Original Posted By pietter►
dilihat dispesifikasinya aja oom..., tiap2 charger kan pasti ada spesifikasinya, charge ratenya bisa dari berapa sampai berapa amp., battery sampai berapa S trus kemampuannya sampai berapa watts...., pasti ada tu oom...., tinggal dihitung aja pakai itungan di atas.........
lha ini yang saya tunggu2...., suhu per-battery-an dah mulai angkat bicara..........
Masalah yang pernah dan sedang saya alami ya itu...., run time battery pendek bgt, battery terlalu cepet drop, tanpa tahu harus bagaimana....., akhirnya saya ngeraba-raba sendiri...., dah untuk itu costnya tinggi bgt oom...., karena saya jadi sering salah beli....
sampai sekarang saya masih belum tahu oom, apa yang musthi dilihat/dipertimbangkan untuk menentukan di rate amp. berapa kita musthi kasih waktu ngecharge supaya optimal untuk ukuran motor tertentu. contoh untuk motor 4074 2200KV, dengan maksimal current 120 amp, maksimal power 2600watts. berapa amp yang paling optimal yang harus kita kasih waktu ngecharge, apa semakin tinggi amp semakin bagus dengan melihat kemampuan battery sama charger atau gimana oom...??
kalo mau chrger sesuaiin aja MAH yang ada di batre misal 5000 mah ya baiknya 5A saja tetapi ada bebrapa btre yang bisa di charger 2 kali dari kapasitasnya itu,misal dia 5000 mah yg sbnernya cuma bisa 5A tetapi bisa di chrger dengan 10A dan btre model ini stau dan sepengalaman saya cuma turnigy nano tech yang bisa soalnya saya sudah menggunakan btre ini sejak lama.
masalah cepat drop wlau di cek voltase msih tinggi itu karena punch (C rate) batre yang om gunakan rendah jadi power yang di minta esc tidak bisa di penuhi oleh si batre dan hasilnya boat tidak ngacir.
Spoiler for om bds:
Quote:
Original Posted By Bdsantoso►Pertanyaannya berapa amp yg hrs diberikan saat ngecharge batere ya om?
Umumnya rata2 kita kasih 1C om utk penge-charge-an.
Sekali2 ngecharge pake 2C sih boleh2 aja om, hehe.. Keseringan bisa mengurangi umur dr batere. Maksudnya 1C/2C itu 1/2 capacity(kalo sy gak salah, hehe).
Tips utk yg memiliki batere Nanotech/Turnigy/Zippy dll. Jangan simpan batere dlm keadaan fullcharge. Mudah sekali hamil(ini pengalaman pribadi). Jadi buat yg sdh ngecharge tp gak jadi dipake main, lebih baik sampe rmh di discharge ke default-nya(+3,8v/cell).
Kalo sy ditanya, gmana cara dischargenya? Sy biasa pake lampu bohlam halogen mbl(12v) utk bat yg 2-3S dan bohlam halogen truk(24V) utk bat 6S, hehe.. tp tegangan dipantau jgn sampe drop dibawah 3,8v/cell. Mantaunya bisa pake multitester di colok di cable balancer dr batere-nya. Tp AWAS..!! jgn sampe nempel itu jarum multitesternya(+ & -), bisa KORSLET.
Kalo mau aman ya discharge pake charger aja tp nunggunya hrs sabar yaa? hehe.. dan jgn discharge dgn Amp yg besar. Kasihan nanti chargernya, bisa pendek umurnya
Berdasarkan pengamatan sy, main boat ini sama deh dengan main pesawat Ducted(jet). Sama2 pake motor KV besar, prop kecil.
Saya paling ogah main pesawat ducted om. Knapa? Biayanya gede. Dia itu butuh Amp besar dengan C(burst) yg besar pula om.. Kalo dipakein batere dgn C=20.. dijamin, bgtu landing batere akan panass + hamil..
yup benar btre lippo jangan di simpan dalam kondisi di atas 4 volt,jika mau mengimpan batre maka hrus di bwah 4 volt dan rekomendasi sih 3.85 volt per sel untuk menjadikan btre ke volt ideal ini gunakan mode lippo storage pada chrger,untuk chrger turnigy accucell atau sejenisnya cuma bisa storage dengan 1A saja tetapi jika chrger yang suda ratusan watt itu bisa 5A sotrage tetapi katanya lebih bagus secara perlahan saja dan saya jika menstorage btre yg 5000 mah sya mnggunakan 3A saja wlau sbnernya bisa 5A.
atau bisa juga dengan mode dischrger smpai di titik 3.8 volt di stopin tetapi ini sngat merpotkan krna kita hrus menunggu di dekat chrger itu.
sarana newbie seperti saya ini jika btre msih full dan mau menstoragenya alngkah bgusnya di pake dlu tuh btre smpai dia mndekati 4 volt trus di storage biar tidak lama proses storagenya (ini saran buat teman2 yang chrgernya cuma bisa di mode 1A saja storagenya) kalo chrger yang bisa 5A sih cepat prosesnya tpi klo yg cuma bisa 1A dan btre dlm posisi full maka akan lama sekali prosesnya apa lagi kapsitas lippo di atas 5000 mah.
lippo storage akan berhenti otomatis jika btre sudah smpai pda titik voltase 3.85 (sya lupa 3.85 volt atau 3.83 volt pkoknya di titik 3.8skian volt gitu deh).
Spoiler for om pietter:
Quote:
Original Posted By pietter►
Tapi dari pengalaman saya dengan pursuit oom, dikasih 1C battery cepet bgt ngedrop oom, dan setelah dipakai langsung diukur voltase battery masih di atas 4V/sell. pas dikasih 2C baru bagus..., ngedropnya agak lamaan, dan pas di ukur voltase battery dah di sekitar 3.7V/sell...
trus pengalaman saya setiap battery di discharge pakai charger, waktu dicharge lagi kok selalu ngacau yah.... ngisinya cmn dikit bgt dah full, ps dipakai baru bentar langsung drop. mangkanya saya kapok ngedischarge pakai charger.....
manteb bgt ooooooooooooo-nya....., sampai tiga kali.....wkwkwk......
om kalo chrger btre pake mode apa ?
bgusnya sih selalu make mode lippo balance wlau agak lama tetapi mode ini bkin btre per sellnya imbang jika pun berbeda cuma di subnya saja.
itu saja sih msukan dari saya yg masih newbie...
maaf sebelumnya udah banyak post di sini tpi blum ada boat sama sekali,baru tahap mencari ilmu dulu smbil nabung.