CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012241700/tidak-runtuhnya-teori-evolusi-dalam-20-jawaban

Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban

Berdasar pengalaman selama menanggapi masalah teori evolusi, umumnya kreasionis yang membantah teori evolusi selalu saja membawa dan mengutip tulisan Harun yahya. Mereka tak peduli jika HY bukan ahli di bidang biologi, dan tak punya kompetensi di bidang tersebut.

Thread ini khusus untuk menanggapi karya HY, 'runtuhnya teori evolusi dalam 20 pertanyaan', yang bisa dibilang cukup dasar. Jadi hal-hal di luar itu kemungkinan tak dibahas.

Dari pengantar dulu

Quote:


Tanggapan:
Teori evolusi tak pernah bicara soal 'kebetulan', kecuali kita mau mengatakan setiap fenomena alami yang terjadi di alam adalah 'kebetulan'. Proses evolusi adalah proses alami yang terjadi di alam. Dan ilmu biologi umumnya memang mengklasifikasikan manusia dalam taksonomi sebagai anggota dari keluarga (gamily) kera besar, dimana anggota keluarga lain diantaranya gorilla, orang utan dan simpanse. Monyet tidak termasuk keluarga kera besar.

1. Teori evolusi adalah teori ilmiah part 1, part 2
2. Teori Evolusi vs Opini Penciptaan part 1, part 2
3. Usia Umat Manusia part 1, part 2
4. Teori Evolusi dan Biologi part 1
5. Ras Manusia dan Evolusi part 1
6. Kesamaan Genom manusia dan Simpanse part 1
7. Evolusi burung part 1, part 2, part 3
8. Haeckel dan Embrio manusia part 1
9 Kloning dan Teori Evolusi part 1
10. Kehidupan Berasal dari Luar Angkasa part 1
11. Usia Bumi dan Evolusi part 1
12. Organ Vestigial dan Evolusi Part 1
13. Makhluk Hidup Purba dan Evolusi Part 1
14. Evolusi, Perkembangan dan Kemajuan Part 1
15. Tuhan dan Evolusi Part 1
16. Kebenaran teori evolusi Part 1
17. Metamorfosis dan Evolusi Part 1
18. DNA dan Evolusi Part 1
19. Kekebalan Bakteri dan Evolusi Part 1
20. Sains, Evolusi dan Penciptaan Part 1

Lalu, sekalian, menanggapi black campaign maupun pandangan salah seputar evolusi. Khususnya yang sering muncul di forum ini maupun di forum lain.
1. Monyetisme Part 1

FAQs
1. Kenapa kera tak berevolusi?
2. Coelacanth tak berevolusi?
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan Teodoremuantavv memberi reputasi
Diubah oleh Pi-One
Thread sudah digembok

3. Usia Umat Manusia di Bumi

Part 2

Quote:

Kenyanthropus ditemukan dalam kondisi sudah pecah-pecah dan retak, strukturnya sudah berubah akibat tekanan, sehingga struktur aslinya sulit ditentukan. Kenyanthropus mungkin memiliki ciri yang mendekati manusia modern (wel, semua manusia purba juga pada dasarnya punya ciri tertentu yang mendekati manusia modern) seperti tulang pipi yang menonjol dan wajah yang relatif datar, kenyanthropus juga memiliki ciri lain seperti otak yang kecil dan juga lubang telinga yang kecil seperti simpanse.

(Ciri khas HY, ia akan menonjolkan bagian yang bisa ia rekayasa seperti kemiripan, dan mengabaikan perbedaan)

Dan lagi, Daniel E. Lieberman tidak benar-benar mengatakan temuan ini akan mengacaukan teori evolusi manusia, melainkan akan memberi tantangan untuk membentuk metode analisa baru berdasar data dari temuan fosil.

Quote:


Dan pada dasarnya, evolusi itu bercabang, tidak linear. Adanya dua spesies yang berbeda yang hidup berama sama sekali tidak aneh. Andai Kenyanthropus hidup di era yagn sama dengan Australopithecus, sama sekali tidak akan meruntuhkan teori evolusi.

Quote:

Fosil ini berupa tempurung tengkorak kecil, 5 rahang, dan beberapa gigi. Volume otaknya yang cuma berkisar 320 hingga 380 cc lebih mirip simpanse. Gigi, pelipis dan struktur wajahnya berbeda dengan manusia. Dan tanpa fosil tubuh bagian bawah, kita bahkan tak bisa memastikan kalau Sahelanthropus itu bipedal. menurut ilmuwan, bisa jadi Sahelanthropus adalah moyang bersama untuk manusia dan simpanse (kerabat terdekat manusia yang masih hidup), atau sekedar percabangan evolusi terpisah.

Soal tulisan bernard Wood? Simak kutipannya berikut:
Quote:


Terkesan membenarkan HY? Coba simak bagian lain dari artikel tadi
Quote:


sumber
Code:
http://www.nature.com/news/2002/020711/full/news020708-12.html


Bahkan Wood pun menganggap itu sekedar spesies yang hidup berdampingan di masa itu. Wood tidak membantah teori evolusi maupun mengatakan temuan ini meruntuhkan teori evolusi. Dengan kata lain, ini hanya satu dari sekian banyak jurus quote mining HY.

Bagaimana dengan Henry Gee? Apa ia juga membantah teori evolusi? Lihat kutipan tulisannya di Guardian
Code:
http://www.guardian.co.uk/science/2002/jul/11/highereducation.research


Jadi kita lihat, Henry Gee tidak membantah teori evolusi. Ia mengatakan bahwa kita tak bisa menarik garis linear dari moyang ke keturunan dari sedikit ujung semak yang kita ketahui. Juga bahwa kita masih tahu amat sedikit tentang evolusi manusia. Dan yang terakhir, bahwa kemungkinan masih amat banyak fosil seperti tourmai di luar sana. Itu jelas-jelas bukan komenntar dari orang yang membantah teori evolusi!

Bagian kedua ini mengungkap salah satu jurus khas HY dan kreasionis lain, yakni Quote Mining. Dimana mereka hanya mengutip sebagian dari artikel yang ada dan kemudian merekayasanya seakan tokoh tersebut membantah teori evolusi. Padahal jika kita membaca artikelnya secara komplit, makna yang hendak disampaikan si tokoh amat jauh ebrbeda dari propaganda tadi.
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di