CARI
KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000003069661/all-about-bangkok

All about Bangkok

Selamat datang di trid tentang bangkok ini, gw berusaha sebisanya untuk membuat trid ini menjadi sumber referensi buat agan2 semua mengenai bangkok. Tolong diberi tanggapan, info, koreksi, atau apapun yang membuat trid ini menjadi lebih berguna.... Gw tunggu yah.... Tolong di rate juga....emoticon-thumbsup


I. PENGUMUMAN/BERITA PENTING
- Hari Libur dan Acara Penting Thailand 2013
Quote:


----------------

II. Daerah/distrik Populer di Bangkok

Spoiler for "Peta Distrik Bangkok":

Pada umumnya wisatawan pergi ke daerah2 yang ditunjukkan di atas, yaitu:
Siam Square/Pratunam
Daerah ini banyak shopping mall bertebaran, seperti Siam Paragon, MBK, dlsb. Yang disebut garment area diatas oleh orang lokal disebut Pratunam. Banyak orang jualan garment di gang2 (kakilima).

Khaosan
Sering disebut distrik banglampu. Disini surganya backpacker. Dekat dengan obyek wisata kuil, dan sungai. Mirip seperti daerah Legian di Bali gitulah.

Royal Palace/Rattanakosin Island
Daerah ini berdekatan dengan khao san, dan disini lah dulunya kota kerajaan yang lama. Disini King Rama I, menggali terusan sedemikian rupa sehingga sedemikian rupa menjadikan pusat kota menjadi seperti suatu pulau. Oleh sebab itu disebut sebagai pulau Ratanakosin. Di gambar bawah ini, kanal yang dibentuk ditunjukkan oleh garis biru. Disini terlihat bahwa daerah ini banyak sekali obyek wisata.

Spoiler for "Daerah Royal Palace":


Dusit
Merupakan kota kerajaan yang lebih baru. Daerah ini dibangun oleh King Rama V, pada abad ke 20.

Chinatown
Di negara manapun, chinatown merupakan tempat menarik u/ dikunjungi.

Chatuchak
Lokasi dimana ada week end market Chatuchak, atau sering disebut JJ Market. Dikatakan bila market ini adalah yang terbesar se asia tenggara. Tidak bisa dilewatkan u/ penggila belanja. Buka hanya sabtu dan minggu.

Thonburi
Di daerah inilah terletak kuil yang terkenal yaitu Wat Arun.

Perhatikan juga di peta area di atas, disitu digambarkan jalur2 berwarna biru (subway atau MRT), merah (jalur ARL menuju ke Suvarnabumi), hijau (BTS jalur Sukumvit). Dari jalur2 kita bisa tau, bahwa jika ke chatuchak, maka pakai MRT, dst. Perhatikan juga jalur sungai antara Dusit, Khao san, dan thonburi. Jadi agan bisa menggunakan angkutan sungai dari Khao san ke thonburi misalnya.


III. Obyek Wisata
Daftar obyek2 wisata atau things to see di Bangkok dan sekitar. Beberapa foto disini diambil dari website2 tertentu, dan diusahakan pelan2 diganti dengan foto2 yang dibuat oleh kaskuser nantinya (menghormati hak cipta).

A. Dalam kota Bangkok
- Daerah Rattanakosin - Grand Palace & Sekitar.
- Daerah Khaosan
- Daerah Dusit
- Daerah Siam Square
- Daerah Pratunam
- Daerah Yaowarat dan Phahurat - Chinatown & Sekitar.
- Daerah Phahonyothin - Chatuchak & Sekitar.
- Daerah Silom
- Daerah Thonburi
- Daerah Ratchadaphisek
- Daerah Sukhumvit
- Daerah Ramkhamhaeng

B. Luar kota Bangkok
- Pattaya
- Ayutthaya
- Kanchanaburi - River Kwai Bridge, Tiger Temple, Erawan Falls, etc.
- Samut Prakan - Ancient City Muang Boran, Crocodile Farm, Erawan Musium
- Damnoen Saduak Floating Market
- Dream World
- Khao Yai - Chok Chai Farm
- Amphawa floating market
- Santorini Park - Cha Am
- Hua Hin, dan ini.
- Chonburi

C. Thailand Utara
- Chiang Mai, tambahan info Chiang Mai


D. Thailand Selatan
- Phuket: Mau lihat contoh brosur tour di phuket ?
- Hat Yai

E. Aneka
- Tempat Dugem Asik di Bangkok
- Pasar Malam / Night Market
- Tips Belanja di Pratunam & Tarik Uang di ATM
- Night Tram Tour
- Tips menggunakan Google Map
- Ke Vientiane/Laos dari Bangkok

F. Pojok Gambar dan Rubrik
Sub bagian ini gw buat u/ menampung foto-2 hasil kontribusi dari kaskuser yang sudah mengepost gambar-2 atau artikel2 menarik. Gw susun berdasarkan kontributor. Catatan: u/para penyumbang yang ingin menampilkan diri di page 1 ini, kalau belum gw tampilkan, tolong pm gw. Trims.

1. Seasons City
2. Rayindra2.
3. gajah_putih
4. [url=http://old.kaskus.co.id/showpost.php?p=657181947&postcount=4472 ]budse[/url]
5. Sumbangan dari bro farizcamaru... video bangkok! Enjoy!!!


Diubah oleh gunawan98
Thread sudah digembok
Ayutthaya (Thai: อยุธยาemoticon-Wink
Ayutthaya yang sekarang adalah sebuah kota modern yang terletak sekitar 85 km sebelah utara dari Bangkok. Tetapi Ayutthaya yang sekarang ini dulunya merupakan ibukota dari kerajaan kuno Siam. Bahkan ditahun 1700 an, Ayutthaya merupakan kota terbesar di dunia saat itu, karena penduduk di kota tersebut saat itu sudah berkisar 1 juta orang. Lokasi nya yang dikelilingi oleh tiga sungai, menjadikan kota Ayutthaya menjadi jalur penting perdagangan di masa lalu. Berdasarkan peta kuno, Ayutthaya bahkan digambarkan sebagai kota yang mempunyai istana2 dan kuil berlapis emas, dan banyak kapal dagang berlalu lalang di sana. Tetapi pada tahun 1876, kerajaan Burma meng-invasi kota ini, dan membumi hanguskan kota ini. Saat Burma menjajah, mereka menjarah emas-emas yang ada di kuil2. Untuk melindungi emas ini, penduduk setempat konon melapisi patung2 emas ini dengan lapisan tanah. Entah ada hubungan atau tidak, kemungkinan besar salah satu patung Buddha emas yang ada di Bangkok (Wat Traimit, lihat bagian Yaowarat & Pahurat), juga berasal dari salah satu patung kuil di Ayutthaya yang disamarkan.

Untuk mencapai Ayutthaya dengan menggunakan transportasi publik adalah dengan menggunakan bus, yaitu dari Northern Bus Station Mochit. Perhatian Alternatif lain adalah dengan menggunakan minivan yang bisa ditemukan di BTS Victory Monument.

Tetapi cara paling murah dan paling asik (dari sisi pemandangan di jalan) adalah dengan menggunakan kereta api. Kereta api ini bermula di station Hua Lamphong. Kereta api ber AC seharga sekitar 245 baht, sedangkan kereta api kelas 3, yang tidak ada AC nya seharga 15 baht. Agan bisa baca FR bro Teddy mengenai perjalanan ke Ayutthaya dari Hua Lamphong. FR bro Teddy bisa dilihat di sini.

Mengenai sejarah siam dan kaitannya dengan Ayutthaya, gw menemukan situs menarik yang membahas ini. Coba dilihat di sini. Ceritanya asik, tapi sayangnya dalam bahasa inggris.

Ayutthaya mempunyai banyak kuil/wat, dan bangunan bersejarah. Tetapi di bawah ini beberapa tempat yang pantas dikunjungi.


1. Bang Pa In Palace (Thai: พระราชวังบางปะอินemoticon-Wink.



Pertama-tama yang perlu diketahui bahwa lokasi ini terletak sekitar 20 km dari kota tua Ayutthaya. Jadi bila kita sedang berada di ayutthaya, maka perlu transportasi lagi menuju kesana. Transportasi publik selain Taksi (sekitar 150 baht) adalah dengan menggunakan song thaew yang bisa didapat di sekitar stasiun kereta api di ayutthaya. Sedikit ribet bila menggunakan song thaew tapi yang pasti lebih murah (perjalanan sekitar 40 menit).

Yang pasti, lokasi ini merupakan tempat wisata yang paling sering dikunjungi bila wisatawan datang ke Ayutthaya. Tempat ini dikenal sebagai istana musim panas. Di area ini banyak terdapat bangunan2 cantik dan juga kebun yang cukup luas. Beberapa gedung tertutup untuk umum, tapi sebagian besar boleh diakses oleh publik. Walau tempat ini bisa dijelajahi dengan berjalan kaki, disana juga disediakan persewaan golf cart. Karena tempat ini merupakan istana raja, maka kiat diharuskan untuk menggunakan pakaian yang sopan (berkerah, celana panjang, bersepatu).

Tiket masuk: 100 baht.
Jam buka: Tiap hari pukul 08:00 - 16:00


2. Wat Mahathat


(Foto: Courtesy teddypalembang).

Kuil yang sudah tidak utuh lagi ini terkenal dengan patung kepala Budha yang terlilit pohon seperti gambar di atas. Agan bisa baca FR dari bro teddypalembang yang menceritakan perjalanannya di sekitar Ayutthaya (baca di sini).

Tiket masuk: 50 baht.


3. Wat Yai Chai Mongkhon (Thai: ดใหญ่ชัยมงคล หรือ วัดเจ้าพระยาไทemoticon-Wink



Di kuil ini terdapat patung Buddha berbaring yang sangat besar, yang diselimuti oleh kain jubah berwarna kuning. Fotonya bisa agan lihat di FR nya bro teddypalembang.

Tiket masuk: 20 baht.


4. Wat Phananchoeng (Thai: วัดพนัญเชิงวรวิหารemoticon-Wink



Wat ini berjarak sekitar satu kilometer dari Wat Yai Chai Mongkhon. Biara ini merupakan biara yang sangat tua, bahkan dikatakan kalau biara ini sudah berdiri sebelum Ayutthaya ditetapkan sebagai ibukota kerajaan siam kuno. Di dalamnya terdapat patung perunggu Buddha yang tertua di Ayutthaya, yang dinamakan "Phrachao Phananchoeng", diperkirakan dibuat di tahun 1325.




Bersambung ke: Kanchanaburi
.
Diubah oleh gunawan98
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di