CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 4 /
Suzuki Ertiga Community
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012502973/suzuki-ertiga-community

Suzuki Ertiga Community

Tempat Berkumpul Peminat dan Pemilik Suzuki Ertiga

Are You Ready For Stylish Car ?



Sehubungan dengan semakin banyaknya posting mengenai Suzuki Ertiga ini ada beberapa aturan main yang akan diterapkan di sini :

Spoiler for rules:



Spoiler for Spesifikasi Suzuki Ertiga:

Spoiler for Commercial Advertise Suzuki Ertiga:


Spoiler for Spek Ertiga:


Spoiler for Brosur Suzuki Ertiga:



Quote:



Spoiler for ERTIGA:


Spoiler for ERTIGA TEST DI INDO:


Spoiler for Pilih Warna Apa hayo..:



Spoiler for Testimoni Ertiga:


Tips Seputar Suzuki Ertiga
Spoiler for Tips Seputar Suzuki Ertiga:



Quote:


Wadah Komunikasi :
- Forum : http://forum.ertigaclubindonesia.org
- Milis : id-ertiga@yahoogroups.com
- Facebook : ERCI
- Facebook Group : http://www.facebook.com/groups/118772814918359/
- Twitter : @ertiga_ID
Thread sudah digembok
Maksud anda jokul duo kembara itu apa yah ? Jual dan ganti R3 ? Jawab saya simple : HIDUP CUMAN SEKALI. Jika sudah benar senang ama R3, ya ganti aja ! Kan beda ama jika udah ngak sreg ama istri, namun karena udah ada anak, ngak bisa main cerai aja. Ngak se-simple itu. Tapi kalau urusan Mobil ya GAMPANG !


Nah, masalah nilai jual kembali. Meskipun bisa aja ada agan yang bilang ngak peduli, tapi jujur saja, kecuali udah jadi Bakrie kecil, jika belum, dalam hati kita semua sebenernya saya juga yakin, pasti harap dan ingin nilai bekasnya kuat. Supaya ruginya ngak terlalu banyak. Kan cari duit bukan hal yang gampang yah ? Termasuk saya.


Bicara resale value, kenapa saya sangat yakin resale value R3 akan spektakular nanti ! Saya pakai pengalaman saya di bidang saham dan property. Sebenernya mekanisme yang tentukan tinggi atau rendahnya nilai pasar ngak beda jauh. Kenapa ?


1. Nilai pasar (mobkas, property dll) kan bukan, dan ngak bakal bisa di DIKTE ama pengembang, pabrik dll. (meskipun ada yang coba goreng dengan pakai banner coret melulu seperti Agung Sedayu), tapi saya yakin akhirnya tetap pasar yang tentukan.


Nilai pasar kan di ciptakan dari 2 sisi : PEMBELI, dan PENJUAL. Ngak peduli merek mobil apapun, pada dasarnya fakta adalah :


Si Pembeli ingin dapat mobilnya SERENDAH RENDAHnya. Mana ada yang ingin beli SETINGGI tingginya ?


Si Penjual juga ingin dapat harga SETINGGI TINGGInya ? Obvious ? Ya, tapi ingat fakta ini dulu. Karena jangan kira mobil yang bekasnya jatuh karena pemiliknya mau jual SEMURAH MURAHnya. Ngak ada itu !


Nah, sekarang nilai jual kembali sebuah mobil, seperti property, kan jelas kaitannya amat kuat ama PERSEPSI BANYAK orang MENGENAI mobil itu.


Dan tentu saja, DEMAND vs SUPPLY adalah KUNCI UTAMA yang tentukan harga PASARNYA (bukan harga tawaran pedagang, tapi harga FINAL antara Penjual dan END USER).


Sekarang tinggal lihat reaksi pasar kepada R3. DEMANDnya tinggi atau RENDAH ? Jika unit barunya aja TINGGI, mungkin ngak demand untuk unit BEKASnya nanti RENDAH ? Menurut logika saya, NGAK MUNGKIN RENDAH ! Udah pasti demand untuk R3 bekas SANGAT TINGGI nanti !


Dan dari sisi supply, JIKA mutu R3 mirip rata rata mobil Jepang, yaitu, ngak rusak terus, malah tahan banting seperti para minivan Suzuki yang di hajar angkot tiap hari namun OK OK aja, dan fakta bahwa pasar sekarang AKUI R3 banyak keunggulannya (safety, comfort, interior lumayan lega dll.....), tinggal pikir sendiri :


Mungkin ngak nanti banyak pemilik R3 yang mau cepat jual unitnya ? Saya rasa NGAK BAKAL ! Karena coba, mereka jika jual R3 mereka, mau pindah lagi ke mobil apa ? Nah ini terserah masing masing agan deh, kira kira menurut agan agan, nanti apakah akan ada banyak pemilik R3 yang mau balik lagi ke misalnya avanza ngak ?


Nah, jika sadar bahwa demand untuk R3 bekas nanti AMAT TINGGI (apalagi indennya panjang dan lama), DAN yakin pula supply, stok R3 bekas akan relatif LANGKA di BANDING ama Permintaannya, tinggal jujur aja tanya sendiri :


MUNGKIN NGAK NILAI JUAL KEMBALI R3 kalah ama avanza ? Turun banyak gitu ? Ingat aja ratio demand R3 bekas udah pasti JAUH lebih tinggi banding supply bekasnya nanti.


Sebaliknya, bisa jadi karena R3, ratio demand untuk avanza bekas akan makin menurun, karena makin banyak yang mau pindah ke R3, dan sama juga, supply avanza bekas akan meningkat karena makin banyak pemilik avanza yang mau pindah juga, efek ke resale value avanza nanti akan arahnya kemana ?


Pikir aja sendiri.....Asal ingat aja, demand unit bekasnya makin menurun, supply bekasnya makin banyak, nilai pasarnya akan lebih condong naik, atau turun ?



Malah ni mobil saya yakin bisa jadi resale valuenya NUMBER ONE di Indonesia ngak lama lagi. Cuman memang ini apakah nanti turun pangkat ya tergantung ada mobil baru lagi ngak yang keluar, lebih menarik lagi dari R3 ?


Liat aja kasus Nissan March yang semua udah tau, yang usia 1 tahun aja sekitar 138 jt. Padahal saat di beli +- 150 jt. Turunnya dikit banget. Ngak lebih dari 10%. Mirip avanza. Lah ini March kan cuman DUA BARIS, kecil.


APALAGI R3 yang TIGA BARIS, lebih besar banding March, kursinya ENAK banget, safetynya lengkap, dan IMAGE, NAMA BESAR Suzuki di Indonesia ?


Yang tidak setuju, sah sah saja, cuman tolong share logikanya, kenapa rasa R3 resale valuenya ngak bakal bagus ? Jangan cuman bilang karena merek doang. Lihat dari sisi demand vs supplynya.


Menurut observasi saya, merek doang ngak jamin kuat atau ngak resale valuenya. MODEL, TIPE lebih penting. Contoh, di group toyota, avanza kenapa kuat ? Karena selama ini BELUM ADA SAINGAN, barunya aja udah MURAH, TIGA Baris pula. Tau sendiri mobil 3 baris selalu banyak yang mau di Indonesia.


Tapi buktinya para sedan sedan toyota, hatch seperti yaris, innova V dan fortuner bensin, buktinya resale valuenya cukup jatuh. Kalah ama saingannya. Padahal mereknya kan sama ama avanza. Kenapa ? Ya apalagi kalau bukan ratio demand vs supplynya kurang favourable ?


Dan enaknya, mobil jika BAGUS, ENAK, di sukai banyak orang seperti R3 sekarang, yang NGAK PEDULI ama resale value kuat pun, TOH AKAN DAPAT nilai jual kembali yang kuat nanti !


Mau Nolak ngak ? Ngak lah ! Paling dalam hati juga perhatiin nanti dan SENYUM ! emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-Toastemoticon-Toast


Quote:


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di