CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012241700/tidak-runtuhnya-teori-evolusi-dalam-20-jawaban

Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban

Berdasar pengalaman selama menanggapi masalah teori evolusi, umumnya kreasionis yang membantah teori evolusi selalu saja membawa dan mengutip tulisan Harun yahya. Mereka tak peduli jika HY bukan ahli di bidang biologi, dan tak punya kompetensi di bidang tersebut.

Thread ini khusus untuk menanggapi karya HY, 'runtuhnya teori evolusi dalam 20 pertanyaan', yang bisa dibilang cukup dasar. Jadi hal-hal di luar itu kemungkinan tak dibahas.

Dari pengantar dulu

Quote:


Tanggapan:
Teori evolusi tak pernah bicara soal 'kebetulan', kecuali kita mau mengatakan setiap fenomena alami yang terjadi di alam adalah 'kebetulan'. Proses evolusi adalah proses alami yang terjadi di alam. Dan ilmu biologi umumnya memang mengklasifikasikan manusia dalam taksonomi sebagai anggota dari keluarga (gamily) kera besar, dimana anggota keluarga lain diantaranya gorilla, orang utan dan simpanse. Monyet tidak termasuk keluarga kera besar.

1. Teori evolusi adalah teori ilmiah part 1, part 2
2. Teori Evolusi vs Opini Penciptaan part 1, part 2
3. Usia Umat Manusia part 1, part 2
4. Teori Evolusi dan Biologi part 1
5. Ras Manusia dan Evolusi part 1
6. Kesamaan Genom manusia dan Simpanse part 1
7. Evolusi burung part 1, part 2, part 3
8. Haeckel dan Embrio manusia part 1
9 Kloning dan Teori Evolusi part 1
10. Kehidupan Berasal dari Luar Angkasa part 1
11. Usia Bumi dan Evolusi part 1
12. Organ Vestigial dan Evolusi Part 1
13. Makhluk Hidup Purba dan Evolusi Part 1
14. Evolusi, Perkembangan dan Kemajuan Part 1
15. Tuhan dan Evolusi Part 1
16. Kebenaran teori evolusi Part 1
17. Metamorfosis dan Evolusi Part 1
18. DNA dan Evolusi Part 1
19. Kekebalan Bakteri dan Evolusi Part 1
20. Sains, Evolusi dan Penciptaan Part 1

Lalu, sekalian, menanggapi black campaign maupun pandangan salah seputar evolusi. Khususnya yang sering muncul di forum ini maupun di forum lain.
1. Monyetisme Part 1

FAQs
1. Kenapa kera tak berevolusi?
2. Coelacanth tak berevolusi?
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan Teodoremuantavv memberi reputasi
Diubah oleh Pi-One
Thread sudah digembok

14. Evolusi, Perkembangan dan Kemajuan

Kata evolusi memang bisa digunakan dalam berbagai konteks, namun kata evolusi juga jelas bisa digunakan dalam konteks biologi. Teori evolusi adalah teori yang menjelaskan asal keanekaragaman makhluk hidup sebagai hasil proses evolusi yang terjadi di alam, dan bukan seperti klaim berulang HY - teori yang menjelaskan asal kehidupan secara kebetulan.

*Ada yang bisa hitung, sudah berapa kali klaim bodoh HY yang tak bisa membedakan teori evolusi dan teori abiogenesis ditanggapi?

HY mengklaim bahwa semua ilmuwan terbesar dalam kemajuan ilmiah adalah penganut fakta penciptaan (kreasionis), namun ini klaim yang amat naif. Leonardo da Vinci, Copernicus, Kepler, dan Galileo, serta Linnaeus dan Newton, mereka semua hidup di masa sebelum teori evolusi dicetuskan! Mereka sudah lama meninggal jauh sebelum Origin of Species diterbitkan. Jadi, kita bahkan tak tahu pandangan mereka tentang teori evolusi, karena teori itu sendiri belum ada.

Cuvier yang dimaksud Harun Yahya mungkin adalah George Cuvier, namun ia juga meninggal dunia sebelum Origin of Species diterbitkan, dan sebelum banyaknya temuan fosil seperti saat ini.

HY juga mencatut nama Albert Einstein, namun Einstein adalah seorang agnostik, yang menolak konsep Tuhan personal. Ia juga menolak intervensi Tuhan terhadap hukum alam, bisa dikatakan ia jelas menolak proses penciptaan langsung.

Sementara Max Planck, pendiri teori kuantum, sama dengan mayoritas nama dalam daftar di atas, bukan seorang ahli biologi. Max Planck juga tak bisa menjelaskan bagaimana proses penciptaan langsung secara ilmiah.

Satu hal yang harus disadari oleh HY, pandangan filosofis seorang ilmuwan tidak ada kaitan langsung dengan temuan mereka, karena sains tidak berdasar pandangan filosfis agama tertentu, melainkan berdasar pandangan naturalisme. Temuan para ilmuwan itu dilakukan berdasar metode ilmiah, bukan berdasar iman mereka. Dan teori ilmiah tidak menjadi sah atau tidak sah karena banyak orang percaya atau tidak percaya, teori ilmiah menjadi sah selama ia didukung oleh bukti ilmiah.

Alasan mengapa teori evolusi terus berkembang selama seratus lima puluh tahun dan makin berkembang adalah karena kontradiktif dengan klaim-klaim HY dan kreasionis lain, bukti ilmiah semakin mengukuhkan kebenaran teori evolusi. Sementara opini penciptaan sama saja sejak dulu, tidak memiliki bukti ilmiah dan lebih merupakan kepercayaan semata.

Apa yang menghalangi perkembangan dan kemajuan bukanlah menerima atau menolak teori evolusi, melainkan membenturkan agama/kepercayaan dan sains. Dalam hal ini termasuk membantah teori evolusi dengan hanya bermodal iman dan kepercayaan semata.

*Mengenai ayat-ayat yang dikutip HY, mending gak dibahas biar gak melenceng. Toh itu bukan bahasan ilmiah.
-1
×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di