- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Belok Bukan Sembarang Belok
TS
amaz
Belok Bukan Sembarang Belok
BELOK BUKAN SEMBARANG BELOK, BRO!!
Spoiler for Hot Thread:
TERIMA KASIH, GAN!!!
HT #1 ane, senang nya bisa berbagi untuk keselamatan semua
Thread ini bukan hanya untuk bikerataupun driver, tapi siapapun yang menggunakan jalan raya dan BERBELOK
HT #1 ane, senang nya bisa berbagi untuk keselamatan semua
Thread ini bukan hanya untuk bikerataupun driver, tapi siapapun yang menggunakan jalan raya dan BERBELOK
TETAP DIRATE DI KOMEN BRO BIAR GAK TENGGELAM
BIAR PADA SEPAHAM SEMUA DI JALAN, BIAR SELAMAT SAMPAI TUJUAN
Ane sebagai pengguna jalan raya yang kadang jd biker ataupun driver miris dengan kesopansantunan banyak pengguna jalan sekarang. MAIN SEMBARANG BELOK, BRO!!. Giliran udah crash saling nyolot. Makanya baca ini ya, biar kita semua sepaham dan saling selamat
Kesadaran masing-masing pengemudi baik itu mobil dan motor terhadap aturan-aturan yang tidak tertulis, berkaitan dengan tata krama di jalan juga dapat berpengaruh terhadap tingkat terjadinya kecelakaan. Yang menjadi masalah adalah tidak semua orang mempunyai kesadaran, pola berpikir, tata krama yang sama di jalan.
Thread ini di buat untuk mencoba menyampaikan aturan tidak tertulis tadi yang semoga dapat diingat selalu saat kita berkendara baik dengan motor maupun mobil di jalan.
BELOK 1
Quote:
Quote:
Sering terjadi saat mobil (C) akan berbelok ke kiri, tiba-tiba muncul sepeda motor (A) dari sisi kiri atau sisi dalam belokan. Beruntung apabila mobil (C) melihat ada sepeda motor tersebut di sisi kirinya, jika tidak, maka motor (A) akan terjepit oleh mobil tersebut.
Mengapa bisa terjadi kecelakaan?
Pengemudi mobil (C) yang akan berbelok ke kiri, pertama-tama akan berkonsentrasi melihat ke arah kanan (1) melihat adanya mobil lain dari arah kanan (E), kemudian dia akan melihat mobil dari arah kiri (2) (D) untuk mulai berbelok ke kiri.
Saat seperti itu umumnya pengemudi mobil tidak terpikir untuk melihat sisi kiri mobil apakah aman atau tidak.
Sekalipun melihat spion, umumnya posisi sepeda motor yang menyelip masuk tidak terlihat karena masuk dalam sudut BLIND SPOT (sudut tidak terlihat oleh kaca spion).
Pengendara motor (B) posisinya benar, dia berjalan di belakang mobil yang sedang berbelok, sehingga aman. Pengendara motor (B) pun harus melihat kondisi lalin dari arah kanan, dan mengatur jarak dengan mobil di depannya saat berbelok.
Mengapa bisa terjadi kecelakaan?
Pengemudi mobil (C) yang akan berbelok ke kiri, pertama-tama akan berkonsentrasi melihat ke arah kanan (1) melihat adanya mobil lain dari arah kanan (E), kemudian dia akan melihat mobil dari arah kiri (2) (D) untuk mulai berbelok ke kiri.
Saat seperti itu umumnya pengemudi mobil tidak terpikir untuk melihat sisi kiri mobil apakah aman atau tidak.
Sekalipun melihat spion, umumnya posisi sepeda motor yang menyelip masuk tidak terlihat karena masuk dalam sudut BLIND SPOT (sudut tidak terlihat oleh kaca spion).
Pengendara motor (B) posisinya benar, dia berjalan di belakang mobil yang sedang berbelok, sehingga aman. Pengendara motor (B) pun harus melihat kondisi lalin dari arah kanan, dan mengatur jarak dengan mobil di depannya saat berbelok.
BELOK 2
Quote:
Quote:
Sering terjadi juga, saat mobil akan masuk jalur di seberangnya pada suatu pertigaan, sepeda motor yang ikut berbelok dengan arah yang sama mengambil ruang gerak belok mobil. Hal ini sangat berbahaya apabila si pengendara mobil tidak melihat dan menginjak rem saat sepeda motor itu memotong jalur beloknya.
Sebaiknya, pengendara motor menunggu mobil tersebut berbelok pada ruang geraknya dan tidak memotorngnya.
Sebaiknya, pengendara motor menunggu mobil tersebut berbelok pada ruang geraknya dan tidak memotorngnya.
BELOK 3
Quote:
Quote:
Pada jalan yang tidak terlalu ramai, sering terjadi motor atau mobil berbelok dengan mengambil jalur arah berlawanan saat memasuki pertigaan atau tikungan.
Untuk itu mobil atau motor yang akan memasuki tikungan atau pertigaan, sempatkan untuk membunyikan klakson atau menyalakan beam (jika malam) agar pengendara lain tau akan ada mobil / motor yang keluar tikungan, sehingga dapat memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan.
Sebaiknya tetaplah berjalan di jalur masing-masing. Bayangkan ada garis pembatas jalur (imajiner) yang tidak boleh kita langgar saat berbelok, juga perlu berhenti, sebelum berbelok apabila ada kendaraan lain dari arah berlawanan yang akan lurus (C), sehingga aman.
Untuk itu mobil atau motor yang akan memasuki tikungan atau pertigaan, sempatkan untuk membunyikan klakson atau menyalakan beam (jika malam) agar pengendara lain tau akan ada mobil / motor yang keluar tikungan, sehingga dapat memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan.
Sebaiknya tetaplah berjalan di jalur masing-masing. Bayangkan ada garis pembatas jalur (imajiner) yang tidak boleh kita langgar saat berbelok, juga perlu berhenti, sebelum berbelok apabila ada kendaraan lain dari arah berlawanan yang akan lurus (C), sehingga aman.
BELOK 4
Quote:
Quote:
Kecelakaan antar sesama sepeda motor sering terjadi saat memasuki suatu tikungan. Ketika salah satu pengendara motor menyusul memasuki tikungan dan mengambil jalur belok sepeda motor di belakangnya, sehingga apabila pengendara yang dibelakang tidak sigap, akan terjadi kecelakaan.
Sebaiknya tetaplah berbelok di jalurnya, bayangkan garis belokan yang akan kita lalui maupun yang akan dilalui oleh pengendara di dekat kita, sehingga kita tidak mengambil atau menyerobot jalur beloknya.
Sebaiknya tetaplah berbelok di jalurnya, bayangkan garis belokan yang akan kita lalui maupun yang akan dilalui oleh pengendara di dekat kita, sehingga kita tidak mengambil atau menyerobot jalur beloknya.
BELOK 5
Quote:
Quote:
Sering kita jumpai saat di dalam area komplek perumahan. Mobil atau motor keluar dari suatu jalan kecil dengan kecepatan masih cukup kencang berbelok masuk ke jalan besar (pertigaan) dengan menggunakan jalur orang lain.
Akan sangat berbahaya apabila ada orang lain yang posisinya sudah pada jalurnya akan berbelok ke jalan tersebut.
Akan sangat berbahaya apabila ada orang lain yang posisinya sudah pada jalurnya akan berbelok ke jalan tersebut.
BELOK 6
Quote:
Quote:
Tidak kalah bahayanya saat berbelok di tikungan, melakukan gerakan seperti di arena balap mobil atau motor (Racing-Line), dari sudut terluar, memasuki tikungan menusuk ke dalam. Hal ini sangat berbahaya karena di jalan umum tidak seperti di sirkuit. Apabila gerakan berbelok ala pembalap tersebut dilakukan di jalan umum yang menerapkan dua jalur, dapat menimbulkan kecelakaan yang cukup fatal.
Sangat berbahaya untuk jalan berkelok di luar kota. Lakukanlah gerakan berbelok di tikungan tetap pada jalur kita, jangan gunakan jalur orang lain (arah berlawanan)
Sangat berbahaya untuk jalan berkelok di luar kota. Lakukanlah gerakan berbelok di tikungan tetap pada jalur kita, jangan gunakan jalur orang lain (arah berlawanan)
BELOK 7 (putar balik (u-turn)
Quote:
Quote:
Untuk melakukan Putar Balik, sebaiknya tetap rapat di kanan (Rapat pembatas jalan). Hal ini supaya tidak mengganggu arus lalu lintas yang akan lurus di sebelah kiri kita. Seringnya kita mengambil posisi lebih ke kiri (pinggir jalan) karena mungkin radius putar mobil kita tidak cukup kecil. Usahakan untuk tetap mencoba memikirkan atau peduli dengan kendaraan lain yang akan lurus dan terhalang oleh mobil kita yang akan memutar balik.
Sepeda motor juga sering ditemukan menyelip dari sisi dalam, sementara perhatian pengendara mobil sedang ke sisi luar (memperhatikan arus lalu lintas dari arah sebaliknya) untuk melakukan putaran. Sehingga sepeda motor yang menyelip dari sisi dalam itu sering tidak terlihat dan tidak terduga hingga akhirnya terpepet atau terjepit mobil. Sebaiknya sepeda motor bersabar untuk berada di belakang mobil yang akan memutar tersebut demi keselamatannya.
Sepeda motor juga sering ditemukan menyelip dari sisi dalam, sementara perhatian pengendara mobil sedang ke sisi luar (memperhatikan arus lalu lintas dari arah sebaliknya) untuk melakukan putaran. Sehingga sepeda motor yang menyelip dari sisi dalam itu sering tidak terlihat dan tidak terduga hingga akhirnya terpepet atau terjepit mobil. Sebaiknya sepeda motor bersabar untuk berada di belakang mobil yang akan memutar tersebut demi keselamatannya.
Update Bro!!!
MENDAHULUI DI PERSIMPANGAN 1
Quote:
Skenario
1. Mobil Biru mo belok kiri, pengendara sepedamotor (rider) berada pada posisi yang salah, dalam artinya dia nggak melihat dan dan tidak terlihat oleh mobil Kuning.
2. Saat Mobil biru menurunkan kecepatan, Rider bermanufer menyalip dari sebelah kanan dan terus berakselerasi, pada saat itu mobil Kuning pun akan melewati persimpangan dengan berbelok ke kanan.
3. Rider terlambat mengantisipasi handicap didepannya, ia tidak sempat berhenti dan menghindar sehingga terjadilah tabrakan
1. Mobil Biru mo belok kiri, pengendara sepedamotor (rider) berada pada posisi yang salah, dalam artinya dia nggak melihat dan dan tidak terlihat oleh mobil Kuning.
2. Saat Mobil biru menurunkan kecepatan, Rider bermanufer menyalip dari sebelah kanan dan terus berakselerasi, pada saat itu mobil Kuning pun akan melewati persimpangan dengan berbelok ke kanan.
3. Rider terlambat mengantisipasi handicap didepannya, ia tidak sempat berhenti dan menghindar sehingga terjadilah tabrakan
Quote:
Bagaimana seharusnya, Bro!!!
Quote:
Quote:
1. Hindari menyalib pada persimpangan ke kanan karena kendaraan didepan dapat mengambil jalur anda untuk berbelok ke kanan. Sebelum menyalib pada persimpangan ke kiri, yakinkan dahulu jalur dalam keadaan kosong dan aman.
2. Saat akan melewati sebuah persimpangan, dapatkan semua informasi sebaik mungkin termasuk sinyal-sinyak kendaraan disekitar anda, bersiaplah untuk sesuatu yang tidak diinginkan
3. Tanyalah diri anda Sendiri, apakah saya sudah “terlihat”, Yakinkan diri anda berada dalam jangkauan penglihatan pengendara pada persimpangan dengan melakukan kontak mata secara langsung. Bersiaplah untuk sesuatu yang terburuk.
MEMBELOK DI TIKUNGAN
Quote:
Tikungan merupakan tempat yang buruk untuk mengakhiri hidup, Saat kita salah memasuki tikungan, biasanya sesuatu yang buruk akan sulit dihindari.
Statistik suatu majalah otomotif menyebutkan kebanyakan kecelakaan di tikungan banyak menimpa Riders pemula dan Riders yang Ugal-ugalan. Tapi Jangan Kaget bila Statistik menyebutkan juga bahwa Kecelakaan di tikungan jumlahnya merosot saat kondisi jalanan Basah …Tanya kenapa ?
1. Rider memasuki sebuah tikungan dengan kecepatan terlalu tinggi, sehingga Ia gagal memprediksi Radius tikungan karena late braking…emangnya Rossi.
Karena terlalu cepat posisi belok menjadi melebar sehingga mendekati marka pembatas jalan.
2. Rider gagal mengantisipasi ujung tikungan, panik sehingga menutup gas dengan spontan
3. Rider kebablasan melewati marka jalan, sehingga dapat saja mengalami benturan dengan kendaraan pada arah yang berlawanan
Statistik suatu majalah otomotif menyebutkan kebanyakan kecelakaan di tikungan banyak menimpa Riders pemula dan Riders yang Ugal-ugalan. Tapi Jangan Kaget bila Statistik menyebutkan juga bahwa Kecelakaan di tikungan jumlahnya merosot saat kondisi jalanan Basah …Tanya kenapa ?
1. Rider memasuki sebuah tikungan dengan kecepatan terlalu tinggi, sehingga Ia gagal memprediksi Radius tikungan karena late braking…emangnya Rossi.
Karena terlalu cepat posisi belok menjadi melebar sehingga mendekati marka pembatas jalan.
2. Rider gagal mengantisipasi ujung tikungan, panik sehingga menutup gas dengan spontan
3. Rider kebablasan melewati marka jalan, sehingga dapat saja mengalami benturan dengan kendaraan pada arah yang berlawanan
Quote:
Bagaimana seharusya, Bro!!!
Quote:
Quote:
1. Tekan Rem perlahan …. setup and squeeze … Pertahankan kecepatan ideal yang nyaman bagi Bro sendiri untuk melibas tikungan seraya memperhatikan tanda-tanda di depan.
2. Memasuki tikungan dengan kondisi dan posisi dimana Bro dapat melihat semua yang akan dihadapi, sisakan ruang antara brothers dengan jalur arah lawan. Ingat posisi yang brothers lihat di depan merupakan posisi tujuan brothers
Update Bro!!!
Penggunaan lampu seindan hazard
Spoiler for kacau:
Quote:
Sein kanan, digunakan saat
1. Akan belok kanan atau pindah ke jalur kanan dengan tujuan menyalip kendaraan di depan.
2. Lampu sein kanan juga berfungsi sebagai pembatas paling kanan ketika Anda berkendara di jalan-jalan yang lebarnya hanya untuk dua mobil dan berpapasan dengan mobil dari arah berlawanan.
3. Para pengendara sebaiknya juga menyalakan lampu sein kanan ketika akan disalip mobil lain di tikungan atau berpapasan dengan mobil lain dalam jarak dekat. Menyalakan lampu sein saat akan disalip dikedua situasi tersebut berfungsi sebagai isyarat untuk tidak atau menunda menyalip karena terlalu berisiko.
1. Akan belok kanan atau pindah ke jalur kanan dengan tujuan menyalip kendaraan di depan.
2. Lampu sein kanan juga berfungsi sebagai pembatas paling kanan ketika Anda berkendara di jalan-jalan yang lebarnya hanya untuk dua mobil dan berpapasan dengan mobil dari arah berlawanan.
3. Para pengendara sebaiknya juga menyalakan lampu sein kanan ketika akan disalip mobil lain di tikungan atau berpapasan dengan mobil lain dalam jarak dekat. Menyalakan lampu sein saat akan disalip dikedua situasi tersebut berfungsi sebagai isyarat untuk tidak atau menunda menyalip karena terlalu berisiko.
Spoiler for kanan:
Quote:
Sein kiri, digunakan saat
1. Pindah ke jalur kiri, belok kiri dan saat akan berhenti. Saat akan berpindah ke jalur kiri diwajibkan menyalakan lampu sein agar kendaraan di belakang bisa mengurangi kecepatan dan kendaraan yang menyalakan sein dapat masuk jalur kiri.
2. Namun, jika Anda berkendara di jalur kanan dan bermaksud menyalip kendaraan besar (seperti truk atau kontainer) di depan Anda yang melaju dengan kecepatan rendah, gunakan teknik yang berbeda. Selain menyalakan lampu sein kiri saat akan menyalip dari jalur kiri, bunyikan klakson apabila jalur kiri hanya pas satu mobil. Maksudnya agar mobil depan mengetahui kalau kendaraan Anda akan menyalip dari jalur kiri sehingga memberi kesempatan dan ruang untuk menyalip.
1. Pindah ke jalur kiri, belok kiri dan saat akan berhenti. Saat akan berpindah ke jalur kiri diwajibkan menyalakan lampu sein agar kendaraan di belakang bisa mengurangi kecepatan dan kendaraan yang menyalakan sein dapat masuk jalur kiri.
2. Namun, jika Anda berkendara di jalur kanan dan bermaksud menyalip kendaraan besar (seperti truk atau kontainer) di depan Anda yang melaju dengan kecepatan rendah, gunakan teknik yang berbeda. Selain menyalakan lampu sein kiri saat akan menyalip dari jalur kiri, bunyikan klakson apabila jalur kiri hanya pas satu mobil. Maksudnya agar mobil depan mengetahui kalau kendaraan Anda akan menyalip dari jalur kiri sehingga memberi kesempatan dan ruang untuk menyalip.
Spoiler for kiri:
Quote:
Saat yang tepat menyalakan lampu sein kiri atau kanan sebaiknya dinyalakan 5-6 detik atau 30 meter sebelum berbelok, berhenti atau menyalip. Tujuannya agar pengendara lain bisa mengatur kecepatan dan bisa memberikan kesempatan. Hal-hal tersebut di atas adalah bentuk komunikasi dalam berkendara, sehingga tercipta saling menghormati antara satu pengendara dengan pengendara yang lain.
Spoiler for hazard:
Quote:
Hazard Lamp (Lampu Darurat) atau biasa disebut Lampu Hazard adalah lampu yang hidup bersamaan ketika tombol hazard (Bergambar Segitiga Merah) ditekan. Lampu Darurat berfungsi sebagai penanda keadaan darurat yang dialami oleh pengemudi kendaraan tersebut. Hal ini tertulis dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, Pasal 121 ayat 1 yang berisi:
Yang dimaksud dengan “isyarat lain” antara lain lampu darurat dan senter.
Yang dimaksud dengan “keadaan darurat” adalah Kendaraan dalam keadaan mogok, Kecelakaan Lalu Lintas, dan mengganti ban.
Quote:
"Setiap Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau Parkir dalam keadaan darurat di Jalan".
Yang dimaksud dengan “isyarat lain” antara lain lampu darurat dan senter.
Yang dimaksud dengan “keadaan darurat” adalah Kendaraan dalam keadaan mogok, Kecelakaan Lalu Lintas, dan mengganti ban.
Spoiler for darurat:
Namun untuk menjadi perhatian bagi para pengemudi, terdapat kebiasaan yang menyalahgunakan fungsi dari Lampu Hazard. Diantaranya sebagai berikut:
Quote:
1. Menggunakan saat hujan. Menggunakan saat hujan hanya membingungkan pengemudi dibelakang karena saat lampu hazard dinyalakan, Lampu Sein tidak berfungsi karena tertutup oleh lampu hazard. Anda cukup berhati-hati saja saat hujan atau dengan menghidupkan lampu utama.
2. Menggunakan saat memberi tanda lurus di persimpangan. Menggunakan saat bergerak lurus tidak perlu karena dengan tanpa menghidupkan lampu sein berarti anda menandakan diri akan bergerak lurus kedepan.
3. Menggunakan saat dilorong gelap. Menggunakan saat dilorong gelap tidak perlu karena tidak ada efeknya, yang ada hanya membingungkan kendaraan dibelakang. Cukup nyalakan lampu senja atau lampu utama karena lampu merah dibelakang mobil sudah menyala yang artinya memberi tanda bahwa ada mobil didepan.
4. Menggunakan saat berkabut. Cukup menyalakan lampu kabut (FogLamp) yang berwarna kuning / lampu utama
Spoiler for bahaya hazard saat hujan:
2. Menggunakan saat memberi tanda lurus di persimpangan. Menggunakan saat bergerak lurus tidak perlu karena dengan tanpa menghidupkan lampu sein berarti anda menandakan diri akan bergerak lurus kedepan.
3. Menggunakan saat dilorong gelap. Menggunakan saat dilorong gelap tidak perlu karena tidak ada efeknya, yang ada hanya membingungkan kendaraan dibelakang. Cukup nyalakan lampu senja atau lampu utama karena lampu merah dibelakang mobil sudah menyala yang artinya memberi tanda bahwa ada mobil didepan.
4. Menggunakan saat berkabut. Cukup menyalakan lampu kabut (FogLamp) yang berwarna kuning / lampu utama
Dengan mengetahui hal-hal yang disebutkan diatas, diharapkan para pengguna jalan dapat lebih cerdas dalam mengemudi. Tidak mengikuti kebiasaan yang LUMRAHnamun SALAH
Quote:
Bukti nyata sembarang belok, Bro!!!
Spoiler for bukti:
Semoga kita semua sadar keselamatan sendiri dan orang lain di jalan ya, Bro.
Jalanan punya kita semua, bukan punya babe lu. Jadi saling menghormati di jalan itu indah
Quote:
Terima kasih
DIRATE DI KOMEN BRO BIAR GAK TENGGELAM, BIAR PADA SEPAHAM SEMUA DI JALAN, BIAR SELAMAT SAMPAI TUJUAN
Spoiler for GRP:
DIRATE DI KOMEN BRO BIAR GAK TENGGELAM, BIAR PADA SEPAHAM SEMUA DI JALAN, BIAR SELAMAT SAMPAI TUJUAN
sumber : om biker
sumber : om biker 2
sumber : polkis
Diubah oleh amaz 27-09-2013 13:17
0
153K
Kutip
2.1K
Balasan
Komentar yang asik ya
Tampilkan semua post
TS
amaz
#3
Quote:
Original Posted By daisuk►kesalahan seperti belok 3 paling sering terjadi di deket rumah ane gan, di jalan pertigaan Maskumambang-Martanegara Bandung, berasa bener aja itu banyak orang belok. masalahnya bikin macet parah!
Yang sering terjadi juga gan kalo bunderan tapi ga dipake kaya bunderan, dipake selayaknya segitiga, banyak orang merasa bener di jalan kalo udah pengen duluan. ga ada abis2nya ketemu orang begini. SIM bolehlah nembak, tapi cara berkendara jgn nunjukkin hal tersebut dong
begonya tuh, selalu banyak yang ngikutin belakangnya, muak deh! banyak yang ga punya prinsip berkendara baik dan benar!
Yang sering terjadi juga gan kalo bunderan tapi ga dipake kaya bunderan, dipake selayaknya segitiga, banyak orang merasa bener di jalan kalo udah pengen duluan. ga ada abis2nya ketemu orang begini. SIM bolehlah nembak, tapi cara berkendara jgn nunjukkin hal tersebut dong
begonya tuh, selalu banyak yang ngikutin belakangnya, muak deh! banyak yang ga punya prinsip berkendara baik dan benar!
Quote:
Original Posted By koltbuntung►nomer 3 gan.
ane pernah beberapa kali hampir nabrak motor yang ngelawan arah dulu sebelum belok.
dan pernah 1 kali jatoh gara2 ngehindarin motor yang lawan arah ini.
berapa kali rasanya pengen ane tabrak aja.
tapi ya ga tega.
tapi ko mereka tega, udah jalannya sempit, make ngelawan arah terus bikin ane jatoh.
mending kalo minta maaf, langsung kabur.
tapi yaaaa...
inilah indonesia, buat ane sih mulai aja dari diri sendiri deh.
tersrah orang mau apa, kalo ane maunya gini ya gini.
ane pernah beberapa kali hampir nabrak motor yang ngelawan arah dulu sebelum belok.
dan pernah 1 kali jatoh gara2 ngehindarin motor yang lawan arah ini.
berapa kali rasanya pengen ane tabrak aja.
tapi ya ga tega.
tapi ko mereka tega, udah jalannya sempit, make ngelawan arah terus bikin ane jatoh.
mending kalo minta maaf, langsung kabur.
tapi yaaaa...
inilah indonesia, buat ane sih mulai aja dari diri sendiri deh.
tersrah orang mau apa, kalo ane maunya gini ya gini.
Quote:
Original Posted By DamSavioR►kebanyakan yang ada adlaah udah salah ngeyelnya minta ampun!
ane kemaren liat ada ibu ibu nyruduk mobil depan ane
tu mobil dah kasih sen mau belok kanan, ane dan sejumlah pengendara lain tg tepat dibelakangnya dah turun gas melanin laju gan( jalan rame) eh, tiba tiba ada motor nyelonong potong kanan ane dan lgsung ambil kanan dari si mobil..lah tu mobil gak liat ada motor tiba2 masuk jalurnya dia mana tu mobil dah kepalang tanggung
brakkk
dia teriak teriak heboh intinya kenapa si mobil gak liat itu ibu ibu mo nyalip
lha, motornya jatuh di tengah jalan bikin macet jalan kan, bukannya lgsung dipinggirin malah milih marah marah dulu
ada yg mau minggirin malah digebuk helm, katanya takut bukti kesalahan hilang
udah gitu dia nyalahin ane dan rider lain yang berenti pas dibelakang tu mobil, lha, dia pikir ane suruh nubruk mobil kalo ya...
ane kemaren liat ada ibu ibu nyruduk mobil depan ane
tu mobil dah kasih sen mau belok kanan, ane dan sejumlah pengendara lain tg tepat dibelakangnya dah turun gas melanin laju gan( jalan rame) eh, tiba tiba ada motor nyelonong potong kanan ane dan lgsung ambil kanan dari si mobil..lah tu mobil gak liat ada motor tiba2 masuk jalurnya dia mana tu mobil dah kepalang tanggung
brakkk
dia teriak teriak heboh intinya kenapa si mobil gak liat itu ibu ibu mo nyalip
lha, motornya jatuh di tengah jalan bikin macet jalan kan, bukannya lgsung dipinggirin malah milih marah marah dulu
ada yg mau minggirin malah digebuk helm, katanya takut bukti kesalahan hilang
udah gitu dia nyalahin ane dan rider lain yang berenti pas dibelakang tu mobil, lha, dia pikir ane suruh nubruk mobil kalo ya...
Quote:
Original Posted By fsLeEternity►setuju banget.. emang banyak tai2 dijalan ababil,, sampe bapak" semua belok seenaknya.. gw uda jadi korban 2x ketabrak nih para bajingan2 jalanan,, padahal gw selalu mengikuti aturan kalo belok..
seburu2 apapun jgn norak la wkwkkw
seburu2 apapun jgn norak la wkwkkw
Quote:
Original Posted By haitonesia►belok 3 itu paling sering gan gw liat
kesel juga liatnya, dikiranya lebih cepet padahal mah lebih lama dan bahaya banget
kesel juga liatnya, dikiranya lebih cepet padahal mah lebih lama dan bahaya banget
Quote:
Original Posted By insectkillers►ane sering tuh gan nglakuin yang belok 1,
selama ini menurut ane mobil belok trs mepet kiri itu yang salah gan,
karena terlalu mepet kekiri,
trs gak ada ruang buat motor ane buat nyalip mobil pas tikungan,
trs ane sering mrah2 trs bilang emangnya F1 belok dimepetin ke kiri,
menurut ane sih yang boleh belok mepet kiri itu cuma bis sama truk,
karena bodynya yang besar.
ternyata selama ini ane yang salah,
jadi tahu sekarang gan cara berbelok yang bener,
selama ini menurut ane mobil belok trs mepet kiri itu yang salah gan,
karena terlalu mepet kekiri,
trs gak ada ruang buat motor ane buat nyalip mobil pas tikungan,
trs ane sering mrah2 trs bilang emangnya F1 belok dimepetin ke kiri,
menurut ane sih yang boleh belok mepet kiri itu cuma bis sama truk,
karena bodynya yang besar.
ternyata selama ini ane yang salah,
jadi tahu sekarang gan cara berbelok yang bener,
Quote:
Original Posted By kyutiswhatweaim►bener banget tuh terutama yg belok 1 dan 2 sering banget kejadian
Quote:
Original Posted By freedomzz21►Nah ni dia yang sebener2 nya fakta di jalan raya
PENGEMUDI MOTOR YANG SERING KAYA GITU
Ngga gw naek mikrolet kek, Kopaja kek, Metromini kek, bahkan busway skalipun
sangat banyak ULAH PENGEMUDI MOTOR YANG KAYA GITU
sampe2 gw kerja udah 5 tahun memutuskan untuk tidak beli motor.
knapa ? - biar ga disumpahin orang kalo2 gw bawa motor berperilaku kaya gitu. namanya jg manusia.
Heran gw. entah ga punya otak, atau otak ditaruh di ban motor atau belagak songong, atau kuping budek mata buta atau bener2 tolol atau bodoh, sengaja bener kaya gitu.
Udah tau ada kendaraan roda 4 mau minggir, eh dia mepet ke kiri jalan terus boro2 ga ngerem. mana klakson kenceng2 pula. Kalo sampe nyerempet gw pas turun dari bis langsung gw maki2. mau ribut gw layanin.
NAMBAHIN :
kalo kesenggol yang rame justru dia sndiri. yang disalahin pasti kendaraan roda 4. mana dibelain sama yang laen2 ga tau masalahnya.
untung gw udah tua, kalo masih jaman SMK gw lemparin molotov satu2.
PENGEMUDI MOTOR YANG SERING KAYA GITU
Ngga gw naek mikrolet kek, Kopaja kek, Metromini kek, bahkan busway skalipun
sangat banyak ULAH PENGEMUDI MOTOR YANG KAYA GITU
sampe2 gw kerja udah 5 tahun memutuskan untuk tidak beli motor.
knapa ? - biar ga disumpahin orang kalo2 gw bawa motor berperilaku kaya gitu. namanya jg manusia.
Heran gw. entah ga punya otak, atau otak ditaruh di ban motor atau belagak songong, atau kuping budek mata buta atau bener2 tolol atau bodoh, sengaja bener kaya gitu.
Udah tau ada kendaraan roda 4 mau minggir, eh dia mepet ke kiri jalan terus boro2 ga ngerem. mana klakson kenceng2 pula. Kalo sampe nyerempet gw pas turun dari bis langsung gw maki2. mau ribut gw layanin.
NAMBAHIN :
kalo kesenggol yang rame justru dia sndiri. yang disalahin pasti kendaraan roda 4. mana dibelain sama yang laen2 ga tau masalahnya.
untung gw udah tua, kalo masih jaman SMK gw lemparin molotov satu2.
Quote:
Original Posted By henditenggarong►Yang pertama tuh Ane hampir kena tabrak motor Gan! Soalnya Ane pake sepeda sih...
Quote:
Original Posted By bocahkaya►bener, gan.... ane juga pernah ngalamin dan hampir kecelakaan....
Quote:
Original Posted By morronpeople►Yang kaya gini ni yang harus diperhatikan...
Soalnya ane sendiri sering banget ngalamin, bahkan hampir tiap hari.
Kita udah nyetir pelan2 & hati2, pas belok tau2 ada motor nylonong
dr seblah kiri. Udah pencet2 klakson, masih aja tu pengendara nekat, sampe kadang ada yg bener2 kejepit mau nabrak tiang. Ane pun juga cm bisa ngomel2 sendiri gan, sementara pengendara yg gak tanggung jawab udah kabur dengan santainya tanpa rasa bersalah..
Hal ini terjadi karena kurangnya bekal pengetahuan tentang aturan/tatacara buat pengendara baik mobil/motor, seperti yg di posting oleh TS diatas..
Mungkin ini karena banyaknya pengendara yg memperoleh SIM dengan cara instan gan. Karena sebenarnya kalo mau membaca, memperhatikan dan mencermati, itu semua udah ada di soal2 ujian SIM.
*pejwan gan juka berkenan*
Soalnya ane sendiri sering banget ngalamin, bahkan hampir tiap hari.
Kita udah nyetir pelan2 & hati2, pas belok tau2 ada motor nylonong
dr seblah kiri. Udah pencet2 klakson, masih aja tu pengendara nekat, sampe kadang ada yg bener2 kejepit mau nabrak tiang. Ane pun juga cm bisa ngomel2 sendiri gan, sementara pengendara yg gak tanggung jawab udah kabur dengan santainya tanpa rasa bersalah..
Hal ini terjadi karena kurangnya bekal pengetahuan tentang aturan/tatacara buat pengendara baik mobil/motor, seperti yg di posting oleh TS diatas..
Mungkin ini karena banyaknya pengendara yg memperoleh SIM dengan cara instan gan. Karena sebenarnya kalo mau membaca, memperhatikan dan mencermati, itu semua udah ada di soal2 ujian SIM.
*pejwan gan juka berkenan*
Quote:
Original Posted By mjelka►kalo yang kasus belok 1 sama belok 3 ane pernah ngalamin gan
belok 1 : ini kejadiannya barusan tadi malem, ane mau belok kiri karena jalannya pertigaan lanjut satu arah, nah pas ane lagi konsen liat mobil di kanan begitu mobil udah lewat ane injek gas kan tuh, eh pas lagi ngegas tiba2 ada motor ngelawan arah nyelonong dari arah kiri, spontan ane langsung mencet klakson sekenceng2nya (emosi ) yang bikin ane kesel, udah lawan arah ga ngasih tanda lagi mau lewat, malah asik2an pacaran sama yang diboncengnya untung ga ketabrak tuh, kalo ketabrak pasti ane yang disalahin sama masa
belok 3 : nah ini juga bikin ane kesel, waktu itu ane mau belok kiri (posisi ane mobil) karena emang jalannya belokan (bukan perempatan atau pertigaan) pas mau masuk belokan tiba2 ada motor yang ngambil jalur belok gw, dan lebih bodohnya lagi dia sambil maenan HP untungnya ga sempet tabrakan karena langsung gw pencet klakson gw sekenceng2nya (lagi2 maenan klakson ) begitu gw klakson langsung kaget itu orang, gw buka jendela gw plototin ngacir untungnya sih ga sempet senggolan sih gan
intinya sih gan kalo berkendara ati2, kalau memang kita sudah berkendara hati2 tapi ya inget2 lagi, belum tentu hati2 buat diri kita berarti orang lain akan ngikut juga, kadang ada aja oknum2 baik biker atau driver yang nyetirnya ugal2an,
dan satu lagi, yang mestinya hafal peraturan di jalan raya itu tidak hanya pengendara, tapi SELURUH ORANG gan, kenapa ? karena biar pada tau kalau ada kecelakaan, mana yang bener, mana yang salah, jangan mentang2 mobil lebih mahal dari motor, motor lebih mahal dari sepeda, yang disalahin selalu yang lebih mahal, ini nih mindset orang2 kita yang salah
Spoiler for kasus:
belok 1 : ini kejadiannya barusan tadi malem, ane mau belok kiri karena jalannya pertigaan lanjut satu arah, nah pas ane lagi konsen liat mobil di kanan begitu mobil udah lewat ane injek gas kan tuh, eh pas lagi ngegas tiba2 ada motor ngelawan arah nyelonong dari arah kiri, spontan ane langsung mencet klakson sekenceng2nya (emosi ) yang bikin ane kesel, udah lawan arah ga ngasih tanda lagi mau lewat, malah asik2an pacaran sama yang diboncengnya untung ga ketabrak tuh, kalo ketabrak pasti ane yang disalahin sama masa
belok 3 : nah ini juga bikin ane kesel, waktu itu ane mau belok kiri (posisi ane mobil) karena emang jalannya belokan (bukan perempatan atau pertigaan) pas mau masuk belokan tiba2 ada motor yang ngambil jalur belok gw, dan lebih bodohnya lagi dia sambil maenan HP untungnya ga sempet tabrakan karena langsung gw pencet klakson gw sekenceng2nya (lagi2 maenan klakson ) begitu gw klakson langsung kaget itu orang, gw buka jendela gw plototin ngacir untungnya sih ga sempet senggolan sih gan
intinya sih gan kalo berkendara ati2, kalau memang kita sudah berkendara hati2 tapi ya inget2 lagi, belum tentu hati2 buat diri kita berarti orang lain akan ngikut juga, kadang ada aja oknum2 baik biker atau driver yang nyetirnya ugal2an,
dan satu lagi, yang mestinya hafal peraturan di jalan raya itu tidak hanya pengendara, tapi SELURUH ORANG gan, kenapa ? karena biar pada tau kalau ada kecelakaan, mana yang bener, mana yang salah, jangan mentang2 mobil lebih mahal dari motor, motor lebih mahal dari sepeda, yang disalahin selalu yang lebih mahal, ini nih mindset orang2 kita yang salah
Quote:
Original Posted By ogendut►BELOK 3 itu yg sering saya temui di jalan2...
kadang kalo udh mau totolan malah nyolot...
kadang kalo udh mau totolan malah nyolot...
Diubah oleh amaz 27-09-2013 09:50
0
Kutip
Balas