CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 4 /
Suzuki Ertiga Community
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012502973/suzuki-ertiga-community

Suzuki Ertiga Community

Tempat Berkumpul Peminat dan Pemilik Suzuki Ertiga

Are You Ready For Stylish Car ?



Sehubungan dengan semakin banyaknya posting mengenai Suzuki Ertiga ini ada beberapa aturan main yang akan diterapkan di sini :

Spoiler for rules:



Spoiler for Spesifikasi Suzuki Ertiga:

Spoiler for Commercial Advertise Suzuki Ertiga:


Spoiler for Spek Ertiga:


Spoiler for Brosur Suzuki Ertiga:



Quote:



Spoiler for ERTIGA:


Spoiler for ERTIGA TEST DI INDO:


Spoiler for Pilih Warna Apa hayo..:



Spoiler for Testimoni Ertiga:


Tips Seputar Suzuki Ertiga
Spoiler for Tips Seputar Suzuki Ertiga:



Quote:


Wadah Komunikasi :
- Forum : http://forum.ertigaclubindonesia.org
- Milis : id-ertiga@yahoogroups.com
- Facebook : ERCI
- Facebook Group : http://www.facebook.com/groups/118772814918359/
- Twitter : @ertiga_ID
Thread sudah digembok
Hahaha ! Bukan agan yang di sebut, tapi kayaknya maksudnya post gue yang #2467 ! Memang nadanya optimistis dan pro mobil ini. Jika saya di kira saya sales Suzuki yang lagi kejar target, ya sah sah saja. Saya mah udah biasa. Wong malah selama ini saya di cap sales Nissan lagi.


Toh kalau ngak percaya, silahkan coba sendiri. Ya memang opini juga tergantung pengalaman, untuk orang seperti Hotma Sitompoel yang udah biasa naik Mercy, Ferrari, gitu ya R3 adalah mainan doang.....


Lanjut reviewnya. Akhirnya saya dah test drive R3. Dengan risiko sekali lagi di cap sales Suzuki (jadi gue itu sales Nissan atau Suzuki sih ? Ngak bisa dong jadi 22nya. Ah ! Paling di cap orang INDOMOBIL nanti), ngak masalah. Inilah review saya :


1. Lagi, ni mobil performanya ada berapa kejutan. Bantingannya menurut saya lebih baik banding saudaranya SX4, cukup enak, dan ngak keras. Malah jadi ingat bantingan Grand Livina yang sudah terkenal empuk. Ngak beda jauh. Mungkin GL empukan dikit, tapi itu dia, ngak beda jauh. So lumayan enak.


2. Suara / peredam sih sedang. Ngak terlalu parah, namun ya tau sendiri mobil harga segini jangan harap terlalu tinggi. Namun, lagi, noise levelnya ngak bikin gerah kok. Average, ngak beda jauh ama mobil lain di class 140-200+ jt. Jadi menurut saya, bisa di terima. Wajar.


3. Mesin. Ngak loyo kok. Malah saat injak gas dalaman, dan saat rpmnya mendekati 4000, nendangnya cukup lumayan kok. Berasa accelerasinya lumayan kuat. Tenaganya cukup menurut saya. Cuman masalah kuat nanjak atau ngak, belum di tes.


Tergantung sih, kalau percaya hasil studi banding toyota astra motor yang bilang Grand Livina ngak kuat nanjak, ya bisa saja R3 lebih parah, karena cuman 1400 cc, sama sama FWD. Tapi yang sudah tau kemampuan nanjaknya GL 1.5, dan fakta bahwa R3 mungkin bobotnya lebih ringan dikit banding GL, ya pikir sendiri aja kuat nanjak ngak.


Kalau menurut saya, xenia aja versi yang cuman 1000 cc bisa nanjak kok bawa 7 orang, masa R3 1400 cc ngak kuat nanjak ?


4. Steering juga rasa OK. Ngak terlalu berat, namun ngak terlalu enteng juga. Average.


5. Nah, ini yang paling penting. Masalah AC. Hari ini tau sendiri panas ! Dan mobil tes carnya udah pakai SolarGard. Dengan catatan mobilnya baru di jalankan belum lama, kalau setting AC posisi 1, agak kurang dingin di baris 3, meskipun ngak nyiksa banget.


Tapi jika mobilnya di jalankan lebih lama lagi, bisa jadi makin adem. Dan saat ACnya di posisi 2, malah lebih dari cukup. Karena arus anginnya langsung berasa di baris 3. Jadi stelan pasnya di posisi 1.5 kali....


Nah, karena ngak ada posisi AC 1.5, menurut saya, obatnya gampang : A. Saya yakin mobilnya makin lama di jalan, suhu ruangan cabin R3 pasti makin OK. Pakai AC 2 lebih dari cukup.


B. Saya juga yakin, jika kaca film SolarGard, yang statistiknya saya tau jauh di bawah V-Kool, di gantikan pakai V-Kool, saya yakin AC posisi 1 pun sudah cukup untuk baris 3. Karena fakta adalah kemampuan SolarGard menolak panas jauh di bawah V-Kool.


Jadi untuk yang rencana akan sering isi orang di baris 3, saya sarankan pasanglah kaca film yang bagus di R3 ini. Toh andai kata ada DB pun saya juga sarankan hal ini, karena suhu Indonesia naik terus yah ? Panas....


Juga jika pakai R3 berapa tahun, selisih biaya SolarGard vs V-Kool, kalau di pukul rata tiap tahun, sebenernya ngak beda jauh banget. Malah bisa lebih hemat, banding jika pakai SolarGard, namun pakai mobil yang DB. Tau sendiri DB kan artinya makan energy extra (Bisa jadi BBM makin boros). Kan nyalakan DB siapa yang bilang gratis energynya ?


Jadi solusi ekonomis untuk jangka panjang menurut saya belum tentu pasang DB, atau beli mobil yang DB (kecuali memang suka tu mobil). Kalau ternyata pasang kaca film bagus, posisi AC 1 sudah cukup untuk baris 3, yang toh ngak tiap hari di pakai, seharusnya lebih ekonomis biaya energynya, banding pakai DB + kaca film biasa.....Untuk jangka panjang.


Saya kalau jadi direksi Suzuki, coba deh sebagian mobil tes carnya di pasang V-Kool 40 depan, V-Kool VIP samping / belakang, dan tunjukan bahwa kombinasi ini plus AC posisi 1, seharusnya cukup untuk baris 3.


Nanti yang test drive dan mau tau juga, saya usulkan untuk awalnya pakai AC posisi 2 berapa minute, supaya suhu cabin R3nya sudah di level yang dinginnya OK, terus pindah ke posisi AC 1 untuk berapa minute lagi. Apakah ngak lama rasa di bakar di baris 3 ?


Saya dah coba, namun karena waktu sudah habis, saya ngak bisa lanjut lebih lama lagi, tapi untuk saat itu, paska pindah dari AC 2 ke 1 sih rasanya masih enak. Entah kalau di perpanjang 15 minute lagi


Saya rasa ngak bakal deh. Silahkan mencoba......


Sekalilagi, ngak cuman R3, tapi ada berapa mobil kok yang 3 baris namun TANPA DB, seperti FREED, Grand Livina, dan so far jarang yang teriak yah ?


Jadi consider deh invest di kaca film yang bagusan, jika rencana pakai R3nya agak lama. Saya rasa worth it, karena SETIAP SAAT, tu kaca film kan bantu nolak banyak panas terus.....Sehingga AC ngak perlu DB, ngak perlu di posisi tinggi terlalu lama, jadi bantu HEMAT BBM juga......Untuk bertahun tahun ke depan......



Quote:


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di