alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
The Dark Science Behind
4.79 stars - based on 47 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/538151318b07e7b03b8b4604/the-dark-science-behind

The Dark Science Blog

ATTENTION TO ALL VAPERS!!!!!

Buat lo vapers yang belum pernah ngepost disini, JANGAN POST APAPUN! JANGAN NANYA APAPUN!! Setiap pelanggaran peraturan blog maupun sub forum akan menyebabkan reputasi lo jadi merah. Setiap pelanggaran yang berbau iklan, akan gw selidiki, dan jika terbukti, id poster dan id dalangnya akan gw bikin merah selama setahun penuh, dan gw berjanji akan melakukan apa yang gw bisa buat memastikan id kalian tidak akan berubah menjadi hijau selama setahun.

Stupid-newbie vapers are NOT welcome here. Lo mo nanya kek, belajar kek, masuk SINI!





Thread ini adalah Blog yang membahas sisi gelap kemanusiaan dari sudut pandang ilmiah, terutama kimia. Dikau mungkin akan menemukan gambar2 yang sadis bila kita membahas tentang dunia forensik, atau mungkin pengetahuan tabu mengenai proses pembuatan narkoba, bahan peledak dan masih banyak lagi, kadang ane juga bakal posting hal2 random yang menarik minat ane.

Memang benar bahwa ilmu pengetahuan sangat bisa disalahgunakan untuk menyakiti orang lain. Tujuan ane nulis hal2 seperti ini adalah kebalikannya, untuk menghindari kejahatan, kita harus mengenali apa itu kejahatan, bagaimana kejahatan terjadi. Untuk menghentikan orang yang kecanduan narkoba, kita harus terlebih dahulu mengerti ciri2 orang yang kecanduan. Tentu saja, mencegah lebih baik daripada mengobati, sayang kita tidak bisa menolak kenyataan bahwa kadang kala kita terpaksa mengobati.


do KNOW harm
do NO harm


welcome to our little blog


Rules Of Engagement :

1. Sebelum nanya, baca index dan gunakan fungsi search kaskus. Pastikan yang dikau mau tanya belum ane bahas.

2. Artikel yang ane tulis disajikan dari sudut pandang ilmu pengetahuan dan netral, atau paling tidak ane berusaha netral. Namun ane tetap akan melakukan cencorship maupun tindakan preventif lainnya untuk mencegah penyalahgunaan isi.

3. Ane tidak akan menanggapi pertanyaan maupun pernyataan asumtif yang berhubungan dengan standar moral maupun pelanggaran hukum. Kalo ane nanggepin.. berarti ente lagi hoki.. ato ane lagi terprovokasi, ato keduanya.

4. Dilarang one liner, respon minimal adalah 7 kata yang memiliki makna sebagai satu kalimat, kata ulang maupun frase dihitung sebagai SATU kata.

5. BOLEH menggunakan bahasa tulisan yang menyinggung suku, agama, ras dan hal sensitif lainnya, selama RELEVAN dengan obyek diskusi.

INDEX :

Bermain-main dengan E Cig
  • Cara membuat e liquid dengan benar dan aman DISINI
  • Perbandingan PG/VG/E, rumus ini tidak mutlak, boleh diubah sesuai selera, thanks to masganbro arif_rahim_se DISINI
  • Bahaya beli essence sembarangan DISINI, dan bahaya penggunaan produk NON food grade DISINI
  • Resep liquid populer dan steeping DISINI
  • Tentang ethyl maltol dan throat hit, chest hit, nasal hit.. dan hit lainnya DISINI
  • Cara menyimpan e liquid biar awet, berapa lama usia e liquid, throat hit (lagi) dan ekstraksi nikotin DISINI
  • Beberapa metode ekstraksi nikotin, DISINI, dan DISINI
  • Cara membuat e juice dengan peralatan seadanya disini
  • Istilah yang umum di dunia PV (thanks to Mr. Cottonfield) disini new*
  • Bahaya Acrolein dan VG disini new*


Tentang narkoba dan halusinogen
  • Jamur ajaib dari Bali, DISINI
  • Narkoba paling berbahaya yang bisa digunakan buat gendam, DISINI
  • Buah paling berbahaya di dunia, DISINI


Tentang darah, mayat dan hal menjijikkan lainnya
  • Proses kematian dibelakang daging rendang, disini


Bertamu kedalam pikiran PSIKOPAT
* The Spiderweb Defense : disini
* Hi Tech Crime, Mencuri Identitas Dengan Bantuan Kolesterol : Coming soon
* Hi Tech Crime, Melihat Dalam Kegelapan Dengan Bantuan Gelombang Elektromagnetik : Coming soon

Spoiler for Talking rubbish:
Diubah oleh jouest
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
Saat ini, dunia internet sudah sangat berbeda dibanding 10 - 15 tahun lalu. Dulu internet bisa dibilang sumber informasi yang cukup akurat. Kita pengen tau kebenaran suatu hal, buka internet, search atau baca di forum, dan kita dapet fakta beserta buktinya. Sekarang, mencari kebenaran lewat internet menjadi jauh lebih sulit, karena terlalu banyak informasi palsu, hoax maupun "pendapat" yang hanya berdasarkan "kepercayaan" tanpa dilandasi bukti ilmiah.

Menganggap suatu hal sebagai kebenaran hanya karena "banyak orang yang bilang gitu" adalah hal yang menyedihkan, karena ini artinya pola pikir manusia masa kini, kembali seperti 500 tahun lalu yang menganggap bumi itu datar karena "semua orang bilang gitu", dan orang yang bilang, apalagi membuktikan bahwa bumi itu bulat akan dikucilkan, dipenjara, bahkan mungkin dibunuh.

Ane terima beberapa PM yang nanya hal2 yang berkaitan dengan cara membuat e liquid, mulai keluhan akan percobaan yang boros, banyak membuang bahan, kerusakan bahan dll.. dan ane akan coba jawab dan jelaskan bagaimana ente bisa mencari jawaban sendiri secara metodis dan (relatif) ilmiah.

Membuat e liquid yang enak, menurut ane mirip dengan memasak. Ente ga bisa sekedar membaca resep sayur asem dan langsung bisa bikin sayur asem yang enak. Banyak faktor lain yang mempengaruhi rasa, seperti timing memasukkan bahan, besar api, dll.. Relevansinya dengan membuat e liquid adalah, ente sebaiknya paham dulu setiap jenis bahan yang bakal digunakan.

  • Selalu utamakan KEAMANAN, SAFETY diatas kenyamanan dan harga.


Ane mau tambahin sedikit info soal bahan dasar yang sepertinya belum banyak dibahas didunia diy liquid.

Propylene Glycol :
  • uap atau "vapor" PG akan diproses tubuh menjadi asam laktat, dimana asam laktat adalah zat yang menimbulkan rasa pegal atau linu pada otot, bayangin ente ngangkat barbel ringan dengan cepat sampe bisep ente terasa panas dan nyeri.. nah itu penumpukan asam laktat di otot bisep. Sensitifitas manusia terhadap asam laktat sangat berbeda antar perorangan, dan butuh konsumsi PG jumlah tinggi sebelum terjadi, konsumsi makanan yang mengandung Magnesium jumlah tinggi akan mempercepat pembongkaran asam laktat, contoh makananan dengan Magnesium tinggi adalah pisang.

Referensi : DISINI
  • Terkenal sebagai "pembawa" rasa, tidak sepenuhnya benar. Hal ini terjadi karena sebagian besar essence adalah oil based, dan oil based lebih mudah berikatan dengan PG. Artinya, essence water base akan membuat VG membawa rasa sama baiknya dengan PG.


Vegetable Glycerine :
  • Akan diproses dalam tubuh seperti gula, dan berpotensi menaikan gula darah, meskipun ente harus mengkonsumsi VG dalam jumlah banyak sebelum hal ini terjadi, hal ini sebaiknya tetap menjadi pertimbangan penderita diabetes yang mungkin mengalami gejala naiknya gula darah.

Referensi : DISINI
dan DISINI
  • Proses penguapan VG yang terlalu cepat/terlalu panas akan menimbulkan aroma tidak sedap, dimana perbedaan 10 Celcius saja akan menimbulkan perbedaan bau yang cukup signifikan. (Ane nemu hal ini karena ane nembakin thermometer infrared ane ke coil, karena ane merasa aneh dengan euforia VV-VW, ngapain ribet ngurusin arus listrik? yang lebih pengaruh ke rasa adalah temperatur pembakaran dan seberapa cepat coil bisa mencapai temperatur tersebut.. dan itu artinya VT - Variable Temperature).


Nicotine :
  • Zat yang sangat sensitif terhadap cahaya. Selalu simpan diwadah yang tidak tembus cahaya, letakkan ditempat gelap dan dingin. Cara penyimpanan terbaik adalah dengan menempatkan nikotin cair dalam botol dengan katup udara, bungkus didalam vaccuum pack (yang banyak dijual di FJB) lalu masukkan ke freezer, karena dengan vaccum pack, ente ga perlu khawatir masalah pengembunan (meskipun pengembunan juga tidak terlalu mempengaruhi kualitas nikotin).


Btw, cara penyimpanan dengan vaccuum pack adalah salah satu cara penyimpanan terbaik untuk e liquid, karena ente menghilangkan salah satu penyebab utama pembusukan, yaitu oksigen.

Cara membuat e juice/e liquid dengan peralatan sederhana

Cara berpikir dalam melakukan sebuah percobaan adalah melakukan segalanya secara bertahap dan dalam skala kecil dan jangan pernah ragu untuk meragukan diri sendiri. Kepercayaan diri tanpa dasar ilmiah adalah langkah pasti buat buang duit ke got atau lebih parah.

Untuk menemukan komposisi yang tepat atas liquid rasa apapun, yang ane lakukan kira2 kek gini..

PG murni > TES RASA
VG murni > TES RASA
PG murni + pemanis > TES RASA
VG murni + pemanis > TES RASA
PG murni + pemanis + perasa > TES RASA
VG murni + pemanis + perasa > TES RASA

Alat, bahan

Spoiler for Peralatan:


Pengenalan rasa bahan :

Mengenali rasa bahan dasar, sangat penting untuk membuat e juice sendiri. Karena jika rasa yang dihasilkan tidak sesuai dengan keinginan, kita tidak bisa dengan mudah menyalahkan sumber informasi, seperti "forum sebelah" ataupun "kata orang", karena tujuan kita membuat e juice sendiri adalah keamanan dan kenyamanan pribadi, dan bisa jadi resep dari forum sebelah dibuat dengan bahan yang sedikit berbeda tanpa kita ketahui.

Artinya, dengan mengenali rasa setiap bahan dasar, ente bukan lagi "meniru" resep, tapi ente selangkah menuju "membuat resep" sendiri.

Spoiler for Rasa Bahan Dasar:


Penambahan Essence

"Rasa" adalah proses elektrokimia yang terjadi pada lidah dan syaraf penciuman. Artinya jika fungsi lidah atau penciuman terganggu, rasa akan berubah, karena itu pastikan lidah dan penciuman ente dalam kondisi prima dan terkalibrasi saat meracik "rasa". emoticon-Hammer (S)

Karena e juice menggunakan bahan dasar PG/VG, maka cara termudah untuk menentukan jenis essence yang bisa dipakai adalah dengan memilih essence yang mengandung PG/VG juga.

Spoiler for Essence:


Eksplorasi Rasa

Dengan memahami langkah 1 - 5, akan sangat mudah memahami proses pengembangan resep yang lebih kompleks, secara efektif dan efisien. Contohnya, resep yang menggunakan rasa "mint". Tes dahulu apakah rasa "mint" yang ente pakai bener2 mint yang ente mau.. atau jangan2 itu menthol?

Pencampuran dan perhitungan bahan lain seperti nikotin, ethyl maltol, ekstrak tembakau dll juga akan lebih mudah dipahami setelah ente paham tujuan langkah2 diatas.

Tidak semua merk akan menghasilkan rasa yang sama, rasa strawberry essence merk A enak, bukan berarti semua merk A enak, apalagi "rasa" dan "enak" sangatlah tergantung dengan selera manusia yang bisa sangat berbeda satu sama lain.

Spoiler for Essence yang sudah dicoba:


Bahan yang terbuang akan tetap ada, hak manusia untuk mencapai efisiensi 100% sudah dicabut sejak manusia meninggalkan taman Eden. Namun tetap ada metode kerja yang memungkinkan manusia meraih hasil optimal, dalam waktu yang relatif singkat.

Diubah oleh jouest
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di