CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Muscle Building /
Ensiklopedia Fitness Jilid 2, Penjelasan Mengenai Dasar² dan Istilah² Fitness
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000003481224/ensiklopedia-fitness-jilid-2-penjelasan-mengenai-dasar-dan-istilah-fitness

ENSIKLOPEDIA FITNESS Jilid 2, Penjelasan Mengenai Dasar² dan Istilah² Fitness

Selamat datang di thread Ensiklopedia Fitness Jilid 2

Thread ini diharapkan bisa berguna bagi semua fitnesmania FHB, baik yang masih nubi, intermediate, atau advanced.

Seperti halnya thread "Ensiklopedia Fitness, Ayo Berbagi Info-Info Dasar di Sini..." yang kini telah tidak aktif, thread juga ini ditujukan untuk memberikan informasi dan penjelasan mengenai istilah-istilah yang sering kita temui di dunia fitness dan binaraga.




Semua orang berhak untuk menyumbang dan request informasi disini akan tetapi silakan perhatikan dahulu ATURAN-ATURAN YANG BERLAKU:

1. No junk, no spam, no iklan, no "nice inpoh gan, cek TKP, dan one liner lainnya", no "ikon maho, i love indonesia, sundul dan ikon2 lain tanpa sebab" .

2. Maaf bukannya sombong tapi saya tidak perlu ucapan terima kasih atau permohonan izin utk bookmark/subscribe thread ini. Keterangan lebih lanjut mengenai sanksi pelanggaran aturan ini ada disini : http://www.kaskus.co.id/showpost.php...65&postcount=4

3. Ini bukan thread tanya jawab. Pembahasan lebih lanjut mengenai suatu hal dapat dilakukan tapi secukupnya saja. Bila pembahasan menjadi berlarut-larut silakan bawa diskusinya ke thread lain yg lebih sesuai.

4. Aturan Kaskus dan FHL secara umum tetap berlaku disini.

Terakhir...
I hope you enjoy this thread emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan tata604 memberi reputasi
Thread sudah digembok

Suplementasi Protein

SUPLEMENTASI PROTEIN

Protein dibutuhkan dalam dunia fitness karena protein adalah bahan baku pembentukan jaringan otot baru. Terkadang asupan protein dari makanan masih belum mencukupi untuk membentuk massa otot yang cukup seperti yang diharapkan. Disinilah peran suplementasi protein menjadi dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan protein yang mudah disajikan dan mudah dikonsumsi.

1. Whey Protein

Whey adalah salah satu jenis protein yang terdapat dalam susu. Whey banyak digunakan dalam suplementasi fitness karena Biological Value (BV)-nya yang tinggi dan sifatnya yang cepat dicerna oleh tubuh sehingga cocok digunakan pada saat-saat tubuh butuh asupan protein secara cepat, misalnya setelah olahraga dan setelah puasa atau tidak makan dalam waktu lama seperti saat setelah bangun tidur malam.

Note: BV adalah ukuran seberapa banyak suatu jenis protein dapat diserap oleh tubuh setelah dikonsumsi. Dahulu sumber protein yang dikira paling superior BVnya adalah protein telur, maka dari itu protein telur diberi nilai BV 100. Dalam perkembangannya ditemukan protein-protein baru yang BV-nya lebih superior dari telur seperti whey maka whey protein nilai BVnya di atas 100.

Suplemen whey protein sendiri di pasaran ada tiga macam:
a. Whey Protein Concentrate (WPC)
Merupakan whey protein yang cukup pure dengan kadar 70-85% protein dalam setiap gram bubuk WPC dengan sisa 30-15% berupa lemak dan karbohidrat (bisa jadi berupa laktosa).
Keunggulannya adalah kualitasnya cukup baik dengan harga ekonomis.

b. Whey Protein Isolate (WPI)
Lebih pure dari WPC dengan kadar protein mencapai 90-98% dalam setiap gram bubuk WPI dan memiliki BV lebih. Karena lebih pure maka kandungan lemak dan karbohidratnya (termasuk laktosa) lebih rendah dari WPC. Dapat dijadikan pertimbangan baik bagi yang mengalami lactose intolerance. WPI juga memiliki BV yang sedikit lebih tinggi dibanding WPC. Sayangnya semua keunggulan ini harus dibayar dengan harga jual WPI yang lebih mahal.

c. Whey Protein Hydrolized
Pada dasarnya adalah WPI yg sudah pre-digested. ikatan rantai kimia proteinnya sudah dalam bentuk terpecah-pecah menjadi rantai yg lebih kecil. Ini dimaksudkan agar proses cerna dan serap yg lebih singkat. Harganya pasti lebih mahal dibandingkan WPI.

d. Whey Protein Blend
Merupakan hasil campuran/blend dari WPC dan WPI, biasanya mayoritas berupa WPC. Menurut saya adalah sarana menjembatani antara harga ekonomis WPC dan keunggulan kualitas WPI.


2. Casein Protein

Casein adalah salah satu jenis protein yang terdapat dalam susu. Protein susu murni sendiri terdiri 80% casein dan 20% whey.
Casein digunakan dalam suplementasi fitness sebagai sumber protein yang lambat serap (karena waktu cernanya yang antara 3-5 jam) sehingga ideal digunakan menjelang tidur ketika badan tidak akan makan lagi sampai bangun tidur 8 jam kemudian atau saat-saat lain yang dirasa butuh protein yang direlease secara bertahap dan berkesinambungan.

3. Egg Protein

Dapat berupa putih telur dalam bentuk aslinya atau berupa suplementasi (bubuk maupun cair). Telur memiliki BV yang tinggi walau tidak setinggi whey, relatif cepat dicerna bila dibandingkan dengan daging atau kacang-kacangan tetapi tidak secepat whey dan harga yang sangat ekonomis apabila diperoleh dalam bentuk aslinya. Egg Protein dalam bentuk suplementasi tidak umum dijumpai di pasaran Indonesia.

4. Soy Protein

Suplementasi protein yang berasal dari kacang kedelai. Merupakan alternatif suplemetasi protein yang baik dan mudah didapat untuk vegetarian atau orang-orang dengan dengan lactose intolerance parah dan tidak memiliki akses sumber protein hewani lainnya.

5. Protein Blend

Merupakan campuran/blend dari berbagai jenis protein. Biasanya berupa campuran salah satu atau kedua jenis whey ditambah casein dan bisa jadi ditambah egg protein dan soy. Biasanya dimaksudkan untuk memberikan sumber protein yang memiliki kecepatan cerna bervariasi mulai dari sangat cepat sampai lambat sehingga badan memiliki asupan protein konstan mulai dari saat protein tersebut diminum sampai paling tidak 3 jam kedepan saat harus makan makanan lagi. Tentu karena keunggulannya ini harga Whey Blend lebih mahal dibanding suplemen protein "polos" lainnya.
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di