CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
[Diskusi] Masalah Umum Xenology
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000000880105/diskusi-masalah-umum-xenology

[Reborn] Xenology....

XENOLOGY


Buat yang pertama kali masuk ke trit ini pasti bertanya-tanya dalam hati dan gundah gulana (apaan sih emoticon-Hammer ), Xenology itu sejenis monster, makanan, atau nama momod ya ? emoticon-Nohope

This is it...


Spoiler for "Xenology adalah":


Jadi pengetahuan apa aja yang termasuk Xenology?

Spoiler for "Pengetahuan dalam Xenology":


ada pertanyaan,,unek2,,atau hal yang pengen ditanyain silahkan kemari.. emoticon-Smilie
Thread Xenology ini terbuka untuk umum...gratiss emoticon-Stick Out Tongue Thread ini tentunya juga terbuka bagi siapapun yang meyakini suatu fenomena dalam Xenology itu eksis, ataupun yang tidak mengakuinya. Terkadang believer suatu fenomena juga membutuhkan penentang agar keduanya bisa berdiskusi yang sehat.

Spoiler for "Xenology = HOAX?":


Feel Free to post emoticon-Smilie
Happy Sharing....

Spoiler for ga ngerti gan...topiknya aneh dan bikin bingung:

Kalo pembaca thread menemukan Artikel menarik di Blog/Lounge mengenai Xenology...bisa dimuat/diposting disini untuk dibahas. Jangan lupa tambahkan beberapa opini pribadi atau tambahan comment...supaya enak untuk membuka diskusi..emoticon-Smilie

RULES Internal Thread Xenology


1. sebisanya jgn one liner yah.. emoticon-Big Grin
2. Kalo nemu artikel cantumin juga linknya yaemoticon-Malu (S)
3. biasakan multiquote ya emoticon-Smilie
4. Jangan posting emoticon doang...
5. jangan PI (udah kayak spectre Soccer Room aja nih emoticon-Big Grin )
6. No HOAX icon (only) without explanation emoticon-Bata (S)
7. Boleh SARA emoticon-Bingung (S)

NB : yang ga boleh itu mendiskreditkan SARA emoticon-Hammer
kalo ga boleh SARA, bingung juga nih.. tar ngebahas suku Maya, Inca juga ga boleh dong emoticon-Ngakak (S)
8. ngikut peraturan Kaskus dan Forum Edu yang lain...



Thread ini didukung oleh :

profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Phoenix17
Quote:


Anunaki....


Legenda Anunaki ini dibagi dalam 2 bagian, yg satu ada didalam Legenda Sumeria dan yang lainnya didalam Legenda Babylonia, Walaupun mereka berdua berasal dari kebudayaan Mesopotamia tetapi Gap waktu diantara 2 kerajaan besar ini jauh sekali, hampir 2000 thn.

Anunaki itu artinya Langit dan Bumi. Mereka ini adalah kelompok para Dewa pelindung bumi. 300 di Langit dan 300 di bumi.

Cerita mengenai Anunaki digolongkan sebagai sebuah mitologi dan tampaknya mempengaruhi kebudayaan2x lain yang berkembang selanjutnya di daerah Mesopotamia dan Ionia (Yunani).

Mereka terlahir dari Anu dan Ki, The Heaven and The Earth.

Pemimpin mereka adalah sekelompok "Dewa" yang berasal dari langit yang disebut Council of Anu (Anuna), mereka memerintah dari Dilmun (The City Of Gods setara Olympus dalam mitologi Yunani). Dan kemudian mereka memerintahkan para Igigi untuk "menuai" hasil di bumi ini (Menambang Emas).

Singkat cerita terjadi keributan diantara para Igigi ini mengenai tugas dan pekerjaan mereka dan jg terjadi perebutan kekuasaan antara Enlil dan Enki. Kingu dan Tiamat memimpin para Igigi untuk memberontak tetapi berhasil dikalahkan oleh Marduk anak dari Enki.

1/3 dari para Igigi telah musnah dalam perang ini dan akibatnya sekarang tidak ada lagi yang melakukan pekerjaan mereka. Council of Anu kemudian meminta saran Enki yang akhirnya membuat "mahluk" dari Tanah liat yg dicampur dgn darah dari Kingu dan jadilah mereka disebut Manusia.

Mereka mengerjakan tugas2x untuk membuat hidup para Dewa menjadi nyaman. Tetapi kemudian mereka sering sekali memohon dan meminta dan jg membuat keributan.

Pada awalnya manusia tidak dapat bereproduksi, mereka diciptakan sesuai kebutuhan. Enki mempercayakan pengerajaan pembuatan manusia kepada seorang Dewi bernama Mami.

Karena kebutuhan para Dewa yang terus menerus meningkat maka mami menciptakan banyak sekali manusia. Manusia ini karena tidak memiliki kekuatan apa2x selalu hanya bisa meminta dan meminta kepada para Dewa dan ini mengesalkan Enlil, Raja para Dewa di Eridu. Dia lalu menurunkan wabah penyakit. Dan punahlah manusia versi ke 2.

Kemudian para Igigi diperintahkan untuk mengerjakan tugas2x manusia kembali, setelah 40 hari para Igigi tidak mau melakukan pekerjaan kasar ini dan kemudian perang terjadi lagi. Perang kali ini memperebutkan Pohon kehidupan dimana manusia "dibuat". Akibatnya Pohon kehidupan ini rusak. Para Igigi ingin merebut Pohon kehidupan karena dengan ini mereka dapat membuat manusia sendiri dan tidak perlu lagi mengerjakan pekerjaan kasar yang diminta oleh para Dewa di Langit dan jg di Bumi.

(Dalam hal ini, para Dewa di bumi seperti seorang Mandor yang menjaga pekerjaan dan para Dewa dilangit seperti para Manager yang memberi High Level Instruction).

Enki lalu menciptakan Manusia baru generasi ke 3. Kali ini karena pohon kehidupan telah rusak maka dia menciptakan hal baru yaitu manusia sekarang dapat bereproduksi sendiri. Igigi diperintahkan untuk mengajari manusia2x ini untuk melakukan tugas yang seharusnya mereka lakukan.

Enlil berpesan bahwa manusia2x ini tidak boleh diajari rahasia para Dewa. Tetapi Enki mengajari para manusia ini bagaimana bercocok-tanam, membuat obat2xan, etc. Dan juga para Igigi akhirnya hidup dengan para manusia dan menghasilkan keturunan2x yang disebut Para Avatar (Raja para manusia).

Hal ini membuat Enlil sangat murka, apa yang terjadi kemudian tidak begitu jelas karena Batu tempat tulisan ini dipahatkan rusak (Batunya masih bisa dilihat sebagian di Museum of London dan sebagian lagi di Museum Berlin Timur). Sisanya hanya menceritakan bahwa akhirnya Enlil berencana menengelamkan seluruh manusia dalam banjir besar karena kesal melihat hal ini. Enki yang jg mengetahui hal ini diminta untuk bersumpah tidak akan membocorkan rahasia ini.

Tetapi Enki yang menciptakan manusia mengetahui potensi dari manusia2x ini dan kemudian dengan caranya dia memberitahukan perihal banjir besar ini pada Atrahasis/Utnaspistim/Ziusudra (Tergantung mau pake bahasa apa Akkadian, Babilonian,sumerian) yang diperintahkan membuat perahu besar dan memasukan sebanyak mungkin hewan2x secara berpasangan.

Akhirnya hujan besar dan banjir tiba, selama 7 masa banjir menengelamkan bumi. Untuk mengecek apakah banjir sudah surut pertama mereka menurunkan seekor angsa, lalu kemudian seekor gagak dan terakhir seekor merpati yang kembali membawa daun pohon zaitun. Setelah yakin bahwa banjir sudah selesai, mereka kemudian menurunkan hewan2x itu dan kemudian dia membuat Mezbah dan memohon ampunan pada Enlil dan para dewa lainnya.

Utu (Dewa Matahari) yang pertama melihat hal ini segera melaporkan kepada Enlil bahwa ada seorang manusia yang selamat. Enlil sangat marah dan mengetahui bahwa Enki telah melanggar sumpahnya untuk tidak memberitahukan manusia.

Tetapi setelah mendengar pendapat dari Council of Anu yg berkata bahwa jika manusia semua musnah dan tidak ada lagi yang mengerjakan tugas "menuai" dunia ini maka nanti para Dewa akan berperang lagi dan itu akan sangat "Costly". Pohon kehidupan telah rusak dan butuh waktu untuk memperbaikinya dan oleh sebab itu tidak dapat lagi menciptakan manusia jika manusia semua musnah. Dan juga Enki berargumen bahwa

Akhirnya Enlil mengerti dan karena dia melihat bahwa Manusia yang satu ini sungguh2x mau tunduk pada kehendaknya maka dia memberikan air kehidupan yang membuatnya hidup abadi dan diterima di Dilmun (The City Of Heavenly Gods).

Enlil ingin menghukum Enki akibat tindakannya tetapi Enki berhasil untuk membuat Enlil mengerti bahwa tidak adil untuk menghukum seluruh manusia atas tindakan beberapa orang diantara mereka. Enki berhasil membuat kesepakatan dengan Enlil dan dia berjanji tidak akan pernah lagi menghukum manusia dengan banjir besar.

Enki dan Enlil kemudian menaruh "peraturan" baru didalam "ME" (Tablet Of Destiny, yang ngatur semua hukum alam semesta dan jg aturan2x lainnya) yang gunanya menjaga keseimbangan populasi manusia (Dengan menempatkan Wabah Penyakit, kelaparan, etc. Buat ngatur populasi manusia).

(Ini mungkin sebannya kenapa The Black Death selalu muncul setiap 400 thn sekali di Eropa tanpa alasan yang jelas dan hilang tanpa alasan yang jelas pula.)

Dengan ini keseimbangan baru terjadi, langit dan bumi kembali damai sampai datangnya Marduk yg setelah mendapatkan kekuatan Enki dan mengalahkan Enlil kemudian menjadi Raja para Dewa di dunia. Marduk jg merebut "Me" tetapi akhirnya memberikan "Me" itu pada Council of Anu dengan janji bahwa mereak tidak lagi mencampuri urusan kehidupan Manusia tetapi dia jg berjanji bahwa manusia tetap akan memberikan kebutuhan para dewa dari hasil yg dituai dibumi ini. Dengan demikian Marduk menjadi Penguasa Bumi tunggal.

Untuk menjadi Balance dari kekuasaan Marduk, Council of Anu memerintahkan Hannean dan 12 avatar yang diberi jubah emas untuk mengawasi bumi. Hannean ini konon dilahirkan kembali setiap 200/2000 thn sekali dan bersamanya akan ada 12 orang yang menjadi pengikutnya, mereka akan menjadi restorer of the balance. Council Of Anu kemudian pergi dan berjanji akan datang kembali untuk mengambil hasil tuaian itu dan sampai sekarang we'r still waiting......
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di