banyak sekarang gan, pireli, goodyear udah banyak yang made in china, trus ada wanli (biasanya dipakai truk2), trus ada merk2 yang jelas2 pakai bahasa mandarin, biasanya dipasarkan untuk kendaraan angkutan berat seperti ekspedisi2 dll. Nah yang made in china itu susah di balance... Nah klo achil...
gpp kok gan timah berjajar panjang, kan tujuannya memang untuk balancing ban+velg tersebut. Biasanya klo sampai jajar panjang, itu karena bannya sendiri kurang balance dari pabriknya. Sering kok kasus kek gitu. Bukan black campaign ya, tapi banyak teman2 yang bilang, klo merk2 cina gitu kadang s...
gpp itu gan, emang gitu. Bandingin dulu aja ama mobil lainnya. Selama ini yg gue temuin memang agak kurang center puli as kruk di semua mobil. Kurang center itu bukan goyang / mau copot lho ya... tapi waktu gerak memang seperti gerak2 ga anteng. Tapi itu wajar. Kecuali klo agang pegang, trus dig...
1. udah jelas itu kabelnya ada yang nyambung... diurut lagi kabelnya gan. 2. Bunyi ting di depan biasanya karena karet stabilisernya sudah getas, sehingga besi stabiliser menghantam dudukannya. coba cek busi pijarnya, mungkin ada yang kurang bagus 1 biji. Cara ngeceknya, hidupin mesin, masukin...
Pengalaman gue aja mungkin, klo jalan dari banyuwangi - banten, di setiap kantor polisi (gudang bangkai polsek / polres) coba perhatiin... selalu ada bangkai axven tewas. Yang menarik adalah, hampir selalu (gue gak bilang 100%, tapi 'menurut' gue ada sekitar 80% lebih) ada korban jiwa. ...
mahal yak klo ke beres, gue ganti nosel 4 biji (denso @70rb), ganti TB (300rb), vanbelt altenator, stel bospom, stel mesin, spooring + parts kecil2 = habis 1.4jt. Nosel bobol ya karena umur, kan termasuk parts konsumable..... memang gak ada karetnya (seal)...kan di busi udah ada o-ringnya yang ...
sebenarnya gak masalah mo pake pompa di luar apa di dalam tangki, klo diluar tangki justru lebih mudah ngeceknya mati apa tidak. Klo mo tahu pompanya masih beres apa gak, ya idupin aja mobilnya trus pegang tuh pompa, klo getar berarti masih hidup. Klo masih hidup ya ga perlu ganti. Ngendat2 bisa...
bukannya isuzu dah dibeli mitsu? sekarang dah bagi2 platform, elf-canter (station) sama L300-Bison dah mirip banget. liat aja sekarang logo isuzu terutama di dealer2nya dah ganti merah semua.... oh ya waktu itu liat2 bison, gorund clearencenya lebih rendah dibanding L300, klo gak salah gearboxny...
sepp, coba lepasin sekringnya, dibersihkan (dikerik pakai cutter atau amplas)...beres deh... kaca baret susah gan, klo ga parah gpplah, buat ngingetin klo waktunya ganti karet wiper ga bole telat... he he he... (kaca gue juga baret kena wiper, ga parah sih tapi bikin ga enak di mata he he he) ...
Waktu itu di beres sun star malang gan. biasanya di beres selalu ada mekanik seniornya. pasti ngertilah masalah kek gini.... moga2 cepet kelar deh....
oh ya...baru ingat, pernah kejadian di L200. Engine mounting diganti semua termasuk gearbox, ternyata waktu mesin di stater, bunyi "dok" di kolong. usut punya usut, gak tau persisnya sih, tapi sepertinya engine mountingnya "cacat". Jadi tidak pas betul antara rumah mountingny...
klo diesel gpp bro... selama air ga masuk intake, aman2 aja, mo direndam juga gpp he he he. Untuk yg bensin, selama seal2 dan karet2, isolasi kabel2 bisa dipastikan bagus, gpp disiram steam.
EFI = Elektronik fuel injection. Artinya injeksi bahan bakar yang diatur secara elktrik, dalam hal ini fungsi injeksinya (toyota) menggantikan funsi karburator. 1 injector ditempatkan di intake manipol untuk menyemburkan bahan bakar kemudian di campur dg udara di dalam intake manipol dan dimasu...
sama gan, biasanya kuras 40rb - 50rb. klo ga dikuras, biasanya muncul rembes di boosternya, minyaknya ngerusak cat juga.