CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Muscle Building /
Ensiklopedia Fitness Jilid 2, Penjelasan Mengenai Dasar² dan Istilah² Fitness
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000003481224/ensiklopedia-fitness-jilid-2-penjelasan-mengenai-dasar-dan-istilah-fitness

ENSIKLOPEDIA FITNESS Jilid 2, Penjelasan Mengenai Dasar² dan Istilah² Fitness

Selamat datang di thread Ensiklopedia Fitness Jilid 2

Thread ini diharapkan bisa berguna bagi semua fitnesmania FHB, baik yang masih nubi, intermediate, atau advanced.

Seperti halnya thread "Ensiklopedia Fitness, Ayo Berbagi Info-Info Dasar di Sini..." yang kini telah tidak aktif, thread juga ini ditujukan untuk memberikan informasi dan penjelasan mengenai istilah-istilah yang sering kita temui di dunia fitness dan binaraga.




Semua orang berhak untuk menyumbang dan request informasi disini akan tetapi silakan perhatikan dahulu ATURAN-ATURAN YANG BERLAKU:

1. No junk, no spam, no iklan, no "nice inpoh gan, cek TKP, dan one liner lainnya", no "ikon maho, i love indonesia, sundul dan ikon2 lain tanpa sebab" .

2. Maaf bukannya sombong tapi saya tidak perlu ucapan terima kasih atau permohonan izin utk bookmark/subscribe thread ini. Keterangan lebih lanjut mengenai sanksi pelanggaran aturan ini ada disini : http://www.kaskus.co.id/showpost.php...65&postcount=4

3. Ini bukan thread tanya jawab. Pembahasan lebih lanjut mengenai suatu hal dapat dilakukan tapi secukupnya saja. Bila pembahasan menjadi berlarut-larut silakan bawa diskusinya ke thread lain yg lebih sesuai.

4. Aturan Kaskus dan FHL secara umum tetap berlaku disini.

Terakhir...
I hope you enjoy this thread emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan tata604 memberi reputasi
Thread sudah digembok
Bro Adit, numpang nyumbang dikit yah, soalnya gw liat blom ada yang ngasih penjelasan detil tentang WPI and WPC

WPC (Whey Protein Concentrate)

WPC terbuat dari pecahan protein susu yang telah terdisintregasi yang dihasilkan dari proses permurnian lebih lanjut. WPC mengandung 70-80% protein per satuan beratnya dan mengandung berbagai macam biofractions dari whey protein termasuk alpha dan beta lactabulmins, immunoglobulins, glycomacropeptides, dsb. Masing2 dari subfractions ini memiliki karakter2 unik yang memiliki efek positif dalam sistem pencernaan kita

Kelebihan:
WPC mengandung rantai asam amino yang relatif berjumlah lebih besar dibandingkan bentuk protein yang lain dan dapat dicerna secara cepat yang menyebabkan peningkatan tingkat plasma asam amino. Hal ini mengakibatkan proses sintesis protein yang jauh lebih baik daripada protein jenis lainnya.

Kekurangan:
Protein ini sangat dicerna dan menimbulkan lonjakan di tingkat plasma asam amino, yang berarti akan keluar dari sistem pencernaan kita secara cepat (kurang lebih dalam kurun waktu 3 jam). Beberapa orang akan mengalami kesulitan dalam mencerna WPC karena mengandung laktose.

Sebagai tambahan, beberapa orang yang memiliki alergi terhadap kandungan biofractions dari WPC akan mengalami beberapa efek samping seperti diare, muntah, sakit perut ataupun nyeri di kepala. Alergi2 ini bukanlah suatu hal yang harus ditakuti, tetapi harus cukup dipahami apa yang menjadi penyebabnya


WPI (Whey Protein Isolate)

WPI dibuat dengan sistem yang sangat mirip dengan WPC namun WPI masih menjalani proses pemurnian lebih lanjut. Umumnya ada dua cara untuk membuat WPI. Yang pertama adalah dengan kolom pertukaran ion sedangkan yang kedua adalah melalu proses penyaringan secara berulang.
Proses penukaran ion lebih cenderung meningkatkan kadar protein pada hasil akhir namum menghilangkan zat2 biofractions yang terkandung (zat2 yang paling menimbulkan alergi pada beberapa orang di dalam whey protein)
Proses penyaringan yang berulang2 dapat menghasilkan protein murni sebanyak 90-96% tanpa menghilangkan zat2 biofractions yang terkandung di dalamnya.

Kelebihan:
Kandungan persentase dari protein murni yang tinggi dengan kadar lemak, laktose, dan karbohidrat yang lebih rendah daripada WPC. WPI lebih mudah untuk dicerna karena memiliki kadar laktose yang lebih rendah

Kekurangan:
Apabila proses pertukaran ion digunakan dalam proses pemurniannya, beberapa zat2 subfractions akan hilang. Harga WPI jauh lebih mahal daripada WPC. WPI akan cenderung lebih menimbulkan buih daripada WPC apabila diaduk.

sumber: Bodybuilding.com

Sedikit pengalaman pribadi gw, efek samping yang gw alami ketika kurang cocok dengan WPI adalah perut yang terisi dengan gas (sering kentut dan menimbulkan bau yang sangat tak sedap) selama kurang lebih 3 minggu, setelah 3 minggu alerginya hilang dan tidak ada masalah lagi.
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di