CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Muscle Building /
Ensiklopedia Fitness Jilid 2, Penjelasan Mengenai Dasar² dan Istilah² Fitness
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000003481224/ensiklopedia-fitness-jilid-2-penjelasan-mengenai-dasar-dan-istilah-fitness

ENSIKLOPEDIA FITNESS Jilid 2, Penjelasan Mengenai Dasar² dan Istilah² Fitness

Selamat datang di thread Ensiklopedia Fitness Jilid 2

Thread ini diharapkan bisa berguna bagi semua fitnesmania FHB, baik yang masih nubi, intermediate, atau advanced.

Seperti halnya thread "Ensiklopedia Fitness, Ayo Berbagi Info-Info Dasar di Sini..." yang kini telah tidak aktif, thread juga ini ditujukan untuk memberikan informasi dan penjelasan mengenai istilah-istilah yang sering kita temui di dunia fitness dan binaraga.




Semua orang berhak untuk menyumbang dan request informasi disini akan tetapi silakan perhatikan dahulu ATURAN-ATURAN YANG BERLAKU:

1. No junk, no spam, no iklan, no "nice inpoh gan, cek TKP, dan one liner lainnya", no "ikon maho, i love indonesia, sundul dan ikon2 lain tanpa sebab" .

2. Maaf bukannya sombong tapi saya tidak perlu ucapan terima kasih atau permohonan izin utk bookmark/subscribe thread ini. Keterangan lebih lanjut mengenai sanksi pelanggaran aturan ini ada disini : http://www.kaskus.co.id/showpost.php...65&postcount=4

3. Ini bukan thread tanya jawab. Pembahasan lebih lanjut mengenai suatu hal dapat dilakukan tapi secukupnya saja. Bila pembahasan menjadi berlarut-larut silakan bawa diskusinya ke thread lain yg lebih sesuai.

4. Aturan Kaskus dan FHL secara umum tetap berlaku disini.

Terakhir...
I hope you enjoy this thread emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan tata604 memberi reputasi
Thread sudah digembok

Istilah Dasar: Rep, Set, Form, Tempo, & Exercise

Exercise
Exercise atau dalam forum ini sering disebut sebagai "gerakan" adalah serangkaian gerakan badan untuk melatih otot-otot tertentu.
Contoh:
- Bench Press dan Push Up adalah exercise untuk melatih otot dada
- Sit Up dan Leg Raise adalah exercise untuk melatih otot perut


Form
Form adalah cara spesifik melakukan suatu exercise untuk memaksimalkan stimulasi otot dan meminimalkan resiko cedera.
Contoh pada Bench Press:
Form yang paling baik untuk melakukan Bench Press adalah dengan menggenggam bar kurang lebih selebar bahu, menjaga agar kepala, punggung atas, dan pantat selalu menempel di bangku, serta kaki selalu menjejak dengan mantap ke lantai.
Pada saat menurunkan beban selalu menjaga agar beban turun secara perlahan dan terkontrol. Jangan membiarkan beban jatuh bebas ke dada. Posisi siku ke arah luar senyaman mungkin. Posisi bar jatuh di daerah dada atas antara puting dan dagu. Letak bar pada posisi terendah sekitar 2 jari dari dada.
Pada saat menaikkan beban selalu mejaga agar beban naik secara terkontrol dengan usaha dari otot dada dan trisep, bukan otot yang lain. Jaga agar pada posisi teratas siku selurus mungkin tapi tidak sampai mengunci. Siku yang terkunci berarti beban disangga oleh tulang tangan dan bukan lagi pada otot.


Repetition (Rep)
Repetisi atau reps adalah satuan utk pengulangan dari satu exercise.
Misalkan pada Push Up:
Dari posisi bawah sampai posisi atas disebut 1 repetisi. Lakukan 10x disebut 10 reps.


Set
Set adalah kumpulan dari beberapa repetisi.
Misal ada perintah "Lakukan Push Up 4x10 (4 set masing2 10 reps)" maka:
lakukan Push Ups 10reps berturut2, istirahat sebentar, lakukan Push Ups 10reps berturut2, istirahat sebentar, lakukan Push Ups 10reps berturut2, istirahat sebentar, lakukan Push Ups 10reps berturut2.


Tempo
Tempo adalah seberapa cepat beban dinaikkan atau diturunkan.
Misakan ada perintah lakukan Push Up dengan tempo 1-1-3, artinya naikkan badan (gerakan positif )dalam 1 detik, tahan di posisi atas (statis) selama 1 detik, dan turunkan badan (gerakan negatif) selama 2 detik.
Catatan:
  • Perhatikan keterangan yang menjelaskan urutan dari perintah yang diberikan. Terkadang ada beberpa penulis yang suka menggunakan urutan yang berbeda seperti "positive - static - negative" atau "negative - static - positive"
  • Tempo yang paling umum digunakan untuk membangun kekuatan dan massa otot adalah 1-1-3 atau angkat beban secepatnya, tahan sebentar di atas, dan turunkan perlahan.
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di