oli ancur. bisa banget nipunya bilang pake grup 3 + grup 5, sertifikasi JASO MA2, nyatanya kopling selip dan transmisi susah pindahnya. not recommended
isinya shell helix HX7 Professional AG. specnya lumayan sudah Dexos 1 approved. Dexos 1 untuk bucket tappet kira-kira aman gak om Gajah?
semua pabrikan pasti ngejadwalin engine flush tiap berapa KM. saya pribadi sih enggak mau, oli sekarang udah canggih2, enggak bakal ada sludge selama tidak telat ganti oli
&ab_channel=ProjectFarm oli pemakaian 17 bulan, 3000 mile, dan TBN turun ke 8.9 mgKOH/g dari 10.27 mgKOH/g (http://pqiadata.org/Shell_Rotella_T4_15W40_4192017.html). dari VOAnya tergolong full SAPS any comments, om gajah? apa ini berlaku untuk kondisi di Indonesia?
https://www.oil-club.ru/forum/uploads/monthly_2018_10/506601198_CastrolMagnatec5W-30A5(VOABASE).jpg.ef9a838e380851714f0a3d3f91bc2226.jpg kalau oli di atas bisa tahan berapa lama om? terus apakah aman buat bucket tappet?
curry30ua ya makannya, jaman sekarang "synthetic" cuma sekedar nama marketing, karena sesungguhnya oli tersebut tetap berasal dari crude oil maupun vegetable oil. kalau sepemahaman gw sih, castrol berargumen mereka memproses base oil mereka sampai kualitasnya mendekati base oil PAO. jadi
mau nanya nih suhu. kalau oli yang ngakunya full syntethic tapi ternyata isinya cuma group 3 maksudnya apa ya? apa mungkin maksudnya kualitasnya yang setara full syntethic? emang mungkin group 3 performanya setara PAO? soalnya mobil1 awalnya full PAO tapi sekarang ikut2an jadi group 3 wkwkwk
harga sekitar 90k/liter, bisa coba pertamina fastron gold 0w-20 (Rp. 103k di blibli), kalau 5w-30 bisa coba PTT Lubricant Performa Fully Synthetic 5W-30 (Rp. 112k di blibli). keduanya fully synthetic group 3. menurut om gajah hasil VOAnya sama-sama bagus, dan ada pengguna fastron gold di sini yan...
iya bagus gan, apalagi untuk mobil tua, sekalian bersih2 sludge kalau ada. mungkin suhu di sini ada rekomendasi lain
Shell rotella mungkin gan, enggak nyampe 200k per 4 liter, tapi zat additivenya banyak, dan TBNnya tinggi
iya mesin NA, harusnya rendah penguapan ya? jadi harusnya enggak terlalu khawatir catalytic converter mampet, betul ga Om?
iya saya tau, cuma saya mau nanya kalau pake tuh oli kira-kira aman gak untuk mobil bensin harian. niatnya mau dipakai sampai 10000 km tapi lebih dari 1 tahun, mungkin 2 tahun maklum mobil jarang dipake
kalau pake PTT dynamic commonrail untuk mesin bensin dengan driving style nyantai kira-kira gimana om? soalnya kan spesifikasinya API SL dan A3/B4. kira-kira kadar sulfated ash yang tinggi bisa menyebabkan masalah ga?
tapi kalau sudah dicoba dan ternyata tidak cocok berdasarkan oil analysis, bukannya sudah terjadi kerusakan om Gajah? hehe :D ok dah, next coba A3/B4, mobil saya sih mintanya A5/B5. mungkin dapet proteksi lebih, mungkin juga oli kurang cepat mengalir saat start :D