CARI
KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5244171f40cb17e76700000f/hut-68-kereta-api

Hari ini Dirgahayu Kereta Api yang ke 68

Thread pertama ane nih gan emoticon-Malu
Spoiler for Hot Thread:

Hari ini 28 septmeber Dirgahayu Kereta Api Indonesia yang ke 68 tahun emoticon-Ultah

Daripada basa basi mending kita mulai aja emoticon-Ngacir

Kehadiran kereta api di Indonesia ditandai dengan pencangkulan pertama pembangunan jalan KA di desa Kemijen, Jum'at tanggal 17 Juni 1864 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele. Pembangunan diprakarsai oleh Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NV. NISM) yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju desa Tanggung (26 Km) dengan lebar sepur 1435 mm. Ruas jalan ini dibuka untuk angkutan umum pada hari Sabtu, 10 Agustus 1867.

Keberhasilan swasta, NV. NISM membangun jalan KA antara Kemijen - Tanggung, yang kemudian pada tanggal 10 Februari 1870 dapat menghubungkan kota Semarang - Surakarta (110 Km), akhirnya mendorong minat investor untuk membangun jalan KA di daerah lainnya. Tidak mengherankan, kalau pertumbuhan panjang jalan rel antara 1864 - 1900 tumbuh de-ngan pesat. Kalau tahun 1867 baru 25 Km, tahun 1870 menjadi 110 Km, tahun 1880 mencapai 405 Km, tahun 1890 menjadi 1.427 Km dan pada tahun 1900 menjadi 3.338 Km.

Spoiler for stasiun kemijen:

Spoiler for stasiun tanggung:


Selain di Jawa, pembangunan jalan KA juga dilakukan di Aceh (1874), Sumatera Utara (1886), Sumatera Barat (1891), Sumatera Selatan (1914), bahkan tahun 1922 di Sulawasi juga telah dibangun jalan KA sepanjang 47 Km antara Makasar-Takalar, yang pengoperasiannya dilakukan tanggal 1 Juli 1923, sisanya Ujungpandang - Maros belum sempat diselesaikan. Sedangkan di Kalimantan, meskipun belum sempat dibangun, studi jalan KA Pontianak - Sambas (220 Km) sudah diselesaikan. Demikian juga di pulau Bali dan Lombok, pernah dilakukan studi pembangunan jalan KA.

Spoiler for Jembatan Lembah anai padang:


Sampai dengan tahun 1939, panjang jalan KA di Indonesia mencapai 6.811 Km. Tetapi, pada tahun 1950 panjangnya berkurang menjadi 5.910 km, kurang Iebih 901 Km raib, yang diperkirakan karena dibongkar semasa pendudukan Jepang dan diangkut ke Burma untuk pembangunan jalan KA di sana.
Spoiler for Pic nya gan:


Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamir-kan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan KA yang tergabung dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mengambil alih kekuasa-an perkeretaapian dari pihak Jepang. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada tanggal 28 September 1945. Pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya, menegaskan bahwa mulai tanggal 28 September 1945 kekuasaan perkeretaapian berada di tangan bangsa Indonesia. Orang Jepang tidak diperbolehkan campur tangan lagi urusan perkeretaapi-an di Indonesia. Inilah yang melandasi ditetapkannya 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api di Indonesia, serta dibentuknya Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI)

Spoiler for AMKA:

Spoiler for DKA:


Spoiler for Sejarah Lawang Sewu:


Spoiler for Pic:

Spoiler for Pic:


dan ini lah lokomotif diesel pertama di Indonesia emoticon-Jempol
Spoiler for CC 200 15:


Spoiler for Sejarah cc 200:


Dan juga ini pabrik kereta di Madiun gan emoticon-I Love Indonesia

Spoiler for INKA madiun:

Spoiler for Loko karya anak bangsa:

Spoiler for Kereta yang di expor ke india:

Spoiler for KRL karya anak bangsa:

Spoiler for Busway bikinan INKA:

Spoiler for Sejarah berdiri nya Inka:


Dan ini lah Dipo KRL terbesar se ASIA tenggara emoticon-I Love Indonesia
Spoiler for Dipo KRL depok:

Spoiler for Dipo KRL depok (2):


Spoiler for Rel paling aneh:

Spoiler for Pameran Kereta:

Sampai sini dulu aja ya gan , capek ane nyari sumber sumber foto nya emoticon-Ngakak
Yang penting kita jangan melupakan sejarah itu yang terpenting emoticon-2 Jempol
Oh iya gan coba deh agan gali rumah agan siapa tau rumah agan dulu nya bekas jalur kereta emoticon-Ngakak
Jangan lupa di emoticon-Rate 5 Star dan jangan lupa biasakan lah komeng emoticon-2 Jempol

Diubah oleh anggerrailfans

Update ke 2

Nih gan acara acara di stasiun Jakarta Kota emoticon-I Love Indonesia
Selamat menyimak gan emoticon-Ngacir2

1.Acara cuci loko

Kerja Bakti & Cuci KRL Djoko Lelono & Lokomotif Bon-bon
Hari : Jumat, 27 September 2013
Waktu : Pkl. 08.00 s/d selesai
Peserta : Pegawai & Pecinta Kereta Api.
Lokasi : Sepur 1 – 12 Stasiun Jakarta Kota.
Dress Code : Pakaian Olahraga.

Spoiler for Cuci bagian luar:

Spoiler for Cuci Kabin:

Spoiler for Cuci terus sampe bersih:

Spoiler for Fobar with bon bon:

Spoiler for Fobar with bon bon lagi:

Spoiler for Para suhu:

Spoiler for Interior Djoko Kendil:

Spoiler for Interior Djoko Kendil lagi:

Spoiler for Ini cikal bakal KRL (bon bon):


Spoiler for Sejarah tentang Bon Bon:


2. Apel HUT KA
Hari : Sabtu, 28 September 2013
Waktu 07.00 s/d selesai
Lokasi : Halaman Kantor PT. KAI Daop 1 Jakarta (St Jakarta Kota)
Pakaian : mengenakan celana Hitam Panjang, sepatu & Seragam Komunitas (Jaket/Rompi/Kemeja ES)

3. Jalan Santai
Hari : Minggu, 29 September 2013
Waktu : Pkl. 06.00 s/d selesai
Lokasi : Stasiun Jakarta Kota & Kota Tua Jakarta.
Pakaian : bebas, rapih, sopan
Peserta : Pegawai & Pecinta Kereta Api.

Ditunggu saja Pic nya ya gan emoticon-I Love Indonesia
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di