- Beranda
- Komunitas
- Hobby
- Arsitektur
All About Graphisoft ArchiCAD Lovers
TS
berNavas
All About Graphisoft ArchiCAD Lovers
~ Introduction ~
Quote:
- Graphisoft ArchiCAD
Quote:
Graphisoft adalah pionir & penggagas awal teknologi Virtual Building Information (VIB) yang kini dikenal luas dengan konsep Building Information Modeling (BIM)
ArchiCAD pertama kali diluncurkan oleh Graphisoft sejak tahun 1982, & scra konsisten sampai saat ini slalu update dri versi yang paling awal sampai ke versi saat ini yg sedang beredar.
ArchiCAD dibuat oleh Arsitek utk Arsitek, krn ArchiCAD memang scra spesifik diperuntukkan bagi Dunia Desain Arsitektur, Enginering & Konstruksi ( A/E/C ) bukan software CAD generik biasa. Sehingga dgn ArchiCAD, para desainer akan menghasilkan sebuah model projek yang lebih fokus pada desain,dapat diprediksikan dalam pelaksanaan konstruksinya, serta lebih murah dan efisien dlm operasinya.
ArchiCAD memanfaatkan GDL (Geometric Description Language) dlm menyimpan seluruh informasi tentang element bangungan, sebagai 2D, 3D, & spesifikasi text utk dipergunakan dlm gambar, presentasi, & perhitungan quantity.
Utk rendering, ArchiCAD dapat diandalkan, krn hasilnya terbilang sgt baik,menyamai 3Dmax.
ArchiCAD slalu mendapatkan penghargaan (Award) sejak tahun 1994 & setiap periodik setiap tahunnya sampai saat ini, dri berbagai jurnal lembaga penilai independen yang ada di Eropa, Amerika & Asia.
ArchiCAD pertama kali diluncurkan oleh Graphisoft sejak tahun 1982, & scra konsisten sampai saat ini slalu update dri versi yang paling awal sampai ke versi saat ini yg sedang beredar.
ArchiCAD dibuat oleh Arsitek utk Arsitek, krn ArchiCAD memang scra spesifik diperuntukkan bagi Dunia Desain Arsitektur, Enginering & Konstruksi ( A/E/C ) bukan software CAD generik biasa. Sehingga dgn ArchiCAD, para desainer akan menghasilkan sebuah model projek yang lebih fokus pada desain,dapat diprediksikan dalam pelaksanaan konstruksinya, serta lebih murah dan efisien dlm operasinya.
ArchiCAD memanfaatkan GDL (Geometric Description Language) dlm menyimpan seluruh informasi tentang element bangungan, sebagai 2D, 3D, & spesifikasi text utk dipergunakan dlm gambar, presentasi, & perhitungan quantity.
Utk rendering, ArchiCAD dapat diandalkan, krn hasilnya terbilang sgt baik,menyamai 3Dmax.
ArchiCAD slalu mendapatkan penghargaan (Award) sejak tahun 1994 & setiap periodik setiap tahunnya sampai saat ini, dri berbagai jurnal lembaga penilai independen yang ada di Eropa, Amerika & Asia.
source : archicadindonesia
Quote:
- Index Thread :
Quote:
Spoiler for index I:
- Mengapa pilih ArchiCAD?
- penjelasn singkat konsep BIM
- Anjuran Interface AC
- Perbandingan archiCAD dan autoCAD> 2 > 3
- Antara archicad/revit building
- masukin model ke AC di library
- Perubahan AC 15
- Archicad Tutorial
- Cara seting ketebalan garis di areal gambar
- +Library & +Library
- file .skp bisa di import ke AC gak? ->>> Dan penjelasanya
- cara buka kunci setting tebal slab pada ac 11
- Ghost story
- rubah warna kusen jendela (window) ama warna pintu?
- cra ganti cat & ukuran tegel
- cara bikin jendela/ventilasi
- term and condition wall split
- bikin wall trapesium cocok aplikasi utk pondasi
- sedikit tentang kamera
- vray & ac
- import hsl Archicad ke 3dsMax
- cara munculin warna di wall
- Kualitas render ac
- Tips mrender
- Bhs soal Renderan
- Plugin material
- AC import cad
- News update AC15.
- tmpt donlot komponen
- info Archicad 16
- mengintip archicad 18 & video ac 18
Spoiler for index II:
- Tips & Tutorial :
Quote:
Menarik di simak
Quote:
- TKP Interface for Living Design Internationalby boay1304
- Bikin Ventilasi
- Bikin ventilasi X & ventilasi 2
- cra bikin atap yg lancip terus patah
- Cara ngcrop 1
- Cra ngcrop sprti dipotoshop
- ngedit wall jdi 1 segmen
- Penggunaan Complex Profile+fitur multiply component
- Tutor for roof AC15 -mengenai roof archicad 15 -melakukan editing roof
- Export to Autocad dr archicad
- 3ds export dari archicad
- Mmberi pnutup pd sisi kosong atap pelana
- Cara masukin image ke 2D & 3D AC
- TIPS presentasi 3D arsitektur pd klien
Quote:
~[FAQ] thread archicad~
Quote:
....
X : Gan, mau post hasil karya AC gw boleh...??? [mau narsis nih]
Y : Boleh gan,SilahkanMau di sini atau di Thread [POST]Hasil render karya Arsitekturmu Silahkan. Kalo gede baiknya di spoiler. Klo disini nanti masuk post index karya disini + reward .
.......
X : Woi gan...!!! gw nanya nih,butuh jwbn cpt, kasih pencerahan dong :
Y : yaelahhh.Sabar gan,klo emang jodoh psti di jawab. Tiap orang punya kesibukan masing2. Mohon pengertiannya
Dan kemungkinan pertanyaan agan repost,biasakan baca page one.
......
X : Gan, mau post hasil karya AC gw boleh...??? [mau narsis nih]
Y : Boleh gan,SilahkanMau di sini atau di Thread [POST]Hasil render karya Arsitekturmu Silahkan. Kalo gede baiknya di spoiler. Klo disini nanti masuk post index karya disini + reward .
.......
X : Woi gan...!!! gw nanya nih,butuh jwbn cpt, kasih pencerahan dong :
Y : yaelahhh.Sabar gan,klo emang jodoh psti di jawab. Tiap orang punya kesibukan masing2. Mohon pengertiannya
Dan kemungkinan pertanyaan agan repost,biasakan baca page one.
......
*akn dtmbhkn hal yg dprlkn
Quote:
Tingkatkan kembali kemampuan profesional anda di bidang Desain & Arsitektur dgn mempelajari & menggunakan archicad dlm mewujudkan ide & gagasan anda dgn sangat produktif, serta berperan serta dlm mewujudkan GREEN DESIGNpada karya anda sebagai tanggung jwb trhadap Bumi & Lingkungan dgn EcoDesigner.
slamat ber-arsitektur !
*yuks bertuker pikiran & saling berbagi
*ada kesalahan/ketidaksesuaian mohon dikoreksi
*ada kesalahan/ketidaksesuaian mohon dikoreksi
Diubah oleh berNavas 02-09-2014 23:10
arinasubagiy361 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
383K
Kutip
2.1K
Balasan
Komentar yang asik ya
Tampilkan semua post
boay1304
#388
Bahas soal Renderan..
Spoiler for semua tanya tanya:
Quote:
Original Posted By JunkerNthusiast►yang sebiji-sebiji bisa ente coba cari di:
- graphisoft'nya langsung cari depository GDL
- archive3d.net
- archiradar.it
- dan masih banyak gan, tapi cape kali karna item'nya sampe puluh ribuan even ratusan ribu kali..
@ agan boay1304:
ane ngga pandai hostingin gan..
sorry kalo ane tanya'nya salah kamar gan..
ini gambar uda ane coba utak-atik tapi tetep ngga bisa keluar seperti yg ane inginkan.
uda coba di exposure, lighting, dll. tetep aja gambar ini burem atau berkabut.
ada yg bisa kasih penjelasan salah dimana'nya yah..??
maksud ane maunya agar seperti gambar yg ane comot dari gugel ini kan sangat tajam:
- graphisoft'nya langsung cari depository GDL
- archive3d.net
- archiradar.it
- dan masih banyak gan, tapi cape kali karna item'nya sampe puluh ribuan even ratusan ribu kali..
@ agan boay1304:
ane ngga pandai hostingin gan..
sorry kalo ane tanya'nya salah kamar gan..
ini gambar uda ane coba utak-atik tapi tetep ngga bisa keluar seperti yg ane inginkan.
uda coba di exposure, lighting, dll. tetep aja gambar ini burem atau berkabut.
ada yg bisa kasih penjelasan salah dimana'nya yah..??
Spoiler for belajar:
maksud ane maunya agar seperti gambar yg ane comot dari gugel ini kan sangat tajam:
Quote:
Original Posted By ermum►lama ga mampir ke forum tercinta....ternyata postnya dah kelewat banyak
mau nanya, aku nubi pake archicad 15, sebelumnya pake archicad 12
yang mau ane tanyain, fitur save as nya kok ga sama kaya di archicad 12 yah, di archicad 12 ada fitur untuk mengatur outputnya biar scale nya sesuai sama di archicad, agak kesulitan ngatur scalenya biar sama
di sini aku mau save as ke format dwg
biar lebih jelas pake spoiler aja yah gan...
sekalian mo share hasil render ah...
masih hangat, minta saran dan kritikanya....
gambar pake archicad 15, render pake artlantis
mau nanya, aku nubi pake archicad 15, sebelumnya pake archicad 12
yang mau ane tanyain, fitur save as nya kok ga sama kaya di archicad 12 yah, di archicad 12 ada fitur untuk mengatur outputnya biar scale nya sesuai sama di archicad, agak kesulitan ngatur scalenya biar sama
di sini aku mau save as ke format dwg
biar lebih jelas pake spoiler aja yah gan...
Spoiler for tanya:
sekalian mo share hasil render ah...
masih hangat, minta saran dan kritikanya....
Spoiler for render:
gambar pake archicad 15, render pake artlantis
Quote:
soal dwg nyusul
Spoiler for BTW:
Firefox jancccccccckkkkkkk. ngetik panjang crash. ngetik ulang. upload ulang smua image. siaaaalaaaaannn
Quote:
lanjuuttt
Spoiler for telaah 1:
Quote:
kepunyaan seseorang di artlantis galleri ta comot aja.
Spoiler for telaah 2:
Quote:
punya sendiri
Spoiler for telaah 3:
Quote:
kepunyaan seseorang di artlantis galleri ta comot aja.
Spoiler for telaah 4:
Quote:
punya sendiri. render pake vray for rhinoceros
Quote:
note:
0. check dulu gih soalnya masi berkaitan http://www.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=358
1. terus lihat smua gambar yang ta uplot.
2. ada hal yang sama yang harus diperhatiin. yaitu tingkat terang gelap cahaya dan bayangan.
3. mungkin untuk belajar pertama kali soal terang gelap cahaya dan bayangan sbb:
kira-kira hasil akhirnya seperti ini
4. buka file artlantis yang ga di merge materialnya
5. menuju menu file>use reference file
6. gunakan file referensi cahaya yang sudah dibuat. pilih file tersebut. pilih opsi cahaya, lampu dan kamera supaya dijadikan reference file.
7. monggo dilihat aplikasi setting yang barusan dibuat pada file sebelumnya.
8. pasti beda!!!!. kok material jadi berkabut?.. cat nya sih ok!
9. ini disebabkan karena
- ada setting yang tidak terimport. chek kamera, lampu, dan holiodon supaya tidak lupa terimport settingnya
- dikarenakan material yang berbasis image.
10. untuk material image yang kelihatan lebih terang ato berkabut. pas terlihat di preview artlantis. harus dilakukan post production sebelumnya.
11. kalo tidak berkabut material imagenya kemungkinan sudah mengalami post production sebelumnya. semisal arroway texture dkk ga perlu post production.
12. post production hanya dilakukan dengan cara menurunkan atau tingkat gama pada image melalui photoshop. pada artlantis juga bisa. overide color material dibuat lebih gelap. tapi kurang natural kelihatannya.
13. sekian..
0. check dulu gih soalnya masi berkaitan http://www.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=358
1. terus lihat smua gambar yang ta uplot.
2. ada hal yang sama yang harus diperhatiin. yaitu tingkat terang gelap cahaya dan bayangan.
3. mungkin untuk belajar pertama kali soal terang gelap cahaya dan bayangan sbb:
- setelah export model ke artlantis.
- save As salah satunya dengan nama yang ditambahi "test belajar cahaya"
- hide smua material yang ada fungsi sebagai cahaya masuk. seperti kaca jendela
- merge material menjadi material yang sama dan material tersebut adalah material yang dominan muncul pada model tersebut.
- misal material yang dominan pada bangunan adalah cat tembok warna putih. klo bangunan kayu usahakan warna dominan pada model adalah cat yang mirip kayu.
- apply cat tembok warna putih tersebut ke semua material yang tidak dihide.
- kemudian merge. cek ulang. pokoe smua merge kecuali material yang jadi tempat cahaya masuk.
- material yang di hide munculkan kembali.
- posisikan kamera dan cahaya matahari pada tempat yang membuat view jadi kelihatan sangat keren.
- sudah dapet kemera ma matahari atau lampu yang keren. lanjut pada
- pengaturan holiodon artlantis.
- jangan lupa centang opsi bayangan supaya tampil pada preview. aktifin bayangan di holiodon power ama lamp.
- hindari warna cahaya putih pada power holiodon, skylight juga pada lamp.
- warna cahaya putih akan ngasi efek berkabut pada ruangan dan pada permukaan material.
- ane biasa pake abu-abu,
- lihat referensi yang dipunya. ikuti sampe mirip terang cahaya dan tingkat gelap bayangan. dan ga mungkin sama
- udah keren, save. tutup artlantisnya.
- latihan cahaya selesai
- save As salah satunya dengan nama yang ditambahi "test belajar cahaya"
- hide smua material yang ada fungsi sebagai cahaya masuk. seperti kaca jendela
- merge material menjadi material yang sama dan material tersebut adalah material yang dominan muncul pada model tersebut.
- misal material yang dominan pada bangunan adalah cat tembok warna putih. klo bangunan kayu usahakan warna dominan pada model adalah cat yang mirip kayu.
- apply cat tembok warna putih tersebut ke semua material yang tidak dihide.
- kemudian merge. cek ulang. pokoe smua merge kecuali material yang jadi tempat cahaya masuk.
- material yang di hide munculkan kembali.
- posisikan kamera dan cahaya matahari pada tempat yang membuat view jadi kelihatan sangat keren.
- sudah dapet kemera ma matahari atau lampu yang keren. lanjut pada
- pengaturan holiodon artlantis.
- poin untuk exterior pengaturan pada power dan skyligh
- poin untuk interior dengan tanpa ada cahaya dari luar pada lamp dan skylight (ada di holiodon, dan tetap dipake walo cahaya matahari tidak masuk)
- poin untuk interior dengan tanpa ada cahaya dari luar pada lamp dan skylight (ada di holiodon, dan tetap dipake walo cahaya matahari tidak masuk)
- jangan lupa centang opsi bayangan supaya tampil pada preview. aktifin bayangan di holiodon power ama lamp.
- hindari warna cahaya putih pada power holiodon, skylight juga pada lamp.
- warna cahaya putih akan ngasi efek berkabut pada ruangan dan pada permukaan material.
- ane biasa pake abu-abu,
- lihat referensi yang dipunya. ikuti sampe mirip terang cahaya dan tingkat gelap bayangan. dan ga mungkin sama
- udah keren, save. tutup artlantisnya.
- latihan cahaya selesai
kira-kira hasil akhirnya seperti ini
Spoiler for sample latihan cahaya:
Quote:
note: jangan di ikuti kualitas cahaya dan bayangan pada contoh ini. ane ngambil dari file progress yang belum final
4. buka file artlantis yang ga di merge materialnya
5. menuju menu file>use reference file
6. gunakan file referensi cahaya yang sudah dibuat. pilih file tersebut. pilih opsi cahaya, lampu dan kamera supaya dijadikan reference file.
7. monggo dilihat aplikasi setting yang barusan dibuat pada file sebelumnya.
8. pasti beda!!!!. kok material jadi berkabut?.. cat nya sih ok!
9. ini disebabkan karena
- ada setting yang tidak terimport. chek kamera, lampu, dan holiodon supaya tidak lupa terimport settingnya
- dikarenakan material yang berbasis image.
10. untuk material image yang kelihatan lebih terang ato berkabut. pas terlihat di preview artlantis. harus dilakukan post production sebelumnya.
- ingat jangan di setting ulang matahari dan lampunya jika material jadi terlalu terang atau terlalu gelap.
11. kalo tidak berkabut material imagenya kemungkinan sudah mengalami post production sebelumnya. semisal arroway texture dkk ga perlu post production.
12. post production hanya dilakukan dengan cara menurunkan atau tingkat gama pada image melalui photoshop. pada artlantis juga bisa. overide color material dibuat lebih gelap. tapi kurang natural kelihatannya.
13. sekian..
0
Kutip
Balas