CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 4 /
Suzuki APV : Part 2 - revised
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004607595/suzuki-apv--part-2---revised

Suzuki APV : Part 2 - revised



Rules of this thread (must read) :

- NO ONE-LINER JUNK POST(S) & SARA POST(S) OR WHATSOEVER!!!

- DILARANG SPAM ATAU TITIP LAPAK FJB!!! PELANGGARAN POIN INI LANGSUNG DIGANJAR BATA MERAH & LAPOR POSTING KE POS HANSIP FR4 SUPAYA POST DIHAPUS.

- BAHASA KETIKAN HARUS DIPERJELAS DAN MENDETAIL

- Posting foto dengan resolusi besar diwajibkan menggunakan kode spoiler supaya tidak boros bandwith, untuk lebih jelas tentang spoiler silahkan mengacu ke guide kaskus


- Dengan segala hormat, thread forum ini TIDAK MEMBUTUHKAN ALAY ATAU SPESIES ABABIL LAINNYA!

extra :

BIASAKAN MEMBACA dan MEMAHAMI buku petunjuk / manual kendaraan dan buku servis kendaraan terlebih dahulu sebelum membuat pertanyaan yang sudah ada jawabannya di 2 buku tersebut.


==============================


*photo courtesy : Indonesia APV Club

Supported By




Sejarah APV :

APV akronim dari All Purpose Vehicle (bisa disebut All Purpose Van atau ASEAN Project Van atau Advanced Passenger Van serta akronim tak resmi lainnya) awalnya dimulai dari produk tes Suzuki yaitu Suzuki Every, minivan dengan model semi-bonnet bermesin G13B yang pada tahun 2004-2005 terjual habis sebanyak 538 unit di seluruh Indonesia.

Awalnya diperkirakan Suzuki Every inilah yang jadi modal jualan baru PT. Indomobil Suzuki (sekarang berubah menjadi PT. Suzuki Indonesia Sales / SIS) tapi ternyata hanya model semi-bonnetnya saja yang diambil sebagai dasar dari bentuk suzuki APV yang ada sekarang.

Suzuki APV diproduksi di plant Suzuki Tambun ~ Indonesia, dirilis ke publik pertama kali pada tahun 2005 dan diekspor ke negara ASEAN, Australia, Oman, Dubai, Qatar serta beberapa negara di benua Afrika.

Spek Teknik :

- Model Bodi : Minivan semi-bonnet, chassis-on-frame
- Mesin : G15A, 1495cc (domestik) & G16A, 1597cc (ekspor)
- Opsi Transmisi : transmisi manual 5 tingkat & transmisi otomatis 4 tingkat
- Konfigurasi Penggerak : MR (Mid-engine Rear Wheel Drive)
- Kapasitas Penumpang : 7 & 8 penumpang
- Varian Model Trim : GA, GE, GE-f2f, GL, GX, SGX, SGX+ (Arena Luxury)


==============================


Beda APV type I dan Type II (Arena) selain sisi eksterior dan interior

- Type I masih menggunakan per daun pada gardan belakang, Type II sudah menggunakan per keong (coil spring)

- Type II memiliki karakter akselerasi lebih lamban dibanding Type I dikarenakan perbedaan rasio transmisi (untuk varian transmisi otomatis tidak ada perubahan rasio transmisi)

- Gandar / gardan Type II lebih besar dibanding gardan pada Type I dikarenakan besarnya rasio final gear dan rasio transmisi.

- Type II sangat dianjurkan menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan minimal RON92 dikarenakan rasio kompresi mesin yang meningkat, jika tidak, tenaga yang dikeluarkan mesin sangat tidak optimal. Sedangkan Type I masih aman menggunakan bahan bakar dengan oktan RON88 karena rasio kompresi mesin lebih kecil.

- Detail lainnya disini

==============================


Info spare parts resmi berikut kode bisa cek ke : http://eparts.suzuki.co.id

List Bengkel Non-resmi, alternatif :

1. Panji Auto ~ light tune-up, modifikasi mesin & servis berkala
Jl. Pondok Benda Raya no.66 Pamulang II
CP : 08121037058 - Benny
Latitude : 6°20'9.46" S
Longitude : 106°42'34.75" E

2. Dwiguna AC
jl. haji nawi 28c, samping sekolah pangudi luhur
telponnya 021-7253958, 0858 8585 6363 (dengan koh edo)
dari lampu merah duta mas fatmawati, letaknya sebelah kiri jalan, setelah sekolah Panggudi Luhur, sebelum tikungan .... ada plang-nya.

3. Cahaya Ban ~ Wheel Alignment, Wheel Balancing & penyakit kaki-kaki mobil lainnya
jl. Gandaria 1 No. 40, JakSel 12130
Telpon : 021 - 7394 391 / 021 - 725 1359
*urusan kaki-kaki APV, Jimny & Vitara langsung tanya dengan Mas Darto (mekanik)

4. Raser Workshop - Taman Ratu ~ servis berkala, tune-up, modifikasi mesin
Jl. Ratu Kamboja Blok F No. 1A, Kedoya Utara Taman Cosmos Jakarta Barat
nomor kontak : 021-9827 3200
*ketemu sama om edward, bilang aja dari om james SJI

5. Green OTO (AC Mobil)
Spoiler for kontak:


6. AUTO ROTARY BINTARO
Jl.RC Veteran No.1a, Bintaro Raya, tanah kusir.
JAKARTA SELATAN
(021)734 2209
profile-picture
profile-picture
shortdistance dan arieyadi2013 memberi reputasi
Diubah oleh Moerdjangkoeng

Kebocoran di pompa oli

Mobil ane bawa ke bengkel untuk di spooring.
Pas mobil naik, ane iseng2 ngolong lihat hasil karya pemasangan,
ternyata ada oli netes. waduh sempet kesel juga karena tadi di cek ga ada bocor.
Selesai di spooring cepet2 pulang, trus di dongkrak lagi tanpa buka ban depan.
di cek lebih seksama ternyata kebocoran bukan dari sambungan2, tapi dari dinding pompa oli! Rupanya pori2nya bermasalah, mungkin ketika cor kurang matang bahannya, sehingga pori2nya ga padat.
Cepet2 lapor sama toko untuk lapor masalahnya dan minta tuker baru.
Alhasil harus nunggu satu hari buat pompa oli pengganti.
bongkar lagi deh...
ini sumber kebocorannya :
Spoiler for sumber bocor:

dari tampilannya, pompa pengganti lebih bagus.
Setelah dipasang ternyata oke. tidak ada bocor lagi
Siip dah..

enjoy the ride..

×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di