CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 4 /
Suzuki APV : Part 2 - revised
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004607595/suzuki-apv--part-2---revised

Suzuki APV : Part 2 - revised



Rules of this thread (must read) :

- NO ONE-LINER JUNK POST(S) & SARA POST(S) OR WHATSOEVER!!!

- DILARANG SPAM ATAU TITIP LAPAK FJB!!! PELANGGARAN POIN INI LANGSUNG DIGANJAR BATA MERAH & LAPOR POSTING KE POS HANSIP FR4 SUPAYA POST DIHAPUS.

- BAHASA KETIKAN HARUS DIPERJELAS DAN MENDETAIL

- Posting foto dengan resolusi besar diwajibkan menggunakan kode spoiler supaya tidak boros bandwith, untuk lebih jelas tentang spoiler silahkan mengacu ke guide kaskus


- Dengan segala hormat, thread forum ini TIDAK MEMBUTUHKAN ALAY ATAU SPESIES ABABIL LAINNYA!

extra :

BIASAKAN MEMBACA dan MEMAHAMI buku petunjuk / manual kendaraan dan buku servis kendaraan terlebih dahulu sebelum membuat pertanyaan yang sudah ada jawabannya di 2 buku tersebut.


==============================


*photo courtesy : Indonesia APV Club

Supported By




Sejarah APV :

APV akronim dari All Purpose Vehicle (bisa disebut All Purpose Van atau ASEAN Project Van atau Advanced Passenger Van serta akronim tak resmi lainnya) awalnya dimulai dari produk tes Suzuki yaitu Suzuki Every, minivan dengan model semi-bonnet bermesin G13B yang pada tahun 2004-2005 terjual habis sebanyak 538 unit di seluruh Indonesia.

Awalnya diperkirakan Suzuki Every inilah yang jadi modal jualan baru PT. Indomobil Suzuki (sekarang berubah menjadi PT. Suzuki Indonesia Sales / SIS) tapi ternyata hanya model semi-bonnetnya saja yang diambil sebagai dasar dari bentuk suzuki APV yang ada sekarang.

Suzuki APV diproduksi di plant Suzuki Tambun ~ Indonesia, dirilis ke publik pertama kali pada tahun 2005 dan diekspor ke negara ASEAN, Australia, Oman, Dubai, Qatar serta beberapa negara di benua Afrika.

Spek Teknik :

- Model Bodi : Minivan semi-bonnet, chassis-on-frame
- Mesin : G15A, 1495cc (domestik) & G16A, 1597cc (ekspor)
- Opsi Transmisi : transmisi manual 5 tingkat & transmisi otomatis 4 tingkat
- Konfigurasi Penggerak : MR (Mid-engine Rear Wheel Drive)
- Kapasitas Penumpang : 7 & 8 penumpang
- Varian Model Trim : GA, GE, GE-f2f, GL, GX, SGX, SGX+ (Arena Luxury)


==============================


Beda APV type I dan Type II (Arena) selain sisi eksterior dan interior

- Type I masih menggunakan per daun pada gardan belakang, Type II sudah menggunakan per keong (coil spring)

- Type II memiliki karakter akselerasi lebih lamban dibanding Type I dikarenakan perbedaan rasio transmisi (untuk varian transmisi otomatis tidak ada perubahan rasio transmisi)

- Gandar / gardan Type II lebih besar dibanding gardan pada Type I dikarenakan besarnya rasio final gear dan rasio transmisi.

- Type II sangat dianjurkan menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan minimal RON92 dikarenakan rasio kompresi mesin yang meningkat, jika tidak, tenaga yang dikeluarkan mesin sangat tidak optimal. Sedangkan Type I masih aman menggunakan bahan bakar dengan oktan RON88 karena rasio kompresi mesin lebih kecil.

- Detail lainnya disini

==============================


Info spare parts resmi berikut kode bisa cek ke : http://eparts.suzuki.co.id

List Bengkel Non-resmi, alternatif :

1. Panji Auto ~ light tune-up, modifikasi mesin & servis berkala
Jl. Pondok Benda Raya no.66 Pamulang II
CP : 08121037058 - Benny
Latitude : 6°20'9.46" S
Longitude : 106°42'34.75" E

2. Dwiguna AC
jl. haji nawi 28c, samping sekolah pangudi luhur
telponnya 021-7253958, 0858 8585 6363 (dengan koh edo)
dari lampu merah duta mas fatmawati, letaknya sebelah kiri jalan, setelah sekolah Panggudi Luhur, sebelum tikungan .... ada plang-nya.

3. Cahaya Ban ~ Wheel Alignment, Wheel Balancing & penyakit kaki-kaki mobil lainnya
jl. Gandaria 1 No. 40, JakSel 12130
Telpon : 021 - 7394 391 / 021 - 725 1359
*urusan kaki-kaki APV, Jimny & Vitara langsung tanya dengan Mas Darto (mekanik)

4. Raser Workshop - Taman Ratu ~ servis berkala, tune-up, modifikasi mesin
Jl. Ratu Kamboja Blok F No. 1A, Kedoya Utara Taman Cosmos Jakarta Barat
nomor kontak : 021-9827 3200
*ketemu sama om edward, bilang aja dari om james SJI

5. Green OTO (AC Mobil)
Spoiler for kontak:


6. AUTO ROTARY BINTARO
Jl.RC Veteran No.1a, Bintaro Raya, tanah kusir.
JAKARTA SELATAN
(021)734 2209
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan arieyadi2013 memberi reputasi
Diubah oleh Moerdjangkoeng

Mengganti engine mounting APV

8 tahun bukan usia yang sebentar buat sebuah mobil, terlebih mobil tersebut jika dipakai untuk travelan.
Gejala engine mounting bermasalah :
ketika di stater terasa goyangan berlebihan dibagian mesin mobil, dan seperti bunyi samar2 dug dug dug..
Setelah di analisa kemungkinan 90% adalah engine mounting.
Perkiraan tersebut diperkuat oleh pemilik toko spare part mengatakan: unutk APV sebagian besar yang bermasalah adalah engine mounting sebelah kiri,
Karena mesin lebih berat kekiri.
Tahap2 penggantian.engine sebelah kiri:
1. Dongkrak dan ganjal mobil apabila dirasa kolong kurang tinggi.
2. Dongkak mesin sampai terangkat keatas.
Spoiler for dongkrak mesin:

3. buka baut bawah mengunakan kunci shock 14
4. buka baut atas menggunakan kunci shock 14.
5. Jika enginge mounting susah dikeluarkan, dongkrak lebih tinggi lagi hingga bisa dikeluarkan. cabut keluar.
6. pasang engine mountingnya. pasang mur bagian atas terlebih dahulu. kencangkan secukupnya.
7. turunkan dongkrak perlahan lahan hingga baut bawah pas masuk ke dudukan engine mounting. tahan dengan dongkrak.
8. Pasang mur bawah. kecangkan mur atas dan bawah.
9. kendorkan dan lepaskan dongkrak
Selesai.

ternyata engine mounting ane sudah belah, pantesan tiap distater terdengar dug dug dug.
Spoiler for foto engine mounting yg rusak dan yg baru:
Diubah oleh NGB
×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di