CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012241700/tidak-runtuhnya-teori-evolusi-dalam-20-jawaban

Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban

Berdasar pengalaman selama menanggapi masalah teori evolusi, umumnya kreasionis yang membantah teori evolusi selalu saja membawa dan mengutip tulisan Harun yahya. Mereka tak peduli jika HY bukan ahli di bidang biologi, dan tak punya kompetensi di bidang tersebut.

Thread ini khusus untuk menanggapi karya HY, 'runtuhnya teori evolusi dalam 20 pertanyaan', yang bisa dibilang cukup dasar. Jadi hal-hal di luar itu kemungkinan tak dibahas.

Dari pengantar dulu

Quote:


Tanggapan:
Teori evolusi tak pernah bicara soal 'kebetulan', kecuali kita mau mengatakan setiap fenomena alami yang terjadi di alam adalah 'kebetulan'. Proses evolusi adalah proses alami yang terjadi di alam. Dan ilmu biologi umumnya memang mengklasifikasikan manusia dalam taksonomi sebagai anggota dari keluarga (gamily) kera besar, dimana anggota keluarga lain diantaranya gorilla, orang utan dan simpanse. Monyet tidak termasuk keluarga kera besar.

1. Teori evolusi adalah teori ilmiah part 1, part 2
2. Teori Evolusi vs Opini Penciptaan part 1, part 2
3. Usia Umat Manusia part 1, part 2
4. Teori Evolusi dan Biologi part 1
5. Ras Manusia dan Evolusi part 1
6. Kesamaan Genom manusia dan Simpanse part 1
7. Evolusi burung part 1, part 2, part 3
8. Haeckel dan Embrio manusia part 1
9 Kloning dan Teori Evolusi part 1
10. Kehidupan Berasal dari Luar Angkasa part 1
11. Usia Bumi dan Evolusi part 1
12. Organ Vestigial dan Evolusi Part 1
13. Makhluk Hidup Purba dan Evolusi Part 1
14. Evolusi, Perkembangan dan Kemajuan Part 1
15. Tuhan dan Evolusi Part 1
16. Kebenaran teori evolusi Part 1
17. Metamorfosis dan Evolusi Part 1
18. DNA dan Evolusi Part 1
19. Kekebalan Bakteri dan Evolusi Part 1
20. Sains, Evolusi dan Penciptaan Part 1

Lalu, sekalian, menanggapi black campaign maupun pandangan salah seputar evolusi. Khususnya yang sering muncul di forum ini maupun di forum lain.
1. Monyetisme Part 1

FAQs
1. Kenapa kera tak berevolusi?
2. Coelacanth tak berevolusi?
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan Teodoremuantavv memberi reputasi
Diubah oleh Pi-One
Thread sudah digembok

19. Kekebalan Bakteri dan Evolusi

Kekebalan bakteri terhadap antibiotik adalah salah satu contoh mutasi yang menguntungkan. Dan ini memang satu contoh kecil dari evolusi.

Mutasi ini bukan terjadi akibat pemberian antibiotik, melainkan terjadi sebelumnya. Karena mutasi yang menghasilkan kekebalan inilah, dari satu koloni bakteri bisa terdapat bakteri yang kebal terhadap antibiotik (karena mewarisi kekebalan hasil mutasi) dan juga yang tidak. Pemberian antibiotik akan membunuh bakteri yang tidak kebal terhadap antibiotik dan hanya menyisakan yang kebal terhadap antibiotik, dan generasi berikut bakteri akan kebal terhadap antibiotik.

Lee Spetner yang dikutip Harun Yahya menentang ide mutasi secara random, namun ia sendiri tak menolak ide evolusi. Pemikiran Spetner adalah hipotesa evolusi tidak acak (nonrandom evolutionary hypothesis) - yang mana juga sebagaimana sebagian kreasionis, menerima evolusi mikro namun menolak evolusi makro. Dan meski tidak secara kentara, namun tertangkap spetner adalah kreasionis, ia menolak mutasi random namun tak menolak adanya intervensi 'Divine Intelligence' terhadap proses mutasi.

Menurut Spetner, mutasi yang terjadi mengurangi informasi genetis, dan mutasi pada bakteri mengurangi sensitivitas bakteri, dan bahwa kekebalan bakteri terhadap antibiotik terjadi bukan karena bakteri mendapat sifat baru kekebalan terhadap bakteri, melainkan sebaliknya - bakteri kehilangan sensitivitas terhadap antibiotik. Menurut Spetner, kekebalan terhadap streptomycin (antibiotik) terjadi karena subunit S12 yang kehilangan kemampuan mengikat streptomycin - berarti informasi berkurang.

Namun mutasi yang mungkin terjadi adalah mutan (hasil mutasi) tak mengikat streptomycin, dan juga lebih akurat dalam mengikat substrat peptidyl tRNA serta mengkatalisasi sintesa peptida secara lebih akurat. Kemungkinan mutasi lain adalah mutan (hasil mutasi) tetap mengikat streptomycin - namun kebal terhadap streptomycin, dan juga lebih akurat dalam mengikat substrat peptidyl tRNA serta mengkatalisasi sintesa peptida secara lebih akurat.

Spetner adalah tipe kreasionis, yang nampaknya ingin memasukkan unsur "ID' dalam proses mutasi makhluk hidup.

Pranala
Code:
http://www.talkorigins.org/faqs/information/spetner.html

Code:
http://home.wxs.nl/~gkorthof/kortho36.htm#Par3.1
×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di