CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012241700/tidak-runtuhnya-teori-evolusi-dalam-20-jawaban

Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban

Berdasar pengalaman selama menanggapi masalah teori evolusi, umumnya kreasionis yang membantah teori evolusi selalu saja membawa dan mengutip tulisan Harun yahya. Mereka tak peduli jika HY bukan ahli di bidang biologi, dan tak punya kompetensi di bidang tersebut.

Thread ini khusus untuk menanggapi karya HY, 'runtuhnya teori evolusi dalam 20 pertanyaan', yang bisa dibilang cukup dasar. Jadi hal-hal di luar itu kemungkinan tak dibahas.

Dari pengantar dulu

Quote:


Tanggapan:
Teori evolusi tak pernah bicara soal 'kebetulan', kecuali kita mau mengatakan setiap fenomena alami yang terjadi di alam adalah 'kebetulan'. Proses evolusi adalah proses alami yang terjadi di alam. Dan ilmu biologi umumnya memang mengklasifikasikan manusia dalam taksonomi sebagai anggota dari keluarga (gamily) kera besar, dimana anggota keluarga lain diantaranya gorilla, orang utan dan simpanse. Monyet tidak termasuk keluarga kera besar.

1. Teori evolusi adalah teori ilmiah part 1, part 2
2. Teori Evolusi vs Opini Penciptaan part 1, part 2
3. Usia Umat Manusia part 1, part 2
4. Teori Evolusi dan Biologi part 1
5. Ras Manusia dan Evolusi part 1
6. Kesamaan Genom manusia dan Simpanse part 1
7. Evolusi burung part 1, part 2, part 3
8. Haeckel dan Embrio manusia part 1
9 Kloning dan Teori Evolusi part 1
10. Kehidupan Berasal dari Luar Angkasa part 1
11. Usia Bumi dan Evolusi part 1
12. Organ Vestigial dan Evolusi Part 1
13. Makhluk Hidup Purba dan Evolusi Part 1
14. Evolusi, Perkembangan dan Kemajuan Part 1
15. Tuhan dan Evolusi Part 1
16. Kebenaran teori evolusi Part 1
17. Metamorfosis dan Evolusi Part 1
18. DNA dan Evolusi Part 1
19. Kekebalan Bakteri dan Evolusi Part 1
20. Sains, Evolusi dan Penciptaan Part 1

Lalu, sekalian, menanggapi black campaign maupun pandangan salah seputar evolusi. Khususnya yang sering muncul di forum ini maupun di forum lain.
1. Monyetisme Part 1

FAQs
1. Kenapa kera tak berevolusi?
2. Coelacanth tak berevolusi?
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan Teodoremuantavv memberi reputasi
Diubah oleh Pi-One
Thread sudah digembok

11. Usia Bumi dan Evolusi

Evolusi memakan waktu panjang, itu adalah fakta. Tentu saja, evolusi adalah proses alami, bukan proses sim salabim atau proses yang mengandalkan intervensi gaib. Evolusi bukan perubahan spontan, melainkan proses gradual yang berlangsung pada populasi dalam banyak generasi.

Salah satu bagian yang menjemukan dalam menanggapi tulisan HY adalah, ia terus dan terus mengulang kesalahan yang sama: terus gagal membedakan antara teori evolusi dan teori abiogenesis. Proses abiogenesis juga memakan waktu lama, dan apa yang dihasilkan proses tersebut bukanlah bakteri yang kita kenal saat ini.

Kesalahan konyol lain yang terungkap adalah HY bahkan gagal membedakan antara abiogenesis klasik (generatio spontanea) dengan abiogenesis modern. Generatio spontanea sudah runtuh, tapi tak ada yang sukses meruntuhkan abiogenesis modern hingga sekarang. Dan jika mau jujur, kisah penciptaan manusia dari tanah jauh lebih mirip generatio spontanea ketimbang abiogenesis modern.

Hal yang harus dipahami adalah abiogenesis bukanlah proses dimana berbagai unsur alami berkumpul dan kemudian membentuk makhluk bersel satu. Pada abiogenesis terdapat sekian banyak proses yang berjalan simultan dan bertahap.



Jadi, terkadang mengundang tawa juga di saat kreasionis termasuk HY mempertanyakan bagaimana kompleksnya bakteri bersel satu bisa tercipta langsung, sementara yang dibicarakan bukanlah proses tersebut.

Dan analogi kapal yang diabaikan adalah analogi konyol. Pada kapal yang ditinggalkan begitu saja, proses alami yang terjadi tentu saja proses pelapukan. Itu berbeda dengan proses abiogenesis, yang merupakan proses biokimia yang terjadi alami di alam.

Lalu, ada satu klaim konyol lain yang dilontarkan oleh HY, yakni
Quote:

Tidak ada hukum termodinamika macam ini! Hukum termodinamika kedua kurang lebih berbunyi:
Quote:

Entropi berbeda dengan penghancuran dan kekacauan. Peningkatan entropi tidak mesti berarti penghancuran.

Terlebih, bumi adalah satu sistem terbuka, yang terus menerus menerima kalor dari luar.

Dan siapa ilmuwan yang diklaim HY, yang melakukan 'percobaan-percobaan yang diatur sedemikian rupa, di laboratorium canggih, menirukan kondisi saat makhluk hidup pertama kali muncul'? Sampai saat ini, tak ada satu ilmuwan pun yang benar-benar meniru proses tersebut. Yang ditiru hanyalah sebagian dari proses dalam abiogenesis sendiri. Yang populer diantaranya adalah eksperimen Miller untuk menghasilkan asam amino.

Dan bicara evolusi, proses ang diperlukan agar evolusi terjadi adalah reproduksi, mutasi/variasi dan seleksi alam. Semua itu merupakan proses alami yang terjadi di alam, dan tidak ada hukum alam termasuk hukum kedua termodinamika yang menghalanginya! Eksperimen di lab sudah menunjukkan bagaimana mutasi pada bakteri bisa mengembangkan variasi baru, dengan genetika yang berbeda dari induknya setelah banyak generasi, dan itu baru pada jangka waktu yang bisa diamati manusia di lab. Jadi klaim makhluk hidup mustahil berubah jelas tidak benar.

Terakhir, bukankah Harun Yahya terlalu angkuh saat mengatakan bertriliun-triliun tahun sekalipun, kadal akan tetap jadi kadal? Sementara jangka waktu beberapa juta tahun telah memisahkan manusia dari simpanse dan berkembang jadi makhluk dominan di planet ini.
-1
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di