CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Muscle Building /
Ensiklopedia Fitness Jilid 2, Penjelasan Mengenai Dasar² dan Istilah² Fitness
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000003481224/ensiklopedia-fitness-jilid-2-penjelasan-mengenai-dasar-dan-istilah-fitness

ENSIKLOPEDIA FITNESS Jilid 2, Penjelasan Mengenai Dasar² dan Istilah² Fitness

Selamat datang di thread Ensiklopedia Fitness Jilid 2

Thread ini diharapkan bisa berguna bagi semua fitnesmania FHB, baik yang masih nubi, intermediate, atau advanced.

Seperti halnya thread "Ensiklopedia Fitness, Ayo Berbagi Info-Info Dasar di Sini..." yang kini telah tidak aktif, thread juga ini ditujukan untuk memberikan informasi dan penjelasan mengenai istilah-istilah yang sering kita temui di dunia fitness dan binaraga.




Semua orang berhak untuk menyumbang dan request informasi disini akan tetapi silakan perhatikan dahulu ATURAN-ATURAN YANG BERLAKU:

1. No junk, no spam, no iklan, no "nice inpoh gan, cek TKP, dan one liner lainnya", no "ikon maho, i love indonesia, sundul dan ikon2 lain tanpa sebab" .

2. Maaf bukannya sombong tapi saya tidak perlu ucapan terima kasih atau permohonan izin utk bookmark/subscribe thread ini. Keterangan lebih lanjut mengenai sanksi pelanggaran aturan ini ada disini : http://www.kaskus.co.id/showpost.php...65&postcount=4

3. Ini bukan thread tanya jawab. Pembahasan lebih lanjut mengenai suatu hal dapat dilakukan tapi secukupnya saja. Bila pembahasan menjadi berlarut-larut silakan bawa diskusinya ke thread lain yg lebih sesuai.

4. Aturan Kaskus dan FHL secara umum tetap berlaku disini.

Terakhir...
I hope you enjoy this thread emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan tata604 memberi reputasi
Thread sudah digembok

Dasar-Dasar Menambah Massa Otot (Bulking Up) I -- Utk Kurus dan Gemuk

Badan yang proporsional sangat tergantung cukup atau tidaknya massa otot yang dimiliki. Badan yang kering dan ripped plus sixpack yang jelas akan menjadi tidak menarik apapbila otot yang lain seperti dada, bahu, punggung, tangan, dan kaki masih tipis dan tidak berkembang.

Bulking adalah fase waktu yang dialokasikan seseorang untuk menambah massa otot sebanyak-banyaknya dengan penambahan Body Fat percentage (BF%) yang sesedikit mungkin.

Beberapa mitos sesat mengenai bulking:

Myth #1: Banyak pemula yang salah kaprah berpikir bahwa masa bulking adalah saatnya untuk menambah berat badan sebanyak-banyaknya tanpa peduli berat badan ekstra tersebut berasal dari lemak atau otot.
Facts: Untuk apa berat bertambah kalau yang bertambah adalah lemak? Pada akhirnya anda hanya beralih dari kondisi kurus menjadi obesitas.

Myth #2: Banyak pula pemula yang masih kurus kering berpikir bahwa untuk dapat berlatih fitness dan dapat membentuk badan harus menjadi gemuk terlebih dahulu.
Facts: Fitness training and lifestyle dapat dimulai dari kondisi badan apapun juga, entah itu ekstrim kurus, ekstrim gemuk, atau kondisi apapun diantaranya.

BTW: Istilah “gemuk” sangat dihindari di funia fitness karena gemuk berarti badan memiliki kadar lemak yang tinggi.
Orang kurus dengan berat badan di bawah rata-rata dapat saja dikategorikan sebagai gemuk bila mayoritas dari berat badan yang sebenarnya sedikit tersebut terdiri dari lemak. Orang-orang seperti ini disebut sebagai “skinny fat”, kurus tapi gemuk. Biasanya keluhan orang-orang skinny fat adalah badan yang secara umum kurus tapi perutnya yang menyembul dan berlipat saat duduk, tangan atau paha yang kecil tapi kalau diraba sangat lembek, dan wilayah puting dada terlihat menyembul bila memakai kaos ketat.

Myth #3: Banyak pula orang yang mati-matian menghindari bulking meskipun sebenarnya badannya sangat butuh penambahan massa otot. Biasanya mereka beranggapan bahwa pada saat bulking mereka pasti akan kehilangan sixpacknya.
Facts: Bulking sampai menjadi gemuk lemak adalah pemahaman yang sangat kuno. Dengan pemahaman nutrisi dan training yang semakin berkembang sangat memungkinkan untuk bulking up sambil mempertahankan BF% yang terkontrol. Tetap memiliki sixpack saat bulking bukan hal yang mustahil.
Orang yang masih enggan buking karena masalah sixpack pada umumnya kemudian frustrasi sendiri karena badan ideal mereka tidak kunjung tercapai juga. Sudah latihan bertahun-tahun mereka tetap saja menjadi orang yang kurus tapi cuma ketambahan sixpack yang juga hanya tipis. Like I said before, sixpack tanpa body part lain yang developed juga tidak menarik.

Myth #4: Banyak pula orang yang dalam kondisi “still fat but skinny” juga menghindari fase bulking karena takut badnnya menjadi besar lagi. Yang saya maksud dengan “still fat but skinny” adalah orang-orang yang pada mulanya gemuk atau bahkan obesitas yang entah via diet ketat atau obat-obatan pada akhirnya berhasil menurunkan berat badan (ingat, saya pakai istilah berat badan dan bukan fat loss) hingga mencapai berat ideal versi perhitungan BMI (Body Mass Index) tapi kemudian mengeluhkan….mmm, saya buat model percakapan saja ya biar lebih enak menjelaskannya:

Still Fat but Skinny (FS) : Mengapa perut saya masih bergelambir? Mengapa badan saya masih juga belum seperti model Men’s Health?
aditpsycho (AP) : Well…it’s because you’re still fat and you don’t have enough muscle mass.
FS : Masih gemuk? Gak mungkin! Berat saya sudah ideal berdasarkan perhitungan BMI!
AP : BMI tidak menunjukkan apa-apa. Walaupun berat badan sudah sesuai kriteria ideal BMI kalau lemak masih tebal ya tetap saja perut bergelambir
FS : Lalu sebaiknya apa yang harus saya lakukan supaya badan saya jadi bagus.
AP : Tambah massa ototnya, bulk up.
FS : Bulking? Wah, gak mau. Nanti saya jadi gemuk lagi!

Facts: Sering terjadi teman-teman yang berangkat dari kondisi badan gemuk menglami stagnasi penurunan berat badan dan fat loss. Ini disebabkan karena massa otot yang kurang. Massa otot yang sedikit menjadikan badan tidak efektif membakar lemak. Mari kita analogikan massa otot sebagai kapasitas ruang bakar mesin bensin dan lemak sebagai tanki bensin 50 liter. Kira-kira mesin mana yang paling cepat menghabiskan isi tanki bensin tersebut: Mesin Daihatsu Ceria 800cc atau mesin Chevrolet Cammaro Big Block 6000cc? Tentu saja Cammaro, the muscle car.
Satu-satunya hal yang perlu diperhatikan teman-teman endomorph (mudah gemuk) saat bulking adalah harus lebih ketat dalam pengaturan diet dan kemungkinan besar harus tetap melakukan sesi cardio.

OK…enough with the myths. Gak bakal ada habisnya kalau diceritakan semuanya.

Bersambung ke sini.
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di