaikan.

Fitur plus Spin lainnya
1. Mobil ini mengadopsi primary foldable key with immobilizer (tipe LS/LT/LTZ/Activ) and theft deterrent (tipe LT/LTZ/Activ). Artinya bentuk ujung kunci ini bisa dilipat atau tersimpan masuk ke dalam bodi utama kunci, plus dilengkapi immobilizer.
Sistem anti-maling atau theft deterrent kerjanya melibatkan sensor-sensor yang dapat memberi perintah kepada ECU atau komputer pengatur pada mobil, sehingga bisa mencegah maling masuk ke kabin dan menjalankan mobil.
Misalnya, jendela elektrik terkunci, atau bahkan untuk perangkat yang sudah cukup canggih, mesin akan mati jika sensor mendapati gerak pengemudi maling mencurigakan.

2. Di tipe LT/LTZ/Activ head unit 2DIN dilengkapi Mobile Phone Provision with Bluetooth. Dengan aplikasi itu memudahkan dan aman dalam menggunakan telepon genggam serta memutar koleksi lagu dari multimedia, baik BlackBerry maupun iPhone.

3. Headlight with Follow Me Home function, merupakan fitur yang bisa memberikan penerangan sementara (30-90 detik), sehingga memberikan kemudahan bagi penumpang memasuki rumah setelah turun dan mematikan mobil.Cara mengaktifkanmya:
1. Matikan mesin
2. Cabut kunci
3. Buka pintu
4. Tarik lampu dim
5. Keluar tutup pintu
6. Kunci pintu pake remote
Setelah waktu yg disetting (30sec,1min,2min) headlight akan mati dengan sendirinya. Cara setting waktunya via audio head unit. Tekan tombol Config. Pilih pake tombol Menu. Petunjuk lengkap baca di user manualnya

Poin plus Spin lainnya:
1. Kabin senyap
2. Kualitas audio bagus
3. Kabin baris ke1 lapang.
4. Mesin halus.
5. Pandangan ke depan pengemudi luas.
6. Handling bagus.
7. Jok kursi tebal kualitas baik.
8. Suara diesel lebih halus.
Diubah oleh morinoz 27-12-2016 01:36
josephart
nona212
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.4M
10K
Thread Digembok
Tampilkan semua post
morinozAvatar border
TS
morinoz
#7891
Quote:


Setelah diganti baru kemarin apakah udah coba tips cara pakai dan rawat AC di page one? Kompresor memang salah satu komponen yg paling mahal bisa sekitar 4 atau 5 jutaan. Komponen lain yg lumayan agak mahal spt evaporator bisa 1,5jt yg non ori, kondensor juga 1,5jt yg non ori tergantung jenis mobilnya. Pengalaman sih kalo olinya udah sampai bocor di kompresor, evaporator maka memang mau nggak mau harus diganti baru. Kalo udah divonis beres musti ganti segitu mending bawa ke bengkel spesialis AC dulu. Pengalaman pernah bocor evaporatornya dibawa ke bengkel AC yg rada bonafid penampilan dan pelayanannya, setelah dicek pakai alat meterannya (nggak sampai dibongkar) kena estimasi keseluruhan 3,5 jt termasuk parts lain spt selang2, drier, isi freon, kuras oli kompresor. Akhirnya coba bawa ke bengkel yg tempatnya jauh lebih sederhana dan kecil total biaya habisnya cuma 1,9jt dg harga evaporatornya 1,2 jt non ori buatan Thailand. Kalo beres biasanya nggak mau repot lebih suka lgs ganti baru atau kemarin pas ke beres SAnya merekomendasikan ke salah satu bengkel AC yg katanya biasa menangani ACnya Spin. Kalo di bengkel spesialis AC yg baik dan jujur biasanya setelah dikasih ancer2 kerusakan dan biayanya setelah dibongkar diliat apakah masih bisa direkondisi / dibetulin apa nggak dan selalu sebelum dibongkar pastikan parts penggantinya adalah brand new dan bukan bekas copotan (biasanya dr mobil bekas di Singapore). AC itu kalo udah merasa ada gejala awal yg nggak normal spt jd agak kurang dingin atau yg lain musti cepat2 dibetulin dan ACnya jangan dipakai dulu krn takutnya kalo terus dipakai kerusakannya bisa merembet ke parts AC yg lain.

Quote:


Quote:


Kalo bengkel AC sebenarnya rada cocok2an, pernah ke bengkel C yg katanya bagus dan murah dan memang selalu penuh tapi saya nggak puas dg pelayanannya krn begitu udah dikasih perkiraan harga dan dibongkar kompresornya baru dibilang kalo dudukannya musti di modif krn nggak cocok dg bentuk kompresornya dan cilakanya baru dibilang kompresornya bekas copotan singapur, lgs saya suruh cari yg baru dan yg tipenya memang cocok dg dudukannya, akhirnya bisa dapat barangnya walau harus nambah biaya 2 kali lipat dr hitungan awal, mau saya batalin krn kesal tapi itu mobil udah telanjur dibongkar. Kalo harga partsnya lebih baik kita tahu dulu harga pasarannya berapa, kalo yg original GM pasti lebih mahal, kalopun nggak ori jangan sampai harus mengubah dudukan standardnya. Kalo kemarin itu pertama ke bengkel A info dr internet pas dikasih perkiraan biayanya kok jauh di atas ekspetasi awal setelah cari2 info harga partsnya dulu, kebetulan ada saudara nyuruh coba ke bengkel B yg katanya bisa lebih murah krn sebelumnya udah pernah servis di sana. Awalnya pun saya juga ragu liat tempatnya yg kecil dan sederhana, sepi krn kebetulan udah jam 10 saya jd pelanggan pertamanya, siangan dikit datang BMW thn lama dan Timor. Setelah oke dg harganya saya juga mintanya freon yg merk Dupont, setelah disanggupi baru deh tuh dibongkar. Kalo diliat2 sebenarnya perbedaan harga parts utk kompresor, evaporator, kondensor antara bengkel A dan B nggak terlalu jauh beda, kalo saya liat yg bikin selisih banyaknya itu di perkiraan biaya si A terlalu banyak item yg diperhitungkan dan katanya nggak bisa kurang lagi, kalo di bengkel B bermodalkan perkiraan biaya bengkel A saya lgs setujui hitungan mereka krn selisihnya signifikan, sebenarnya perbedaan itu masuk akal krn bengkel A lebih luas, karyawan banyak, ruang tunggu ber AC, sedangkan bengkel C lebih kecil dan sempit maksimal cuma bisa masuk 2 sd 3 mobil, montir utamanya ya si bossnya dibantu 3 orang lagi, tapi kalo kelasnya bengkel C begini jangan berharap dapat parts original GM, asalkan udah dapat yg non ori dan cocok aja udah bagus.
Diubah oleh morinoz 15-01-2016 03:55
0