- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Kendaraan Roda 4
▒▓█ EVEREST Community Indonesia █▓▒ |» Driving Without Limit «|
TS
ec.indonesia
▒▓█ EVEREST Community Indonesia █▓▒ |» Driving Without Limit «|
[»» Everest CommunityIndonesia ««]
Spoiler for Alasan dibuat thread baru:
Saya macan_arena: membuat Thread ini bukan untuk tandingan, melainkan TS sudah tidak aktif lagi pada Thread Asli, dan segala informasi mengenai kendaraan ini tidak bisa di rangkum pada halaman depan.
ID serta Thread dibuatkan khusus dan digunakan hanya untuk update informasi yang berhubungan dengan kendaraan ini
Segala macam tambahan atau kekurangan, akan diupdate pada post berikutnya
NEW EDIT 29 DESEMBER 2014
Sekarang saya id big_balla membantu mengelola thread ini.. alesannya karena bro macan sibuk dengan kerjaan.. jadi saya bantu bantu aja
OFFICIAL LINK of FORD COMMUNITY INDONESIA
Thread Everest Indonesia ini dibuat untuk sharing / diskusi masalah mobil yang kita pakai.. Untuk organisasi officialnya tetap Ford Community Indonesia..
Kalau mau join bisa lihat link di bawah
Tempat guyubnya para penggemar FORD di Indonesia
HUMAS FCI
ARIE
https://arieorange.wordpress.com/
Diubah oleh ec.indonesia 03-06-2015 10:02
tata604 dan D7PK memberi reputasi
2
941.9K
Kutip
6.2K
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
TS
ec.indonesia
#9
FAQ
Spoiler for Baca dulu sebelum bertanya:
Semua Pertanyaan dan Jawaban: Credit 2 Mastah-Mastah FCI
PURGING, Apaan Tuh??
Spoiler for :
Purging adalah suatu metoda praktis membersihkan Injector / nozzle / komponen di pompa injeksi tanpa harus membongkar perangkat perangkat tsb.
Sistemnya adalah sirkulasi tertutup (closed loop fluid circulation), dimana aliran masuk dan keluar dari pompa injeksi berhulu dan bermuara di bejana purging, mesin berjalan menggunakan obat Purging sebagai bahan bakar.
contohnya adalah LiquiMoly Diesel Purge..
Purging sebenernya sebaiknya rutin dilakukan karena kualitas solar di indonesia yang masi kurang bagus.. saya biasa 10rb km sekali purging
Sistemnya adalah sirkulasi tertutup (closed loop fluid circulation), dimana aliran masuk dan keluar dari pompa injeksi berhulu dan bermuara di bejana purging, mesin berjalan menggunakan obat Purging sebagai bahan bakar.
contohnya adalah LiquiMoly Diesel Purge..
Purging sebenernya sebaiknya rutin dilakukan karena kualitas solar di indonesia yang masi kurang bagus.. saya biasa 10rb km sekali purging
Apakah di everest TDI itu sudah ada fuel pressure regulator? kalo sudah ada berapa kira2 pressurenya dan letaknya dimana?
Spoiler for :
Fuel press regulator di TDI tidak ada, di diesel konvensional tekanan bahan bakar di atur oleh delivery valve spring yang ada di supply pump atau injection pump. Setelah itu masuk ke injector yang di dalamnya juga ada spring untuk pengaturan pengkabutannya. Nilai BBM yang masuk bisa di atur ulang (istilahnya kalibrasi injection), bisa sesuai dengan std atau di upgrade.
Besarannya nilai tsb bisa konsultasi langsung dengan tempat kalibrasi.
"Benang merah" yang harus diperhatikan di dunia otomotif tidak ada istilah "lebih" itu pasti lebih baik. Yang benar adalah yang pas. Artinya asupan udara dan bahan bakar harus sesuai sehingga proses atomisasi BBM di ruang bakar dan pembakaran menjadi sempurna. Istilahnya stochiometric.
Besarannya nilai tsb bisa konsultasi langsung dengan tempat kalibrasi.
"Benang merah" yang harus diperhatikan di dunia otomotif tidak ada istilah "lebih" itu pasti lebih baik. Yang benar adalah yang pas. Artinya asupan udara dan bahan bakar harus sesuai sehingga proses atomisasi BBM di ruang bakar dan pembakaran menjadi sempurna. Istilahnya stochiometric.
Apakah sudah ada yang mengaplikasikan engine hour meter di everest? kalo sudah ada, tolong reviewnya dong
Spoiler for :
Kayaknya ada semacam gauge after market yang bisa melakukan feature ini.
Bagaimana & dimana kalau mau mindahkan ban serep dari pintu belakang ke bawah, apakah ada kit nya, bisa pasang dimana + biaya berapa kira2?
Spoiler for :
pindah ban serep ke kolong : musti beli dulu kerekan buat ranger lalu di las ke kolong.. ada tempat cukup luas di bawah untuk simpen ban serep..lalu tongket buat pemuternya diposisikan supaya gampang puternya..
kalo di B 3 CP puteran dibikin menghadap samping jadi dari pinggir ban blk kalo mau puterin ban
plus:
1. belakan tidak ada ban serep. panjang mobil berkurang sekitar 40cm sehingga parkir lebih gampang
2. engga ada ban serep engga akan kesenggol lagi motor2 (cover ban serep saya juga habis disenggolin motor)
3. weight reduction dan pengaruh pada suspensi blk.. karena titik tumpuan beban tidak lagi pada pintu belakang melainkan dekat chassis/ kolong.. suspensi blk pun dapat beban langsung jadi tidak terlalu goyang
minus:
1. akan kotor karena pindah ke kolong
2. ban +velg everest tidak enteng sudah dikerek turun ke jalan pun nanti masi harus ngolong lalu lepas rante dam seret2 sampe ban keluar dari kolong mobil.. dan harus masukin lagi ban+velg yang diganti
3. keluar duit extra... sejuta mah habis kayaknya untuk beli kerekan dan las supaya nempel di kolong
silakan dilipih aja mau mana.. saya dari dulu pengen cabut..tapi belum2 aja duitnya dipake ngoprek yang lain untuk lebih menyempurnakan handling rem pengapian dan fuel consumption
Matic Jedag??
Spoiler for :
Balik ke masalah rough shift ato "nyentak" di evie TDCI, secara garis besar ada 2 point, mekanikal dan electrical
Tp point penting kita samakan presepsi dulu yah, untuk evie shifting gear tidak bisa d samakan dengan jenis matic CVT, jenis CVT pasti smooth shiftingnya karena pake belt baja. Matic evie konvensional, namun menggunakan ECU tersendiri, misah dengan ECU engine (stand alone), namanya TCM ( transmision control module) letaknya di depan filter udara.
Nah si TCM ini yang mengatur kinerja maticnya. Balik ke kasus nyentak, faktor mekanikal bisa dari stelan brake band yang terlalu kendur. Stelan ini bisa di adjustment ulang, namun harus hati hari, terlalu keras bisa bikin macet transmisi.
Setiap penyetelan nantinya dilanjutkan dengan test jalan untuk mencari posisi yang pas. Jika stelan sudah maksimal namun masih nyentak baru bisa suspect lagi ke kondisi oli matic, solenoid dsb.Minta bantuan beres untuk cek ini. Di jakpus bisa dengan pa Dede atau Budi.
Evie TDCI matic menggunakan oli dengan spek MERCON V, diluar spek itu pasti ada pengaruh ke peforma dsb. Jika semua mekanikal part sudah di cek bisa lanjut ke electrical, cek kondisi terminal, grounding dan simulasi kerja TCM. Hanya d beres yang bisa ini.
Reset TCM bisa memungkinkan dilakukan, Setelah reset 50km pertama itu transmisi sedang menjalankan learning mode. Dia akan membaca karakter pengemudi yang bisa mempengaruhi shifting dsb. Adalah normal nyentak pada suatu keadaan tertentu, misal injekan pedal gas yang nanggung.
Si TCM bisa "bingung" misal kalau kondisi harusnya bisa up shift ke gear 4
dari gear 3, begitu up shift bisa langsung down shift kembali dengan mendadak. Ini pasti nyentak. Biasanya ini disebut dengan gigi "nanggung".
Namun hal ini bisa di minimalkan jika kita kenal dengan karakter si evie.
Semoga membantu. # Credit 2 Om Anton
Intinya kalo mau nge-gas ya gas sekalian, kalo nggak ya lepas sekalian, jangan nanggung .. Krn transmisi bingung mau naik ato turun
Subsitusi Parts Evie
Spoiler for :
~ Oli Filter dan Air Filter, bisa pakai punya D4D [Fortuner / Innova]
~ Filter Solar bisa pakai punya taft, atau L 300 bentuk dan ukuran sama persis cm warna yg beda.
Ngebul, bagi yang TDI
Spoiler for :
Just sharing om, kalau asap ngebulnya engga berhenti juga stlh dipurging, utk evie TDI kayak punya om bisa dicoba sbb (ane urutin dari yang paling murah biayanya - sepengalaman ane ya):
1. Setelan bosch pump, hanya distel ulang posisi bosch pump aja ya om bukan diservice, spt stelan nagh pur nya mobil bensin... tdk perlu dilepas bosch pump nya. Biaya : kasih aja uang rokok ke montirnya om...
2. Kalau engga mempan juga, coba service nozzle (ke -4 nya). Kadang msh bisa diservice/ dibersihkan, atau bisa diganti jarum nozzle nya aja, atau mesti ganti nozzle nya. Biasanya di bengkel bisa dicek terlebih dahulu apakan pancaran solar dari nozzle msh ngabut atau sdh netes2... (biaya service nozzle @ Rp 75 rb, ganti jarum nozzle @ Rp 160 rb, ganti nozzle utuh sekitar @ Rp. 800 rb an)
3. Kalau msh ngebul juga, alamat harus kalibrasi bosch pump om, kalau evie TDI kayak punya om, msh banyak bengkel yg bisa kalibrasi, pastikan ke bengkel yg bagus. Biaya tergantung part yg harus diganti berkisar 1,5 - 4,5 jt utk evie krn partnya mahal.
Ini semua asumsi biayanya bukan dilakukan di beres ya om...
Spoiler for TDCi:
Kalau udah TDCI/ common rail, bengkelnya yg bisa kalibrasi jarang... katanya malah cuman ada satu di Jkt...
Belajar Matic Yuk
Spoiler for :
Boring
Spoiler for Artikel Part 1:
Spoiler for Foto Boring:
biasanya piston kalau sudah oversize 100, boringnya diganti om. jadi balik lagi ke ukuran standar. boring\liner ini sebagai jalannya piston dan lama2 akan aus. kalau sudah aus bisa diperbesar sesuai ukuran piston. ukuran yang umum 0,25 0,50 0,75 1,00 ukuran dalam mm. ini karena limit keausan boring adalah 0,15 mm. jadi kalau sudah aus 0,15 mm akan di over size ke 0,25 dan boring akan di kolter sampai ukuran+0,25 baru dipasang piston ukuran oversize 25. ini akan berlanjut sampai 4 kali sampai oversize 100. setelah itu diganti baru boringnya
Ganti liner atau over size
Spoiler for Artikel Part 2:
Mesin
Spoiler for Mesin:
Bagian piston
Kalau dikalangan montir ada 3 bagian utama
1. Ring seher (digambar dibilang Top, Second and Oil ring)
2.Stang seher (Connecting rod shaft)
3. Metal jalan dan duduk (Bearing)
Spoiler for :
Posisi liner/boring di mesin
Spoiler for :
Proses ganti liner
Spoiler for Proses:
Gejala awal
Nah biasanya kalau mobil mendadak boros banget dan sangat lemot terus asapnya berwarna biru biasanya ada gagal kompresi.
Untuk lebih pasti datang ke bengkel resmi cek kompresi disetiap piston.
kalau udah green light dari beres ada kegagalan kompresi langkah berikutnya bisa ada 3 alternatif.
1. Ganti ring seher saja
2. Ganti liner
3. Ganti liner dan piston (kalau dah parah)
untuk point 2 dan 3 ring seher juga tetep harus diganti biar maknyus
Untuk mastiin memang harus dilakukan proses buka top cover mesin (Cylinder head) trus diagnosa lagi (montir pasti tau lah):
1. Dinding liner baret nggak? Dalem/nggak ? pernah di oversize belum?
2. Piston udah oversize atau belum? Kondisi masih bagus atau nggak?
3. Cylinder head melenting nggak? Biasanya kalo melenting karena over heat bisa mengakibatkan sirkulasi air gak lancar dan parah air radiator nyampur ke oli...
What to do next??
kalau dinding liner dan piston baret dan ternyata juga pernah oversize lebih baik ganti liner.
Kalau kondisi keduanya masih baik atau standard cukup ganti ring seher saja.
Biasanya ring seher sudah aus.
Kalau piston dah cacat harus diganti kalau nggak biar aja
Kalau cylinder head melenting bubut ulang, baiknya dibarengin sama mesin ngbubutnya.
Liner baret parah
Spoiler for Liner Baret Parah:
Ngapain juga buang" duit ganti semuanya. Lumayan mahal gan
Piston set + Liner + Packing set bisa nyampe 5-10jutaan harganya.
belum lagi pritilan lain (oli, filter de el el)
Isi paket lengkap
Spoiler for Paket:
Kelebihan dan kekurangannya ganti liner atau oversize :
Ganti Liner:
1. Harus turun mesin
2. Kalau yang rusak hanya 1 silinder, maka penggantian hanya pada bagian yang rusak saja, tidak perlu ganti semuanya walaupun lebih baik ganti semuanya.
3. Kualitas dan ukuran liner kembali ke ukuran standard, tidak ada perubahan karakteristik mesin.
4. Kalau piston masih bagus, tidak perlu diganti.
5. Mesin tetap mendapat perlindungan yang baik. Karena balik ke standard
OVERSIZE:
1. Harus turun mesin.
2. Harus dibubut/diperbesar diameter linernya pada semua silinder. Step ukuran kelipatan 0.25
3. kapasitas mesin bertambah, identik dengan semakin boros solar.
4. Walau piston masih bagus, harus diganti karena diameter boring lebih besar. Jangan cuma ganti ringnya saja
5. Harus dibawa ke bengkel bubut.
6. ResikoMesin cepat panas karena dinding silinder menjadi lebih tipis.
Dari segi daya tahan, ganti liner lebih tahan lama karena celah silinder dengan piston kembali ke kondisi standard.
Note :
Jangan lupa kalau dilakukan proses turun mesin dilakukan
1. Skir klep.
2. Ganti packing set.
3. Kalibrasi injector
4. Bersihkan intercooler
5. Pastikan juga jalur air lancar
6. Ganti timing belt dan tensionernya sekalian
Biar hasilnya lebih maknyus lagi
Yang lebih penting lagi Cari montir yang pengalaman di mesin Diesel khususnya Ford. Apalagi yang tdci..
Cara kerja turbo VNT dan Common Rail diesel
Spoiler for :
How a TDI engine VNT turbo works and how they fail
Common rail diesel injection
SD CARD saya HILANG / TIDAK Jalan lagi untuk navigasi di Head Unit 2DIN bawaan Ford Everest bagaimana ya jadinya
Spoiler for :
Untuk yang tanya tanya soal SD card headunit.. silakan ke KRAMAT MOTOR tadi saya uda bicara dengan ownernya bisa beli sd cardnya disana untuk map navigasinya... tidak bisa copy paste dari sd card lain karena ada copy protection
Jl. Gading Kirana Raya Blok H-11 Unit 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Indonesia 14240
+62 21 4534643, +62 21 4534644, +62 21 4534645, +62 21 4516532
Jl. Gading Kirana Raya Blok H-11 Unit 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Indonesia 14240
+62 21 4534643, +62 21 4534644, +62 21 4534645, +62 21 4516532
Diubah oleh ec.indonesia 14-01-2016 15:27
0
Kutip
Balas