Unoff.KJRI.TorAvatar border
TS
Unoff.KJRI.Tor
Pelayanan Konsuler KJRI Toronto (unoff), silakan kumpul, tanya di sini
Halo semua Kaskusers,

Sambil menunggu selesainya portal Kemlu (d/h Deplu) yang memungkinkan dibentuknya forum diskusi semacam ini, maka saya membuka pelayanan tanya-jawab konsuler via internet di sini. Namund emikiankarena berada di forum umum, maka semua tetap dipandang tidak resmi (unoff)

Untuk hal-hal yang bersifat resmi silakan mengunjungi situs resmi kami:

[url]www.kemlu.go.id/toronto[/url] atau [url]www.indonesiatoronto.org[/url]

Di forum ini saya menyediakan diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ringan mengenai: Kewarganegaraan, Paspor, Visa ke Indonesia, Lapor Diri, Surat keterangan Lahir/Mati/Perkimpoian, Pindah alamat, Perlindungan WNI, dll. Juga bisa pertanyaan yang melebar mengenai potensi Perdagangan, Tenaga Kerja di Kanada, Study, Ekspor-Impor Indonesia-Kanada v.v, dll.

Jawaban akan diupayakan cepat dan singkat serta 24 jam (sepanjang terbaca oleh kami)

Namun pertanyaan yang berkaitan dengan kebijakan Pemerintah Kanada (seperti: Ijin Tinggal, Working Permit, Visa masuk ke Kanada, aturan negara setempat) tidak akan dijawab, karena itu di luar wewenang kami.

KJRI Toronto terletak di:

129 Jarvis St
Toronto, ON M5C 2H6
CANADA
(landmark: persis di sebelah Petro Canada fuel station)

Ph: 416-360-4020/23 ext 2271 (masalah Konsuler)
Email: consular@indonesiatoronto.org

KJRI Toronto membawahi 3 propinsi: Ontario, Manitoba dan Saskatoon. Karena itu untuk Kaskuser dari proinsi lain, jika pertanyaannya spesifik mengenai wilayah propinsi anda, silakan kunjungi masing-masing perwakilan yang membawahinya, apakah KJRI Vancouver (British Columbia, Alberta, North West Teritory dan Yukon) atau KBRI Ottawa (Quebec dan seluruh propinsi di luar wilayah kerja 2 KJRI di atas).

Terimakasih,

emoticon-I Love Indonesia


Untuk mempermudah agan Kaskusers, berikut ini saya susun tabel informasi yg telah terbentuk dalam thread ini. Tabel ini akan terus diupdate sejalan dengan pertanyaan-pertanyaan baru mengenai Konsuler yang diangkat di sini. Semua topik di bawah ini dapat diklik (warna "merah" menunjukkan topik terbaru):

1. Pembuatan Surat Kuasa di Canada = $25
2. Paspor RI = CAD$ 30
3. Dateline Pendaftaran Kewarganegaraan Ganda, 1 Agustus 2010 (cap pos)
4. Biaya Legalisasi Dokumen CAD$25
5. Tugas dan Fungsi Bagian Konsuler di setiap Perwakilan RI
6. Kenaikan UMR Propinsi Ontario dan Quebec
7. Syarat dan Biaya utk mengurus Paspor RI anak baru lahir
8. Akta Kelahiran cuma ada SATU
9. Hukuman bagi pemegang 2 Ke-WN (di atas 18 th)
10.Paspor adalah identitas untuk di LN
11. Prosedur Lapor Diri (online) bagi WNI
12. Kenapa Naker Indonesia susah menembus pasar tenaga kerja Kanada
13. Peluang Kerja di LN
14. Visa untuk Warga Canada
15. Lahir/Nikah/Mati di luar negeri, perlukah akta dari KJRI/KBRI?
16. Pembebasab Bea Masuk barang Pindahan dan Surat Keterangan barang Pindahan dari KJRI/KBRI
17. Aturan tentang barang pribadi bekas yang masuk ke Indonesia (Pasca Peraturan Menkeu baru ttg Bea Cukai No: 188/PMK.04/2010
18. Rupa-rupa, Suka-duka, Warna-sari pekerjaan Konsuler
19. Konsekuensi melepas kewarganegaraan RI


Terimakasih

disclaimernya: bahwa semua yang disampaikan di sini bersifat unofficial yang tidak bisa dijadikan sebagai patokan/landasan hukum ataupun dianggap sebagai pandangan resmi KJRI/Pemerintah.

__________________________________________________

SEKILAS TORONTO



\t\t\t\t \t\t\t



\t
A. Kondisi Masyarakat\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t
•\tPopulasi\t\t\t\t\t\t\t\t
•\tAgama\t\t\t\t\t\t\t\t
•\tBahasa\t\t\t\t\t\t\t\t
•\tMata Uang
\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t
B.\tTradisi Masyarakat\t\t\t\t\t\t\t
C.\tKekhasan/Kebiasaan Khusus Masyarakat di Toronto\t\t
D.\tMedia Komunikasi Bagi Komunitas Indonesia
\t\t\t



A.\tUmum\t\t\t\t\t\t\t\t\t
B.\tJenjang Pendidikan\t\t\t\t\t\t\t
C.\tPendidikan Luar Biasa (Kursus)
\t\t\t\t\t


\t\t\t\t
\t\t

\t\t\t\t\t
1.\tShopping Hour\t\t\t\t\t\t\t
2.\tBumbu dan Rempah-rempah\t\t\t\t\t
3.\tDaging Segar\t\t\t\t\t\t\t
4.\tKeperluan Bayi dan Anak-anak\t\t\t\t\t
5.\tPeralatan Dapur\t
\t
\t\t\t


**** END ****
0
81.2K
500
Thread Digembok
Tampilkan semua post
Unoff.KJRI.TorAvatar border
TS
Unoff.KJRI.Tor
#51
Kenapa Naker Indonesia susah menembus pasar tenaga kerja Kanada
Dear John dan Tahugoreng (hmmm...yummy.. emoticon-Smilieemoticon-Smilieemoticon-Smilieemoticon-Smilie)

Sebagian besar yg John sampaikan itu memang benar, tetapi ada yg paling mendasar dari hambatan kenapa naker Indonesia susah masuk. Nanti saya sampaikan paling akhir.

Informasi No. 12

Memang benar bahwa Filipino memiliki kemampuan bahasa Inggris (dasar) yang baik, tetapi sekarang juga banyak semi-skilled workers kita yang bisa bahasa Inggris. Perbedaannya adalah the Filipinos terkenal membentuk "serikat tolong-menolong", sementara wong kita itu masih individu. Jadi banyak orang Filipina yang saling mengabarkan ketika ada lowongan kerja, dan saat pertama kali landed, mereka menyediakan tempat sebelum ybs mandiri.

Tetapi kita jangan berkecil hati, karena bisa saja serikat tolong-menolongnya itu juga baru terlihat sekarang ini, setelah jumlah mereka banyak. Karena itu, upayakanlah supaya sedikit demi sedikit orang Indonesia datang ke Kanada. Seperti kata pepatah "sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit".

Persoalan kedua adalah kesenjangan ekonomi Indonesia yang terlalu mendalam sehingga hanya orang berada saja yang sanggup membeli tiket pesawat atau menyewa lawyer imigrasi. Untuk itu semua paling tidak dibutuhkan dana sekitar $7500 (single) dan plus dana hidup untuk 3 bulan pertama sekitar $12500.

Artinya, senekat-nekatnya orang, dan seberuntung-beruntungnya dia mendapat PR dengan cepat, seorang single perlu memiliki dana $20rb (sekitar 200jt-an) Nah, dengan situasi Indonesia sekarang ini, adakah orang kalangan bawah yang memiliki duit sebesar itu? Jika dia punya, pertanyaan berikutnya, mau tidak menggunakannya untuk hal yang belum pasti memberikan hasil.

Sementara jika dari kalangan berada (yg dengan mudah memiliki Rp 200jt), situasinya terbalik, yakni keluaraga ini sudah punya usaha tertentu dan cenderung meminta anak-anaknya untuk melanjutkan usaha mereka.

Belum lagi tambahan seperti yg John sampaikan yakni : penipuan (saya tidak akan jauh bicara kesitu).

OK tadi saya di atas menyebut ada hal utama yg menjadi penghambat pengiriman Naker semi-skilled secara rombongan (seperti halnya Naker ke Korea, Taiwan dan Jepang). Hal tersebut adalah aturan tenaga kerja Kanada yang tidak memperbolehkan pemotongan gaji untuk menutupi biaya awal keberangkatan mereka ke PJTKI di Indonesia.

Nah, ini persoalan. Sementara di Asia (Timur Tengah cntohnya) hal ini tidak menjadi masalah. Sementara di sini, praktek seperti itu dapat dianggap sebagai perbudakan (slavery).

Kita sudah bertemu dengan beberapa agen tenaga kerja Kanada untuk mencari peluang kerja baut para Naker Indonesia, dan ketika sampai kepada klausula di atas, kita juga tidak bisa memberikan jawaban.

Ada ide untuk melaksanakan kontrak kerja itu dan diam-diam membayar ke PJTKI, toh Kanada tidak mungkin lacak. Persoalannya, di sini tidak ada orang yang mau mengambil resiko dengan ancaman denda $25rb/naker. Tentu saja, karena dalam hal HAM, kanada akan sangat tegas.

Hal ini yang menjadi penghambat, karena untuk tiket p.p saja orang Indonesia mayoritas susah, padahal selain itu masih ada biaya kursus untuk sertifikat (agar dapat kerja di kanada pd bidang tertentu), pemondokan, dll yang bisa mencapai $4000-an.

Ketika sebuah PJTKI memberanikan diri membuka lowongan kerja di Kanada dengan syarat menyiapkan uang $4000 di muka, maka tidak ada yang berminat. Banyak orang berpikir kalau punya uang $4000 lebih baik buka warung atau ngojek.

Sementara ketika PJTKI itu ditanya, apakah dengan mengeluarkan $4000 itu si naker akan dijamin kerja, maka PJTKI itu juga tidak bisa mengatakan 100% ya. Sebab akan ada paling tidak 3 hal yang dapat menghambat keberangkatannya:

1. Si calon Naker sebegitu bodohnya, sehingga tidak ada satu sertifikatpun yg berhasil diambil (kerja di Kanada perlu sertifikat, walau hanya sebagai tukang las. Dan sertifikat itu pun harus melalui proses penyamaan).

2. Si calon Naker sudah dapat sertifikat, tetapi saat pengajuan Visa namanya masuk dalam daftar cekal Kanada (yg kita tidak pernah tahu kenapa visa seseorang ditolak)

3. Si calon Naker sudah dapat sertifikat dan Visa, giliran ekonomi Kanada (bisa saja) sedang menurun, artinya harus menunggu dan menunggu lagi.

Karena itu tidak ada PJTKI yg berani mengatakan 100% pasti dapat kerja. Pasti ada disclaimernya.

Maka untuk menghadapi situasi seperti ini, yang mungkin dapat dipertimabngkan (dipikirkan) adalah melibatkan Bank sebagai guarantor bagi para calon Naker ini. Artinya untuk menyiasati aturan Kanada yang tidak membolehkan potong gaji, maka para calon Naker ini meminjam uang dari Bank di Indonesia dan dia mencicil saat bekerja.

Ini sih sebetulnya cuma mengakali larangan itu, kan sah saja seseorang pinjam uang dari Bank.

Tinggal pertanyaan yang harus dijawab, mau ga Bank memberikan pinjaman tanpa agunan (jaminan) selain work permitnya si naker.

Silakan didiskusikan di sini, the more input the merrier....

regards

emoticon-I Love Kaskus
0