CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012241700/tidak-runtuhnya-teori-evolusi-dalam-20-jawaban

Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban

Berdasar pengalaman selama menanggapi masalah teori evolusi, umumnya kreasionis yang membantah teori evolusi selalu saja membawa dan mengutip tulisan Harun yahya. Mereka tak peduli jika HY bukan ahli di bidang biologi, dan tak punya kompetensi di bidang tersebut.

Thread ini khusus untuk menanggapi karya HY, 'runtuhnya teori evolusi dalam 20 pertanyaan', yang bisa dibilang cukup dasar. Jadi hal-hal di luar itu kemungkinan tak dibahas.

Dari pengantar dulu

Quote:


Tanggapan:
Teori evolusi tak pernah bicara soal 'kebetulan', kecuali kita mau mengatakan setiap fenomena alami yang terjadi di alam adalah 'kebetulan'. Proses evolusi adalah proses alami yang terjadi di alam. Dan ilmu biologi umumnya memang mengklasifikasikan manusia dalam taksonomi sebagai anggota dari keluarga (gamily) kera besar, dimana anggota keluarga lain diantaranya gorilla, orang utan dan simpanse. Monyet tidak termasuk keluarga kera besar.

1. Teori evolusi adalah teori ilmiah part 1, part 2
2. Teori Evolusi vs Opini Penciptaan part 1, part 2
3. Usia Umat Manusia part 1, part 2
4. Teori Evolusi dan Biologi part 1
5. Ras Manusia dan Evolusi part 1
6. Kesamaan Genom manusia dan Simpanse part 1
7. Evolusi burung part 1, part 2, part 3
8. Haeckel dan Embrio manusia part 1
9 Kloning dan Teori Evolusi part 1
10. Kehidupan Berasal dari Luar Angkasa part 1
11. Usia Bumi dan Evolusi part 1
12. Organ Vestigial dan Evolusi Part 1
13. Makhluk Hidup Purba dan Evolusi Part 1
14. Evolusi, Perkembangan dan Kemajuan Part 1
15. Tuhan dan Evolusi Part 1
16. Kebenaran teori evolusi Part 1
17. Metamorfosis dan Evolusi Part 1
18. DNA dan Evolusi Part 1
19. Kekebalan Bakteri dan Evolusi Part 1
20. Sains, Evolusi dan Penciptaan Part 1

Lalu, sekalian, menanggapi black campaign maupun pandangan salah seputar evolusi. Khususnya yang sering muncul di forum ini maupun di forum lain.
1. Monyetisme Part 1

FAQs
1. Kenapa kera tak berevolusi?
2. Coelacanth tak berevolusi?
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan Teodoremuantavv memberi reputasi
Diubah oleh Pi-One
Thread sudah digembok

4. Teori Evolusi dan Biologi

Quote:

Sebelum ini dibahas lebih lanjut, bisakah pendukung Hy menyodorkan link artikel dimana ahli biologi atau evolusionis menyatakan teori evolusi sebagai dasar dari biologi? Memang siapa yang menyatakan hal tersebut?

Teori evolusi bukan hanya sekedar hipotesa tentang masa silam, melainkan sebuah teori ilmiah, satu-satunya teori ilmiah yang menjelaskan asal-usul keanekaragaman makhluk hidup (ingat, asal keanekaragaman, bukan asal kehidupan).

Teori evolusi diakui sebgai teori ilmiah, karena evolusi sudah dianggap sebagai fakta, bukan sekedar hipotesa. Dalam biologi, evolusi dibahas dalam cabang biologi khusus, yakni biologi evolusioner (evolutionary biology), dimana biologi evolusioner membahas proses-proses evolusi yang menyebabkan munculnya keanekaragaman makhluk hidup. Pembahasannya mencakup asal-usul spesies, moyang mereka, perubahan yang terjadi, perkembangan dan percabangan seiring waktu.

Perkembangan ini tak luput dari perkembangan teori evolusi menjadi teori sintesa modern, yang tidak bertentangan dengan ilmu genetika yang dikembangkan Mendel.

Teori evolusi bisa terus berkembang karena didukung oleh data dan fata (termasuk temuan fosil atau uji molekuler), juga karena disokong oleh cabang sains lain, seperti biologi molekuler, mikrobiologi, paleontologi dan sebagainya. Sebuah teori ilmiah takkan bertahan jika tidak didukung oleh data dan fakta, atau bertentangan dengan cabang sains lain. Ini sudha dibahas di post sebelumnya, dan juga di post-post berikut.

Bicara tentang sejarah teori evolusi sendiri. Teori evolusi menjadi populer setelah Charles Darwin menerbitkan bukunya, On the Origin of Species di tahun 1859. Namun ia bukanlah yang pertama mencetuskan teori tersebut. Jika dilacak, maka orang-orang Romawi, Yunani, dan China, bahkan pemikir Islam sudah pernah mengajukan ide tersebut.

Jean-Baptiste Lamarck sudah mencetuskan teori evolusinya, transmutasi spesies pada tahun 1809, yang bisa dikatakan teori evolusi utuh pertama. Beda mendasar adalah Lamarck mengajukan bahwa makhluk hidup berusaha beradaptasi dengan lingkungan (diantaranya dengan use-disuse organ tubuh) dan hasil adaptasi tersebut bisa diwariskan ke generasi berikut. Sementara Darwin mengajukan moyang bersama dan seleksi alam, dimana variasi baru terus muncul dalam populasi dan variasi tersebut akan diseleksi via seleksi alam.

Teori klasik Darwin memiliki masalah dengan ilmu genetika Mendel, dimana Darwin memiliki pandangan keliru akan genetika, ia mengira genetika keturunan adalah hasil pecampuran sifat gen kedua induk (seperti yang dipercaya ilmuwan di masa itu), sementara Mendel mengajukan bahwa keturunan pada dasarnya mewarisi kedua sifat gen induk. Sampai sekitar tahun 1920-an, sintesa antara seleksi alam dengan ilmu genetika mendel menghasilkan cabang ilmu baru yang disebut genetika populasi (population genetics), dan sekitar 1 dekade berikutnya bergabung dengan cabang ilmu lain membentuk sintesa modern, yang juga mempelajari mutasi dan variasi dalam populasi, biogeografi, sistematis biologi, ditambah dengan paleontologi dan perbandingan anatomi, serta genetika molekuler dan perkembangan pengetahuan lain membentuk teori evolusi sintesa modern yang kita kenal sekarang. Dan teori evolusi masih terus berkembang, tidak mati seperti propaganda kreasionis termasuk HY.

kesimpulannya:
Biologi akan makin berkembang jika tidak ada pihak-pihak yang memaksakan tafsiran dogma mereka untuk menggantikan teori ilmiah.
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di