CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Buku /
All About Anthony De Mello dan Bukunya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012940718/all-about-anthony-de-mello-dan-bukunya

All About Anthony De Mello dan Bukunya



Anthony de Mello (lahir 4 September 1931, Bombay, India - wafat 2 Juni 1987, New York, Amerika Serikat) adalah seorang imam Yesuit dan psikoterapis yang terkenal luas karena buku-bukunya mengenai spiritualitas.

Ia mengadakan banyak retret rohani dan dianggap bagi sebagian pihak sebagai seorang pembicara publik yang piawai. Beliau seorang pengembara rohani yang tak terikat oleh batas-batas tradisi keagamaan. Ia mengunjungi banyak negara untuk belajar dan kemudian mengajar, terutama di Spanyol dan Amerika Serikat.

Ajaran beliau mengarahkan kita agar "HIDUP DENGAN SADAR", memahami bahwa kesejatian kita jauh lebih besar daripada gambaran diri kita, serta tidak terikat dalam suatu sistem ideologi atau agama. Kitab Suci seperti hari Sabat adalah "untuk manusia". Bukan manusia untuk Kitab Suci.

Ajaran Beliau:
"Jika engkau harus memilih antara suara hati yang penuh belas kasih dan tuntutan ideologi, tolaklah ideologi tanpa ragu-ragu. "Belas kasih tidak bersifat Ideologis"

De Mello mendirikan sebuah pusat doa di India. Ia meninggal secara mendadak pada tahun 1987. Karya-karyanya masih dicerak hingga hari ini dan tulisan-tulisan lainnya diterbitkan setelah kematiannya.

Pada tahun 1998, beberapa opininya dikutuk oleh Kongregasi untuk Doktrin Keimanan. Kardinal Joseph Ratzinger, yang nantinya menjadi Paus Benediktus XVI, menulis bagi kongregasi ini:

"Namun telah terlihat di kalimat-kalimat tertentu dalam karya-karya awalnya dan, dalam jumlah yang lebih besar, dalam terbitan-terbitan selanjutnya, orang bisa memperhatikan sebuah sikap yang menjauhi secara progresif dari isi-isi penting iman Kristiani ... Berdasarkan laporan saat ini, dengan tujuan untuk melindungi kebaikan umat Kristiani, kongregasi ini menyatakan bahwa posisi-posisi yang disebutkan di atas sebagai hal-hal yang tidak sejalan dengan iman Katolik dan bisa menyebabkan kerusakan (iman) yang parah."

Paradigmanya yang cukup kontroversial bagi dogma Katolik sebagian besar karena kebanyakan idenya terpengaruh oleh Ajahn Chah - yang, banyak orang menyebutkan, seperti guru baginya. Terlepas dari kutukan pihak Gereja, karya-karyanya tetap sangat terkenal terutama bagi mereka yang tertarik oada Spiritualitas Ignasian.

Beberapa edisi dari buku-bukunya semenjak itu telah diselipkan peringatan: 'Buku-buku Romo Anthony de Mello ditulis dalam sebuah konteks multi-religius untuk membantu pengikut agama lainnya, kaum agnostik dan ateis dalam usaha pencarian spiritual mereka, dan buku-buku ini tidak dimaksudkan oleh penulis sebagai buku panduan umat Katolik dalam doktrin maupun dogma Kristen.'

Walaupun demikian, tulisan-tulisannya tetap tersedia di beberapa toko-toko buku Katolik.

Karya-karya Anthony de Mello yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia diantaranya:
- Awareness
- Burung Berkicau - Song of the Bird
- Berbasa Basi Sejenak 1 & 2
- One Minute Nonsense
- Dipanggil untuk mencinta - Call To Love
- Hidup Di Hadirat Allah - Contact with God, Retreat Conferences
- Doa Sang Katak 1& 2 - The Prayer OF The Frog 1 & 2
- Sejanak Bijak
- Sadhana
- Sumber Air Hidup

--

Disini akan di isi dengan Buku-buku beliau beserta isinya, akan di update (kalau bisa setiap hari) secara rutin

Selamat Menikmati

emoticon-Shakehand2

Kicauan Burung

×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di