CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Mancanegara /
[Share] 3D2N Jalan Jajan Hemat Ke Singapore
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014500510/share-3d2n-jalan-jajan-hemat-ke-singapore

[Share] 3D2N Jalan Jajan Hemat Ke Singapore

Alhamdulillah akhirnya liburan pertamakali ke SG berdua mantan pacar terwujud juga kemaren di tgl 12-14 Mei 2012

Sedikit sharing FR nya nih gan

Day-1 : Flight jam 07.10 tapi jam 05.00 ane dah sampe terminal 3 Sukarno Hatta. Karena sebelumnya udah web cek in di web Air Asia dan dah dpt no kursi plus ane ga ada bagasi (ane bawa 1 ransel + 1 trolly bag, istri bawa 1 ransel + 1 tripod) jadi ga perlu cek in lagi di counter AA langsung bisa ngeluyur masuk ke waiting room di lantai 2, sebelumnya ane sholat subuh dulu di mushola lantai dasar. Kelar sholat langsung naik lantai 2 untuk cek imigrasi, lumayan panjang juga antri nya, siapin boarding pass sama passport. Setelah cek imigrasi gantian petugas AA cek boarding pass dan passport kita sekalian bayar airport tax 150.000. Nunggu santai-santai di waiting room akhirnya jam 06.30 dipanggil masuk pesawat, tepat jam 07.10 terbang deh ke SG. Di pesawat ane manfaatin buat tidur karena ngantuk banget berangkat dari rumah jam 03.30. Karena nyonya haus akhirnya terpaksa beli air mineral kecil di pesawat seharga 9rb perak hiks hiks he he

Sampai Changi Airport Terminal 1 tepat jam 10.10 waktu setempat sesuai schedule. Keluar pesawat melalui belalai langsung masuk ke bandara, pas keluar belalai langsung buru-buru kita gantian masuk toilet krn dah kebelet fifis emoticon-Blue Guy Smile (S), minum di tempat minum gratis depan toilet + duduk-duduk santai sambil aktifin free roaming BB. Oh ya recommend bgt agan pakai paket BB unlimited XL karena kita dpt free BB service + internet selama 3 hari di SG, tinggal rubah setting pilihan operator secara manual ke operator lokal di SG M1. Alhasil selama 3 hari di SG kita bisa terima e-mail, internetan dan yg penting bisa bbm an sepuasnya seperti di Jakarta.

Kelar aktifin bb kita mencari-cari Skytrain menuju Terminal 2 tempat stasiun MRT berada. Sebelum menuju Skytrain kita akan melewati Cek Imigrasi yang petugas dan loket nya ada banyak sekali sehingga ga perlu capek antri seperti pemeriksaan imigrasi di Sukarno Hatta. Tiba di stasiun MRT dah rame aja sama rombongan tour dari Indonesia yg pada mau beli EzLink Card. Beli EzLink Card seharga 12 SGD di Passanger Service terdiri dari deposit 5 SGD “pulsa” nya 7 SGD. Setelah itu kita langsung masuk MRT menuju interchange pertama Tanah Merah, dr Tanah merah ganti KA arah Joo Koon turun di interchange City Hall, dari City Hall pindah ganti KA arah Jurong East turun di interchange Dhoby Ghaut, dari Dhoby Ghaut pindah jalur arah punggol turun di Farrer Park. Total perjalanan kurang lebih 50 menit an dari Changi sampai MRT Farrer Park. Keluar MRT Farrer Park karena hotel kita berada di sebrang Mustafa Center sesuai petunjuk [url]www.gothere.sg[/url] kita keluar di Exit H tepat di Kitchener Road. Kebingunan melanda karena bener-bener buta di manakah Mustafa Center berada. Ga perlu panjang lebar kita tanya aja sama salah seorang yg lagi naik sepeda dan di jelaskan arah Mustafa Center. Ternyata deket dari MRT Farrer Park tsb jalan kaki cuma 5 menit aja.

Hotel Arianna tepat ada di sebrang Mustafa Center. Sampai di hotel karena masih belum jam cek in (jam cek in jam 14.00) akhirnya kita putuskan titip tas dan mencari makan di seputaran Syed Alwi Rd, ada banyak restaurant India di sepanjang jalan tsb, akhirnya kita putuskan makan di restaurant Madura. Ternyata setelah ngobrol dengan pelayannya di India juga ada daerah namanya Madura, bubar deh harapan kita untuk bisa makan soto madura di SG he he heemoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S). Total makan Nasi Goreng + Martabak + minum teh tarik berdua habis 15 SGD. Kelar makan kita masuk Mustafa Center untuk lihat-lihat oleh-oleh dan mengingat-ingat harga nya untuk di bandingkan di tempat lain. Ga terasa sudah jam 14.00 waktunya kita cek in. Cek in cepat saja karena kita sudah reservasi 1 bulan sebelumnya via e-mail dan saya putuskan untuk membayar cash di muka untuk biaya menginap 2 malam sebesar 2 x 88 SGD = 176SGD. Istirahat sebentar untuk shalat jamak qasar Dhuhur dan Ashar ganti tas lalu kita pergi menuju Sentosa.

Untuk menuju ke Sentosa dari MRT Farrer Park tidak perlu berpindah jalur hanya sekali naik turun di MRT terakhir Harbour Front. Sebelumnya supaya aman Ezlink Card kita topup dulu sebesar min top up yaitu 10 SGD di Passanger Service MRT Farrer Park. Sampai Vivocity Lanjut naik ke level 3 tempat dimana terdapat penjualan tiket dan pintu masuk menaiki KA Sentosa Express menuju Sentosa. Pembelian tiket wahana di Sentosa antri nya lumayan panjang, hanya ada 2 petugas yang melayani. Kita hanya ingin beli tiket Song of The Sea saja seharga 10 SGD dan ternyata untuk schedule showtime pertama yg jam 19.40 sudah penuh sehingga harus membeli yang showtime ke 2 jam 20.40. Agak menyesal juga saya ga sebelumnya beli tiket online melalui web nya sehingga gagal deh rencana ingin nonton Crane Dance (jam 21.00). Oh ya kita memang sengaja ga masuk USS karena selain istri ga berani naik wahana-wahana yg ada juga karena harga tiket masuk nya yg menurut ane lumayan mahal emoticon-Blue Guy Smile (S)

Masuk sentosa kita naik KA Sentosa Express tinggal tap Ezlink Card seharga 3 SGD turun di stasiun pertama Waterfront Station. Di Waterfront station kita berfoto-foto di depan Universal Studio, Hard Rock Hotel serta di Lake of Dreams. Lanjut naik Sentosa Express lagi menuju stasiun kedua yaitu Imbiah Station, di sini kita berfoto di depan Merlion Besar. Karena sudah capek jalan dari pagi kita istirahat sejenak di 7 Eleven sambil minum Slurpee. Selesai di Imbiah Lookout lanjut lagi ke stasiun terakhir yaitu Beach Station, di sini kita foto-foto di depan pintu masuk Song of The Sea, jalan-jalan menyusuri pantai Siloso dan Palawan, naik shuttle bus keliling area Beach dan akhirnya karena sudah sangat lelah kita nongkrong di tempat makan samping McD di bawah wahana iFly, makan malam hamburger + Coke seharga 8 SGD untuk 2 orang menunggu sampai waktu pertunjukan SOTS mulai.

45 menit sebelum waktu pertunjukan kita mulai menuju ke arah SOTS eh..ternyata antrian masuknya sudah panjang banget, tepat 15 menit sebelum pertunjukan akhirnya pintu di buka langsung saja kita cari tempat duduk di bagian depan tengah (best view).

Kelar pertinjukkan SOTS jam 21.10 buru-buru kita berlari menuju Beach Station sebelum ngantri panjang, syukur KA Sentosa express nya ga terlalu penuh, untuk kembali ke Vivo City turun ke stasiun MRT di bawah dan kembali ke MRT Farrer Park. Sampai Farrer Park suasana masih sangat ramai apalagi di seputaran Mustafa Center yang memang buka 24 Jam. Perjalanan hari pertama diakhiri dengan kaki saya kram hehehe untung bawa balsem dari Jakarta jadi langsung di balsemin sekujur kaki dan segera istirahat setelah mandi dan sholat jamak qasar Maghrib dan Isya
Beberapa TIPS penting :

1.\tGetting familiar dengan peta MRT dan nama-nama interchange station nya sangat membantu agar tidak terlalu blank saat naik MRT di SG. Cara membaca rute MRT, jalur-jalur yang ada, warna jalur cukup membantu jika sudah kita ketahui dari Indonesia.

2.\tTempat minum gratis selama 3 hari di sana tidak saya temukan di MRT manapun, hanya ada di bandara. So, refill air minum yang cukup di hotel / penginapan saja mengingat harga air mineral kurang ajar eh tidak wajar di sana he he he. Bawa botol kosong dari Indonesia disarankan tp jgn botol kemasan merk tertentu bawa aja botol minuman tupperware

3.\tSelalu membawa pulpen dan memisahkan passport dari tas saat masuk pesawat baik di Sukarno Hatta maupun dari Changi karena ada isian imigrasi yang harus di isi sesuai data di passport yang akan di cek saat pemeriksaan imigrasi di bandara.

4.\tBawa jaket tipis / sweater selama di bandara / pesawat karena AC nya lumayan dingin supaya ga masuk angin

5.\tBawa payung lipat / topi karena perubahan cuaca yang cukup lumayan di sana.

6.\tBawa counterpain / balsem untuk self messaging di penginapan he he he

7.\tBawa Popmi untuk menghemat sarapan

8.\tSebelum exit dari MRT manapun biasakan melihat peta di dekat pintu keluar yang pasti selalu ada di semua MRT stasion karena salah keluar Exit konsekuensinya jalan nya lumayan jauhh bookk

9.\tJangan lupa untuk makan secara teratur agar tidak masuk angin, semua MRT maupun mall AC nya lumayan kenceng anginnya, perpindahan antara suhu panas di luar dan suhu dingin yang seringkali bisa membuat badan mudah drop jika telat makan.

10.\tJika berniat menyaksikan SOTS disarankan sudah membeli tiketnya sejak dari Jkt secara online melalui web nya karena di konter pembelian tiket di Vivo City selain antrinya lumayan panjang dan belum tentu kebagian waktu showtime yang kita inginkan.

11.\tSelalu cek [url]www.gothere.sg[/url] untuk semua petunjuk arah dan transportasi selama di SG is very-very recommended

Tambahan tips dari agan Bonsai Imut

Spoiler for bonsai imut:
Diubah oleh arif.rahman
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di