CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012241700/tidak-runtuhnya-teori-evolusi-dalam-20-jawaban

Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban

Berdasar pengalaman selama menanggapi masalah teori evolusi, umumnya kreasionis yang membantah teori evolusi selalu saja membawa dan mengutip tulisan Harun yahya. Mereka tak peduli jika HY bukan ahli di bidang biologi, dan tak punya kompetensi di bidang tersebut.

Thread ini khusus untuk menanggapi karya HY, 'runtuhnya teori evolusi dalam 20 pertanyaan', yang bisa dibilang cukup dasar. Jadi hal-hal di luar itu kemungkinan tak dibahas.

Dari pengantar dulu

Quote:


Tanggapan:
Teori evolusi tak pernah bicara soal 'kebetulan', kecuali kita mau mengatakan setiap fenomena alami yang terjadi di alam adalah 'kebetulan'. Proses evolusi adalah proses alami yang terjadi di alam. Dan ilmu biologi umumnya memang mengklasifikasikan manusia dalam taksonomi sebagai anggota dari keluarga (gamily) kera besar, dimana anggota keluarga lain diantaranya gorilla, orang utan dan simpanse. Monyet tidak termasuk keluarga kera besar.

1. Teori evolusi adalah teori ilmiah part 1, part 2
2. Teori Evolusi vs Opini Penciptaan part 1, part 2
3. Usia Umat Manusia part 1, part 2
4. Teori Evolusi dan Biologi part 1
5. Ras Manusia dan Evolusi part 1
6. Kesamaan Genom manusia dan Simpanse part 1
7. Evolusi burung part 1, part 2, part 3
8. Haeckel dan Embrio manusia part 1
9 Kloning dan Teori Evolusi part 1
10. Kehidupan Berasal dari Luar Angkasa part 1
11. Usia Bumi dan Evolusi part 1
12. Organ Vestigial dan Evolusi Part 1
13. Makhluk Hidup Purba dan Evolusi Part 1
14. Evolusi, Perkembangan dan Kemajuan Part 1
15. Tuhan dan Evolusi Part 1
16. Kebenaran teori evolusi Part 1
17. Metamorfosis dan Evolusi Part 1
18. DNA dan Evolusi Part 1
19. Kekebalan Bakteri dan Evolusi Part 1
20. Sains, Evolusi dan Penciptaan Part 1

Lalu, sekalian, menanggapi black campaign maupun pandangan salah seputar evolusi. Khususnya yang sering muncul di forum ini maupun di forum lain.
1. Monyetisme Part 1

FAQs
1. Kenapa kera tak berevolusi?
2. Coelacanth tak berevolusi?
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan Teodoremuantavv memberi reputasi
Diubah oleh Pi-One
Thread sudah digembok

9. Kloning dan Teori Evolusi

Quote:

Untuk kesekian kali, HY gagal memahami apa itu teori evolusi. Teori evolusi bicara tentang asal keanekaragaman makhluk hidup, sementara HY terus berceloteh bahwa teori evolusi adalah soal asal kehidupan.

Teori yang bicara tentang asal kehidupan adalah teori abiogenesis. Ini adalah teori ilomiah, yang didukung data dan fakta ilmiah. Meski belum bisa sampai taraf meniru proses pembentukan makhluk hidup awal, namun sebagian dahapan dalam proses tersebut telah bisa dibuktikan. Yang paling populer tentunya proses pembentukan asam amino via eksperimen Miller. Namun itu hanyalah satu dari sekian banyak tahap dalam abiogenesis itu sendiri.

Lalu, apa korelasi antara klon dan evolusi? Tidak ada hubungan langsung. Entah dari siapa HY mengutip klaim korelasi tersebut. Namun klon bisa saja mendukung teori eolusi. Misal saat ilmuwan bisa mengkloning mamut, mereka bisa menguji dan membandingkan langsung antara genetika mamut dan gajah, menemukan persamaan dan perbedaan keduanya, dan menentukan kapan keduanya terpisah dalam percabangan evolusinya.

Dan kita bisa bilang, kloning sama sekali tidak membuktikan kebenaran opini kreasionisme. Tidak seorang kreasionis pun bisa membuktikan makhluk hidup tercipta secara langsung, dari ketiadaan. Itu adalah masalah iman, dan iman bukanlah bukti dalam sains.
-1
×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di