CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Figures /
Official LEGO thread
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000005440389/official-lego-thread

Official LEGO thread

profile-picture
aipnugraha memberi reputasi
Diubah oleh CrimsonSmash
Thread sudah digembok

Maersk Train

Akhirnya ada liburan lumayan panjang juga, waktu liburan kali ini ane manfaatkan untuk ngebuild set MAERSK TRAIN yg ane beli gan.

Set ini termasuk dalam LEGO exclusive, yang pastinya set ini di tujukan untuk AFOL, terdiri dari 1234 parts, tiga minifigure dengan dua buah buku instruksi (buku pertama untuk locomotive, buku kedua untuk gerbong, truck dan powered locomotive) dan satu buah sticker sheet besar, buku instruksi di lapisi cardboard demi mencegah buku dan sticker tertekuk (beberapa set lego yang saya punya tidak dilengkapi cardboard hasilnya banyak buku instruksi yang lecek dan stickert sheet yang terlipat. Di halamn depan buku instruksi menceritakan hubungan A.P. Moller dengan LEGO Group dan set yang LEGO pernah buat untuk Maersk

Spoiler for Dus Maersk Train & Instruction Book:



Dibutuhkan waktu 3 jam untuk merakitnya, banyak terdapat teknik SNOT diaplikasikan di set ini, bagian tersulit adalah locomotivenya, locomotivenya ane rasa makan banyak parts, dikarenakan banyak plate-plate kecil. Satu lagi set ini tidak motorized dan tanpa rel, akan tetapi di buku instruksi kedua ada instruksi untuk menambahkan motor-nya, LEGO sudah memperhitungkan ketika agan ingin memberikan motor pada set ini, engine pada locomotivenya bisa di gantikan dengan battery box tanpa harus modifikasi.

Tidak seperti pada set CITY dimana locomotivenya tidak berdasarkan real locomotive, locomotive pada set ini sangat realistic karena didasari dari locomotive General Motor EMD GP-40, tinggal ganti warna brick ke hijau, based on instruction dari MAERSK train ini kita bisa bikin UNION PACIFIC livery, that's cool. Selain mersk train, sebelumnya LEGO pernah mengeluarkan locomotive SANTA FE SUPER CHIEF (10020) dan BNSF GP-38 (10133) tetapi ane ngeliatnye kedua locomotive ini tidak sesuai dgn skala aslinya alias di perkecil sama LEGO, sebagai contoh locomotive Santa FE yg menurut saya kurang panjang. Selain itu tahun 2009 lego pernah merelease EMERALD NIGHT TRAIN (10194) ini adalah salah satu train set yang sangat bagus walaupun locomotivenya tidak berdasarkan pada real train.


Minus dari set ini adalah yang sudah pasti harganya, dengan jumlah parts tidak sampai 2000pcs dengan harga kisaran di indonesia antara 1,8jt s/d 2,2jt harga per parts-nya lumayan mahal, non-motorized, yang kedua yang ane kurang suka adalah banyaknya STICKER (What the hell LEGO, Kenapa tidak pakai PRINTED PARTS), ada beberapa STAMP (Sticker Across Multiple Pieces) seperti logo MAERSK pada container-nya trus symbol maersk pada hidung locomotive.

Overall I LOVE THIS SET, because it's based on true locomotive. I hope LEGO will make more realistic train set.

Spoiler for Maersk Train:
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di