CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
[Diskusi] Masalah Umum Xenology
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000000880105/diskusi-masalah-umum-xenology

[Reborn] Xenology....

XENOLOGY


Buat yang pertama kali masuk ke trit ini pasti bertanya-tanya dalam hati dan gundah gulana (apaan sih emoticon-Hammer ), Xenology itu sejenis monster, makanan, atau nama momod ya ? emoticon-Nohope

This is it...


Spoiler for "Xenology adalah":


Jadi pengetahuan apa aja yang termasuk Xenology?

Spoiler for "Pengetahuan dalam Xenology":


ada pertanyaan,,unek2,,atau hal yang pengen ditanyain silahkan kemari.. emoticon-Smilie
Thread Xenology ini terbuka untuk umum...gratiss emoticon-Stick Out Tongue Thread ini tentunya juga terbuka bagi siapapun yang meyakini suatu fenomena dalam Xenology itu eksis, ataupun yang tidak mengakuinya. Terkadang believer suatu fenomena juga membutuhkan penentang agar keduanya bisa berdiskusi yang sehat.

Spoiler for "Xenology = HOAX?":


Feel Free to post emoticon-Smilie
Happy Sharing....

Spoiler for ga ngerti gan...topiknya aneh dan bikin bingung:

Kalo pembaca thread menemukan Artikel menarik di Blog/Lounge mengenai Xenology...bisa dimuat/diposting disini untuk dibahas. Jangan lupa tambahkan beberapa opini pribadi atau tambahan comment...supaya enak untuk membuka diskusi..emoticon-Smilie

RULES Internal Thread Xenology


1. sebisanya jgn one liner yah.. emoticon-Big Grin
2. Kalo nemu artikel cantumin juga linknya yaemoticon-Malu (S)
3. biasakan multiquote ya emoticon-Smilie
4. Jangan posting emoticon doang...
5. jangan PI (udah kayak spectre Soccer Room aja nih emoticon-Big Grin )
6. No HOAX icon (only) without explanation emoticon-Bata (S)
7. Boleh SARA emoticon-Bingung (S)

NB : yang ga boleh itu mendiskreditkan SARA emoticon-Hammer
kalo ga boleh SARA, bingung juga nih.. tar ngebahas suku Maya, Inca juga ga boleh dong emoticon-Ngakak (S)
8. ngikut peraturan Kaskus dan Forum Edu yang lain...



Thread ini didukung oleh :

profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Phoenix17
Quote:


Nambahin dikit ya bro... gw setuju dengan asumsi bahwa ADA kehidupan lain selain di bumi, tetapi gw kurang setuju dengan analogi bro brentie mengenai "penembakan bakteri dengan peluru" karena yang gw tangkep nya semua serba kebetulan antara hidup bakteri dan matinya bakteri. Ada yang mati karena kena tembak dan ada pula yang masih mampu bertahan hidup.

Pemikiran gw mungkin agak beda, mungkin kita bisa bahas sama2... menurut gw, adanya kehidupan di bumi karena ada yang mengaturnya, jadi bukan karena kebetulan.
Untuk adanya kehidupan sangat kompleks karena untuk menunjang kehidupan seperti di bumi (earth-like life support), banyak faktor yang harus dipenuhi selain kondisi iklim.

Pemikiran pada umumnya adalah bumi (earth) adalah sebuah planet biasa, ada di urutan ke3 pada sistem tata surya - ada juga lho susunan tata surya tetangga atau di galaksi lain - pada sebuah lokasi di galaksi Bima Sakti - ada juga lho galaksi2 serupa.

Menurut hipotesis yang tertuang dalam buku "Rare Earth: Why Complex Life Is Uncommon in the Universe", sangat banyak kondisi yang HARUS dipenuhi untuk mendapatkan sebuah planet earth-like, antara lain:

1) Zona Galaxy yang Mendukung Kehidupan (galactic habitable zone):
Dari sedemikian luasnya galaxy Bima Sakti, 95% adalah "deadzone" alias -bisa dikatakan- tidak mungkin ada kehidupan seperti bumi. Karena semakin dekat dengan pusat galaksi maka bahan logam semakin jarang, padahal bahan logam adalah salah satu penyusun planet. Adanya perbedaan intensitas radiasi Gamma Ray dan XRay dari pusat galaxy yang bisa berbahaya; dan gaya gravitasi antar planet yang berbeda kalau ia berada di dekat pusat galaxy dengan yang jauh. Kalau terlalu jauh dari pusat galaxy, semakin besar kemungkinan planet akan diserang oleh hantaman asteriod berukuran raksasa.

2) Sebuah bintang karakteristik khusus di tengah tata surya (a right-characteristic central star)
Salah satu point penting penunjang kehidupan yang kita tahu adalah adanya AIR. Contoh bro brentie adalah bakteri di pH ekstrim, artinya dalam air, kan? Air supaya berbentuk cair atau liquid harus berada dalam 0.95 to 1.15 astronomical units. Artinya, jika daya tarik matahari berubah artinya jarak planet ke matahari berubah sehingga satuan astronomi nya berubah, maka air akan berubah wujud. Semakin dekat planet dengan matahari, maka ia akan menguap sedangkan jika semakin jauh akan membeku.
Selain air, ada juga pengaruh matahari terhadap suhu, intensitas cahaya dan radiasi sinar, logam pembentuk planet, serta efek rumah kaca.
Usia bintang (matahari) mempengaruhi juga, karena seandainya pada suatu masa bintang itu mampu mendukung kehidupan, tetapi karena tua akhirnya berubah bentuk menjadi white tiny dwarf. Simple lifeform yang ada pada planet pengitarnya tidak cukup waktu untuk berevolusi menjadi complex lifeform dan akhirnya mati.
Hanya ada 9% bintang dalam galaksi Bima Sakti yang mirip dengan matahari kita, tetapi 9% itu juga mencakup bintang point #1 alias deadzone. Artinya kecil sekali kemungkinan ada bintang yang mampu mendukung kehidupan seperti matahari.

3) Sistem Planet (planetary system having the requisite character)
Ada dua tipe planet yang kita tahu, yaitu planet bebatuan (rocky planet) contohnya bumi kita, dan planet gas raksasa (gas-giant planet) seperti Jupiter dan Saturnus.
Untuk mendukung kehidupan diperlukan logam, dan hanya ditemukan pada rocky planet.
Tidak banyak orang yang tahu bahwa gas giant Jupiter melindungi planet2 "adik2nya" dari serangan asteroid. Seandainya Jupiter diganti dengan planet mirip Saturnus - misalnya, simulasi komputer menghitung bahwa serangan asteroid ke Bumi akan bertambah hingga dua kali lipatnya.
Sejauh kita tahu, belum ada sistem tata surya lain yang memiliki karakteristik susunan planet mirip dengan tata surya matahari kita.
Lokasi gas giant mempengaruhi posisi orbit planet2 lain karena bisa menarik atau malah memperjauh posisi rocky planet dalam rotasi-nya terhadap matahari. Bahkan bisa mengacau orbit (chaotic planetary orbits). Planet dengan orbit tidak stabil diragukan untuk bisa mendukung kehidupan atau evolusi mencapai complex lifeform karena planet akan berada dalam kondisi ekstrem berganti-ganti.

4) Ukuran Planet (the size of the planet)
Planet yang terlalu kecil tidak mampu mengikat atmosfir di permukaannya; atau perubahan suhu akan menjadi ekstrem sehingga tidak bisa memiliki substansi laut sepanjang usia planet itu. Selain itu, planet kecil memiliki jurang-jurang yang amat dalam dan permukaan yang sangat parah. Inti planet akan mendingin dengan lebih cepat, gempa permukaan planet atau gunung meletus disangsikan ada di planet itu.
Yang menarik, dari bintang-bintang tersebut di point#2 di atas menurut penelitian 60%-nya memiliki formasi debu bintang yang diyakini akan membentuk rocky planet.

5) Bulan (the advantage of a large satellite)
Bulan sangat penting untuk rocky planet karena berfungsi menghalau serangan asteroid. Ukuran bulan yang terlalu kecil tidak mampu untuk melindungi planetnya. Tanpa adanya bulan, laut tidak memiliki pasang-surut - hal yang penting saat evolusi complex lifeform.

6) Zona Kehidupan (circumstellar habitable zone)
Dari theory giant impact, sebuah planet akan memiliki bulan saat bertabrakan dengan planet lainnya. Bulan diyakini tercipta dari tumbukan antara bumi muda dengan Theia -awal Mars. Jika sebuah planet berada pada zona yang lain, diragukan bisa terbentuk planet satelit seperti bulan kita.

7) Tektonik (plate tectonics)
Sebuah planet akan memiliki daya tektonik tergantung dari bahan penyusunnya. Sumber tektonik sampai saat ini yang kita tahu adalah inti planet, terpengaruh oleh lubrikasi air yang di bumi kita hanya ada di dasar samudra. Tektonik planet akan memuntahkan materi yang lambat laun menjadi beku, dan menyusun daratan.

8) Lain-lain:

- Susunan kimia udara dan lautan (the chemistry of the lithosphere, atmosphere, and oceans)

- Adanya pemicu evolusi seperti pergerakan es dari kutub atau jatuhnya meteorit (the role of evolutionary pumps)

- Adanya Cambrian explosion, yaitu masa tiba-tiba munculnya complex-life form secara besar2an yang belum terjadi sebelumnya, di bumi terjadi kira-kira 530 juta tahun yang lalu. Semua sampel yang berhasil didapat dan berusia sebelum Cambrian explosion hanya memperlihatkan bentuk simple-lifeform, hidup berkoloni.

- Bentuk Homo Sapiens yang unik.
Memiliki otak sesungguhnya memerlukan (boros) daya metabolisme tubuh, dan menyebabkan "fase anak-anak" sepanjang 25% dari total hidupnya.
Koordinasi yang baik antara mata dengan tangan.
Satu-satunya vertebrata non-burung yang berdiri tegak dengan dua kaki.
Mamalia yang mampu berkomunikasi dengan suara yang khas menjadi percakapan.
Kemampuan berpikir abstrak yang mengarah pada reasoning dan maths.

Dari data tsb gw berpikir kalau adanya kehidupan di bumi tidak terjadi karena kebetulan semata tetapi adanya campur tangan "kehidupan pintar" di luar yang kita tahu (the emergence of intelligent life)...
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di