ini merupakan Fork pertama ane,
dulu beli karena murni pertimbangan harga (fork suspensi yg mur-mer).
Fork ini sejatinya untuk XC entry level
memang terasa sangat berat dan keras.
minim feature, hanya preload aja kanan-kiri
travel berdasarkan spek adalah 100mm, tapi jarang banget ampe tembus segitu, paling sekitar 50-75mm.
setelah ane ganti pernya (pake potongan per RX-King) sebelah aja, mayan empuk, malah keempukan waktu dipasang di sepeda DJ.
alhasil waktu buat DH di sebex (sekali doank) itu fork bottoming mulu...
hehehe...
Spoiler for RST Launch 130mm:
Fork ini sejatinya digunakan untuk DJ entrylevel (tapi ane malah ga rekomenin ini buat True DJ, karena banyak kasus patah di arch-nya).
hampir sama kayak RST Gila, cuma beda lebih besar dikit,lebih berat dan sama kerasnya..
dulu beli kalo ga salah inget sekitar 300ribuan, untuk dipasang di Patrol FXP Coil (sama kyk punya Mod Bayu).
tapi sangat jomplang, belakangnya empuk depannya keras bener
sempet ane ganti pernya pake punya RX-King sebelah aja, lumayan empuk sih..
Spoiler for RST Storm 180mm:
udah mulai nyoba-nyoba maen DH. dapet frame fulsus lengkap ama Fork RST Stormnya.
dari segi harga memang Fork ini sangat terjangkau dibanding fork-fork FR-DH lainnya.
minim feature, hanya rebound aja tanpa setelan preload. tapi itulah yang menjadi letak keunggulannya, karena minim feature menjadikan Fork FR yg murmer tapi Badak, cocok untuk newbie DH, jadi ga segan-segan atau ga sayang untuk mengexplore lebih dalam permainan DH (kalo fork high end kan ada pikiran sayang, sayang lecet pas loading lah, saya ini lah sayang itulah...)
bahan stanchion dan steerertube yang digunakan adalah chromoly, menjadikan Fork ini cukup badak walaupun berat...
buat yang mau maen DH tapi bujet terbatas, jangan ragu untuk pake fork ini..
Masalah Berat?
Halah, mau maen DH mah ga usah mikir berat, orang naik gunungnya pake Pikup, paling berat pas gotong ke pikup doank (lumayan itung-itung latian otot bahu).
cukup sering di test DH di sebex, walaupun kadang membuat biji mata hampir lepas gara-gara kurang bisa meredam getaran-getaran kecil... hehehe
Spoiler for Manitou Nixon 130-160mm:
Udah agak jarang-jarang maen DH, apalagi sejak cidera pinggang yang cukup membuat ane cuti sepedahaan...
berhubung sepeda ane bukan sepeda Pure DH (sepeda AM long travel sebenernya).
kepikir untuk mencari Fork AM yang adjustable travel...
cari-cari... (dulu masih belom ada spinner cargo 130-150, kalo ada ane milih ini)
RockShok Lyric/Domain, masih belom sanggup...
Marzocchi 55, masih mahal
Fox 36 Talas? ah lupain aja...
Suntour (lupa typenya) yang travel 140-180, ragu-ragu setelah banyak review negative di forum luar...
akhirnya pilihan jatuh ke Manitou Nixon 130-160
dapet Kondisi New Old Stock (karena ini kluaran terakhir 2007 dan masih asli Made in Usa) di formula bike.
Manitou memang spesialis bikin fork enteng, untuk sebuah fork 130-160 coil dan trough axle, beratnya hanya 2,2kg..
bahan stanchion dan steerertube terbuat dari alloy.
banyak fiturnya, mulai dari Travel Adjust 130-160 (mekanismenya mirip dengan Rock Shox),
Rebound dan compression adjust, serta Quick Release TA.
Untuk digunakan sebagai fork AM cukup OK, berasa banget plushnya. tapi kalo dibuat pecicilan sebaiknya jangan, karena default coil spring yang digunakan adalah soft jadi gampang sekali bottoming (belom ketemu juga sih setelannya)...
udah pernah di test waktu DH Gunung Pinang lalu, bottoming mulu
dulu beli 3jutaan kalo ga salah inget, sekarang udah dijual.. hehe
Spoiler for Marzocchi Bomber 66 170mm:
ini fork yang sekarang ane pake, beli 1 paket ama sepeda Giant AC1.
travel fix 170mm
buatan taun 2005-2006 masih asli made in Italy (sekarang udah bikinan taiwan).
Tampilan serba besar dan serba hitam ala Marzocchi.
walaupun stanchion dari alloy, tapi fork ini masih cukup berat (karena menggunakan teknologi open bath, alias mekanisme reboundS E N S O Rpression di rendem dalam stanchion. apalagi volume oli yang digunakan tiap stanchion 220mm).
walaupun begitu, fork ini cukup plush untuk small bump, tapi cukup stiff untuk big bump, jadi plush di awal, tapi ga bakal bottoming kalo gitu drop off...
Teknologi yang digunakan adalah, Rebound dan Compression di stanchion yang berbeda (ini agak aneh, karena biasanya rebound dan compression berada dalam 1 stanchion)..
lalu air preload, saya pikir fork ini adalah air spring, ternyata engga, tetep pake coil. cuma untuk nyetel preload harus pake pompa shock (bandingkan dengan fork lain yang nyetel preloadnya di puter pake kenob)