CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
[Diskusi] Masalah Umum Xenology
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000000880105/diskusi-masalah-umum-xenology

[Reborn] Xenology....

XENOLOGY


Buat yang pertama kali masuk ke trit ini pasti bertanya-tanya dalam hati dan gundah gulana (apaan sih emoticon-Hammer ), Xenology itu sejenis monster, makanan, atau nama momod ya ? emoticon-Nohope

This is it...


Spoiler for "Xenology adalah":


Jadi pengetahuan apa aja yang termasuk Xenology?

Spoiler for "Pengetahuan dalam Xenology":


ada pertanyaan,,unek2,,atau hal yang pengen ditanyain silahkan kemari.. emoticon-Smilie
Thread Xenology ini terbuka untuk umum...gratiss emoticon-Stick Out Tongue Thread ini tentunya juga terbuka bagi siapapun yang meyakini suatu fenomena dalam Xenology itu eksis, ataupun yang tidak mengakuinya. Terkadang believer suatu fenomena juga membutuhkan penentang agar keduanya bisa berdiskusi yang sehat.

Spoiler for "Xenology = HOAX?":


Feel Free to post emoticon-Smilie
Happy Sharing....

Spoiler for ga ngerti gan...topiknya aneh dan bikin bingung:

Kalo pembaca thread menemukan Artikel menarik di Blog/Lounge mengenai Xenology...bisa dimuat/diposting disini untuk dibahas. Jangan lupa tambahkan beberapa opini pribadi atau tambahan comment...supaya enak untuk membuka diskusi..emoticon-Smilie

RULES Internal Thread Xenology


1. sebisanya jgn one liner yah.. emoticon-Big Grin
2. Kalo nemu artikel cantumin juga linknya yaemoticon-Malu (S)
3. biasakan multiquote ya emoticon-Smilie
4. Jangan posting emoticon doang...
5. jangan PI (udah kayak spectre Soccer Room aja nih emoticon-Big Grin )
6. No HOAX icon (only) without explanation emoticon-Bata (S)
7. Boleh SARA emoticon-Bingung (S)

NB : yang ga boleh itu mendiskreditkan SARA emoticon-Hammer
kalo ga boleh SARA, bingung juga nih.. tar ngebahas suku Maya, Inca juga ga boleh dong emoticon-Ngakak (S)
8. ngikut peraturan Kaskus dan Forum Edu yang lain...



Thread ini didukung oleh :

profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Phoenix17
Quote:


Well, asumsi gw secara general sih. Soalnya gw sering denger2 di forum2 debat antar believer, kesimpulan yg ditarik sering berbunyi "agama atau aliran kita boleh beda, tapi tuhan kita sama, yang menciptakan dunia dan sei-isinya".

Menurut gw, arti Tuhan menjadi diperluas utk semua aliran kepercayaan, bukan arti sempit seperti "dewa yang hanya menciptakan api, or dewa yang mencipktakan petir, dll, tetapi artinya menjadi Sang pencipta dunia dan isinya. Dan karena hampir semua ajaran keyakinan dan aliran (you name it emoticon-Big Grin) pasti tertuju kepada suatu entitas "sang pencipta bumi dan isinya", bukankah kita bisa ambil kesimpulan kalau Tuhan semua keyakinan adalah satu, dan hanya nama atau ajaran nya yg berbeda.

Klo masalah perorangan yg tidak mengakui Tuhan keyakinan lain, itu sih mslh pribadi yah, secara semua aliran kepercayaan tertuju ke pada Tuhan yang mempunyai definisi sebagai Pencipta. Tp klo dalam general, gw rasa gw bisa ambil kesimpulan kalau semua agama tertuju kepada 1 tuhan, yaitu sbg sang pencipta. Sorry klo oot dikit nih emoticon-Big Grin

Quote:


Hmmm, memang manusia mempunyai insting utk butuh sesuatu yg lbh superior sbg tempat mengadu atau curahan hati, bahkan memohon.

Tp ruang lingkup yg gw bahas sih, ttg pengetahuan dan kebenaran cerita2 mitos dewa orang jaman primitif. Cerita meraka kan secara detail, bagaimana dewa mereka menampakan diri, apa saja yg dilakukan, keajaiban2 yg dilakukan, dll.

So, ada 3 kemungkinan diluar insting manusia akan kebutuhan Tuhan, 1. cerita tsb adalah fiktif,

2. Dewa tsb memang2 benar (sama persis dan ada) spt yang ada di dalam mitos tsb,

3. Dewa yang di dalam mitos bukan dewa, melainkan makhluk asing, fenomena alam, dll, yang mgkn orang jaman dahulu belum menemukan kata2 yang tepat utk mendeskripsikan atau menjelaskan nya seperti kita menjelaskan fenomena alam sekarang.

Jadi, gw bukannya berbicara ttg insting manusia yg butuh sesosok tuhan, ttp gw mempertanyakan kebenaran ttg mitos2 orang jaman dahulu. Bisa ga klo kita mengubah definisi dewa2 atau fenomena2 aneh dengan definisi/istilah modern kita sekarang, so kita melihat nya tidak lagi bukan sebagai mitos atau khayalan or mukjizat, tetapi sebagai fakta sains emoticon-Big Grin

Just my 2 cents
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di