Berawal dari banyaknya KASKUSER yang menggunakan volvo maupun mencari informasi tentang volvo di media kaskus tercinta ini, maka KAMI tergerak untuk membuat tread ini..
Vokus BUKANmerupakan afiliasi dari club Volvo manapun.. Vokus adalah murni sebuah komunitas terbuka.. siapapun boleh bergabung.. baik yang punya mobil volvo, pernah punya Volvo, lagi ngincer volvo, yang benci volvo karena pernah ketabrak volvo-pun boleh gabung..
Mau bahas Volvo maupun mobil diluar Volvo boleh-boleh saja kok, karena kami beranggapan yang posting di thread ini sudah mempunyai kedewasaan untuk menilai dan bersikap/berbicara juga bukan orang-orang fanatic berfikiran sempit semata..
Karena itu diwajibkan tetap terjaga kedamaian, kebersamaan apapun profesi, latar belakang maupun jenis kendaraannya... tidak boleh bersifat menyerang, memancing kerusuhan/pertengkaran, no pornografi + no sara
Apabila ada masalah dengan personal yang posting di thread ini, silahkan diselesaikan diluar forum ini..
Akhir kata, tujuan kami cuma ingin jalanin kebersamaan hidup ini dengan damai, fun dan bisa menikmati hobby kita ini..
Spoiler for "ASAL USUL VOLVO":
ASAL USUL VOLVO
Volvo adalah perusahaan pembuat sarana angkutan dari Swedia. Perusahaan ini menghasilkan truk, bus, peralatan konstruksi, sistem penggerak (drive system) untuk peralatan kelautan serta aplikasi-aplikasi industri, suku cadang pesawat udara, dan perusahaan keuangan. Perusahaan yang dahulunya adalah produsen mobil ini didirikan pada 14 April 1927 di Göteborg, Swedia sebagai anak perusahaan SKF, perusahaan yang memproduksi bearing (kolaher). Volvo sudah dihapus dari daftar NASDAQ pada Juni 2007, tetapi masih terdaftar di Bursa Efek Stockholm [1].
Volvo adalah kata dalam bahasa Latin yang berarti "saya berputar", yang merupakan bentuk lain dari kata "volvere". Nama Volvo sebenarnya didaftarkan untuk pertama kalinya pada Mei 1911 sebagai perusahaan yang bernaung di bawah SKF AB dan sebagai merk dagang yang direncanakan akan digunakan untuk bearing seri khusus, tetapi gagasan ini hanya dipakai sebentar. SKF memutuskan untuk menggunakan "SKF" sebagai merk untuk seluruh bearing yang diproduksinya.
Perusahaan AB Volvo tak punya kegiatan apa-apa hingga 10 Agustus 1926. Manajer penjualan, Assar Gabrielsson, and insinyur, Gustav Larson, membentuk AB Volvo sebagai perusahaan pembuat mobil yang bernaung di bawah SKF Grup hanya dengan persiapan selama setahun, termasuk memproduksi sepuluh purwarupa. AB Volvo didaftarkan di Bursa Saham Stockholm pada 1935 dan SKF memutuskan untuk menjual sahamnya pada perusahaan ini.
Seri mobil Volvo yang pertama kali diproduksi, Volvo ÖV 4, keluar dari pabrik pada 14 April 1927. Tanggal ini menjadi tanggal resmi berdirinya Volvo.
sumber
Sektor mesin:
Perhatiin betul2 kondisi fisik mesin, lihat apa di blok mesin ada rembesan2 oli....klo ini ada 2 kemungkinan, oli rembes krn seal2nya dah pada getas, ato worst, blok mesin nya dah ga beres
Lihat kabel2 nya, keliatan tratur atau awut2an...sekalia coba buka box sekring yg deket aki, disitu bisa keliatan, mobil yg masih sehat biasanya daleman tuh box masih bagus, ga ada bekas2 gosong, dan semua nempel pada tempatnya. Klo dah awut2an, kabel nya ga karu2an, apalagi dah banyak yg tempel2an, nah kemungkinan besar tuh kelistrikan dah banyak yg di jumper (bypass)...probabilitas untuk error/masalaht kedepannya bisa besar.
Nyalakan mesin, perhatikan iddlenya.. langsamnya bagus dan tidak berebet & mobil anteng (tidak tll bergetar).. kalo bergetar banyak, kemungkinannya jg banyak.. bias idle valve, kompresi bocor, engine mounting jelek dll
sector cooling system :
Nyalakan mesin, cek suhu mesin.. biarin idle tanpa AC kira2 5-10 menit, perhatiin suhu nya, klo masih manteng di kisaran tengah berarti suhunya 90 deg, brarti masih normal, biasanya klo ga pake ac, begitu suhu dah nyentuh 90 lebih dikit, low fan nya mulai bekerja bwt jaga suhu ttp stabil di situ. klo misal tuh suhu sampe 100 lbh, apalagi klo sampe garis merah, lupain aja deh. Soalnya buat benerin ginian ribet dan mahal. Aparat tersangkanya banyak bgt, mulai dari extra fan, radiator, sensor suhu, dkk..
Cek AC system :
Ac harus keadaan dingin dan nggak ada bunyi2an.. kalau ada bunyi mendesis bias dari expansi valve-nya kl nyetek magnet kompresornya kecepetan or kelamaan bias dari jumlah freonnya ndak pas, modul ac yg di dashboard juga ndak ada nyala lampu2 yg aneh.. kalo misal high speed fan nya langsung hidup ( bunyi nya kenceng bgt, lbh kenceng dari bunyi mesin itu sendiri ) brarti ada yang ga normal. bisa karena tekanan freon nya kegedean, atau bisa jg di bypass/jumper
Cek Power Steering system :
Ndak ada rembes2 oli PS di selang2 maupun dibawah mobil.. setir dicoba belokkin kanan-kiri, ndak boleh ada bunyi dengung or rasa2 tdk normal lainnya..
Cek Matik :
Apabila Volvo incerannya matik, coba masukkan ke D atau R.. tidak boleh jedug or ada jeda beberapa detik.. coba bawa mobilnya, perpindahan antar gigi harus halus.. cari tanjakkan (tdk terlalu curam), mbl dlm keadaan berhenti dan masukkan posisi ke P kemudian masukkan ke posisi D, mobil hrs lgs jalan/nanjak or minimal berhenti di tempat (mungkin krn tanjakkannya tll terjal) tapi tidak boleh malah mundur (ingat posisi masih di D loh)..
Setelah nyoba muter2, dalam keadaan berheti dan dijalanan yg datar.. coba pindahkan posisi tongkat ke semua posisi, masih dlm keadaan mesin nyala, coba lihat stick oli matiknya.. lihat olinya, jgn sampai hitam/kotor.berbau gosong..
Sektor Interior dan Eksterior
sebisa mungkin interior msh dlm keadaan komplit, ori, bersih dan rapi.. tidak ada bau2an bekas banjir or karat2 di besi rangka jok.. tapi memang rata2 kulit jok ori volvo itu mudah retak..
Printilan2 part interior & eksterior polpoh itu susah dicarinya dan akibatnya biasanya harganya agak mahal..
cek kelistrikan semua panel2, lampu-lampu, kelistrikan kaya power window, electric mirror, dsb..
kalo soal bodi, coba buka tutup pintu2 nya satu persatu, suaranya masih manteb atau dah cempreng kaya kaleng rombeng. klo cempreng, kemungkinan karet2nya dah pada getas, or worst, bekas nabrak.
cek semua lampu2 (depan, sein, ama belakang) nempel pada tempatnya, atau nempel agak miring, atau nempel asal2an....klo nempelnya ga sempurna, kemungkinan besar masangnya ga bener, atau bahkan bodinya yg dah ga sempurna (pernah tabrakan)
liaat catnya belang apa nggak, caranya, selain ngeliat di tmpt terang (matahari lgsg) bisa jg liat di tmpt yg agak gelap (dibawah pohon/ di garasi) terkadang cet yg belang (karena spet/cet ulang) kadang ga keliatan belang klo di tmpt terang, tapi baru keliatan di tmpt gelap.
Sektor kaki-kaki
1. Coba teken2 tuh bodi depan ama belakang, klo dia mendelep, trus di lepas dan langsung naek, brarti suspensinya masih ok...klo misal abis mendelep, tapi naeknya lama banget, kemungkinan besar suspesninya dah busuk ( bisa per, bisa shock breaker)
2. bawa ke jalan yg kriting, rasain setirnya, klo setirnya goyang dombret ga karuan, banting kiri kanan, aparat tersangkanya banyak, mulai dari teirod, bull join, bushing arm, ampe lowering arm...klo ini sih wajar yah, mungkin emang dah aus karena pemakaian. tapi klo dpt yg masih bagus, kan lumayan dana masih bisa di simpen bwt jaga2 yg laen. cek juga apakah ada bunyi2an aneh dari kaki2 depan dan belakang.
3. coba bawa ngebut, trus injek rem agak dalem...rasain di kaki yg nempel di pedal rem, remnya getar2 ga? klo getar, selaen lowering arm, bisa juga cakram nya yg ga rata, atau kampas remnya, abs, atau velgnya dah peyang.
4. liat kondisi ban, klo aus nya rata, brarti kaki2 masih normal, tapi klo ban nya makan sebelah, atau aus nya ga rata, brarti ada yang ga beres...prepare aja bwt belanja kaki2. dan berharap klo yg rusak cmn part yg emang habis karena pemakaian, bkn part yg rusak karena kerja yg ga normal.
maap nubi sotoy numpang sharing.. sekalian bahas semua keluarga seri tsb ah dan mungkin nanti bisa ditambahin sama suhu2 disini spy bisa masuk ke arsip utk keluarga seri 9..
seri 9 ada berapa macam/model :
940 TI ( 91 - 93 ) a/t & m/t --> entah kenapa di indo masuk sbg seri 960, pdhl pd masa itu angka pd seri itu ada artinya.. 940 (seri 9, 4 silender).. disini lbh dikenal disini sbg full spec.. yg manual pernah dipakai taksi oleh bluebird (semacam silverbird sekarang).. pakai turbo gede (garreth), jok elektrik, dashboard model spt royal, suspensi nivomat, mesin keluarga dr yg bandel.. putus timing masih nggak akan bikin langsung rontok klep.
940 non turbo ( GL banci ) 93-95 a/t ---> ini justru kesannya spekdown krn NA, suspensi rigid & jok non elektrik, bentuk dashboard berbeda tp mesin masih sama spt TI
940 Turbo ( 95 - 2000 ) a/t ---> turbo terpasang lagi, sering disebut turbo kecil (dari mitshubishi), jok msh non elektrik, dashboard sama spt GL non turbo.. masih mengusung mesin bandel yg sama spt kakaknya..
960 KTT ( 92 ) a/t ----> ini memang sebenar2nya 960 (seri 9, 6 Silender), 3000cc non turbo..optional sama spt full spec diatas, masuk ke indo utk delegasi KTT (umumnya warna biru).. klada yg wrn hitam, berarti masuk bareng tp bukan buat delegasi tp buat dibagi2 ke pejabat2 dulu.. kl ndak salah dulu masuk sekitar 300an unit
960 APEC ( 94 ) a/t ----> ini memang sebenar2nya 960 (seri 9, 6 Silender), 3000cc non turbo..optional sama spt full spec diatas, masuk ke indo utk delegasi KTT (umumnya warna hitam).. klada yg wrn biru, berarti masuk bareng tp bukan buat delegasi tp buat dibagi2 ke pejabat2 dulu.. kl ndak salah dulu masuk sekitar 150an unit
960 Royal (95 - 98 ) a/t ---> facelips dari APEC.. bentuk body major facelips, jok konon dari recaro, suspensi independent..
S90 Short (97-2000) a/t -----> minor facelips saja dr royal.. cuma beda warna interior saja.. tp memang dikasih nama yg berbeda, entah apa maksudnya.. hehehe.. ini lah volvo terakhir yg pakai RWD..
edisi limited edition lainnya :
960 Limousine, 2.300 cc turbo a/t '91 ----> edisi limousine utk volvo fullspec
960 Estate, 2.300 cc turbo a/t '92 ----> edisi station wagon utk volvo fullspec
mhn maap nubi cuma coba sharing sepengetahuan nubi..
kl ketersediaan sparepart ndak ada masalah ah, harganya juga reasonable dibanding dgn mbl merk lain (baik eropa/jepang) yg sejenis teknologinya..
kl bodypart emang agak susah nyarinya.. tapi itu dulu, kayaknya skrg sdh mulai banyak barang2 bodypart copotan/kampakan beredar di jakarta.. sampai mesin + gearboks gelondonganpun nggak susah kok dicarinya dan harganya lbh murah drpd eropa sejenis lainnya..
s80 ada 4 type yg beredar di jalanan..
2.4 non turbo, keluaran awal - 2002.. interior wood, umunya grey, jok blm elektrik, ada telp mbl..
2.9 non turbo, keluaran awal - 2003.. interior wood, umumnya beige, full features.. ada speaker telpon jg di headrest jok depan..
2.3 turbo, keluaran 2002 -2005.. interior titanium, umumnya grey, nggak ada telpon.. 2004 sdh ada yg facelift (beda lampu depan dkk + lampu belakang aja sih)..
2.4 turbo.. 2005 - 2006 sdh facelift, interior wood, full features, dikenal dgn sebutan s80 executive,,
2.5 turbo, keluaran 2007- skrg.. papling kren lah..
*semua cmiiw.. kl ndak salah sih. hihihi..
nah setahu ane kl yg mesin 2.3T (berhubung sama dgn s60 gw), itu nggak boros2 amat kok.. utk dalkot macet2 di jakarta ini, fc gw rata2 14-16/100. kl lurkot pasti lbh irit lagi..
minusnya, krn dia tarikan depan jd ada yg lbh suka polpoh tarikan belakang.. itu doang kok.. tp kebayar dgn model yg nggak pasaran plus features2 yg seabrek.. untuk interior, kebanyakan emang sdh pd pecah2 kulitnya (apalagi yg beige)..
pastiin aja incerannya sehat (cara ngelihatanya sama spt kl kita ngecek mbl lainnya, syukur2 kita scanning jg), pasti nggak akan ngerongrong kok..
happy hunting bro
Quote:
Original Posted By onixmaker►Ijin share di thread VoKus perjalanan ke Jogya tanggal 17 Juni s/d 19 Juni 2013 menggunakan Volvo S80 2,4 Non Turbo tahun 2002.
Bagi rekan-rekan bisa juga menjadi acuan dan referensi sebagai perbandingan dalam memilih type dan jenis Volvo.
Sebelumnya Solo touring ke Madiun menggunakan 740GLE tahun 92, belum sempat share
Pada intinya Volvo = Nyaman ,
Persiapan
Spoiler for :
Isi BBM Full Tank menggunakan Premium di KM 39 Cikampek 44.731 Liter sebesar Rp. 202.290.,- Pukul 16:09
Spoiler for :
Sampai di Jogja Pukul 02:35, tanggal 18 Juni 2013 dan keliling area Jogya.
Mejeng di Benteng
Spoiler for :
Isi bensi BBM Full Tank ke dua di Jogya Premium 49,97 liter sejumlah Rp. 224.865,- dengan jarak tempuh 542Km, jadi rata-rata supply bensin S80 adalah = 1L : 10,8Km.
Spoiler for :
Spoiler for :
Lanjut jalan-jalan ke Waduk Sermo
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Tes Tanjakan menuju Ketep Pass
Spoiler for :
Spoiler for :
Lanjut pulang sampai di rumah dengan Selamat
Adapun permasalahan selama perjalanan sebagai berikut :