udah uzur pake mesran sae 40 (single grade)udah cukup. kcuali mau diinepin di pucak jaya baru ganti 10w-40.......
pengeruk kekayaan negara ini bukan cuma freeport, exxon, shell dkk gan........ :D overall nice argumentation thread :)
syn & mineral beda dibahan dasarnya gan, sesuai namanya mineral itu langsung dari alam (organik) dimana lebih rentan kerusakan. syntetik itu hasil ujicoba sehingga untuk pemakaian lebih durable, lebih tahan pemakaian ekstrim, dan pasti harganya lebih mahal kalo utk mobil sndiri tergantung kebutu...
kalo konsumen hydrokrack mineral -> dibilangnya fully sintetic udah puas, ngapain repot2... utk hydrokrack udah banyak yg produksi ->harga jd murah skarang ini jamannya reduce cost gan:Peace:
yang support utk OEM oli juga bukan anak kmaren sore maen oli gan, maker macem nippon oil(eneos), idemitsu, fuch, castrol, caltex, pertamina, shell, dan masing2 maker yang sudah ditunjuk disini meriset oli mesin yg sesuai jauh sebelum produk mobil tersebut beredar.. :shakehand
manual book adalah referensi pertama dalam merawat kendaraan dari maker nya langsung, tapi sangat perlu kecermatan dalam mengambil referensi. seperti viskositas, API grade dan jenis base oil (manual /sintetik). oli dari atpm murah2:nohope:.. nah berarti pandangan ente ke oli bangsa sendiri gmn g...
iya mungkin laen kali bisa dicoba yg lebih encer multigradenya cari yang 30.. kalo masih kurang enteng coba naik cc aja:ngakak mobil1 untuk multigrade SAE brp gan? 10/40 dan 10/30 dari 2 merk yang sama2 baik jelas lebih enteng 10/30, tapi kalo pake rasa2 doang sih mirip...secara performa dan efi...
oli mesin diesel itu tidak bisa dipakai untuk mesin bensin, tidak bisa dituker2, mau oli motor, oli pesawat, oli motor boat sekalipun, kenapa?karena karakter mesin itu beda, dan aplikasinya juga beda, bekerja ditemperatur yang juga beda MAKA additive didalamnya juga PASTI BEDA. no hoax, ada teme...
paradigma oli kentel dan encer yang sulit dihapuskan :Dil jadi mobil tua sealnya udah pada ga bagus ya makanya jgn pake oli 10w40:ngakaks kalo seal udh pd jelek oli meler kemana2 udh kya tokay kuda:ngakaks pernah baca manual book mobil tua blom gan? daihatsu charade '87-89 spek origin di jep...
sorry ga pake multikuot:Peace: mau meluruskan banyak orang beranggapan mobil tua harus pakai oli kentel, ga boleh oli encer krn dikhawatirkan mesin rusak, oli cepat nyusut, mesin berisik, dll, dsb. yang ternyata tidak pernah terbukti :D kalopun terjadi kasus itu karena kondisi mesin emang udah g...
Ane pernah punya ni mobil, hehe pernah ngalamin tabrakan di tol padalarang:takut Kemungkinan yang manual book requirement atau maintenance manual di enjin kompartment tertulis untuk oli mesin API grade SG (sesuai untuk mesin tahun 1980-1996) pemakaian grade lebih tinggi tidak masalah. Pergantian...
coba hunting ke tango motor vriva motor kendana motor green oto unuk kontaknya bisa search sendiri ya
heu biasa ge di saung kang... :malu spesial ane kasih sofa reclining.. biar anteng dimari.. :D salam mau kemane gan? iya gan FB :maho biar kalo discuss pake tag gambar lebih cepet selamat datang :addfriends antri kloter berikut ya..blom mateng soale :D