CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012241700/tidak-runtuhnya-teori-evolusi-dalam-20-jawaban

Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban

Berdasar pengalaman selama menanggapi masalah teori evolusi, umumnya kreasionis yang membantah teori evolusi selalu saja membawa dan mengutip tulisan Harun yahya. Mereka tak peduli jika HY bukan ahli di bidang biologi, dan tak punya kompetensi di bidang tersebut.

Thread ini khusus untuk menanggapi karya HY, 'runtuhnya teori evolusi dalam 20 pertanyaan', yang bisa dibilang cukup dasar. Jadi hal-hal di luar itu kemungkinan tak dibahas.

Dari pengantar dulu

Quote:


Tanggapan:
Teori evolusi tak pernah bicara soal 'kebetulan', kecuali kita mau mengatakan setiap fenomena alami yang terjadi di alam adalah 'kebetulan'. Proses evolusi adalah proses alami yang terjadi di alam. Dan ilmu biologi umumnya memang mengklasifikasikan manusia dalam taksonomi sebagai anggota dari keluarga (gamily) kera besar, dimana anggota keluarga lain diantaranya gorilla, orang utan dan simpanse. Monyet tidak termasuk keluarga kera besar.

1. Teori evolusi adalah teori ilmiah part 1, part 2
2. Teori Evolusi vs Opini Penciptaan part 1, part 2
3. Usia Umat Manusia part 1, part 2
4. Teori Evolusi dan Biologi part 1
5. Ras Manusia dan Evolusi part 1
6. Kesamaan Genom manusia dan Simpanse part 1
7. Evolusi burung part 1, part 2, part 3
8. Haeckel dan Embrio manusia part 1
9 Kloning dan Teori Evolusi part 1
10. Kehidupan Berasal dari Luar Angkasa part 1
11. Usia Bumi dan Evolusi part 1
12. Organ Vestigial dan Evolusi Part 1
13. Makhluk Hidup Purba dan Evolusi Part 1
14. Evolusi, Perkembangan dan Kemajuan Part 1
15. Tuhan dan Evolusi Part 1
16. Kebenaran teori evolusi Part 1
17. Metamorfosis dan Evolusi Part 1
18. DNA dan Evolusi Part 1
19. Kekebalan Bakteri dan Evolusi Part 1
20. Sains, Evolusi dan Penciptaan Part 1

Lalu, sekalian, menanggapi black campaign maupun pandangan salah seputar evolusi. Khususnya yang sering muncul di forum ini maupun di forum lain.
1. Monyetisme Part 1

FAQs
1. Kenapa kera tak berevolusi?
2. Coelacanth tak berevolusi?
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan Teodoremuantavv memberi reputasi
Diubah oleh Pi-One
Thread sudah digembok

16. Kebenaran Teori Evolusi

Dalam jawaban singkat, tak perlu menunggu masa depan. Realitanya, teori evolusi diakui sebagai teori ilmiah, didukung data dan fakta yang ada, dan satu-satunya teori ilmiah yang bisa menjelaskan asal keanekaragaman makhluk hidup. Tidak ada satupun teori lain sejauh ini yang bisa menggantikannya. Dan tak ada satupun data atau fakta ilmiah yang membantah apalagi meruntuhkan teori evolusi.

Kreasionsime? Sekali lagi, itu bahkan bukan sebuah teori, karena tak lebih dari opini yang tak menjelaskan apapun dan hanya berdasar kepercayaan. Dan bicara tentang tidak mengerti, bukankah justru HY yang benar-benar tidak memahami teori evolusi?

Menjawab pertanyaan HY:

1. Bagaimana sel pertama muncul
Ini adalah salah satu bukti betapa HY tak mengerti teori evolusi. Asal sel pertama atau asal kehidupan mestinya dibahas oleh teori lain, yakni teori abiogenesis. menurut teori tersebut, diduga prokariot berkembang dari bentuk lebih sederhana yakni protobion.

Satu kesalahan khas kreasionis adalah mereka selalu mengira proses pembentukan makhluk hidup awal terjadi secara spontan, atau sekaligus. Seakan makhluk hidup terbentuk dengan cara merakit komponen mereka saut-satu, sebagaimana merakit pesawat boeing 747. Ini amat konyol. Kesalahan lain adalah mereka sejak awal menetapkan makhluk hidup tak mungkin berubah. Padahal bahkan bakteri pertama saja juga amat mungkin berbeda dengan bakteri yang kita kenal sekarang. Bakteri adalah makhluk hidup paling sederhana yang kita kenal sekarang, bukan makhluk hidup paling sederhana yang pernah eksis!

2. Bagiamana satu spesies bisa berubah menjadi spesies lain
Harun Yahya mencomot nama Collin Patterson dari British Museum of Natural History, dan memuat seakan beliau menolak teori evolusi, seakan beliau menyangkal seleksi alam bisa menghasilkan spesies baru. Collin Patterson adalah salah satu nama yang sering menjadi korban 'quote mining' dari kreasionis.

There is no doubt that natural selection is a mechanism, that it works. It has been repeatedly demonstrated by experiment. There is no doubt at all that it works. But the question of whether it produces new species is quite another matter. No one has ever produced a species by mechanisms of natural selection. ~ Colin Patterson

Tentu saja tak seorangpun pernah menghasilkan spesies baru hanya dengan mekanisme seleksi alam, apalagi secara alami. Proses itu memakan waktu terlalu panjang, jauh melebihi masa hidup manusia manapun. Terlebih, seleksi alam itu sendiri bukanlah penyebab perubahan, seleksi alam berperan menyaring variasi yang ada, apakah mereka bsia eksis atau tidak. Mereka yang eksis berkesempatan mewariskan sifat mereka ke generasi berikut.

Bicara tentang mutasi, realitanya amat bertolak belakang dengan klaim HY. Mutasi biasa terjadi di alam, dan mayoritas mutasi bersifat netral (tidak memberi dampak signifikan). Terlebih, positif atau negatifnya mutasi itu sendiri bisa jadi relatif. Satu sifat hasil mutasi bisa jadi memiliki keuntungan sekaligus kerugian.

Sejauh ini, makhluk hidup dengan genome terbesar yang sudah diketahui adalah Polychaos dubium dengan 670 milyar pasang basis DNA, sekitar 20 kali lebih besar dari manusia. Padahal Polychaos dubium adalah amuboid. Untuk apa makhluk sederhana memiliki genome sebesar itu?

3. Fosil sebagai hasil biologi
Tidak ada bukti fosil yang menunjukkan makhluk hidup muncul secara tiba-tiba di muka bumi. Bahkan tidak juga 'ledakan kambrium' yang digadang-gadang Harun Yahya. Soal ini sudah dibahas di bab sebelumnya.

Niles Eldredge yang dikutip Harun Yahya pun tidak membenarkan penciptaan. Ia dan Stephen Jay Gould adalah pencetus dan pendukung Punctuated Equilibrium (keseimbangan bersela), dimana menurut teori ini banyak perubahan evolusi terjadi dalam waktu relatif singkat, bukannya berangsur-angsur dan berkelanjutan. Teori ini juga menjelaskan mengapa tidak ditemukan fosil yang mencerminkan transisi. Apakah HY tidak mengetahu hal itu, sehingga berani mencatut namanya? Atau ia tahu, tapi seperti biasa melakukan quote mining?

Andai HY mengunjugi situs Niles Eldredge, mungkin ia akan tersedak. Sebab di situsnya, Eldredge jelas-jelas mengklaim sebagai seorang evolusionis!

Bagaimana dengan Robert Wesson? Simak kutipannya:
Quote:


Nampaknya yang dibicarakan adalah Punctuated Equilibrium, sementara kita tahu bahwa bukanlah bantahan terhadap teori evolusi!

Jadi, kemajuan ilmiah mana yang membantah teori evolusi? Tidak ada! Klaim bahwa ilmu pengetahuan di segala bidang membantah teori evolusi tak lebih dari propaganda Harun Yahya semata. Evolusi adalah sebuah fakta ilmiah.

Code:
http://www.talkorigins.org/faqs/patterson.html
http://www.nileseldredge.com/
http://oracknows.blogspot.com/2005/07/creationist-spam-from-babu-ranganathan.html
http://www.talkorigins.org/faqs/mutations.html
http://evolution.berkeley.edu/evosite/evo101/VIIA1bPunctuated.shtml
-1
×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di