bukannya perta dex itu masih euro 3 ya? kalau menurut https://oto.detik.com/berita/d-3583831/pertamina-dex-kini-sudah-euro4 yang euro 4 itu pertamina DEX HQ. Apa sekarang semua dex jadi DEX HQ?? Anyway, katanya biosolar itu emisi nya rendah karena ada kandungan bio nya? ada media yang udah lakukan
Kalo mau bandingkan, coba isi solar AKR Eh AKR masih jual bio solar nggak ya ? Karena ane udah lama banget nggak pernah isi AKR lagi 9900 / L
@knaja : Mo nanya Utk pelumas berbahan dasar Poly Alkene Glycol VS PolyGlycol, apakah keduanya memiliki kinerja & daya tahan yg mirip ? PAG & PG synthetic oil Gear (industrial) Thx sebelumnya
agree knaja Btw kalo Grup 1 oil mungkin biasanya masi dipake utk oli kelas "komoditas" - 20W50 API SF / API serv obsolete - SAE 50 / 40 / 30 single grade oil API CC - CD - Oil utk mix with Grease Soap NLGI 2 / 3 - Multi purpose Calcium grease ? oli kelas komoditas dan Grease kelas komod...
Barangkali ada rekan2 yg maen di bidang oli industri ? Mungkin ada yg tahu Gear Oil mineral yg meet std SIEMENS FLENDER yang VI nya di atas 100 (HVI) yg available di Indonesia ada merek apa aja ya. (Tapi bukan yg Full Syn) krn rata2 Gear Oil mineral yg meet SF std VI nya di 95 - 98 spt Gear oi
Btw kalo mau test oli secara detail jika ingin tahu soal kestabilan viskositas saat baru test V40 & V100 (utk compare ke PDS pabriknya bohong / ngga) Udah pakai sekian ribu km / 5000 / 10.000 km, cukup test V100 nya, degradasi nya jauh gak dibanding kondisi baru Dengan catatan kondisi mesin
Yoi bodo amat yang penting "value for money" yak boss? bodo amat yg penting vertically horizontally duit nya.... prok prok prok prok..... xixixixi maksud kata2 yg tengah apa itu om ? maksudnya soal harga VS kinerja ?
Btw itu GS Caltex Korea spt nya salah 1 produsen Grup 3 base oil sgt besar yah di Asia Aisin oil makloon ke mereka oli2 yg local blend di Indo baik merek lokal / merrk import konon sebagian pake base oil GS CALTEX CMIIW
Kalo ane liat2 MSDS nya gak semua oli mesin PTT ada PAO nya yg non PAO (label Full Syn) VI nya banyak yg tinggi2 juga yah whatever deh mau base oil produce locally atau Grup 3 nya misal import dari GS CALTEX - Korea, ane mah bodo amat......yg penting harga dan kinerja tergolong value for money B...
Utk oli 5W30 harga bersahabat en spec bagus spt nya Idemitsu FS 5W30 boleh tuh FS = Full Syn TBN 8 (kata PDS nya) Ca nya 2000 ppm sekian (test oleh club oil.ru) antiwear nya juga cukup jika utk mesin non roller rocker lucunya Idemitsu FS 5W30 yg masuk ke Russia ada yg buatan Indonesia, ada kod
Berdasarkan peta produsen base oil di wilayah Asia dari Afton Chemicals di atas, Thailand hanya memproduksi base oil group I. Apakah PTT aslinya hanya menggunakan base oil group I? Atau PTT menggunakan base oil group III dengan mengimport dari negara lain? Indonesia malah lebih maju, sanggup mem...
yahhh ini emang hak masing2 orang aja sih mau isi bbm apa, lepas dari ketahanan mesin GD ini sama solar busuk apa ngga, yahh pakai hati aja sih. Bisa beli mobil 400 juta, tapi ya... koq masih minta subsidi :D (again, lain cerita kalau di daerah yang susah buat dapetin solar non subsidi ya) misalkan
Apa saya harus ke jakarta ya masang super ground 😅 Atau bisa dikirim kabel nya masang disini... Dashboard mobil ada di buka juga ya kalo pasang super ground?..berapa titik sih super ground? ya si Super Gron itu yg paling krusial bukan soal kabelnya, tapi teknik instalasi nya
PDSK/PTT kalau dibanding Schaeffer Diesel Treat 2000 bagus mana om GT? ya daripada penasaran dicoba ajah sy sih dah pernah pake si SDT wkwkwkkw
oli OEM Mitsu mah mentok 7 bulan buang om, ada harga ada rupa...... Kalo mau pake 0W20 yg bisa long drain tu si merek Prancis yg lagi promo di BliBli
Pake BioSol ya kasih racun solar yg enak : - PSDK takar 200 ml utk 50 - 60 L solar - PTT DFC - 1 kaleng bisa utk 50 - 90 L solar PTT DFC https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants-diesel-fuel-conditioner/ps--PTL-60036-00044 Selama ini pakai oli nya Delvac1 ESP / LE - 5W30 ?
Pabrikan mobil udah antisipasi karakter konsumen di suatu negara makanya 2GD dikasi 2 filter solar, yg rutin diganti yg di atas & ada 1 lagi yg model kayak Lontong posisi rumah nya di samping blok mesin yg Lontong ini harga 1 jt an, tapi ganti lama banget
Yes yes yes udah banyak oli racing masa kini yg base oil Grup 3 aja dan produk dedicated utk race purpose base oil Grup 3 banyak kelasnya, dari kasta losmen sampe kasta St Regis
lebih enak dikatakan 2GD dgn Injector response time lebih cepet drpd 2KD, butuh solar yg lebih berkualitas juga krn FRP nya 1800 bar (std nya) walau solar mahal toh udah terbantu 6AT jadi irit kalo bahas....."BBM subsidi hanya bagi yg gak mampu" wahhhh........debat kusir gak abis3 ntar...