CARI
KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012636013/all-about-acoustic-guitar

.:All About Acoustic Guitar:.

Hello Kaskusers,

Setelah ane coba browsing di HTT kayanya banyak juga ya query tentang gitar akustik, banyak juga yang belom kejawab, nah ane punya ide gimana kalo disatuin aja disini, jadi kaskusers yang lebih berpengalaman pake gitar akustik juga bisa share disini.. Kalo misalnya ternyata udah ada yg bahas silahkan trit ini diapus aja ya, tapi sepanjang sebrowsingan ane belom ada yg bahas khusus gitar akustik, terutama yg middle-high end..

Anatomi gitar akustik


Ukuran dan bentuk body gitar akustik


Bracing gitar akustik


Sepengetahuan ane (yg masih sangat minim), gitar akustik ini pada umumnya bisa dibagi ke tiga kategori menurut konstruksinya yaitu:

- All Laminated
- Laminated with Solid Top
- All Solid (Top, Back, Side Solid)


Kalo yang all laminated dari dulu mungkin udah beredar banyak ya, baik yg merk luar maupun lokal. Yang merk luar yg merajai pasar itu Yamaha, kalo lokalnya macem2, ada Arista, Genta, Allegro dll.. Maksutnya laminated itu bahan gitarnya terbuat dari kayu ply alias triplek CMIIW. Kebanyakan gitar jenis ini belum pake trussrod, jadi kalo necknya bengkok ya nasib..



Di pasaran sekarang banyak beredar gitar akustik yg topnya solid, bodynya laminated, contohnya merk2 kayak Yamaha, Cort, Fender, Takamine (low end), Nohman, dll dengan harga yang lumayan terjangkau. Biasanya udah pake trussrod, udah gitu terpasang preamp lagi.


Yang berikutnya yg all solid. Untuk merk luar pasti udah pada tau ya merk2 semacam C.F. Martin, Taylor, Takamine, dan merk2 luar lainnya. Merk2 itu juga ngeluarin versi low end dimana bodynya laminated tapi topnya solid. Jangan salah produsen lokal kita juga udah banyak yg produksi gitar akustik all solid, contohnya ada Secco, dan beberapa luthier bagus yg ga produksi secara massal. Range harga gitar semacam ini so pasti jauh diatas gitar2 akustik laminated, tapi apakah sudah pasti sound & playabilitynya jauh diatas yang laminated???

Udah gitu di HTT kayanya udah banyak yang bahas tentang masalah perkayuan gitar elektrik, nah gimana dengan gitar akustik?

Baca ini dulu: A few useful things in the thread:
Hal-hal yg perlu diperhatikan saat memilih gitar akustik
Mengenai electronics/pickup gitar akustik
Cara masang strap pada gitar akustik yg gaada strap buttonnya
Estimasi harga pembuatan gitar akustik oleh pembuat gitar lokal (non professional-established luthier)
Tips menurunkan action/ketinggian senar gitar akustik dengan cara mengamplas saddle
Lokasi tempat beli gitar akustik di Surabaya
Lokasi tempat beli gitar akustik di Jakarta
Lokasi tempat beli gitar akustik di Bandung

Untuk pemanasan silahkan dishare foto sama spesifikasinya ya gan yg punya gitar akustik, kalo bisa sama reviewnya, jadi bisa nambah2 ilmu emoticon-Add Friend (S)

Monggo gan,,,
emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus
-1
Thread sudah digembok
Quote:


ada ah di MG PVJ, minggu2 kemarin ane liat

Quote:

Quote:


ini ane coba jawab sepanjang yg ane tau ya
kita lurusin dulu, jadi pickup SD woody itu jenisnya magnetic pickup, yg cara kerjanya seperti pickup gitar listrik, menangkap getaran senar, bukan ambil resonansi body

kalo yg agan bilang "preamp" itu maksudnya yg ane tangkep itu yg sistem piezo (letaknya pickupnya biasanya didalam bridge dibawah saddle) lalu nyambung ke preamp onboard.

dari product line SD sendiri tipenya seperti ini:
Woody SC™ SA-3SC = pickup single coil
Woody HC™ SA-3HC = pickup humbucker
Woody XL™ SA-3XL = pickup humbucker
Acoustic Tube™ SA-1 = pickup humbucker
Mag Mic™ SA-6 = pickup humbucker + condenser mic
D-TAR = undersaddle piezo
D-TAR = undersaddle piezo + condenser mic

jadi yg tipenya pickup (single coil ataupun humbucker) itu cara kerjanya kaya pickup gitar listrik, nangkep dari senar aja, jadi apapun yg dikatakan iklannya, tetep soundnya akan mendekati suara gitar listrik

yg tipenya undersaddle piezo (seperti yg banyak dipake gitar di pasaran kaya yamaha APX500, cort earth grand f op) itu dia ngambil dari getaran saddle/bridge, karakternya menyerupai karakter gitar akustik, tapi kekurangannya gabisa ngambil hasil keseluruhan resonansi, richness dari body gitar

nah yg mampu ngambil resonansi body gitar kalo mau sound yg paling natural, itu yg pake condenser mic. setiap jenis sistem itu ada kelebihan dan kekurangannya, makanya produsen bikin yg jenisnya kombinasi, dgn tujuan mengejar sound sebagus, senatural mungkin.

selain itu ada juga sistem soundboard transducer (bukan undersaddle, letaknya nempel di top body gitar/soundboard, dan berbagai jenis kombinasi dari sistem2 yg ada.

nah preamp itu tidak termasuk jenis2 pickup, preamp itu menerima sinyal dari pickup, untuk diolah, di cut ato di boost frekuensi low-mid-hi nya, memanage feedback, atau berfungsi juga ngeblend dari jenis pickup kombinasi (misalnya piezo + mic) sesuai selera, untuk dikirimkan sinyal hasilnya ke output jack.

jadi bisakah gitar akustik yg sudah ada preamp onboardnya dicolok ke return? bisa aja, selama agan sudah puas dgn hasil sound si preamp itu. setau ane sih untuk keperluan recording profesional, engineer kebanyakan lebih milih gitarnya ditodong sama condenser mic beneran daripada pake sistem elektronik onboard gitar. tapi memang perlu teknik tersendiri, utk dapet suara yg maksimal dan tidak feedback.
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di