CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Kepolisian /
Serba Serbi SIM
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000009365251/serba-serbi-sim

Serba Serbi SIM

Assalamualaikum gan..
Insayaallah gak emoticon-Blue Repost gan.....klo da yg mirip harap dimaafkan yah gan

Maaf klo berantakan,nubie masih belajar bikin thread emoticon-Malu emoticon-Malu

Budayakan komentar,jgn nge-junk yah agan2.....

Ane cm mo bagi sedikit ilmu tentang lalu lintas kali ini ttg SIM dan segala hal yg berkaitan dengan hal tersebut.

Dasar hukum penerbitan SIM bagi Polri

1) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia Pasal 14 ayat (1) huruf b dan Pasal 15 ayat (2) huruf c.
2) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Pasal 77 perihal persyaratan pengemudi)
3) Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 1993 Pasal 211 s/d 244 tentang Surat Izin Mengemudi.
4) Peraturan Kapolri Nomor 09 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi

b. Pengertian

1) Regident Pengemudi adalah segala usaha dan kegiatan identifikasi pemegang Surat Izin Mengemudi (SIM) dan kualifikasi serta kemampuan dalam mengemudikan kendaraan bermotor sesuai golongannya.
2) Pengemudi adalah orang yang mengemudikan kendaraan bermotor atau orang yang secara langsung mengawasi calon pengemudi yang sedang belajar mengemudikan kendaraan bermotor.
3) Kendaraan bermotor adalah kendaraan yang digerakkan oleh peralatan teknik yang berada pada atau tanpa kereta tempelan.
4) Surat Izin Mengemudi kendaraan bermotor adalah tanda bagi seseorang yang telah terbukti mempunyai pengetahuan dan kemampuan serta memenuhi persyaratan lain yang ditentukan atau berdasarkan perundang-undangan lalu lintas untuk mengemudikan kendaraan bermotor tertentu di jalan.[/spoiler]

Spoiler for SIM:


Spoiler for SIM:


Spoiler for SIM:


Spoiler for SIM:


Spoiler for syarat:


Spoiler for proses:

Spoiler for ujian praktek:


Spoiler for Biaya – biaya:
Diubah oleh boltcrank

Sekedar Numpang Share gan..

hari ini ane sudah dapet sim c (tentunya tanpa calo emoticon-Big Grin)

lokasi ane di pasuruan (kab. pasuruan) samsatnya di bangil..
proses agak lama (lama antrinya kalau proses ujian dan proses entry dan photo cepet banget) tapi ane puas karena lulus dengan tidak melanggar hukum.

rincian yang ane keluarin :
surat kesehatan : 20rb
fotocopy + map : 7rb
bayar sim baru : 100rb
parkir : 1rb
TOTAL : 128rb
(informasi yang ane dapet kalo orang pake calo 300rb) emoticon-Hammer (S)

Puas ane akhirnya ane berhak punya sim emoticon-Big Grin kasian orang2 yang ga lulus.. kloter ane 15 orang ujian yang lulus cuman 4 orang (ujian teori) dan waktu ujian praktek yang lulus ane doang emoticon-Big Grin


Sip gan.. segini aja semoga bermanfaat
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di