CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012241700/tidak-runtuhnya-teori-evolusi-dalam-20-jawaban

Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban

Berdasar pengalaman selama menanggapi masalah teori evolusi, umumnya kreasionis yang membantah teori evolusi selalu saja membawa dan mengutip tulisan Harun yahya. Mereka tak peduli jika HY bukan ahli di bidang biologi, dan tak punya kompetensi di bidang tersebut.

Thread ini khusus untuk menanggapi karya HY, 'runtuhnya teori evolusi dalam 20 pertanyaan', yang bisa dibilang cukup dasar. Jadi hal-hal di luar itu kemungkinan tak dibahas.

Dari pengantar dulu

Quote:


Tanggapan:
Teori evolusi tak pernah bicara soal 'kebetulan', kecuali kita mau mengatakan setiap fenomena alami yang terjadi di alam adalah 'kebetulan'. Proses evolusi adalah proses alami yang terjadi di alam. Dan ilmu biologi umumnya memang mengklasifikasikan manusia dalam taksonomi sebagai anggota dari keluarga (gamily) kera besar, dimana anggota keluarga lain diantaranya gorilla, orang utan dan simpanse. Monyet tidak termasuk keluarga kera besar.

1. Teori evolusi adalah teori ilmiah part 1, part 2
2. Teori Evolusi vs Opini Penciptaan part 1, part 2
3. Usia Umat Manusia part 1, part 2
4. Teori Evolusi dan Biologi part 1
5. Ras Manusia dan Evolusi part 1
6. Kesamaan Genom manusia dan Simpanse part 1
7. Evolusi burung part 1, part 2, part 3
8. Haeckel dan Embrio manusia part 1
9 Kloning dan Teori Evolusi part 1
10. Kehidupan Berasal dari Luar Angkasa part 1
11. Usia Bumi dan Evolusi part 1
12. Organ Vestigial dan Evolusi Part 1
13. Makhluk Hidup Purba dan Evolusi Part 1
14. Evolusi, Perkembangan dan Kemajuan Part 1
15. Tuhan dan Evolusi Part 1
16. Kebenaran teori evolusi Part 1
17. Metamorfosis dan Evolusi Part 1
18. DNA dan Evolusi Part 1
19. Kekebalan Bakteri dan Evolusi Part 1
20. Sains, Evolusi dan Penciptaan Part 1

Lalu, sekalian, menanggapi black campaign maupun pandangan salah seputar evolusi. Khususnya yang sering muncul di forum ini maupun di forum lain.
1. Monyetisme Part 1

FAQs
1. Kenapa kera tak berevolusi?
2. Coelacanth tak berevolusi?
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan Teodoremuantavv memberi reputasi
Diubah oleh Pi-One
Thread sudah digembok

Usia Umat Manusia di Bumi

Part 1

Saatnya kita lihat kelihaian HY dalam memanipulasi informasi, bagaimana dia merekayasa informasi untuk mendukung propaganda dia 'temuan fosil meruntuhkan teori evolusi'

Quote:


Quote:


Russel Tuttle tidak pernah mengatkaan jejak Laetoli dibuat homo sapiens. Dia bahkan menyangkal jejak tersebut dibuat genus homo. Tuttle hanya meragukan jika jejak itu dibuat oleh afarensis (spesies Lucy), ia menduga jejak itu dibuat oleh spesies yang lebih muda dari itu.

Ini tulisan Tuttle dan rekan-rekannya dalam Human Evolution
Quote:


Quote:

Para ilmuwan memang memperdebatkan siapa yang membuat jejak kaki tersebut, namun tak satupun dari mereka yang mengklaim jejak itu dibuat oleh manusia modern, atau anak-anak manusia modern. Mereka hanya memastikan jejak kaki itu dibuat oleh bipedal, bukan quadrupedal (karena tidak adanya bekas tumpuan kepalan tangan yang menjadi ciri quadrupedal)

Quote:

Apa yang disebut reruntuhan pondok batu oleh HY, tak lebih dari gundukan tanah liat, yang oleh Louis Leakey disebut slaughter-house. Ini karena tempat itu dijadikan tempat untuk menjebak dan menyembelih hewan buruan. Kemungkinan dibuat oleh Homo ergaster (erectus afrika).

Quote:

Tak ada ilmuwan yang bilang rahang itu milik manusia modern. Mereka hanya menyimpulkan rahang itu milik genus homo, dan mengindikasikan genus homo muncul lebih awal dari dugaan semula.

Quote:

Pertama, usia 11-12 tahun ini adalah perkiraan berdasar pertumbuhan tulang. Mengingat genus homo saat itu tumbuh dewasa lebih cepat dari manusia modern, bisa jadi usianya lebih muda dari itu. Turkana boy memiliki tulang pinggul yang lebih sempit dari manusia modern, mengindikasikan dia sebagai sosok pelari dan pemburu. Tangannya lebih panjang dari manusia sekarang. Dan jika dilihat dari tengkoraknya, ia memiliki ciri manusia purba yang berbeda dair manusia modern, seperti tulang dahi yang rendah, tulang pelipis yang menonjol, dan tak punya dagu.

Ilmuwan mengidentifikasikannya sebagai Homo ergaster, bukan sapiens.

Quote:

Apa yang modern dari fosil yang disebut Homo antecessor pada dasarnya hanya bagian tengah wajahnya, sementara bagian lain seperti gigi, dahi atau pelipis lebih primitif. Terlebih, Juan Luis Arsuaga Ferreras sebenarnya bermaksud mengatakan bahwa fosil temuannya punya fitur wajah yang lebih modern ketimbang heidelbergensis, dan lebih mirip manusia modern.
Cek pranala berikut:
Code:
http://discovermagazine.com/1996/dec/thefaceofanances1285


Quote:

Sebaliknya. Perbandingan antara apa yang diungkapkan ilmuwan dengan tulisan HY menunjukkan bahwa Hy telah merekayasa informasi mengenai fosil-fosil tersebut, mengklaim tiap temuan fosil sebagai 'milik manusia modern'.
×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di