CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Muscle Building /
Ensiklopedia Fitness Jilid 2, Penjelasan Mengenai Dasar² dan Istilah² Fitness
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000003481224/ensiklopedia-fitness-jilid-2-penjelasan-mengenai-dasar-dan-istilah-fitness

ENSIKLOPEDIA FITNESS Jilid 2, Penjelasan Mengenai Dasar² dan Istilah² Fitness

Selamat datang di thread Ensiklopedia Fitness Jilid 2

Thread ini diharapkan bisa berguna bagi semua fitnesmania FHB, baik yang masih nubi, intermediate, atau advanced.

Seperti halnya thread "Ensiklopedia Fitness, Ayo Berbagi Info-Info Dasar di Sini..." yang kini telah tidak aktif, thread juga ini ditujukan untuk memberikan informasi dan penjelasan mengenai istilah-istilah yang sering kita temui di dunia fitness dan binaraga.




Semua orang berhak untuk menyumbang dan request informasi disini akan tetapi silakan perhatikan dahulu ATURAN-ATURAN YANG BERLAKU:

1. No junk, no spam, no iklan, no "nice inpoh gan, cek TKP, dan one liner lainnya", no "ikon maho, i love indonesia, sundul dan ikon2 lain tanpa sebab" .

2. Maaf bukannya sombong tapi saya tidak perlu ucapan terima kasih atau permohonan izin utk bookmark/subscribe thread ini. Keterangan lebih lanjut mengenai sanksi pelanggaran aturan ini ada disini : http://www.kaskus.co.id/showpost.php...65&postcount=4

3. Ini bukan thread tanya jawab. Pembahasan lebih lanjut mengenai suatu hal dapat dilakukan tapi secukupnya saja. Bila pembahasan menjadi berlarut-larut silakan bawa diskusinya ke thread lain yg lebih sesuai.

4. Aturan Kaskus dan FHL secara umum tetap berlaku disini.

Terakhir...
I hope you enjoy this thread emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan tata604 memberi reputasi
Thread sudah digembok

Basal Metabolic Rate dan Cara Hitung Kebutuhan Kalori

Basal Metabolic Rate (BMR) itu secara sederhana diartikan sebagai seberapa banyak energi (dengan satuan kalori) yg digunakan seseorang saat sedang tidak melakukan sesuatu.
BMR menjadi penting dan berguna setelah faktor aktifitas sehari-hari ikut diikutsertakan dalam kalkulasi dan kemudain menjadi Kebutuhan Kalori Harian atau Daily Caloric Needs (DCN).
Bila DCN sudah diketahui maka akan menjadi lebih mudah menyusun diet, baik itu untuk bulking, cutting, maupun sekedar maintenance saja.

Ada banyak BMR Calculator online di internet tapi saya pribadi terbiasa menggunakan yang ini:
http://www.bmi-calculator.net/bmr-calculator/

Tutorial penggunaan BMR Calculator:

1. Buka link di atas, isi kolom data tubuh anda dan klik "Calculate". pilihan kg dan meter ada option "Metric BMR Calculator"

2. Catat BMR hasil perhitungan dan klik "Daily Caloric Needs"

3. Masukkan faktor aktifitas ke dalam perhitungan DCN dengan mengalikan BMR dengan konstanta aktifitas sesuai dengan kegiatan anda sehari-hari.
Hasil yg diperoleh adalah DCN untuk mempertahankan berat badan anda (maintenance)

4. Klik "Calorie intake to gain weight" untuk tahu seberapa besar kalori harian yang dibutuhkan untuk bulking dan klik "Calorie intake to lose weight" untuk tahu seberapa besar kalori harian yang dibutuhkan untuk cutting.


Setelah DCN diketahui, baik untuk bulking, cutting, atau maintenance, tinggal menerjemahkan jumlah kalori tersebut menjadi kuantitas makanan. Misalkan DCN yang saya butuhkan 2000kal maka cara menerjemahkannya adalah sebagai berikut:

1. Tentukan komposisi makronutrien (karbo : protein : fat) yang hendak dipergunakan, misalkan 40:40:20. Karena total kalori adalah 2000kal maka jadinya:
karbo = 800kal, protein = 800kal, dan fat = 400kal

2. Gunakan pedoman:
1g karbo = 4kal, 1g protein = 4kal, 1g fat = 9 kal

maka
800kal protein = 200g protein

3. Tentukan kandungan makronutrien dalam bahan makanan.
Dalam 100g dada ayam terdapat 25g protein, maka untuk mencapai kebutuhan 200g protein/hari dada ayam yg harus dikonsumsi sebanyak 800g.

4. Lakukan yang serupa untuk karbo dan fat.

5. Kalau misalnya anda berencana makan sebanyak 5x sehari maka tinggal bagi 5 kebutuhan harian masing-masing makronutrien.
Misalnya kebutuhan protein harian adalah 200g maka kalau mau makan 5x sehari setiap kali makan harus mengkonsumsi 200g protein : 5 = 40g protein atau setara dengan 160g daging dada ayam.
Lakukan yang serupa untuk karbo dan fat.




Website ini dapat digunakan untuk mencari tahu kandungan makronutrien berbagai jenis bahan makanan:
[url]www.nutritiondata.com[/url]
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di