CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012241700/tidak-runtuhnya-teori-evolusi-dalam-20-jawaban

Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban

Berdasar pengalaman selama menanggapi masalah teori evolusi, umumnya kreasionis yang membantah teori evolusi selalu saja membawa dan mengutip tulisan Harun yahya. Mereka tak peduli jika HY bukan ahli di bidang biologi, dan tak punya kompetensi di bidang tersebut.

Thread ini khusus untuk menanggapi karya HY, 'runtuhnya teori evolusi dalam 20 pertanyaan', yang bisa dibilang cukup dasar. Jadi hal-hal di luar itu kemungkinan tak dibahas.

Dari pengantar dulu

Quote:


Tanggapan:
Teori evolusi tak pernah bicara soal 'kebetulan', kecuali kita mau mengatakan setiap fenomena alami yang terjadi di alam adalah 'kebetulan'. Proses evolusi adalah proses alami yang terjadi di alam. Dan ilmu biologi umumnya memang mengklasifikasikan manusia dalam taksonomi sebagai anggota dari keluarga (gamily) kera besar, dimana anggota keluarga lain diantaranya gorilla, orang utan dan simpanse. Monyet tidak termasuk keluarga kera besar.

1. Teori evolusi adalah teori ilmiah part 1, part 2
2. Teori Evolusi vs Opini Penciptaan part 1, part 2
3. Usia Umat Manusia part 1, part 2
4. Teori Evolusi dan Biologi part 1
5. Ras Manusia dan Evolusi part 1
6. Kesamaan Genom manusia dan Simpanse part 1
7. Evolusi burung part 1, part 2, part 3
8. Haeckel dan Embrio manusia part 1
9 Kloning dan Teori Evolusi part 1
10. Kehidupan Berasal dari Luar Angkasa part 1
11. Usia Bumi dan Evolusi part 1
12. Organ Vestigial dan Evolusi Part 1
13. Makhluk Hidup Purba dan Evolusi Part 1
14. Evolusi, Perkembangan dan Kemajuan Part 1
15. Tuhan dan Evolusi Part 1
16. Kebenaran teori evolusi Part 1
17. Metamorfosis dan Evolusi Part 1
18. DNA dan Evolusi Part 1
19. Kekebalan Bakteri dan Evolusi Part 1
20. Sains, Evolusi dan Penciptaan Part 1

Lalu, sekalian, menanggapi black campaign maupun pandangan salah seputar evolusi. Khususnya yang sering muncul di forum ini maupun di forum lain.
1. Monyetisme Part 1

FAQs
1. Kenapa kera tak berevolusi?
2. Coelacanth tak berevolusi?
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan Teodoremuantavv memberi reputasi
Diubah oleh Pi-One
Thread sudah digembok

7. Evolusi burung

Part 1

Dalam biologi, burung dianggap berkerabat dengan reptil. Bersama keluarga buaya, burung membentuk kelompok yang disebut Archosauria. Saat ini ada dua pandangan tentang asal burung. Pandnagan pertama menganggap burung berevolusi dari dinosaurus theropod. Pandangan lain yang minoritas (seperti yang dipercaya Dr. Alan Feduccia) beranggapan burung berevolusi dari jenis yang lebih tua. Lalu pandangan HY bahwa burung diciptakan secara langsung? Karna tidak ilmiah dan tidak memiliki bukti ilmiah, maka bisa diabaikan oleh sains emoticon-Smilie

Ada satu hal yang harus diluruskan dan ditegaskan. Evolusi tidak berkembang sesuai keinginan si makhluk. Dinosaurus tak menumbuhkan sayap karena mereka ingin terbang mengejar mangsa, atau mereka perlu terbang untuk mengejar mangsa.

Kemampuan terbang burung dihasilkan dari evolusi berangsur, kemampuan terbang tersebut berkembang seiring waktu dan evolusi yang terjadi. Meski awalnya sempat kesulitan, namun temuan fosil yang terjadi dalam 20 tahun terakhir di China amat membantu ilmuwan menjelaskan mekanisme evolusi burung.



Fosil burung tertua yang ditemukan adalah Archaeopteryx, yang dipublikasikan di tahun 1861, 2 tahun setelah Darwin mempublikasikan On the Origin of Species. Archaeopteryx adalah burung, namun ia memiliki ciri yang juga dimiliki dinosaurus theropod dan tak dimiliki burung. Meski memiliki sayap dan bulu, Archaeopteryx juga memiliki kaki yang panjang, 3 jari bercakar, rahang dengan gigi, serta tulang ekor yang memanjang dari ekornya. Karena itulah ilmuwan menganggapnya peralihan antara reptil dan burung.

Perlu diingat, tidak ada burung modern yang memiliki tulang ekor memanjang, atau yang memiliki rahang dengan gigi. Bagaimana dengan cakar pada sayap? Faktanya, hampir semua burng memiliki syap pada saat berbentuk embrio, namun mereka kehilangan cakar tersebut saat menetas. Lalu touraco dan hoatzin? Keduanya memiliki dua cakar (sementara Archaeopteryx dan dinosaurus theropod 3), yang akan menghilang saat mereka dewasa.

Artikel berikut menjelaskan lebih mendetail tentang perbedaan dan persamaan antara burung, archaeopteryx dan dinosaurus
Code:
http://www.talkorigins.org/faqs/archaeopteryx/info.html


Bagaimana dengan bulu? Awalnya, fitur ini diduga hanya dimiliki burung. Namun temuan-temuan terbaru menunjukkan bahwa fitur bulu juga dimiliki oleh dinosaurus theropod. Protoarchaeopteryx robusta dan Caudipteryx zoui, Pedopenna, serta microraptor, yang seringkali dijuluki dinosaurus bersayap 4 karena bulu yang tumbuh di lengan, kaki dan ekornya.



Dan berikut ini tulisan National Geographic seputar evolusi bulu
Code:
http://ngm.nationalgeographic.com/2011/02/feathers/zimmer-text
-1
×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di