CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Android /
[Official Lounge] Sony Xperia E and Xperia E Dual
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51503562db92488279000017/official-lounge-sony-xperia-e-and-xperia-e-dual

[Official Lounge] Sony Xperia E and Xperia E Dual

Quote:


Quote:






Quote:



emoticon-Sundul Gan (S)RULES emoticon-Sundul Gan (S)


Quote:


Spoiler for Spesifikasi:


Spoiler for Penampakan:


Spoiler for Unboxing:


Spoiler for Video:


Quote:


profile-picture
far18 memberi reputasi
Diubah oleh ramayeah

Tips Mencegah Smartphone Agar Tidak Hang

Berikut gan, ane mau share ilmu mengenai smartphone yang sering mengalami hang.
Semoga bermanfaat & Selamat membaca


Tips Mencegah Smartphone Agar Tidak Hang :

Banyak pengguna smartphone dari segala merek yang mengeluhkan tentang leletnya device mereka bahkan sering kali hang, terutama bagi smartphone dengan spesifikasi yang kurang mumpuni. Apa penyebab handphone atau smartphone sering hang? Banyak faktor yang mempengaruhi masalah hang pada smartphone atau handphone tersebut yang sering kali membuat kita jengkel, namun sebagian besar masalah tersebut disebabkan karena kesalahan pada penggunanya sendiri. Nah di posting dengan kategori Tips dan Trik kali ini, saia akan membahas tentang cara mencegah smartphone agar tidak hang. Tips ini bisa di terapkan pada hampir semua jenis dan merek smartphone seperti BlackBerry dan Android segala merek (Xperia, Galaxy, dll). Yuk kita langsung saja ke TKP emoticon-Big Grin


Mengerti dan pahami keadaan smartphone kita

Arti dari smartphone adalah ponsel pintar, namun ponsel pintar tidak akan ada artinya jika sang pengguna sendiri tidak pandai dalam memanfaatkan atau merawat smartphone nya. Itu artinya, pengguna smartphone juga harus smart agar dapat mengimbangi smartphone yang digunakannya, karena smartphone cenderung lebih "rewel" dibandingkan dengan ponsel biasa yang hanya bisa digunakan untuk bertelpon dan sms, sehingga dipaksa untuk mengerti bagaimana cara perawatan yang tepat agar performa smartphone tetap prima. Penyebab rewelnya smartphone pun bermacam-macam, nah berikut adalah beberapa penyebab utama yang membuat smartphone kita rewel atau bahkan hang :

Kesalahan Pengguna

Kenali spesifikasi smartphone anda. Banyak pengguna yang tidak sabaran saat menggunakan smartphone. Pengguna sering kali ingin berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan cepat tanpa memperhatikan seberapa batas kemampuan smartphone yang mereka miliki sehingga device mengalami lag (gerakan tidak mulus / patah-patah) lelet atau bahkan hang.
Tips : Perhatikan dan kenali batas kemampuan smartphone anda dengan melihat spesifikasinya, karena tidak semua smartphone memiliki spesifikasi yang mumpuni. Kecepatan prosesor yang minim, serta RAM yang terbatas akan membatasi smartphone anda dalam menjalankan aplikasi tertentu yang tergolong berat, sehingga pengguna harus mengira-ngira aplikasi apa yang sekiranya tidak membuat smartphone kita kewalahan. Hal ini juga penting untuk disadari ketika kita ingin berpindah aplikasi, lakukan dengan perlahan, berikan waktu untuk loading pada smartphone agar smartphone tidak bekerja terlalu berat yang akan memicu terjadinya hang pada smartphone. Begitupun seusai booting atau menyalakan kembali smartphone anda. Hindari untuk menggunakannya sesaat setelah booting, karena belum semua file terbaca dengan sempurna (lama loading tergantung spesifikasi device).

Out Of Memory

Perhatikan ruang pada memory. Memory, terutama memory Internal yang penuh juga mempengaruhi kinerja dari smartphone. Hal ini bisa disebabkan karena banyaknya file sampah atau cache yang tersimpan. File sampah tersebut biasanya "ditulis" oleh aplikasi saat anda menggunakannya. Selain itu, banyaknya aplikasi yang terinstall juga dapat membuat memory internal menjadi penuh sesak. Pada BlackBerry, file aplikasi yang tidak terdownload secara sempurna (gagal download) juga sangat berpengaruh pada kinerja BlackBerry tersebut, bahkan tidak jarang dapat menyebabkan error (error JVM ***)
Tips : Pasanglah aplikasi cache cleaner untuk menghapus cache pada smartphone anda. Pindahkan aplikasi ke memory eksternal. Pada device Android, beberapa aplikasi mungkin tidak bisa dipindahkan ke memory eksternal, maka saia lebih menyarankan untuk melanjutkan membaca ke halaman memaksimalkan internal memori dengan Link2SD setelah membaca artikel ini. Untuk pengguna BlackBerry, sebaiknya carilah tempat dimana jaringan dirasa kuat sebelum anda memutuskan untuk mendownload aplikasi untuk menghindari gagal download tersebut. Hapus atau uninstall aplikasi yang sekiranya tidak terlalu penting untuk memberi ruang lebih pada memory.

Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan di Background

Pastikan untuk mematikan apilkasi sebelum menjalankan aplikasi lain. Sering kali aplikasi yang sudah tidak kita gunakan masih berjalan di balik layar (background). Hal ini tentunya akan membuat kinerja smartphone akan terasa berat.
Tips : Hindari tombol "Home" saat ingin menutup aplikasi, karena tombol "Home" hanya akan menyembunyikan aplikasi tersebut dari layar, namun aplikasi tetap berjalan (berguna untuk multitasking). Gunakanlah tombol / softkey "Back" atau menu "Exit" jika ingin menutup aplikasi. Aplikasi yang tetap berjalan di background akan sangat mempengaruhi kinerja device, karena RAM akan terisi oleh aplikasi tersebut yang membuat smartphone terasa lelet saat membuka aplikasi lainnya, serta prosesor akan terus bekerja sehingga membuat baterai terasa cepat habis dan membuat smartphone cepat panas.

Minta Diganti Dengan Yang Baru

Faktor umur device juga menentukan. Nah untuk solusi yang terakhir ini adalah solusi pamungkas yang dijamin efektif untuk mengatasi masalah hang pada smartphone anda. Tapi cara ini adalah pilihan terakhir jika dirasa sudah tidak ada harapan yang bisa membantu smartphone anda untuk bekerja dengan lancar. Namun anda juga harus tetap jeli dalam memilih smartphone agar tidak salah pilih. Jika anda berniat untuk beralih ke smartphone dengan sistem operasi Android, ada baiknya anda melanjutkan ke halaman tips pintar memilih smartphone Android.

Mungkin itu saja tips yang bisa ane berikan untuk pemirsa sekalian. Semoga bermanfaat emoticon-Big Grin

*Kalau berkenan agan-agan yang udah ISO bisa menyumbangkan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
ke ane yang masih nubitol emoticon-Baby Boy

Sekian share dari ane, semoga bisa bermanfaat. Thanks.
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di