CARI
KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000007114505/ableton-live-group

AbletonIndo








Poster dan Kontributor:
http://www.kaskus.co.id/misc/whopost...00000007114505

AbletonIndo, adalah tempat berkumpul dan berbagi di antara sesama pengguna Ableton Live. Mohon support dan dukungan serta kontribusi dari seluruh pengguna dan penggemar Ableton Live. Semoga bisa turut memperkaya wawasan serta skill dalam menggunakan DAW interaktif kesayangan kita ini!

Quote:


Untuk sesepuh dan senior mohon untuk berbagi ilmu n memberi bimbingan. Bagi nubie, jgn segan2 untuk bertanya..karena malu bertanya, sesat di DAW emoticon-Big Grin Meskipun itu pertanyaan sederhana..tidak ada istilah "Nubitol" disini, semua adalah sesama anak warung, yg nongkrong, saling membantu, memajukan n yg terpenting ngupi bareng emoticon-coffee

Warung kita ini terbuka untuk berbagai hal seru yang positif, membangun dan bermanfaat..mulai dari pembahasan hardware, software, drum machine dan synthesizer..sample, musik ethnic, VST, iPAD...teknik bermain musik dan live performance, beatbox, chiptune, lo-fi...mixing dan mastering, sampe film yg musiknya keren atau sound fxnya ajib..hingga Native Instruments dan Traktor, khususnya segala sesuatu mengenai Ableton Live dan hardware/software pendukungnya.

Buat temen2 yg baru n silent reader..jgn ragu2 posting yaa, meskipun itu cuma sekedar posting persahabatan. yg penting dengan tujuan untuk membuat warung semakin mengenal satu dengan lainnya..karena tak kenal maka tak sayang emoticon-thumbsup

Sebelumnya harap memperkenalkan diri, biar kita bisa lebih kenal satu dengan yang lain n lebih akrab pas kumpul-kumpul.
Spoiler for Intro:


Visi dan Misi
Spoiler for Visi:

Spoiler for Misi:


Quote:


Activities
Spoiler for Activities:


Quote:


Network:
Page: http://www.facebook.com/AbletonLiveIndonesia
Group: https://www.facebook.com/groups/AbletonIndo
Twitter: http://twitter.com/AbletonIndo
Soundcloud: https://soundcloud.com/allforlive
Groupee: http://www.kaskus.co.id/group/11186

Kompilasi:
ALL for Live!

ALL for Live! "The Sequel" part 1

ALL for Live! "The Sequel" part 2
Diubah oleh crystalmsc

Follow Action Tutorial

Follow action adalah salah satu fitur dalam ableton live yang memungkinkan kita untuk berpindah-pindah clip dalam satu channel tanpa harus menekan tombol play pada clip tersebut, cukup play clip yang paling atas maka clip berikutnya akan terplay otomatis setelah beberapa bar sesuai kemauan kita.

Untuk melakukan follow action ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.
1.Clip harus berada dalam satu track / channel.
2.Clip harus berurutan dari atas ke bawah dan tidak boleh ada selang dari clip satu ke berikutnya, apabila ada selang dari satu clip ke clip berikutnya maka follow action akan berakhir disitu.
3.Harus menentukan berapa bar untuk melakukan follow action
4.Harus menentukan jenis follow action apa yang akan dilakukan

Jenis-jenis follow action
1.Next : menandakan setelah bar yang ditentukan maka clip berikutnya akan di play
2.Previous : menandakan setelah bar yang ditentukan maka clip sebelumnya akan di play
3.Stop : menandakan setelah bar yang ditentukan maka clip dan follow action akan berhenti.
4.Play again : menandakan setelah bar yang ditentukan maka clip akan di play kembali
5.First : menandakan setelah bar yang ditentukan maka clip paling pertama dalam grup akan dimainkan
6.Last : menandakan setelah bar yang ditentukan maka clip paling terakhir dalam grup akan dimainkan
7.Play any clip : menandakan setelah bar yang ditentukan maka clip manapun yang berada dalam grup akan dimainkan termasuk clip yang sedang berjalan.
8.Play other clip : menandakan setelah bar yang ditentukan maka clip manapun yang berada dalam grup akan dimainkan tetapi tidak termasuk clip yang sedang berjalan.

Berikut adalah step by step tutorial contoh untuk melakukan follow action. Dalam contoh ini ada 4 clip dan akan berjalan setiap 4 bar dari satu clip ke clip berikutnya dan pada clip terakhir setelah 8 bar akan kembali ke awal.

1.Masukan Audio Track , Kemudian pilih 4 audio clip dan susun kebawah secara berurutan.

2.Masuk ke clip view dari clip yang teratas, kemudian aktifkan tombol L yang ada di pojok kiri bawah dari clip view. Maka akan muncul Kolom launch.

3.Perhatikan pada gambar, ada 3 baris box disana. Baris pertama menandakan time control, yaitu mengontol waktu follow action, bisa dengan bar atau beat. Baris kedua menandakan 2 jenis follow action berbeda, anggap saja ada Follow Action A atau Follow Action B. Lalu bagaimana kita memilih follow action A atau B? Jawabannya ada di baris ketiga, yaitu pada chance box. Disebelah kiri ada chance A dan disebelah kanan ada chance B. Pada gambar dibawah angka yang ada di box chance A adalah 1 dan box chance B adalah 0 ini berarti 1 banding 0 yang menandakan hanya follow action A yang digunakan. Apabila box chance A diisi 1 dan box chance B diisi 1 makan berarti kemungkinan kedua follow action aktif adalah 50 – 50.

4.Untuk tutorial ini isilah time control dengan 4 bar, berarti di box paling kiri isilah dengan angka 4. isilah follow action A dengan icon “next”. Isilah chance box A dengan angka 1 dan biarkan chance box B dengan angka 0. Ulangi cara diatas sampai dengan clip ke 3.

5.Pada clip ke 4 isilah time control dengan 8 bar dan isi follow action A dengan icon “First”.


6.Coba play clip pertama, perhatikanlah di clip kedua akan berkedip. Ini menandakan follow action sudah berjalan.

Banyak sekali penggunaan follow action, terutama untuk live performance. Fitur ini memungkinkan agar tangan kita lebih leluasa untuk melakukan hal lain saat live performance.

Ada juga di web ane neh. musisikamar.com
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di