CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Muscle Building /
Ensiklopedia Fitness Jilid 2, Penjelasan Mengenai Dasar² dan Istilah² Fitness
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000003481224/ensiklopedia-fitness-jilid-2-penjelasan-mengenai-dasar-dan-istilah-fitness

ENSIKLOPEDIA FITNESS Jilid 2, Penjelasan Mengenai Dasar² dan Istilah² Fitness

Selamat datang di thread Ensiklopedia Fitness Jilid 2

Thread ini diharapkan bisa berguna bagi semua fitnesmania FHB, baik yang masih nubi, intermediate, atau advanced.

Seperti halnya thread "Ensiklopedia Fitness, Ayo Berbagi Info-Info Dasar di Sini..." yang kini telah tidak aktif, thread juga ini ditujukan untuk memberikan informasi dan penjelasan mengenai istilah-istilah yang sering kita temui di dunia fitness dan binaraga.




Semua orang berhak untuk menyumbang dan request informasi disini akan tetapi silakan perhatikan dahulu ATURAN-ATURAN YANG BERLAKU:

1. No junk, no spam, no iklan, no "nice inpoh gan, cek TKP, dan one liner lainnya", no "ikon maho, i love indonesia, sundul dan ikon2 lain tanpa sebab" .

2. Maaf bukannya sombong tapi saya tidak perlu ucapan terima kasih atau permohonan izin utk bookmark/subscribe thread ini. Keterangan lebih lanjut mengenai sanksi pelanggaran aturan ini ada disini : http://www.kaskus.co.id/showpost.php...65&postcount=4

3. Ini bukan thread tanya jawab. Pembahasan lebih lanjut mengenai suatu hal dapat dilakukan tapi secukupnya saja. Bila pembahasan menjadi berlarut-larut silakan bawa diskusinya ke thread lain yg lebih sesuai.

4. Aturan Kaskus dan FHL secara umum tetap berlaku disini.

Terakhir...
I hope you enjoy this thread emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan tata604 memberi reputasi
Thread sudah digembok

Compound Exercise & Isolation Exercise

COMPOUND EXERCISE

Merupakan jenis2 exercises yg melibatkan lebih dari 1 sendi saat eksekusinya.
Karena lebih dari satu sendi digunakan ini juga berarti ada lebih dari 1 kelompok otot yg digunakan saat eksekusi exercise tersebut.
Inilah sebabnya disebut sebagai "compound" yang dalam bahasa Indonesia berarti "gabungan".

Contoh 1:
Bench Press adalah salah satu jenis compound exercise. Pada saat melakukan bench press sendi yang terlibat antara lain sendi bahu dan siku. Kelompok otot yang digunakan saat melakukan bench press terutama adalah otot dada dengan dibantu oleh otot bahu dan triceps. Otot punggung dan perut juga bekerja menjaga keseimbangan tubuh saat melakukan bench press.

Contoh 2:
Biceps Curls adalah salah satu jenis compound exercise. Pada saat melakukan biceps curls sendi yang terlibat antara lain sendi siku dan bahu. Kelompok otot yang digunakan saat melakukan biceps curls terutama adalah otot biceps dibantu oleh otot bahu dan punggung untuk menjaga agar lengan atas tetap berada di samping tubuh dan tidak bergerak. Otot punggung dan perut juga bekerja menjaga keseimbangan tubuh saat melakukan biceps curls.

Keuntungan yang bisa diperoleh dengan melakukan Compound Exercises:
  • Banyaknya kelompok otot yang digunakan berarti beban yang diangkat bisa lebih berat. Sangat baik untuk meningkatkan strength dan power.
  • Sarana yang efektif untuk membangun massa otot secara umum. Kombinasi antara beban berat yang digunakan beserta banyaknya kelompok otot yang bekerja memancing badan untuk mensekresikan lebih banyak Growth Hormone dan Testosterone. Dua hormon ini sangat berperan dalam proses membangun jaringan otot baru.



ISOLATION EXERCISE

Merupakan jenis2 exercises yg melibatkan hanya 1 sendi dan hanya 1 kelompok otot saat eksekusi gerakannya. Jadi pada jenis exercise ini otot yang menjadi target benar-benar diisolasi dengan bekerja sendiri tanpa dibantu kelompok otot yang lain.

Contoh 1:
Pada Pec Dec Machine atau Butterfly Macine sendi yang digunakan hanya sendi bahu dan otot yang digunakan hanya otot dada. Bahkan badan tidak perlu dijaga keseimbangan dan kestabilannya karena tinggal duduk dan menyandarkan punggung pada sandaran yang telah disediakan

Contoh 2:
Pada Preacher Curls atau Concentration Curls sendi yang digunakan hanya siku dan otot yang digunakan hanya otot biceps. Badan, bahu, dan lengan atas tidak perlu dijaga posisinya karena dilakukan dengan siku menempel pada benda statis (paha pada Concentration Curls dan bangku preacher pada Preacher Curls) jadi lengan atas dan badan tidak mungkin bergerak.

Keuntungan yang bisa diperoleh dengan melakukan Isolation Exercises:
  • Memiliki variasi exercises dan gerakan yang lebih banyak. Ini berarti ada lebih banyak cara untuk melatih otot target dari sudut yang berbeda. Setiap perbedaan exercises juga berarti melatih serat-serat otot yang berbeda pula. Sangat berguna untuk mencapai bentuk otot yang "well developed".
  • Lebih mudah untuk mencapai mind-muscle connection yang bagus. Ini karena pikiran hanya perlu konsentrasi pada satu kelompok otot saja tanpa harus terlalu mengkhawatirkan keseimbangan badan atau menjaga form yg baik.



KESIMPULAN

Compound exercises sangat berguna dan hendaknya menjadi keutamaan dalam setiap program latihan baik bagi pemula maupun praktisi fitness level lainnya yang masih memerlukan power dan tambahan massa otot yang signifikan. Bagi pemula sudah jelas karena pasti kekuatan dan massa otot pada tubuhnya masih minimal. Bagi praktisi intermediate atau advanced compound exercises juga masih menjadi andalan kalau masih harus meningkatkan kekuatan otot dan/atau massa otot pada tubuhnya.

Isolation exercises baru menjadi berguna kalau massa otot pada badan sudah dirasa cukup. Bangun dulu massa otot tubuh secara overall baru nanti kita dapat melihat bagian mana yang perkembangannya sudah optimal dan bagian mana yang masih perlu kerja lebih lanjut.
"Oooh...deltoid belakang saya masih kurang developed dibandingkan dengan delt depan dan samping saya."
Pada saat inilah gerakan isolation berupa rear laterals dapat dimanfaatkan.
"Oooh...bisep saya sudah cukup besar tapi kalau puncaknya (bicep peak) lebih mancung sedikit sepertinya lebih bagus"
Pada saat inilah concentration curls menjadi lebih bermanfaat.
Kalau bisep masih belum punya ya ngapain juga memikirkan masalah bicep peak.

Sedikit analogi:
Tahu bagaimana sebuah Candi Borobudur dibangun?
Detail teknisnya masih menjadi perdebatan sampai saat ini tapi yang jelas tentu saja yang dibangun terlebih dahulu adalah fondasi dan bentuk candi tersebut secara umum. Detail-detail seperti ukiran di tembok candi dan patung-patung Buddha dipasang terakhir.
Sama saja dalam training: bangun dulu overall muscle mass dengan compound exercises, baru perbaiki detailnya setelah memiliki fondasi massa otot yang cukup dengan isolation exercises.

Berikut ini adalah link laman Wikipedia yang cukup lengkap menjabarkan berbagai macam latihan beban disertai dengan penjelasan otot mana saja yang menjadi target latihan, otot mana saja yang digunakan, dan termasuk ke dalam kategori compound atau isolation exercises:
http://en.wikipedia.org/wiki/Weight_...ning_exercises
profile-picture
mdhanis memberi reputasi
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di