Berawal dari kebingungan/kesulitan mencari referensi, sharing all about Mitsubishi Mirage, sehingga saya membuat thread ini. Maka dari itu agyan2 yang punya/pengguna Mitsubishi mirage silahkan share disini.
Pada acara "Eco Fun Drive Challenge" Jakarta 10/03/13 yg diselenggarakan oleh pihak KTB
IMECers meraih Juara pada kelas : Automatic & Manual Etape,Modifikasi,OVERALL WINNER
"Kalian Luar Biasa"
Bukti Uji coba Mira dgn total 3 penumpang dan diisi pertamax;
KOPDAR PERDANA IMEC
SUSUNAN KABINET IMEC
KOORDINATOR : BOETJEK
WAKIL KOORDINATOR : YANUERICSSON
BENDAHARA : PAPAZIO, Tandem menyusul
SEKRETARIAT/HUMAS : HIWIDAYU, ARIEFBOZZ, DAMENKY
BIDANG EVENT : MEOWWW, JONSANG
BIDANG IT : SASIMII, ZUBERIOUS, NOMENCLATURE, ADITJUVE
Hari Sabtu 13 April 2013 telah diadakan pertemuan antara pengurus IMEC dan pihak KTB.
Pada pertemuan kali ini IMEC dihadiri oleh Pak Budi, Pak Eko, Yanu, Damar, Yohanes, Arie, Tasya, Ayu, Dimas, Adit, sedangkan dari pihak KTB dihadiri oleh Bpk. Daulay.
Pertemuan ini dilakukan terkait penjajakan kerjasama antara IMEC sebagai Club Mirage pertama (dan satu-satunya sejauh ini) di Indonesia dengan pihak KTB selaku Distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia. Foto Lainya
Problem agan sama ma ane gan.. ane tadinya kalo ada exceed ver.Manual tanpa pikir 2 kali ambil exceed..
Kalo Kos n Startstop ane ga bgt soal..
Tp emg yg bikin ngiler ABS + EBD..
2 hal ini gak mungkin d tambahkan melalui proses upgrade. Kalo mo dipaksain walaupun pakai spare part ori gak bakal maksimal. Tp yg perlu dipertimbangkan juga ABS + EBD + KOS + SS andaikan amit2 rusak stlh masa garansi.. pasti juga gak sedikit. Jadi sisi positifnya GLX lbh low maintenance..
Trus kalo soal safety jelas adanya ABS + EBD lebih superior.. Tapi klo mnurut ane pribadi sih 11-12 aja.. semua kembali ke cara kita memgemudi n kehendak yg D Atas(kalo nyetir qta ud bner trus dicium BMW X5, ya mau gmn lagi ). Klo yg ane rasain selama ini, utk mobil usia muda jarang ABS terpakai.. Soalnya umumnya gak ada masalah d sistem rem.. Selama selang2 pipa2 rem gak kotor, kampas Rem gak aus sebelah/atau kualitas kampas Rem gak beda sebelah, agan gak nerobos genangan air dlm kec tinggi dgn salah satu ban saja yg nyemplung d aer, kembangan ban beda sebelah, dll.. gak masalah kok..
Fitur ABS bakal berguna saat ada distribusi pengereman yg gak merata, secara otomatis sensor abs d setiap roda menyeimbangkan distribusi pengereman. Jadi gak akan ada cerita mobil buang kekiri atau kanan saat melakukan pengereman.. Klo pengalaman ane mobil tua biasa punya masalah dlm hal ini, cth colt th 77 ane pipa rem depan kanan pernah seret jadi otomatis saat injak pedal rem, tekanan buat kampas rem kanan kurang. Otomatis terjadi oversteer, dimanana kecepatan Ban kiri udah berkurang sedangkan ban kanan masih melaju.. Jadinya serem banget gan, mobil buang ke kanan, nge-lock atau klo bahasa gaul d jawa sini Remnya Nyatek(nggigit).. Jd utk membuat sist ABS secara manual ya sering2 maintain n jaga sist pengereman aja, pas nuang oli rem harus steril, jgn ada pasir masuk, dll.. Cek berkala tekanan rem setiap ban dengan diangini dan dikocok, wajarnya Crotnya keceng bisa 3meter jarak muncratnya kalo loyo besar kemungkinan slauran kotor atau seal di master rem jebol.. Atau gampangnya bw ke bengkel spooring, minta spooring Rem supaya imbang kanan kiri. Kalo mau cek gampang, coba jalan pelan trus rem mendadak sambil lepas kemudi. Liat setir goyang ke kanan atau kiri gak? Kalo goyang brarti perlu spooring rem.. Klo mobil ABS pas kita coba test indikator ABS akan menyala.m
Trus utk EBD emg bisa memperminim jarak pengereman saat emergency dngan pendistribusian dibagian yg paling punya beban.. Tp udh pernah d bahas d majalah bisa diatasi dgn teknik pengereman dengan sistem kocok.. Jadi dikocok dlu sebelum kita tekan pedal sekuatnya.. ini bisa efektif memberikan jarak pengereman juga karena tekanan pada sistem pengereman sudah terpompa dengan baik.. stlh diriset pun jarak pengeremannya pengereman dgn teknin ini bedanya tipis dengan mobil dgn sist EBD. Contoh kalau Stunt Raider mau bikin nungging ban belakang motornya
. Pasti dia lakukan sistem ini sebelum menekan tuas remnya, supaya tekanan pada kaliper terpompa dgn maksimal..
Trus terakhir sistem transmisi.. Jangan pernah anggap remeh yg satu ini.. dlu ane pikir gonta-ganti transmisi/ndas babi itu bisa yg penting bikin dudukannya.. tp gak semudah itu.. Enginer sudah memikirkan masak2 yg namnya Gear ratio dengan kemampuan mesin.. Jadi klo suka manual ya ambil manual.. jgn berangan2, ah ambil AT aja besok tinggal gw cariin gearbox ex singapura yg manual 6 speed, kan tenaganya mirage berlebih ini dsb.. Soalnya ane udh pernah alami hal ini, dan setelah ketanggor baru ane ngerti kalo kinerja mesin paling efektif n efisien dengan gear ratio dari 1-5 dari asli bawaannya.. klo digonta-ganti tanpa d ukur salah2 mobil jadi gak beretenaga(buat nanjak gak kuat tapi tarikan jadi panjang) atau malah sebaliknya, mejen tarikannya(dikit2 oper, tapi buat nanjak kuat bgt)..
Kalo d luar negri mungkin ada bengkel yg bisa gonta-ganti gear ratio setiap gigi dengan alat test tersendiri jadi ada layanan Transmision Fully Customiseable.. Itupun biasa gak murah biayanya n biasanya untuk race purpose only. di Indoneaia widiw jgn harap deh.. Selain itu masih harus bikin dudukan kopling juga, ganti speedo, rubah ini itu dll.. Paling enak ya bawaan pabrik wes..
Ada sodara ane nekad rubah, H Ci*lo At ke Mt udh biaya bnyk, hasilnya gak beres pula.. bermasalah ini itu.. akhirnya d jual trus cari ci*lo Mt, selesai lah masalah.. wkwkwk
Jadi kesimpulan kalo agan emg sukq manual ya manual aja.. ABS n EBD mungkin penjelasan ane bs membantu. Kos n SS bisa d tambahkan scr optional. Transmisi jgn diganti-ganti.. enak bawaan pabrik..
Woooowww....analisa yang mendalam bro...satu yang ane salut ke ente, ni nulis sepanjang ini pake hp...MANTAP....!!!
Sharing aja kenapa dulu ane ambil AT :
1. Ane bakal banyak pake di rute bekasi jakarta. Jrk rmh - kantor itu cuma 15km. tapi pake mobil bs 1 jam. Kebayang ga tuh macetnya..tmn kantor jg yg suka pake MT beralih ke AT semua, makanya ane ikut pilih AT.
2. Ane suka ma transmisi INVECS III CVT nya mirage.ini teknologi terupdatenya mitsu ( meskitanpa sport mode, kan mobil buat irit2 an). Perpindahan gear tak terasa, serasa pake motor matic. Kalo MT dah standar teknologinya ( IMHO)
3. Ane beli mobil buat dipake berdua ma istri , jadi pilih AT biar istri ane nyaman pakainya.
Tapi jgn salah, meskipun AT, di pantura berani kejar2 an ma si xen*a dan terios ( mungkin faktor driver juga sih ..hehe) meskipun ga sehebat transmisi yang MT tarikannya dan memang jadi agak boros karena sering kick down.
Spoiler for INVECS III CVT:
INVECS-III CVT achieves low fuel consumption and a smooth ride
INVECS = Intelligent & Innovative Vehicle Electronic Control System
CVT = Continuously Variable Transmission
INVECS-III is an advanced system that automatically selects the optimal gear ratio based on road and driving conditions ("optimal control"), and utilizes "learning control" to match the particular driver's driving style. In addition, a CVT that brings out the efficiency from the engine performance is provided. Like a conventional automatic transmission, there is no jolt when shifting gears and every time the accelerator is applied there is enjoyable, smooth acceleration.
Furthermore , a torque converter enables creep forward driving (slight deceleration) when the accelerator is not applied and hillstarts are made fun.
INVECS-III CVT is equipped on the Colt, Lancer/Lancer Wagon, and Dion.
Lancer/Lancer Wagon are equipped with a 6-speed sports mode for a sporty, manual-like driving experience.
The Continuously Variable Transmission makes for optimal driving pleasure by downsizing the pulley piston, reducing the oil pump discharge rate, and controlling direct torque control. All of this results in efficient engine output, offering drivers an exceptionally smooth ride. Based on driver demand as measured by accelerator travel information, optimal efficiency is achieved between the engine and CVT according to the motive forces experienced under driving circumstances. Supple acceleration and smooth driving feel are realized in all kinds of conditions while also improving fuel economy.