CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
[Diskusi] Masalah Umum Xenology
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000000880105/diskusi-masalah-umum-xenology

[Reborn] Xenology....

XENOLOGY


Buat yang pertama kali masuk ke trit ini pasti bertanya-tanya dalam hati dan gundah gulana (apaan sih emoticon-Hammer ), Xenology itu sejenis monster, makanan, atau nama momod ya ? emoticon-Nohope

This is it...


Spoiler for "Xenology adalah":


Jadi pengetahuan apa aja yang termasuk Xenology?

Spoiler for "Pengetahuan dalam Xenology":


ada pertanyaan,,unek2,,atau hal yang pengen ditanyain silahkan kemari.. emoticon-Smilie
Thread Xenology ini terbuka untuk umum...gratiss emoticon-Stick Out Tongue Thread ini tentunya juga terbuka bagi siapapun yang meyakini suatu fenomena dalam Xenology itu eksis, ataupun yang tidak mengakuinya. Terkadang believer suatu fenomena juga membutuhkan penentang agar keduanya bisa berdiskusi yang sehat.

Spoiler for "Xenology = HOAX?":


Feel Free to post emoticon-Smilie
Happy Sharing....

Spoiler for ga ngerti gan...topiknya aneh dan bikin bingung:

Kalo pembaca thread menemukan Artikel menarik di Blog/Lounge mengenai Xenology...bisa dimuat/diposting disini untuk dibahas. Jangan lupa tambahkan beberapa opini pribadi atau tambahan comment...supaya enak untuk membuka diskusi..emoticon-Smilie

RULES Internal Thread Xenology


1. sebisanya jgn one liner yah.. emoticon-Big Grin
2. Kalo nemu artikel cantumin juga linknya yaemoticon-Malu (S)
3. biasakan multiquote ya emoticon-Smilie
4. Jangan posting emoticon doang...
5. jangan PI (udah kayak spectre Soccer Room aja nih emoticon-Big Grin )
6. No HOAX icon (only) without explanation emoticon-Bata (S)
7. Boleh SARA emoticon-Bingung (S)

NB : yang ga boleh itu mendiskreditkan SARA emoticon-Hammer
kalo ga boleh SARA, bingung juga nih.. tar ngebahas suku Maya, Inca juga ga boleh dong emoticon-Ngakak (S)
8. ngikut peraturan Kaskus dan Forum Edu yang lain...



Thread ini didukung oleh :

profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Phoenix17

Hikayat Norse (tambahan)

Dulu pernah ada kaskuser post ini, tapi gw lupa IDnya emoticon-Nohope
btw, ini dia ...

Norse Chronicle

Swedia, Denmark, Norway dan Finlandia yang termasuk negara-negara skandinavia kan juga satu rumpun yaitu norse. Mereka juga membawa budaya mereka ke Islandia. Dan ini gw tulis mengenai mereka. Mengenai asal-usulnya tentang dunia.
Dalam legenda Norse, pada awalnya semuanya itu kosong bernama Ginnungagap. Ginnungagap berada di tengah2 antara Niflheim di utara dan Muspelheim dan di selatan. Yang pertama muncul berasal dari pertemuan antara es Niflheim dan api Muspelheim bertemu. Yang pertama adalah Ymir, raksasa kuno, bapa dari para raksasa Es(salah satu ras dalam Norse myth) .

Ymir memiliki anak bekepala enam yg dibesarkan oleh sapi cosmic ( masalah cosmic myth nanti kita bahas) bernama Audumla. Audumla memberi makan dirinya dengan cara menjilat es batu asin sampai es tersebut berbentuk seperti manusia. Manusia batu pertama dinamai Buri dia adalah dewa primitive pertama. Buri memiliki anak bernama Bor

Bor menikahi Bestla raksasa wanita anakd dari raksasa es Botla. Mereka adalah orang tua dari Dewa Aesir yg pertama Odin, Vili dan Ve

Pada saat itu Ymir berkembang menjadi sangat besar, buas dan jahat sehingga ketiga dewa Aesir sepakat untuk membunuhnya. Darah dari Ymir yg terbunuh sangatlah deras sampai menyapu semua raksasa es hanya Bergelmer dan istrinya yg berhasil menghindar. Mereka pergi dan menetap di pegunungan Jötunheim yg kelak menjadi rumah bagi para raksasa.

Odin dan saudaranya mencipatakan dunia dari tubuh Ymir. Universe terdiri dari 9 dunia. Daging dari Ymir digunakan untuk menciptakan Bumi, darahnya untuk menciptakan laut. Menggunakan percikan dari Muspelheim untuk menciptakan matahari, bulan dan bintang. Tengkorak Ymir digunakan oleh para dwarf (Nordri, Sudri, Austri, and Vestri ) untuk menciptakan Heaven. Dari alis Ymir diciptakan dunia manusia bernama Midgard.

Pohon Dunia (Yggdrasill ) diciptakan dan menghubungkan 9 dunia dengan rantingnya.

Dunia pertama adalah Muspelheim dunia api

Dunia kedua adalah Niflheim dunia es

Dunia ketiga adalah Niflhel yg berarti neraka (sebagian penulis menyamakan Niflhel dan Niflheim)

Dunia keempat adalah Asgard ( rumah para dewa Aesir)

Dunia kelima adalah Vanaheim rumah para dewa Vasir

Para raksasa es hidup di Jötunheim sebagai dunia keenam

Dunia ketujuh bernama Midgard dunia Manusia

Dunia kedelapan bernama Alfheim rumah dari para Light Elves (ljósálfar)
Dunia bawahnya benama Svartalfheim didiami para black Elves

Dunia kesembilan bernama Nidavellir tempat hidup para Dwarf
Dari The Three Wells yg pertama adalah Urdarbrunnr atau dikenal juga
dengan Weird's Well atau Urda's Well. Sumur ini dijaga oleh Norns, para goddesses destiny atau fate. Mereka terdiri dari Urda atau Weird ("Past"), Verdandi ("Present") dan Skuld ("Future").  nanti kita bandingkan dengan kebudayaan yunani , gaul dan Egypt

Weird's Well dianggap yg paling suci. Para Norns mengambil air dari sumur tersebut untuk menjaga akar dari Yggdrasill, dikatakan tanah lembah disekitar sumur sangatlah hijau dan penuh dengan bunga. Di sumur ini, dua ekor bangau hidup dan minum airnya.

Setiap harinya, para Aesir duduk di ruang pertemuan pada Weird's Well. Kuda-kuda membawa para Aesir ke ruang pertemuan ini, Ada 10 kuda yg betugas Glad, Gyllir, Glær, Skeidbrimir, Silfrtopp, Sinir, Gils, Falhofnir, Lettfet , Gulltopp ( milik Heimdall) dan Odin mengendarai Sleipnir .Para Aesir harus melewati Bifrost (Rainbow Bridge) untuk mencapai sumur ini. Thor tidak pernah mengendarai kuda, dia akan berjalan melewati Kormat and Ormt dan dua Kerlaugs.

Sumur yg kedua bernama Mímisbrunnr (Mimisbrunnr) atau "Well of Mimir", atau juga "sumur pengetahuan" dijaga oleh dewa Aesir bernama Mimir ( dewa pengetahuan)

Sumur yg ketiga bernama Hvergelmir atau "Roaring Kettle", dimana ular raksasa bernama Nidhogg hidup, terus menerus menggerogoti akar pohon Yggdrasill di daerah Niflheim. Nidhogg akan terus menggerogotinya sampai pada jaman Ragnarok ketika akhirnya Yggdrasill akan rubuh. Dikatakan dalam legenda, Nidhogg juga suka menyedot jazad.

Sebelum g membahas, Aesir God, Varis God, raksasa Es, dan ragnarok g akan membahas Asgard (dunia para dewa) dan Midgard (juga penciptaan manusia menurut Norse dulu )

Gw mencoba membuat thread nya sesistimatis mungkin, sehingga ceritanya mudah dipahami satu sama lain dan saling berhubungan.

Yang unik dari Norse myth adalah dari awal, para dewa mengatahui tentang ragnarok (end of the day), sudah ditetapkan siapa yg akan mati dan oleh siapa, namun dalam cerita ,meraka tetap menjalaninya.

Ada beberapa side story dan legenda yg mungkin tidak akan gw tulis seperti petualangan Thor dengan para raksasa, mungkin nanti akan gw tulis ketika sempat sebagai side story.

Ini bentuk dunianya di dinamakan Yggdrasil :






Lalu kebudayaan norse dibawa ke Islandia oleh orang2 Viking

Liat ga patternnya kebudayaan norse ini, daerah yg diselimui salju, musim dingin yg lebih panjang dari daerah lain di Eropa, banyak gletser2 yg menjadi ciri has bumi utara yg dingin ( bandingkan dengan asal cerita tentang raksasa es) ada sebagian sumber yg mengatakan Asgard juga diselimuti es abadi, hanya bagian Weird's Well yg selalu diselimuti oleh musim semi abadi.

Midgard

Midgard adalah rumah dari ras manusia, Nama lainnya adalah Manheim, Mannheim atau Manna-heim ( rumah dari peradaban manusia)

Setelah tiga dewa (Odin, Hœnir (Vili) dan Lodur (Ve)) menciptakan Midgard, mereka mulai menciptakan manusia dari batang kayu yg mereka temukan di tepi pantai. Dari batang pohon ini, mereka membuat pria dan wanita pertama, bernama Askr dan Embla. Setiap dewa memberi mereka hadiah, Odin memberi nafas kehidupan. Hœnir memberi mereka pemahaman, pengetahuan dan jiwa. Lodur memberi mereka akal dan bentuk luar (wajah dan badan )

Ada mitos tambahan tentang penciptaan manusia ini, walaupun tiga dewa menciptakan manusia, namun yg menciptakan tatanan masyarakat (human society) adalah dewa bernama Heimdall( akan dibahas dalam cerita tentang dewa Aesir) Pada suatu waktu Heimdall (atau suka disebut Rig), menikmati keramah tamahan dari 3 pasangan tua ketika dia berkelana. Setiap pasangan sudah sangat tua dan memiliki cucu dan buyut. Heimdall secara rahasia tidur dengan setiap istri dari pasangan tua ini, dan setiap istri melahirkan seorang putera.

Rig menghabiskan tiga malam di rumah pasangan yg pertama , dari "nenek" pertama lahir lah Thrall, the labourer (buruh). Thrall tumbuh besar dan kuat, kemudian dia menikah dengan wanita bernama Slavergirl ( dari sononya ) dan mereka akan menjadi leluhur dari pada thrall (pelayan) dan para slave (budak )

Dari "nenek" yg kedua, lahirlah Farmer, ketika dia tumbuh dewasa dan kuat dia akan menikah dengan seorang wanita dan akan menjadi leluhur dari pada kaum petani. Dari "nenek' terakhir yg Rig kunjungi, akan lahir seorang putera bernama Lord, dia amenikahi Erna puteri dari kepala suku. Meraka menjadi leluhur dari kelas tertinggi di kebudayaan Norse kelas bangsawan.

Asgard

Asgard adalah rumah dari dewa dan dewi Norse yg dikenal sebagai Aesir. Ada duabelas istana dan hall, satu untuk setiap Aesir . Asgard adalah satu dari sembilan dunia, Diantara Asgard dan Giantland terdapat hutan yg sangat luas dan lebat bernama Mirkwood atau Myrkwood ( LOTR lg nih)

Satu-satunya jalan menuju Asgard adalah melalui "Rainbow Bridge" bernama Bifrost (Bilfrost) atau suka juga disebut Asabru atau As-bridge. Menurut legenda Norse, warna merah dalam pelangi adalah api yg digunakan untuk mencegah para raksasa gunung dan raksasa es melewatinya menuju Asgard. Heimdall adalah dewa yg bertugas menjaga tempat ini, Tempat unutk Heimdall bernama Himinbiorg dan terletak didekat Bilfrost.

Tempat tinggal Thor bernama Thrudyangar. Memiliki 540 apartment dan hall utamanya bernama Bilskirnir. Balder tinggal di Breidablik dan Forseti terdapat hall bernama Glitnir tempat dimana dia bertindak sebagai hakim di dunia dewa dan manusia.

Freyja tinggal di istana bernama Fólkvangar (Folkvangar). Dia memilki beberapa hall dirumahny, tempat utamanya adalah hall Sessrumnir, tapi dia juga sering terlihat di Folkvang ("Field of Folk"). Ayahnya adalah Dewa laut bernama Njord, tinggal di laerah pantai bernama Noatun, sedangkan kakak laki2 nya Freyr adalah Raja dari para Elves rumahnya bernama Alfheim dunia para Elves.

Frigg, istri Odin tinggal di hall bernama Fensalir. Tidak ada seorang pun yg dapat masuk dan bertemu dengannya tanpa ijin dari Fulla dan Asynia pelayana atau dayang dari Frigg.

Odin tinggal di great hall bernama Valaskjalf dimana dia memiliki singgasana bernama Hlidskjalf. Dikatakan atap dari Valaskjalf terbuat dari perak. Hall milik Odin yg paling terkelanal adalaha Valhala (akan dibahas nanti)

Pusat dari Asgard adalah Idavoll. Di sini terdapat hall Gladsheim dan Vingolf. Gladsheim adalah bangunan terbevar dan terbaik terdapat 12 tahta dan semuanya di tempat ini terbuat dari emas. Vingolf sanctuary yg sangat indah adalah untuk para Dewi Norse.
Valhalla
Valhalla atau "Hall of the Heroes" mungkin bias dibilang tempat yg paling terkenal di Norse Mythology. Banyak yg salah mengartikan Valhalla sebagai surga kaum Norse, sedangkan Valhalla sendiri adalah salah satu Hall di kediaman Odin. Di sini berkumpul para perwira, pahlawan , pejuang , prajurit terberani dan terhebat yg sudah meninggal (dikenal sebagai Einherjar/Einheriar) yg menunggu kedatangan Ragnarok untuk beperang bersama para dewa dalam menghadapi para raksasa.

Ketika para pahlawan ini tewa di medan perang, mereka akan dibawa ke Valhalla oleh sekelompok prajurit wanita dikenal sebagai Valkyries (diterjemahkan Chosen of the slain) mereka juga dikenal sebagai "gadis pertempuran" atau " gadis perisai". Nama lain meraka adalah "gadi bangau" karena pakaian mereka terbuat dari bulu bangau yg membuat mereka dapat terbang. Valkyries adalah pelayan Odin, tugas mereka adalah memilih para pejuang yg meninggal di medan perang dan "worthed enough" untuk berperang pada saat Ragnarok dan di tempatkan di Valhalla. Bila para Valkyries sedang berada di Valhalla, mereka dipangil juga dengan sebutan "Gadis Daging" karena bertuga untuk menyediakan daging untuk Odin dan para Einherjar.

Diceritakan, ketika para Einherjar menunggu kedatangan Ragnarok, mereka akan bertarung antar sesamanya disiang hari, dan akan berpesta dimalam harinya. Pada malam hari sehabis "pertarungan" para Einherjar akan berpesta ditemani oleh Odin (yg hanya minum anggur). Menurut legenda, Valhalla terdapat 540 pintu, dan dari setiap pintu 800 orang ksatria dapat masuk dan keluar.Cahaya yg menyinari Valhalla bukan berasal dari Api, tapi dari pedang-pedang yg mengkilap
Tempat lain dimana para "fallen warrior) bersemayam dinamakan Vingolf, yg diartikan "wine –hall" atau " friend-hall" tempat ini adalah untuk para manusia "kebenaran" bukan hanya Einherjar. Mirip Elysian Fields di Greek Mythology. Vingolf ini berbentuk pulau terletak di paling selatan dari surga (LOTR menggabungkan Vingolf ini dengan Alfheim ).

Tidak semua Einherjar akan menuju Valhalla , setengah dari para ksatria ini akan berada di bawah kekuasaan Freyja di tempat bernama Fokyang.

Dewa Aesir & Vanir

Odin – pemimpin para dewa, disebut juga dewa perang ayah dari Thor. Dan Odin blood brother.

Thor – dewa terkuat, dewa petir dan halilintar.

Tyr – dewa satu tangan, dewa keberanian dan kekuatan. Membunuh dan dibunuh Garm dalam Ragnarok

Njord – dewa laut dan angina. Pemimpin dari para Vanir

Fryer- dewa kesuburan, , cahaya (matahari) dan kekayaan, pemimpin dari Elf, dan yg akan pertama mati dalam Ragnarok

Freyja – dewa cinta, kecantikan, perang dan kematian, saudara kembar dari Fyer

Heimdall – penjaga pintu masuk asgard, dan pertanda Ragnarok dimulai. Pada Ragnarok dia dan Loki akan saling bunuh.

Loki – pada awalnya adalah raksasa , tapi karena menjadi "blood brother" Odin dia mendapat kedudukan di antara para dewa. Dewa kelicikan , tipu muslihat dan tipu daya. Pemimpin dari para raksasa dan monster yg menyerang Asgard pada Ragnarok.

Vidar – anak dari Odin yg membalaskan dendam ayahnya pada ragnarok. Satu dari sedikit dewa yg selamat setelah RAgnarok (akan dijelaskan pada bagian Ragnarok)

Balder – dewa keindahan, yg terkasih diantara para dewa, terbunuh oleh ulah Loki sebelum ragnarok ( menjadi salah satu tanda ragnarok akan tiba) dan setelah Ragnarok akan hidup kembali membangun dan memimpin dunia baru.

Hell – anak dari Loki, penguasa dunia bawa ( seperti Hades)-


Monster dan Giant

Midgard serpent /Jörmungand – keturunan dari Loki, symbol dari kejahatan, musuh besar dari Thor dan yg nantinya akan saling membunuh dengan Thor.

Fenrir – serigala raksasa , keturunan dari Loki dan juga saudara dari Jörmungand dan Hell. Dia diikat oleh para dewa ( Tyr mengorbankan 1 tangannya untuk mengikat dia) ketika Fenrir terlepas dari ikatannya, merupakan salah satu tanda RAgnarok akan dimulai. Dia membunuh Odin, dan nantinya akan dibunuh oleh Vidar.

Garm – hellhound penjaga gerbang istana underwold, membunuh dan dibunuh oleh Tyr.

Surt – pemimpin raksasa api di Muspelheim, membunuh Freyr dan akan mengakhiri Ragnarok dengan cara menghancurkan 9 dunia dengan api.

Dan ini bagian terakhir yaitu ..

Ragnarok.

Ragnarok adalah kehancuran dari Dewa dan manusia, juga 9 dunia.. Di mythology German , Ragnarok ini bernama Götterdämmerung (Gotterdammerung). Tidak ada yg akan terhindar dari kehancuran ini, di bumi maupun di surga. Perang antara kebaikan dan kejahatan. Kebaikan akan diwakili oleh para Aesir dipimpin oleh Odin. Kejahatan diwakili oleh para raksasa dan monsters dipimpin oleh Loki.

Ada satu hal unik tentang Ragnarok ini. Bahwa sudah diramalkan kedatangannya, siapa akan melawan siapa dan membunuh siapa, apa yg akan terjadi kemudian dan seterusnya, tapi mereka tetap menghadapi semua tersebut dengan berani.

Ada beberapa pertanda akan kedatangan Ragnarok ini. Ketika Ragnarok akan tiba, musim salju dan cuaca dingin akan berlangsung selama 3 tahun bernama Fimbulwinter yg berarti musim dingin dari musim dingin,. Selama waktu ini, musim panas tidak akan datang. Dunia akan penuh dengan kekacauan, peperangan, semua pantangan akan dilanggar, saudara akan saling membunuh ,anak laki-laki akan membunuh ayahnya. Periode ini akan dikenal dengan nama jaman kapak, jaman pedang, jaman serigala dan jaman angin.

Kematian Balder akibat ulah Loki. Kemudian lepasnya Loki dari kurungan para Dewa, Lepasnya Fenrir dari ikatan magisnya dan lepasnya Jörmungand dari kurungannya di dasar samudera. Nidhogg akhirnya akan memakan habis akar penyangga yg mendukung Niflheim. Pada waktunya, Loki akan memimpin para raksasa dan monster untuk menghancurkan dewa dan manusia. Para raksasa es akan meninggalkan Jötunheim menuju , plain of Vigrid menggunakan kapal bernama Naglfar dipimpin oleh Hymir. Para raksasa api akan meninggalkan Muspelheim, dipimpin oleh Surtr.

Matahari akan dimakan oleh Skoll, dan bulan akan dimakan oleh Hatti. Bintang-bintang akan berjatuhan dari langit.

Heimdall adalah dewa pertama yg melihat kedatangan para musuh ini, dia akan meniupkan terompetnya yg akan terdengar di 9 dunia. Para dewa Aesir dan Einherjar akan bergegas menuju plain of Vigrid dipimpin oleh Odin. Njord akan bergabung dengan para dewa Aesir dan Freyr akan membawa juga pasukan elvesnya.

Pada pertempuran penentuan ini, Freyr akan menjadi dewa yg pertama gugur ketika dia melawan Surtr, hal ini diakibatkan diberikannya pedangnya kepada pesuruhnya Skírnir. Odin melawan Fenrir dan Thor akan melawan Jörmungand. Odin akan gugur oleh Fenrir yg kemudian dibunuh oleh Vidar. Thor berhasil membunuh Jörmungand namun akan gugur setelah mundur tidak lebih dari 9 langkah akibat racun dari Jörmungand. Tyr dan Garm akan berperang sampai keduanya sama-sama mati terbunuh. Loki akan bertarung secara imbang dengan Heimdall sampai keduanya juga sama-sama terbunuh. Akhir dari Ragnarok ini adalah ketika Surtr membakar sembilan dunia dengan apinya, Hampir semua kehidupan akan hancur karenanya. Bumi akan terkubur ke dasar samudera

Ketika Ragnarok berakhir, Bumi akan naik dari samudera, Gimle akan tetap ada dan menjadi tempat tinggal baru para dewa. Bumi akan penuh dengan bunga dan kehijauan. Matahari baru akan terbit kembali.

Setelah Ragnarok berlalu, hampir semua dewa Aesir akan gugur, yg tersisa tinggal Vill, Vidar, Vali, Njord , para dewi dan sebagian dewa2 lainya termasuk Modi dan Magni akan selamat.Hod akan telahir kembali. Balder akan terlahir kembali dan memimpin dunia ini dengan damai.

Dua manusia bernama Lif and Lifthrasir akan selamat dari Ragnarok mereka akan berkembang biak dan memenuhi dunia ini dengan keturunannya. Dunia baru tiba, dimana Dewa dan manusia hidup dalam kedamaian dan makanan berlimpah.
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di