CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012241700/tidak-runtuhnya-teori-evolusi-dalam-20-jawaban

Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban

Berdasar pengalaman selama menanggapi masalah teori evolusi, umumnya kreasionis yang membantah teori evolusi selalu saja membawa dan mengutip tulisan Harun yahya. Mereka tak peduli jika HY bukan ahli di bidang biologi, dan tak punya kompetensi di bidang tersebut.

Thread ini khusus untuk menanggapi karya HY, 'runtuhnya teori evolusi dalam 20 pertanyaan', yang bisa dibilang cukup dasar. Jadi hal-hal di luar itu kemungkinan tak dibahas.

Dari pengantar dulu

Quote:


Tanggapan:
Teori evolusi tak pernah bicara soal 'kebetulan', kecuali kita mau mengatakan setiap fenomena alami yang terjadi di alam adalah 'kebetulan'. Proses evolusi adalah proses alami yang terjadi di alam. Dan ilmu biologi umumnya memang mengklasifikasikan manusia dalam taksonomi sebagai anggota dari keluarga (gamily) kera besar, dimana anggota keluarga lain diantaranya gorilla, orang utan dan simpanse. Monyet tidak termasuk keluarga kera besar.

1. Teori evolusi adalah teori ilmiah part 1, part 2
2. Teori Evolusi vs Opini Penciptaan part 1, part 2
3. Usia Umat Manusia part 1, part 2
4. Teori Evolusi dan Biologi part 1
5. Ras Manusia dan Evolusi part 1
6. Kesamaan Genom manusia dan Simpanse part 1
7. Evolusi burung part 1, part 2, part 3
8. Haeckel dan Embrio manusia part 1
9 Kloning dan Teori Evolusi part 1
10. Kehidupan Berasal dari Luar Angkasa part 1
11. Usia Bumi dan Evolusi part 1
12. Organ Vestigial dan Evolusi Part 1
13. Makhluk Hidup Purba dan Evolusi Part 1
14. Evolusi, Perkembangan dan Kemajuan Part 1
15. Tuhan dan Evolusi Part 1
16. Kebenaran teori evolusi Part 1
17. Metamorfosis dan Evolusi Part 1
18. DNA dan Evolusi Part 1
19. Kekebalan Bakteri dan Evolusi Part 1
20. Sains, Evolusi dan Penciptaan Part 1

Lalu, sekalian, menanggapi black campaign maupun pandangan salah seputar evolusi. Khususnya yang sering muncul di forum ini maupun di forum lain.
1. Monyetisme Part 1

FAQs
1. Kenapa kera tak berevolusi?
2. Coelacanth tak berevolusi?
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan Teodoremuantavv memberi reputasi
Diubah oleh Pi-One
Thread sudah digembok

2. Teori Evolusi vs Opini Penciptaan

Part 2
Quote:

Karena kelewat panjang, quote dipersingkat saja, dan dibahas point-pointnya

1. Saat ledakan kambrium, beragam jenis makhluk hidup kompleks seakan-akan muncul serempak, namun realitanya mereka bukan muncul di saat yang sama. Masa Kambrium dimulai sekitar 543 juta tahun silam, dan ledakan kambrium dimulai sekitar 530 juta tahun silam. Namun berdasar temuan fosil seperti dari formasi Doushantuo di China menunjukkan makhluk multisel sudah muncul sekitar 590-560 juta tahun silam.

2. Stromatolite menunjukkan bahwa kehidupan sudah dimulai sekitar 3,4 milyar tahun silam. Ada jangka waktu amat panjang sejak kehidupan mulai muncul hingga berkembang menjadi organisme multisel

3. Usia lapisan dalam fosil ledakan kambrium bukan pada usia yang sama, melainkan ada beda sekurangnya 5 juta tahun. Dan 5 juta tahun tidaklah cukup singkat untuk disebut 'serempak'.

4. Bahkan pada ledakan kambrium sendiri bisa kita temukan fosil transisi, seperti lobopod (cacing berkaki) yang merupakan transisi antara artropoda dan cacing

5. Tidak semua filum muncul di masa kambrium. Tanaman baru muncul setelah era kambrium. Sekurangnya 6 firum binatang muncul di era prekambrium.
Terlebih, filum hanya tingkatan tertinggi dalam pembagian makhluk hidup. Jika dilihat dari kelompok yang lebih kecil, kelompok seperti mamalia, burung, reptil, serangga, laba-laba dan banyak lagi, tidka muncul di era tersebut.

Terlebih, tidak satupun makhluk hidup dalam ledakan kambrium yang sama dengan makhluk hidup di masa kini.

6. Alasan mengapa catatan fosil jarang ditemukan sebelum era kambrium adalah diantaranya karena mereka tidak memiliki tulang atau kulit keras/cangkang yang memudahkan fosil mereka terbentuk. Alasan lain, ukuran mereka yang amat kecil/mikroskopik, yang menyulitkan untuk ditemukan.

7. Dan klaim 'tidak ada catatan fosil sebelum era kambrium' adalah klaim kosong dari pihak yang tidak mengikuti perkembangan pengetahuan. Temuan fosil seperti dari formasi Doushantuo dan sebagainya membuktikan hal tersebut. Bahkan trilobit pun bisa dilacak ke temuan fosil prekambrium, seperti Spriggina floundersi, atau artropoda awal Bomakellia kelleri, atau Parvancorina minchami.



*Untuk informasi lebih lanjut tentang fosil dan evolusi trilobit, cek ke sini:
Code:
http://www.trilobites.info/


Jadi, jika ada klaim bahwa semua kehidupan muncul serempak di era kambrium dan tidak ada catatan fosil sebelumnya, maka itu hanya omong kosong.
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di