KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000003069661/all-about-bangkok

All about Bangkok

Selamat datang di trid tentang bangkok ini, gw berusaha sebisanya untuk membuat trid ini menjadi sumber referensi buat agan2 semua mengenai bangkok. Tolong diberi tanggapan, info, koreksi, atau apapun yang membuat trid ini menjadi lebih berguna.... Gw tunggu yah.... Tolong di rate juga....emoticon-thumbsup


I. PENGUMUMAN/BERITA PENTING
- Hari Libur dan Acara Penting Thailand 2013
Quote:


----------------

II. Daerah/distrik Populer di Bangkok

Spoiler for "Peta Distrik Bangkok":

Pada umumnya wisatawan pergi ke daerah2 yang ditunjukkan di atas, yaitu:
Siam Square/Pratunam
Daerah ini banyak shopping mall bertebaran, seperti Siam Paragon, MBK, dlsb. Yang disebut garment area diatas oleh orang lokal disebut Pratunam. Banyak orang jualan garment di gang2 (kakilima).

Khaosan
Sering disebut distrik banglampu. Disini surganya backpacker. Dekat dengan obyek wisata kuil, dan sungai. Mirip seperti daerah Legian di Bali gitulah.

Royal Palace/Rattanakosin Island
Daerah ini berdekatan dengan khao san, dan disini lah dulunya kota kerajaan yang lama. Disini King Rama I, menggali terusan sedemikian rupa sehingga sedemikian rupa menjadikan pusat kota menjadi seperti suatu pulau. Oleh sebab itu disebut sebagai pulau Ratanakosin. Di gambar bawah ini, kanal yang dibentuk ditunjukkan oleh garis biru. Disini terlihat bahwa daerah ini banyak sekali obyek wisata.

Spoiler for "Daerah Royal Palace":


Dusit
Merupakan kota kerajaan yang lebih baru. Daerah ini dibangun oleh King Rama V, pada abad ke 20.

Chinatown
Di negara manapun, chinatown merupakan tempat menarik u/ dikunjungi.

Chatuchak
Lokasi dimana ada week end market Chatuchak, atau sering disebut JJ Market. Dikatakan bila market ini adalah yang terbesar se asia tenggara. Tidak bisa dilewatkan u/ penggila belanja. Buka hanya sabtu dan minggu.

Thonburi
Di daerah inilah terletak kuil yang terkenal yaitu Wat Arun.

Perhatikan juga di peta area di atas, disitu digambarkan jalur2 berwarna biru (subway atau MRT), merah (jalur ARL menuju ke Suvarnabumi), hijau (BTS jalur Sukumvit). Dari jalur2 kita bisa tau, bahwa jika ke chatuchak, maka pakai MRT, dst. Perhatikan juga jalur sungai antara Dusit, Khao san, dan thonburi. Jadi agan bisa menggunakan angkutan sungai dari Khao san ke thonburi misalnya.


III. Obyek Wisata
Daftar obyek2 wisata atau things to see di Bangkok dan sekitar. Beberapa foto disini diambil dari website2 tertentu, dan diusahakan pelan2 diganti dengan foto2 yang dibuat oleh kaskuser nantinya (menghormati hak cipta).

A. Dalam kota Bangkok
- Daerah Rattanakosin - Grand Palace & Sekitar.
- Daerah Khaosan
- Daerah Dusit
- Daerah Siam Square
- Daerah Pratunam
- Daerah Yaowarat dan Phahurat - Chinatown & Sekitar.
- Daerah Phahonyothin - Chatuchak & Sekitar.
- Daerah Silom
- Daerah Thonburi
- Daerah Ratchadaphisek
- Daerah Sukhumvit
- Daerah Ramkhamhaeng

B. Luar kota Bangkok
- Pattaya
- Ayutthaya
- Kanchanaburi - River Kwai Bridge, Tiger Temple, Erawan Falls, etc.
- Samut Prakan - Ancient City Muang Boran, Crocodile Farm, Erawan Musium
- Damnoen Saduak Floating Market
- Dream World
- Khao Yai - Chok Chai Farm
- Amphawa floating market
- Santorini Park - Cha Am
- Hua Hin, dan ini.
- Chonburi

C. Thailand Utara
- Chiang Mai, tambahan info Chiang Mai


D. Thailand Selatan
- Phuket: Mau lihat contoh brosur tour di phuket ?
- Hat Yai

E. Aneka
- Tempat Dugem Asik di Bangkok
- Pasar Malam / Night Market
- Tips Belanja di Pratunam & Tarik Uang di ATM
- Night Tram Tour
- Tips menggunakan Google Map
- Ke Vientiane/Laos dari Bangkok

F. Pojok Gambar dan Rubrik
Sub bagian ini gw buat u/ menampung foto-2 hasil kontribusi dari kaskuser yang sudah mengepost gambar-2 atau artikel2 menarik. Gw susun berdasarkan kontributor. Catatan: u/para penyumbang yang ingin menampilkan diri di page 1 ini, kalau belum gw tampilkan, tolong pm gw. Trims.

1. Seasons City
2. Rayindra2.
3. gajah_putih
4. [url=http://old.kaskus.co.id/showpost.php?p=657181947&postcount=4472 ]budse[/url]
5. Sumbangan dari bro farizcamaru... video bangkok! Enjoy!!!


Diubah oleh gunawan98
Thread sudah digembok
Pattaya (Thai: พัทยาemoticon-Wink

Pattaya adalah sebuah kawasan resort pantai yang populer dimata turis yang terletak kira-kira 150 km di sebelah tenggara dari Bangkok. Pattaya terkenal dengan wisata sex nya, yaitu go-go bar dan bar u/ minum2, tetapi ada keinginan kuat bagi pemerintah lokal untuk mengubah citra tersebut menjadi lebih family-friendly. Tetapi walaupun ada usaha2 seperti, menghapus industri tersebut tidaklah mudah karena turisme sex merupakan pundi2 uang bagi Pattaya. Pattaya memang menawarkan banyak atraksi/lokasi untuk turis segala umur, tetapi bila agan/aganwati keberatan dengan pemandangan2 yang seronok, yang terkait dengan kebebasan disitu, maka Pattaya jelas bukan tempat yang tepat buat agan/aganwati.

Foto di bawah ini gw ambil dari wikitravel, menggambarkan keindahan lokasi tersebut. Tapi ingat, foto lebih indah dari aslinya... emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin



Blog ini bisa dibaca-baca gan.

Transportasi Bangkok - Pattaya

1. Taksi.
Menggunakan taksi dari Bangkok ke Pattaya akan memakan biaya yang cukup tinggi. Perjalanan bisa mencapai paling tidak 2 jam, dan bila macet bisa lebih lama lagi. Tetapi naik taksi dari Pattaya ke Bangkok, bisa jadi mendapat taksi yang murah, yaitu taksi yang kembali ke Bangkok setelah mengantar turis dari Bangkok ke Pattaya. Nah ini bisa diatur lewat tur agent di Pattaya.

2. Sewa Van/Minibus.
Sewa van/minibus bisa didapat/diatur melalui tur agen, hotel, atau bisa juga lewat persewaan seperti yang ada di trid di kaskus. Dengan sewa ini, bisa didapat keluwesan dalam mengunjungi obyek2 wisata di Pattaya. Di trid sebelah (Mr. Sam), terakhir sekitar 2800 Baht dari Bangkok - Pattaya - Bangkok, sekaligus one day tour di kawasan Pattaya.

3. Naik bus umum
Naik transportasi umum merupakan cara yang cukup murah menuju ke Pattaya. Apalagi bila agan bermaksud menginap di Pattaya. Terminal bus di Bangkok ada 3, yaitu Southern (Sai Tai Taling Chan), Ekkamai (Eastern Bus Terminal), dan Mochit (North bus terminal. Sedikit bus yang berangkat dari Southern, jadi nunggunya lama. Paling umum dan banyak adalah melalui Ekkamai Bus Station. Dari Ekkamai, bus keluar setiap 30 menit sekali. Sedangkan Mochit juga lumayan banyak. Agan bisa baca blog ini, yang menceritakan tentang perjalanan naik bus dari Ekkamai ke Pattaya. Harga waktu itu (2009), adala 113 baht. Sekarang mungkin lebih dari itu sedikit, menurut wikitravel sih 127 Baht..

4. Bell travel Service
Bell travel service ini kalau di Indonesia seperti Cipaganti travel gitulah. Jadi dia menyediakan transportasi dari bangkok ke pattaya (dari hotel di bangkok ke hotel di pattaya, atau sebaliknya). Jadi kita gak perlu ribet mikirin nanti di Pattayanya dari bus terminal ke hotel naik apa. Walaupun agak mahal, tapinya pasti lebih nyaman dan mudah. Check website mereka untuk mengetahui jadwal dan biaya.

5. Naik Kereta Api
Naik kereta api adalah yang termurah dibandingkan dengan moda transportasi lainnya. Yaitu sekitar 31 Baht. Kenapa murah? Karena naik kereta api kelas ekonomi (kelas 3, tanpa AC). Dan satu hal lagi, hanya bisa dilakukan pada hari Senin - Jumat, dan jam-jam tertentu saja.

Kita bisa naik kereta api lewat stasiun kereta Hualamphong. Kereta api hanya berangkat 1 kali pergi satu kali pulang setiap harinya. Dari Bangkok ke Pattaya jam 06:50 (pagi), sampai di Pattaya sekitar 10:20. Ingat agan harus turun di station utama Pattaya, karena kereta akan melanjutkan perjalanan ke Sattahip. Dari Pattaya ke Bangkok sekitar pukul 14:00, yaitu kereta dari Sattahip berhenti di Pattaya sebelum ke Bangkok. Sampai di Bangkok sekitar 17:40 di Hualamphong.

Transportasi Suvarnabhumi - Pattaya
Dari bandara Suvarnabhumi, juga ada transportasi bus ke Pattaya (dan sebaliknya pattaya ke suvarnabhumi langsung). Jadi kalau memang niat ke Pattaya langsung, gak usah ke Bangkok dulu. Cari aja bus di bandara. Cara naik bus dari Bandara Suvarnabhumi ke Pattaya (max jam 22:00) bisa dilihat di sini.. FR nya sis fervee bisa dilihat di sini, komplit dengan foto dan lokasi booth (2012).

- Air Port Pattaya bus

Info lebih lengkap bisa agan lihat-lihat di Wikitravel.

38 Atraksi/Obyek Wisata di Pattaya
Pattaya Tourist Map/brosur

Hotel Reviews

Quote:


Spot-2 Wisata yang menarik di Pattaya
Ok. Menurut bro seasons, berikut ini adalah lokasi2 wisata, atau kegiatan-kegiatan yang paling sering dikunjungi wisatawan. Agan2 yang mempunyai info lebih lanjut, bisa tambahkan supaya lebih komplit.

Juga contoh itinerary saat di Pattaya (thanks to bro Rayindra2).


1. Nongnoch Village / Nongnoch Tropical Garden



Taman ini terletak 20km dari pusat Pattaya, dan merupakan tempat yang populer dimata wisatawan. Selain taman yang indah, disini juga dipertontonkan pertunjukan kesenian tradisional, show gajah, juga tersedia restaurant2, bahkan hotel. Pendek kata, agan bisa menghabiskan waktu sehari penuh di sini. Blog ini, blog ini, blog ini bisa dibaca sebagai referensi. Website resmi ini bisa dibaca mengenai tiket, cara kesitu, dst.

Tiket Masuk: Dewasa 400 baht
Daily Show Times
Show 1 : 9:45am-10:45am
Show 2 : 10:45am-11:45am
Show 3 : 3:00pm-4:00pm
Show 4 : 4:00pm-5:00pm


2. Floating Market



Menurut blog ini, floating market di pattaya merupakan floating market terbaik dan terbesar di Thailand. Bila Damnoek Saduang merupakan pasar terapung yang 'diciptakan' untuk keperluan turis, sehingga keaslian dari pasar tersebut menjadi luntur, dan pasar semata-2 dibuat u/ mengeruk dollar, maka yang satu ini katanya sih lebih orisinal. So, jangan lewatkan yang satu ini kalau agan ada di Pattaya. Info lebih lengkap bisa digali di sini. Foto-foto bisa dilihat di sini.

Damnoek Saduak & Pattaya Floating Market


3. Mini Siam (Thai: เมืองจำลองพัทยาemoticon-Wink



Jika Indonesia memiliki Taman Mini Indonesia Indah, maka Thailand mempunyai taman serupa yang disebut Mini Siam. Di dalamnya berisi miniatur2 bangunan terkenal di Thailand dan di dunia. Jadi di dalamnya di bagi menjadi 2 zona, yaitu zona Thailand dan zona Eropa. Info lebih lengkap bisa dilihat di sini.

Lokasi: 387 Moo 6 Sukhumvit Rd., Pattaya City
Jam buka: 07:00AM-22.00
Tiket masuk: 300 baht dewasa.


4. Sanctuary of Truth (Thai: ปราสาทสัจธรรมemoticon-Wink



Sanctuary of Truth adalah satu struktur bangunan kayu setinggi 105 meter, yang berdiri di lahan seluas 105 acre, yang terletak di tebing yang terletak di pinggir laut. Jadi bisa dibayangkan keindahan bangunan dan suasana disekelilingnya. Keistimewaan struktur bangunan ini adalah baik di luar maupun di dalam dibentuk dari ukir-ukiran yang cantik, yang mana ukir-2an ini melambangkan filosofi tertentu. Untuk lebih jelasnya yah, coba dibaca di blog ini. Berikut ini website resminya.

Tiket masuk: 500 baht.



Bersambung ke: Pattaya (2)
.
Diubah oleh gunawan98
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di