alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Internet Service & Networking /
~All about MIKROTIK~ - Part 2
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008839596/all-about-mikrotik---part-2

~All about Mikrotik RouterOS~


~MikroTik RouterOS™~


MikroTik RouterOS™ adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot.

MikroTik RouterOS™ Authorized Seller

Pendahuluan

Kebutuhan akan akses internet dewasa ini sangat tinggi sekali. Baik untuk mencari informasi, artikel, pengetahuan terbaru atau bahkan hanya untuk chating. Pembagian nomor untuk internet atau biasa disebut dalam dunia networking adalah IP Address sudah sangat menipis atau sudah hampir habis.

Satu IP Address perlu sekali berhubungan dengan IP address lainnya yang berbeda class atau subnet, maka diperlukanlah suatu proses system untuk menghubungkan IP Address itu, yaitu routing. Routing akan membuat sebuah rantai jaringan saling terhubung dan bias berkomunikasi dengan baik, dan informasi yang tersedia di satu IP Address akan didapatkan di IP address yang lainnya.

Device atau perangkat yang digunakan untuk proses routing biasa disebut router. Router terdiri dari hardware & software keduanya harus terpasang dengan sejalan atau sinkron supaya bisa bekerja dengan baik. Router bisa kita peroleh dengan cara memakai langsung tanpa harus install system dengan menggunakan router broadband atau kita bisa menggunakan komputer untuk membuat router dengan cara menginstall system operasi atau software untuk membuat router dengan catatan hardware pun mendukung untuk proses routing. Mikrotik adalah salah satu vendor baik hardware dan software yang menyediakan fasilitas untuk membuat router. Salah satunya adalah Mikrotik Router OS, ini adalah Operating system yang khusus digunakan untuk membuat sebuah router dengan cara menginstallnya ke komputer. Fasilitas atau tools yang disediakan dalam Mikrotik Router Os sangat lengkap untuk membangun sebuah router yang handal dan stabil.

Tentang Mikrotik

MikroTikls [dengan trade name MikroTik®] didirikan tahun 1995 bertujuan mengembangkan sistem ISP dengan wireless. MikroTikls saat ini telah mendukung sistem ISP dengan wireless untuk jalur data internet di banyak negara, antara lain Iraq, Kosovo, Sri Lanka, Ghana dan banyak negara lainnya.

Pengalaman dalam melakukan instalasi di Latvia menempa kami dengan kondisi serupa di negara-negara pecahan Uni Soviet dan negara berkembang lainnya. Berbagai pengembangan telah dilakukan hingga saat ini tersedia perangkat lunak sistem operasi router versi 2 yang menjamin kestabilan, kontrol, dan fleksibilitas pada berbagai media antar muka dan sistem routing dengan menggunakan komputer standart sebagai hardware. Perangkat lunak ini mendukung berbagai aplikasi ISP, mulai dari RADIUS modem pool, hingga sirkuit backbone dengan DS3.

MikroTik berlokasi di Riga, ibukota Latvia, dengan 50 orang karyawan. Mikrotik juga menjalankan sebuah ISP kecil, sebagai media percobaan untuk pengembangan routerOR software.

Mikrotik Router OS

Mikrotik Router OS adalah system operasi varian linux atau unix yang fungsi utamanya untuk routing, system operasi ini dipersenjatai dengan berbagai macam metode routing yang lengkap. Akan tetapi Microtik Router OS, bukan sebuah open source dibawah badan GNU. Untuk menggunakan sistem operasi ini kita harus membeli lisensi ke Microtik. Pembelian lisensi Microtik Router OS yang di tawarkan oleh perusahan Microtik, tidak begitu mahal untuk standar Router OS.



Spoiler for "Instalasi Mikrotik RouterOS":

Moga bermanfaat.

UPDATE:

Mohon maaf buat yang udah ngirim PM, banyak yang tidak saya balas.
kemungkinan, sy tidak tau jawaban nya atau karena kesibukan saya.
sekali lagi mohon maaf, silahkan posting di sini aja agar banyak yang bantu.


sebisa mungkin klo ada Tutorial baru ato yang cocok disimpan di page One, kasih tau TS yah.. PM ato via visitor Msg, gw gak tiap hari OL, tp sebisa mungkin ane pantau terus.. emoticon-Blue Guy Cendol (S)

--------------------------------------------------
Jangan Lupa Ijo-Jio nya yah ato minimal Thanks, biar yang buad tutorial pada semangat, hehe..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dikaahdas. dan 2 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
Jika ada yang berasumsi bahwa menggunakan proxy di mikrotik itu sangat buruk.... maka sebenarnya kita bisa juga memanfaatkan web proxy pada mikrotik tersebut tanpa harus di cache ...

Hanya untuk memanfaatkan filtering proxynya mikrotik yang bisa mendukung url filtering emoticon-Smilie tanpa harus lakukan cache maka kita akan memiliki fitur firewall dengan url filtering yang mudah (tidak harus menggunakan regex pada layer7 yang hanya bisa mengenal header sebesar 2 kb saja)

Jangan lakukan cache on disc untuk menjalankan web proxy pada mikrotik dan paksa semua client agar melalui web proxy pada mikrotik agar kita dapat memantau traffic nya emoticon-Smilie sekaligus dapat membuat rules based on url nya emoticon-Smilie
Maka jadilah sebuah firewall dengan url filtering yang lumayan murah meriah dan cukup dapat diandalkan emoticon-Smilie
profile-picture
dikaahdas. memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di